Mengenal Mobil Hybrid, Pengertian, Cara Kerja, dan Harganya Di Pasaran

mobil hybrid

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan mobil hybrid. Mobil yang memiliki dua jenis mesin, listrik dan bensin ini popularitasnya mulai mencuat di masyarakat. 

Kalau dulu, mungkin kita cuma tahu mobil hibrida yang terkenal yaitu Toyota Prius yang ngetren di awal-awal tahun 2000-an. Tapi sekarang sudah banyak produsen-produsen otomotif berlomba-lomba meluncurkan mobil yang dinilai ramah lingkungan ini versi mereka sendiri. 

Lalu, kalau mau memboyongnya ke garasi kita berapa uang yang perlu dipersiapkan? Dan apa kelebihannya memiliki mobil yang bisa jalan pakai listrik ini? Simak ulasan Lifepal tentang apa itu mobil hybrid berikut. 

Apa yang dimaksud dengan mobil hybrid?

Secara simpel, mobil hybrid adalah mobil yang memiliki dua buah mesin sistem penggerak, yaitu mesin elektrik yang menggunakan daya listrik dan kedua mesin bensin yang penggerak menggunakan bahan bakar bensin. Keduanya bekerja secara langsung satu sama lain untuk menggerakkan roda dan membuat mobil bergerak. 

Masing-masing bekerja dalam kondisi tertentu, misalnya dalam kondisi kendaraan bergerak lambat, mobil akan menggunakan mesin elektrik. Tetapi, ketika baterai listrik sudah mau habis, otomatis sistem akan mengubahnya ke mesin bensin untuk menggerakkan mobil sambil membantu pengisian listrik lewat roda penggerak. 

Namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan kedua mesin penggerak itu bekerja bersama-sama, yaitu saat melewati medan yang berat dan membutuhkan tenaga lebih. 

Komponen mobil hybrid 

Mobil hibrida bisa berfungsi dengan baik berkat tiga komponen dasarnya, yaitu mesin listrik, mesin bensin, dan baterai. Apa saja kegunaannya?  

1. Mesin listrik 

Mesin listrik atau motor listrik bertugas untuk memberikan daya pada perangkat di dalam mobil yang lebih kecil, seperti AC, radio, lampu, dan lain-lain. Tetapi, dalam mobil hybrid, mesin listrik ini juga bisa memberikan daya penggerak roda dalam kecepatan tertentu. 

Di dalam mesin listrik terdapat sebuah generator yang fungsinya mengubah perputaran roda menjadi energi listrik untuk diisi ke baterai. 

2. Mesin bensin 

Sama halnya seperti yang dijumpai di mobil konvensional, mesin bensin memiliki tugas sebagai penggerak utama mobil. Dayanya didapatkan dari hasil pembakaran internal bahan bakar bensin. Namun karakteristik mesin bensin dalam mobil hibrida, adalah ukurannya yang lebih kecil daripada mesin mobil lain. 

3. Baterai 

Mesin listrik tidak akan bisa bekerja tanpa adanya baterai. Baterai ini berfungsi untuk menyimpan seluruh daya listrik baik yang diisikan dari generator listrik, atau yang diisikan dari perputaran roda selama melaju.

Bagaimana cara kerja mobil hybrid? 

mesin mobil hybrid

Cara kerja mesin hybrid mungkin lebih rumit daripada mobil-mobil lainnya. Kerumitan itu terletak dari dua buah mesin yang berbeda, namun harus bekerja bersama untuk membuat mobil bergerak. Berdasarkan situs Toyota, setidaknya ada lima tahapan cara kerja mobil jenis ini, 

1. Dari posisi stop, mobil bergerak menggunakan mesin listrik 

Dari keadaan mobil mati, mesin dinyalakan, sampai tancap gas, daya penggerak yang digunakan adalah listrik. Penggunaan daya listrik ini biasanya berlangsung hingga mobil menyentuh kecepatan 24 kilometer/jam (masing-masing mobil bisa saja berbeda). 

2. Saat berjalan normal, beralih ke mesin bensin 

Saat mobil mulai melaju dengan kecepatan normal atau lebih dari 40 kilometer/jam, sistem penggeraknya akan otomatis berubah menggunakan mesin bensin normal. Karena dalam kecepatan ini, mesin bensin paling efisien ketimbang mesin listrik. 

Saat posisi ini, mesin tidak hanya sebagai penggerak, tetapi juga sebagai penggerak generator yang berfungsi untuk menghasilkan listrik dan menyimpannya dalam baterai.

