Penjualan Mobil Listrik Laris Manis di 18 Negara Ini

mobil listrik

Pemerintah Indonesia sejak tahun 2017 menegaskan keseriusan menyambut era kendaraan berbasis listrik. Hanya saja, hingga sekarang pemasaran terkait mobil listrik dirasa masih sangat kurang. 

Mobil listrik adalah kendaraan roda empat yang ditenagai oleh listrik dari baterai atau sel bahan bakar. Itu sebabnya, jenis kendaraan ini terbilang sangat ramah lingkungan. 

Hanya saja, harga kendaraan berbasis listrik ini cukup mahal, yaitu berkisar Rp500 jutaan hingga miliaran rupiah. 

Itu sebabnya, sangatlah wajar jika jenis mobil ini masih belum populer di Tanah Air. Padahal di negara-negara lain, tren electric vehicle telah menjamur sejak tahun 2011. Negara-negara mana sajakah itu?

Ini lho 18 negara yang mencetak angka tertinggi dalam penjualan mobil listrik

Fakta Perusahaan Otomotif Tesla yang Produksi Mobil Listrik (Shutterstock).

Dulunya saat baru diperkenalkan, mobil listrik sulit sekali menarik minat. Kabarnya nih, butuh waktu selama lima tahun buat menjual satu juta unit electric vehicle

Namun, sepanjang tahun 2018, penjualan electric vehicle meningkat. Dalam waktu enam bulan, satu juta unit mobil bisa terjual.

Beberapa negara dilaporkan mencatat angka pembelian mobil tertinggi sepanjang tahun 2018. Mayoritas, negara-negara Eropa yang menjadi peminat tertinggi mobil listrik.

Seperti yang dihimpun datanya oleh Statista, ada 18 negara yang menjadi pembeli electric vehicle tertinggi di dunia. Berikut ini adalah daftar negara pembeli terbesar electric vehicle.

Negara Persentase pembelian mobil listrik
Norwegia 49,14 persen
Islandia 19,14 persen
Swedia 8,01 persen
Belanda 6,69 persen
Finlandia 4,74 persen
China 4,44 persen
Portugal 3,44 persen
Swiss 3,18 persen
Austria 2,54 persen
Inggris 2,53 persen
Belgia 2,43 persen
Kanada 2,22 persen
Denmark 2,14 persen
Prancis 2,10 persen
Amerika Serikat 2,09 persen
Korea Selatan 2,05 persen
Jerman 1,97 persen
Irlandia 1,57 persen

 

Seiring ketatnya standar emisi, penjualan mobil listrik di negara-negara Eropa turut naik. Saat ini negara-negara Eropa telah menerapkan standar emisi Euro 6. Semakin tinggi standar emisi, semakin minim pula kandungan gas berbahaya dari kendaraan.

Dengan keluarnya peraturan standar emisi tersebut, banyak pabrikan otomotif berinovasi menciptakan electric vehicle untuk tetap menjaga angka penjualan di Eropa. Salah satu negara yang minat pengguna mobil listriknya paling tinggi adalah Norwegia.

Saking tingginya, penjualan mobil listrik di Norwegia mencatatkan persentase 49,14 persen. Pemerintah Norwegia diketahui sangat mendorong masyarakatnya menggunakan electric vehicle. Apalagi, pada 2025 nanti Pemerintah Norwegia mewajibkan semua mobil non-emisi.

Sejumlah kebijakan pun diambil Pemerintah Norwegia supaya masyarakatnya mau beli electric vehicle, mulai dari pembebasan pajak, pembebasan tol, hingga pemberian insentif. Menyusul Norwegia, ada Islandia yang juga mencatatkan angka penjualan mobil listrik double digit.

Kapan Indonesia beralih ke kendaraan listrik? 

Sebenarnya pemerintah telah menunjukkan dukungan terhadap pemakaian mobil listrik. Itu terbukti lewat pembebasan kebijakan rute ganjil genap terhadap mobil listrik. 

Keuntungan lainnya, sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 3 Tahun 2020 tentang insentif pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) seluruh kendaraan listrik bebrbasis baterai tidak akan dikenakan pajak BBN. 

Selain itu, dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 tahun 2017 tentang rencana umum energi nasional mengamanatkan, bahwa produksi kendaraan berbasis listrik pada tahun 2025 akan mencapai 400 ribu. 

Wah, siap-siap beralih ke mobil listrik nih! 

Baca juga: Sri Mulyani Diam-diam Kepincut Mobil Listrik buatan Jepang, Pengin Beli Bu?

Nah, itulah tadi sejumlah negara dengan tingkat penjualan mobil listrik tertinggi di dunia. Semoga saja Indonesia bisa masuk dalam daftar di atas, ya! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →