Ketahui Berbagai Penyebab Mobil Matic Bunyi Saat Mundur

mobil matic bunyi saat mundur

Seringkali, saat memiliki kendaraan terjadi masalah seperti mobil matic bunyi saat mundur sehingga perlu diketahui penyebabnya. Sebab, kejadian yang tidak biasa pada kendaraan tentu menjadi tanda adanya masalah yang harus segera diatasi.

Pada kasus ini, bunyi saat mobil mundur biasanya terjadi karena perawatan yang kurang diperhatikan pada bagian transmisi.

Oleh sebab itu, apabila terjadi hal tersebut penting untuk segera ditangani lebih lanjut untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan selama berkendara.

Jadi, pastikan untuk tidak menyepelekan gejala mobil mundur bunyi. Sebab apabila tidak segera diatasi, bunyi ini akan semakin kencang sehingga tidak hanya mengganggu kenyamanan pengendara namun juga menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya di dalam kendaraan.

Kenapa mobil matic bunyi saat mundur

Ada beberapa penyebab mobil matic bunyi saat mundur yang perlu kamu ketahui sehingga dapat menghindarinya sedini mungkin ataupun segera kamu lakukan pemeriksaan agar masalah yang terjadi dapat dengan segera diatasi.

Beberapa hal yang menyebabkan bunyi saat mobil mundur ini diantaranya adalah:

1. Kekurangan oli mesin

Salah satu fungsi utama oli mesin yaitu untuk melumasi komponen di dalam mesin mobil secara otomatis. Tentu, kekurangan oli akan menjadi penyebab utama mobil matic berbunyi saat mundur. 

Terlebih apabla oli esin tidak sesuai penggunaannya dengan yang dianjjurkan tentunya akan membuat bagian komponen disekitar oli menjadi karatan dan mudah aus sehingga akan menimbulkan gangguan pada bagian transimsinya.

2. Adanya masalah pada bagian kopel

Kopel merupakan komponen yang tidak pernah bisa dipisahkan dengan transmisi matic. Dimana, pada bagian dalam kopel ini terdapat beberapa komponen pendukungnya seperti karet.

Apabila karet ini mulai aus, retak maupun sobek karena usia pemakaian, maka hal ini akan menjadi penyebab timbulnya bunyi saat mobil mundur.

Selain itu, bunyi ini juga bisa terjadi karena adanya penumpukan kotoran pada bagian kopel sehingga disarankan untuk membersihkan sekaligus mengecek rutin bagian kolong mobil setidaknya 6 bulan sekali.

3. Bagian transmisi mobil mengalami kerusakan

Transmisi matic umumnya memiliki perawatan yang lebih ekstra daripada transmisi manual. Sebab, Bagian tuas pada transmisi matic akan cenderung mengalami masalah apabila tidak dilakukan cek secara rutin.

Jadi apabila tiba-tiba mobil matic bunyi saat mundur maka besar kemungkinannya karena tuas transmisi yang mengalami masalah.

Serigkali tuas ini mengalami kerusakan karena kotoran yang menyumbat hingga komponen yang ternyata sudah aus dan rusak sehingga harus segera diganti.

4. Rem yang bermasalah

Penyebab bunyi saat mobil mundur lainnya juga bisa karena adanya masalah pada bagian rem terutama karena kampasnya yang sudah mau habis ataupun cakram yang memiliki permukaan yang tidak rata.

Seringkali, cakram luar yang tidak rata dapat menimbulkan bunyi ketika mobil sedang berjalan maupun mundur.

Sebab, kampas rem yang sudah mau habis ini tetap dipaksa bekerja padahal seharusnya penting untuk diganti segera.

Selain itu, pin pengunci kampas rem juga dapat menjadi sumber masalahnya apabila sudah terlepas dari tempatnya.

Sebab, hal ini dapat membuatnya tidak mampu menjaga kampas rem untuk tetap berada pada posisinya.

Apabila pin ini terlepas, kampas bisa menjadi lebih miring dan menempel pada bagian tromol sehingga menyebabkan bunyi yang mengganggu.

5. Kerusakan pada bagian bearing roda

Penyebab mobil mundur bunyi lainnya juga bisa terjadi karena kerusakan pada bearing roda yang menjadi salah satu komponen bantalan untuk dudukan di poros roda.