3. Saat akselerasi berat kedua mesin bekerja bersama 

Saat kondisi medan jalan berat, seperti tanjakan terjal misalnya, baik mesin bensin maupun mesin listrik akan bekerja bersama-sama memberikan daya ekstra ke roda penggerak. 

4. Saat pengereman sistem berpindah ke Pengereman Regeneratif  

Dalam mobil listrik atau mobil hybrid, sistem Pengereman Regeneratif ini umum digunakan. Ini adalah sistem di mana pengemudi melepaskan kaki dari pedal gas, atau menginjak rem, mesin penggeraknya akan menyalakan generator. 

Pada kondisi ini, putaran roda telah terkonversi menjadi listrik yang kemudian disimpan ke dalam baterai. 

5. Saat mobil tidak bergerak, seluruh daya menggunakan listrik 

Saat mesin mati, mungkin kamu masih bisa menyalakan lampu, radio, hingga AC. Semua komponen tersebut bisa nyala menggunakan daya dari baterai. 

Kelebihan mobil hybrid 

isi daya mobil hybrid

Menjadikan mobil hybrid sebagai tunggangan akan memberikan banyak keuntungan bagi kamu. Apa saja keuntungannya? 

1. Kelebihan mobil hybrid yang utama adalah ramah lingkungan

Salah satu keuntungan terbesar memiliki mobil jenis ini adalah kamu bisa berkontribusi terhadap lingkungan, karena mobil hibrida sangat ramah lingkungan. Mesin ganda yang disematkannya, yaitu bensin dan listrik, telah berhasil memangkas konsumsi bahan bakar yang selama ini kita ketahui sebagai penyumbang polusi terbesar. 

2. Penjualan bekasnya cenderung tetap tinggi

Pemerintah Indonesia sendiri saat ini sedang menggalakkan penggunaan mobil listrik. Itu artinya, mobil konvensional dengan bahan bakar bensin mungkin akan segera usang. Hal ini didukung dengan kelangkaan bahan bakar, dan terus melonjaknya harga bahan bakar. 

Bukan tidak mungkin bila di masa yang akan datang orang-orang akan berbondong-bondong beralih ke mobil listrik atau hybrid. Karena pasarnya yang masih banyak digemari, harga bekas mobil hibrida masih terbilang mahal. 

3. Bikin kita hemat pengeluaran 

Seperti yang telah dijelaskan di poin pertama, mobil hibrida sangat minim konsumsi bahan bakar, karena tenaga penggeraknya menggunakan dua mesin salah satunya mesin listrik. Jadi, kamu bakalan lebih irit pengeluaran karena gak perlu beli bensin banyak-banyak.

4. Mobil hibrida lebih ringan 

Selain irit konsumsi bahan bakar, satu lagi yang bikin mobil ini irit energi adalah karena bahan-bahan materialnya yang lebih ringan dari mobil konvensional. Mesin bensinnya saja dari segi dimensi dan bobot jauh lebih kecil daripada mesin mobil pada umumnya. Jadi mobil hanya membutuhkan sedikit energi untuk bisa melaju di jalanan. 

Kerugian mobil hybrid

Ada kelebihan tentu ada juga kekurangan. Kekurangannya perlu kamu pikirkan matang-matang sebelum memboyong mobil bermesin dua yang lagi trend saat ini. Berikut ini kekurangan atau kelemahan mobil hibrida, 

1. Tenaganya kurang 

Meskipun mesinnya dua, yaitu listrik dan bensin, mobil hibrida dinilai kurang bertenaga. Hal ini karena kapasitas mesin bensinnya yang sangat kecil dibandingkan dengan mobil konvensional, serta motor listriknya yang hanya berfungsi untuk daya rendah. 

Jadi, walaupun kedua mesin bekerja bersama-sama, tenaganya tetap saja kekuatannya masih kalah dari mobil bermesin bensin pada umumnya. Itu sebabnya, mobil bermesin dua ini lebih cocok untuk dikendarai di jalanan perkotaan. 

2. Harganya lebih mahal 

Jika kamu berniat untuk memboyong mobil jenis ini, siap-siap rogoh kocek dalam-dalam. Karena harganya jauh lebih mahal ketimbang mobil mesin bensin pada umumnya.

3. Biaya perawatannya lebih mahal 

Mobil dengan mesin ganda ini merupakan teknologi terbaru di dunia otomotif. Itu sebabnya, penanganannya juga tidaklah main-main, harus menggunakan teknologi tercanggih juga. Maka gak heran kalau biaya perawatannya jadi lebih tinggi, karena mekanik harus memahami setiap komponen mesinnya yang jelas berbeda dari mesin-mesin mobil konvensional pada umumnya. 

4. Tegangan tinggi pada baterai berbahaya 

Mobil ini dibekali dengan baterai yang berisi listrik. Saat kondisi kecelakaan, listrik tersebut justru sangat berbahaya dan bisa mematikan. Listrik yang bocor akan menyulitkan proses evakuasi penumpang yang terjebak di dalamnya. 

Harga mobil hybrid 2020 

toyota hybrid

Mungkin kamu sudah sering melihat mobil bermesin dua ini berseliweran di jalanan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat di bagian belakang yang biasanya disematkan tulisan hybrid. 

Rata-rata sih, mobil keluaran baru aja yang punya tipe hybrid. Seperti misalnya Toyota Camry sampai BMW i8 Coupe. Berikut ini daftar beberapa harga mobil hybrid yang telah mengaspal di Indonesia. 

Mobil Hybrid  Perkiraan Harga 
Toyota Camry Hybrid Rp 809 jutaan 
Toyota Alphard Hybrid Rp 1,3 miliaran 
Toyota C-HR Hybrid  Rp 523 jutaan 
Mitsubishi Outlander PHEV  Rp 1,2 miliaran 
Toyota Corolla Altis Hybrid  Rp 566 jutaan 
Mercedes Benz E300e EQ Power  Rp 2 miliaran 
Mercedes Benz C 200 Avantgarde EQ Boost Rp 865 jutaan 
BMW i8 Coupe  Rp 3,6 miliaran 
BMW i8 Roadster  Rp 3,9 miliaran 
Honda CR-Z  Rp 540 jutaan 

Harga mobil hybrid bekas 

Kalau menurut kamu harga barunya mahal banget, kamu bisa kok memboyong mobil hibrida yang bekas. Contohnya seperti Camry Hybrid tahun 2012 bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp 230 jutaan, sampai mobil hybrid legendaris, Toyota Prius juga bisa kamu beli. 

Penasaran berapa harga Toyota Prius? Dan berapa harga mobil-mobil hibrida lainnya di pasaran saat ini? Berikut ini daftarnya seperti dilihat dari OLX, 

Hybrid Bekas Perkiraan Harganya 
Toyota Prius  Mulai dari Rp 159 jutaan 
Toyota Camry  Mulai dari Rp 230 jutaan 
Honda CR-Z  Mulai dari Rp 300 jutaan 
Toyota Alphard (2018) Mulai dari Rp 890 jutaan 

Berapa pajak mobil hybrid? 

Di luar negeri khususnya di negara-negara maju seperti Amerika Serikat sampai Jepang, pajak untuk mobil hibrida terbilang rendah. Pajak mereka disubsidi oleh negara karena dinilai telah berkontribusi untuk mengurangi polusi udara akibat pembakaran bahan bakar. 

Tapi di Indonesia berbeda. Pajak mobil hibrida sangat tinggi, bahkan lebih mahal dari mobil konvensional lainnya. Penyebabnya, karena mobil jenis ini masih disebut sebagai barang mewah karena harganya yang mahal. Selain itu, mobil ini memiliki dua mesin, yaitu listrik dan bensin, sehingga perhitungan pajaknya berbeda. 

Berdasarkan PP Nomor 73 Tahun 2019 terkait Pajak Penjualan atas Barang Mewah, besaran pajak mobil hybrid berkisa antara 2 persen sampai 30 persen dari harga unit mobil itu sendiri. 

Mobil hybrid sangat cocok untuk menghemat pengeluaran 

Jika kamu sudah tahu plus-minus tentang mobil bermesin dua ini, kamu layak untuk memilikinya karena bisa menjadi cara yang modern untuk menghemat pengeluaranmu untuk transportasi. 

Kamu juga gak perlu memaksa untuk membeli baru kok, karena yang bekas saja sudah sangat mumpuni. Kemudian kamu juga bisa menjual kembali mobil hybrid tersebut dengan harga yang tinggi di masa yang akan datang. 

Nah kalau mau lebih hemat lagi, yuk lindungi mobilmu dengan asuransi mobil. Dengan menjadi nasabah asuransi mobil, kamu bisa melindungi keuanganmu dari pengeluaran yang tidak terduga akibat harus memperbaiki kerusakan mobil.

Misalnya, bodi mobil penyok, kerusakan mesin secara tiba-tiba, atau bahkan kehilangan akibat dicuri. Semua bisa ditanggung sepenuhnya oleh asuransi mobil. Yuk, cari tahu lebih lengkap di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →