Capai Miliaran, Segini Biaya Merakit Mobil F1 yang Mesti Dikeluarkan

Mobil F1

Tentu bukan rahasia kalau harga mobil F1 sangatlah mahal. Kendaraan paling kencang di dunia yang dipakai ajang balap mobil ini memiliki daya tarik tersendiri terutama bagi para penggemarnya.

Tim yang berlaga seperti Ferrari, Red Bull, maupun MacLaren diperkirakan menyiapkan harga mobil F1 ini sampai USD 320 juta atau sekitar Rp 4,2 triliun pertahun. Uang ini belum termasuk gaji pembalap, gaji kru, biaya produksi, dan biaya lainnya.

Cikal bakal kompetisi mobil balap paling bergengsi di dunia ini bermula di tahun 1920-an di mana waktu itu namanya masih European Grand Prix Motor Racing. Saat itu mesin yang digunakan  berjenis 8 sampai 16 liter dengan kekuatan sampai 600 tenaga kuda. Uniknya bahan bakar yang digunakan berbahan dasar alkohol.

Barulah di tahun 1950, merek Formula 1 berhasil diluncurkan dan mencuri perhatian publik dunia. Saat itu bentuk mobilnya masih jauh dari kata aerodinamis, tapi kalo dari sisi kecepatan sih gak usah ditanya lagi.

Memasuki era mesin Hybrid di tahun 2014, terjadi pemangkasan ongkos produksi besar-besaran yang dilakukan regulator balap dunia FIA. Walaupun udah dipangkas biayanya tapi nyatanya harga per unitnya masih sangat mahal lho buat merakit mobil ini.

Ini gak lepas dari belasan ribu komponen yang membentuk sebuah mobil F1 hingga siap digunakan. Kira-kira berapa ya harga masing-masing komponen tersebut? Yuk kita lihat langsung aja daftarnya, mengutip dari Car From Japan: 

1. Mesin mobil F1 – Rp 143 miliar

Menggunakan konsep mesin sebesar 1.600 cc bertipe V6 turbocharged yang digabungkan bersama mesin elektrik membuat kendaraan ini mampu menghasilkan 1000 tenaga kuda.

Kecepatan maksimal yang bisa ditempuh mencapai 344 kilometer per jam, serta akselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya butuh 2 detik aja. Jadi bisa dibayangkan betapa kencangnya tarikan mobil ini.

Alhasil dengan segala kemampuannya tersebut buat merakit 1 unit mesinnya butuh dana gak kurang dari US$ 10 juta atau sekitar Rp 143 miliar. Itu baru mesinnya doang, gimana sama yang lainnya? 

2. Monocoque atau chassis mobil – Rp 9,3 miliar

Salah satu bagian yang paling penting dalam sebuah kendaraan F1 adalah rangka utamanya sebab semua struktur utama mobil ini terhubung dari bagian yang satu ini termasuk kemudi si pembalap.

Monocoque mobil Formula 1 terbuat dari karbon fiber yang sangat kuat tapi punya bobot yang sangat ringan. Maksimal berat yang diperbolehkan adalah 733 kilogram termasuk bobot si pembalap.

Buat mendesain dan membentuk bagian ini butuh uang sebesar US$ 650 ribu atau setara Rp 9,3 miliar bagi tim yang tampil. 

3. Gearbox – Rp 6,4 miliar

Sebuah kendaraan F1 gak bakal bisa melaju tanpa komponen utama yang satu ini. Terdiri dari karbon titanium yang punya 8 tingkatan percepatan membuat gearboxnya bisa menahan 3.000 sampai 3.500 kali perpindahan gigi per balapan.

Harga pembuatan sebuah gearboxnya aja mencapai US$ 450 ribu atau senilai Rp 6,4 miliar. Untuk pengembangannya sendiri bisa memakan uang sekitar Rp 2,3 miliar.

4. Sayap depan – Rp 4,3 miliar 

Komponen terpenting lainnya ialah sayap depan.  Bagian ini berfungsi buat mengalirkan angin yang berasal dari depan sampai ke belakang dengan cara paling efisien.

Capai Miliaran, Segini Biaya Merakit Mobil F1 yang Mesti Dikeluarkan
Capai Miliaran, Segini Biaya Merakit Mobil F1 yang Mesti Dikeluarkan

Menjadi salah satu barang yang paling sering mengalami pengembangan membuat sayap depan ini merogoh kocek tim pabrikkan hingga US$ 300 ribu atau Rp 4,3 miliar.

Oh iya bagian hidung ini terbuat dari karbon fiber yang mampu mengangkat beban 100 kilogram di atasnya.

5. Sistem pendingin – Rp 3,1 miliar 

Sistem pendingin dalam sebuah mobil Formula 1 sangat krusial buat menjaga temperatur mesin yang sangat panas saat tengah balapan. Panas sedikit aja knalpot bisa langsung berasap yang pada akhirnya pembalap terpaksa berhenti balapan.

Setiap tim punya teknologinya sendiri-sendiri dalam mendinginkan mesin namun rata-rata biaya yang perlu dikeluarkan sekitar Rp 3,1 miliar

6. Hidrolik – Rp 2,8 miliar

Buat satu unit hidrolik kamu mesti merogoh kocek Rp 2,8 miliar, (Ilustrasi/Shutterstock).[/caption]

Mobil F1 memiliki sistem hidrolik yang terbilang rumit buat menahan getaran yang dirasakan oleh ban ketika menikung, bukan nikung temen tapi ya.

Komponen ini bisa terlihat di bagian penghubung antara ban dan rangka mobil.  Anggaran yang dibutuhkan buat memproduksinya setara Rp 2,8 miliar per mobil.

7. Setir mobil – Rp 1 miliar

Yang terakhir dan gak kalah penting adalah setir mobil, gimana mau balapan kalo gak ada komponen yang satu ini?

Setiap pembalap memiliki desain setir mobilnya sendiri sesuai dengan gaya balap. Diperkirakan dana yang dibutuhkan buat memproduksinya sekitar Rp 1 miliar.

8. Komponen lainnya – Rp 51,1 miliar

Karena terdapat belasan ribu komponen kecil dan besar lainnya yang gak mungkin disebutkan satu per satu jadi total biaya sisa mesti dikeluarkan oleh pemilik mobil adalah Rp 51,1 miliar.

Bila dijumlahkan semua bagian tersebut harganya sekitar US$ 15,5 juta atau Rp 221 miliar. Itu belum sama biaya sumber daya manusianya yang tentu mahal juga.

Nah, itu dia harga komponen mobil F1 yang kamu saksikan kompetisinya sekarang ini. Gimana, menurut kamu biaya segitu mahal atau biasa aja? 

Bukan mobil F1, temukan rekomendasi mobil yang tepat dengan ikuti kuis berikut

Banyak pilihan mobil yang tersedia, tapi manakah yang tepat untuk dibeli? Temukan rekomendasinya dengan ikuti kuis jenis mobil di bawah ini.

Dapatkan juga rekomendasi asuransi mobil yang pas bujet dengan ikuti kuis berikut ini.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi mobil, lihat pertanyaan populer seputar asuransi di Tanya Lifepal.

Pertanyaan seputar mobil F1

Content is here
Berapa harga mobil F1?

Tim yang berlaga seperti Ferrari, Red Bull, maupun MacLaren diperkirakan menyiapkan harga mobil F1 ini sampai USD 320 juta atau sekitar Rp 4,2 triliun pertahun. Uang ini belum termasuk gaji pembalap, gaji kru, biaya produksi, dan biaya lainnya.