Seringkali kerusakan ini akibat pemakaian yang sering memaksakan kendaraan untuk melewati jalan jelek dengan kecepatan tinggi.

Hal ini tentu juga akan menimbulkan suara saat mobil mundur ataupun berjalan pelang. Bahkan, semakin cepat mobil berjalan seringkali bunyi yang ditimbulkan akan semakin besar sehingga harus segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Arti persneling mobil matic

Salah satu penyebab mobil matic bunyi saat mundur adalah adanya kerusakan pada bagian tuas transmisi atau persneling. Arti persneling mobil matic ini adalah sistem perpindahan transmisi gigi tanpa perlu menginjak pedal kopling untuk dapat mengaturnya.

Tentu hal ini akan sangat membantu memudahkan banyak orang agar dapat berkendara mobil dengan lebih nyaman. Jadi, kamu cukup menekan gas dan rem saja tidak perlu menginjak kopling. Pada bagian ini ada beberapa kode yang harus kamu pahami sehingga tidak terjadi kesalahan saat berkendara, yaitu:

  • P (Parking): untuk mengunci transmisi sehingga mesin mobil tidak dapat bergerak.
  • R (reverse) untuk menggerakkan mobil ke belakang atau mundur.
  • N (Neutral) untuk membantu mobil masuk ke dalam keadaan netral tanpa menguncinya dan dapat digunakan saat macet.
  • D (Drive) untuk membantu mobil bergerak pada jalanan yang landai dan bukan tanjakan.
  • Angka 2 untuk membantu melewati jalan menanjak.
  • Angka 3 untuk mengendalikan mesin dengan membatasi rasio hingga gigi 3 saja.
  • L (Low) untuk memerintahkan mesin menggunakan gigi 1 (rendah).
  • S (Second) untuk posisi gigi saat menginginkan akselerasi yang lebih cepat.
  • M (Manual), hanya ada pada beberapa jenis mobil sehingga mesinnya dapat bekerja selayaknya mobil manual dengan speed gigi.
  • Tips dari Lifepal! Mobil matic bunyi saat mundur karena beberapa penyebab seperti kekurangan oli bensin hingga adanya masalah pada bagian kopel, tuas transmisi, rem hingga bearing roda.

    Hal ini penting untuk diperhatikan dan segera ditangani apabila timbul gejala supaya dapat mencegah terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan pada komponen yang lainnya.

    Simak juga ulasan mengenai transmisi matic, arti persneling mobil matic, dan juga cara pindah gigi mobil matic di artikel Lifepal lainnya!

    Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

    Apa pentingnya asuransi mobil?

    Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan yaitu adalah melindungi aset yang dimilikinya dengan asuransi mobil.

    Sebab, asuransi mobil akan memberikan perlindungan berupa ganti rugi atas segala resiko yang mungkin terjadi saat berkendara.

    Beberapa resiko yang ditanggung oleh asuransi mobil ini meliputi kerusakan kendaraan karena kecelakaan baik karena ditabrak pihak lain maupun karena tergelincir, kebakaran, huru-hara hingga bencana alam.

    Selain itu, asuransi mobil juga akan memberikan perlindungan atas resiko kehilangan khususnya akibat dari tindak pencurian hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga apabila dibutuhkan.

    Semua perlindungan ini tentunya sesuai dengan segala hal yang telah tertulis di dalam polis.

    Hal ini tentu akan membantumu merasa lebih tenang karena setiap resiko yang terjadi pada mobilmu tentunya tidak akan mengganggu urusan dan kondisi finansialmu.

    Apalagi biaya servis mobil dan perawatan tentu juga tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

    Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

    Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

    Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

    Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

    Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

    Pertanyaan seputar mobil matic bunyi saat mundur

    Oli transmisi matic dianjurkan untuk diganti secara berkala setidaknya setiap jarak tempuhnya telah mencapai 40 Ribu – 60 Ribu km. Sebab, pada posisi ini, kualitas oli biasanya sudah berkurang sehingga kinerja mesin mulai tidak optimal.
    Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan cashless, asuransi jiwa syariah, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.
    Seringkali, mobil matic bunyi saat mundur disebabkan karena adanya masalah pada bagian tuas transmisinya. Hal ini dapat terjadi karena adanya kotoran yang menyumbat, kurangnya pelumasan hingga komponennya yang ternyata sudah menjadi aus atau rusak.
    Artikel Terkait Lainnya
    Artikel terkait tidak ditemukan