Bukan Main, Segini Harga Mobil-Mobil yang Nunggak Pajak Kendaraan di Jakarta

mobil mewah aston martin

Di DKI Jakarta tunggakan pajak mobil mewah dilaporkan mencapai angka miliaran rupiah. Seperti yang ramai diberitakan, Kepala Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta Hayatina menyatakan secara keseluruhan total tunggakan pajak bermotor mencapai Rp 2,1 triliun.

Dari banyaknya kendaraan bermotor yang menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), sebanyak 1.461 unit kendaraan yang menunggak adalah mobil mewah. Nilai tunggakannya pun beragam, tergantung dari harga jual kendaraannya.

Maklum aja, ada beberapa merek mobil diketahui memiliki nilai yang fantastis. Wajar aja kalau merek-merek mobil tersebut dikenal sebagai merek-merek mobil mewah. Emangnya apa aja merek-merek mobil mewah yang nunggak pajak di DKI Jakarta?

Tercatat ada merek mobil mewah Aston Martin yang menunggak pajak Rp 875 juta, BMW sekitar Rp 4,2 miliar, Lamborghini sekitar Rp 2,1 miliar, Land Rover sekitar Rp 3,1 miliar, dan Rolls Royce sekitar Rp 1,6 miliar. 

Pastinya nilai pajaknya yang besar dipengaruhi harga mobil mewah tersebut. Menarik buat diulas, berikut ini harga jual mobil-mobil mewah yang nunggak pajak tersebut?

Baca juga: Mewah dan Berkelas! Ini Mobil Dinas Menteri Kabinet Jokowi-Ma’ruf Nantinya

1. Aston Martin: Rp 4,3 miliar – Rp 11,8 miliar

mobil mewah aston martin
Aston Martin. (Shutterstock)

Seperti yang diterangkan di atas, Aston Martin menjadi salah satu mobil mewah yang menunggak dengan nilai Rp 875 juta. Ada empat model Aston Martin yang dipasarkan di Indonesia seperti yang diungkap Oto.

Keempat mobil Aston Martin yang dijual tersebut, yaitu Aston Martin Vantage dari harga Rp 4,3 – 6 miliar, Aston Martin Vanquish dari harga Rp 9 – 11,8 miliar, Aston Martin Rapide S dari harga Rp 8,1 miliar, hingga Aston Martin DB11 dari harga Rp 7,7 miliar.

Belum lama ini, model Aston Martin DBS Superleggera masuk ke Indonesia tepatnya pada 27 Mei 2019. Menariknya, model mobil mewah yang satu ini cuma dijual satu unit di Indonesia. Bahkan, belum diketahui persis berapa harga jual model tersebut.

Baca juga: Mengintip Isi Garasi Ketua KPK Baru Firli Bahuri yang Berharta Rp 18 Miliar

2. BMW: Rp 729 juta – Rp 3,9 miliar

mobil mewah bmw
BMW. (Shutterstock)

Selanjutnya, ada mobil mewah bermerek BMW yang total tunggakan pajaknya mencapai Rp 4,2 miliar. Walaupun harganya terbilang mahal, harga jual BMW masih kalah fantastis dengan harga jual Aston Martin.

Mobil mewah ini dijual dengan harga yang bervariasi, tergantung modelnya. Harga mobil BMW tahun 2019 mulai dari angka Rp 729 juta buat BMW 3 Series – Rp 3,9 miliar buat BMW i8 Roadster.

Baca juga: Bebas Ganjil Genap dan Harganya Rp 1,5 M, Inikah Mobil Listrik yang Bakal Dibeli Raffi?

3. Lamborghini: Rp 6,4 miliar – Rp 8,9 miliar

mobil mewah lamborghini
Lamborghini. (Shutterstock)

Kemudian, ada Lamborghini yang merupakan salah satu merek mobil mewah yang menunggak pajak dengan nilai Rp 2,1 miliar. Harga mobil mewah yang dimiliki salah satunya oleh “pengacara Rp 30 miliar”, Hotman Paris, sebelas duabelas mahalnya dengan Aston Martin.

Ada tiga model Lamborghini yang dijual di Indonesia, yaitu Urus, Huracan, dan Aventador. Harga jualnya dimulai dari Rp 6,4 miliar – Rp 8,7 miliar buat Lamborghini Aventador, Rp 8,5 miliar buat Lamborghini Urus, dan Rp 8,9 miliar buat Lamborghini Huracan.

4. Land Rover: Rp 1,5 miliar – Rp 4,2 miliar

mobil mewah land rover
Land Rover Range Rover. (Shutterstock)

Sementara itu, pajak Land Rover yang dilaporkan menunggak di DKI Jakarta sekitar Rp 3,1 miliar. Di Indonesia ada enam model SUV dari Land Rover yang dipasarkan. Harga jual per unitnya tentu aja bervariasi.

Enam model tersebut adalah Land Rover Discovery Sport yang punya harga jual Rp 1,5 miliar, Land Rover Range Rover Evoque sekitar Rp 1,7 miliar, Land Rover Range Rover Velar sekitar Rp Rp 2,17 – Rp 2,5 miliar, Land Rover Range Rover sekitar Rp 3,7 miliar – Rp 4,2 miliar, Land Rover Discovery sekitar Rp 2,4 miliar, hingga Land Rover Range Rover Sport sekitar Rp 3 miliar.

Dengan harganya yang mahal tersebut, wajar aja kalau cuma orang-orang berduit aja yang mampu beli. Contohnya aja HM Fitno, pendiri F Corporation, yang tercatat memiliki dua unit mobil mewah Land Rover.

5. Rolls Royce: Rp 18 miliar – Rp 25 miliar

mobil mewah rolls royce
Rolls Royce. (Shutterstock)

Ada mobil Rolls Royce yang beberapa pemiliknya diketahui menunggak pajak kendaraan di DKI Jakarta sebesar Rp 1,6 miliar. Harga jual mobil ini mahalnya bukan main, bahkan lebih mahal dari harga jual Aston Martin.

Terdapat tiga model Roll Royce yang dijual di Indonesia. Mulai dari Rolls Royce Ghost seharga Rp 18 miliar – Rp 25 miliar, Rolls Royce Phantom seharga Rp 20 miliar – Rp 24 miliar, dan Rolls Royce Wraith seharga Rp 25 miliar.

Di Indonesia, mobil mewah yang satu ini dimiliki orang-orang dari kalangan pengusaha dan pesohor. Nama-nama seperti Tung Desem Waringin, Hary Tanoesoedibjo, Handojo Selamet Mulyadi, hingga Hotma Sitompul diketahui memiliki mobil mewah ini.

Nah, itu tadi harga mobil mewah yang diketahui menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Jakarta. Karena nilai tunggakannya yang besar, kabarnya nih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi keringanan pembayaran pajak buat PKB dan PBB yang tertunggak.

Keputusan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 89 Tahun 2019 dan Peraturan Gubernur Nomor 90 Tahun 2019.

Kabarnya, semua warga DKI Jakarta yang menunggak PKB dapat diskon pembayaran hingga 50 persen. Keputusan ini berlaku hingga Desember 2019.

Pajak mobil mewah memang tinggi nominalnya, carilah pilihan mobil terbaik dengan ikuti kuis berikut

Pajak kendaraan bermotor menjadi pertimbangan dalam membeli mobil. Itulah kenapa mobil mewah yang mahal harganya diiringi dengan tingginya pajak kendaraan tersebut.

Temukan pilihan mobil yang sesuai agar tak terbebani dengan pajak mobil yang tinggi dengan ikuti kuis berikut ini.

Lengkapi pula kepemilikan mobil dengan memiliki asuransi kendaraan agar ongkos perbaikan kendaraan di bengkel dapat diminimalkan dengan ikuti kuis di bawah ini.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi mobil? Lihat pertanyaan populer seputar asuransi di Tanya Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →