Mewah dan Gak Mempan Peluru, Ini 4 Mobil Mewah Para Presiden RI

Mercedes-Benz W221 S600L Pullman Guard 2008 (gqindia.com)

Sebagai pejabat tinggi negara, setiap presiden tentunya akan diberikan mobil dinas operasional. Bicara soal mobil Presiden RI (Republik Indonesia), sebagian mobil mereka ternyata sama dengan yang digunakan oleh kepala negara di negara-negara lain, termasuk beberapa negara maju.

Selain performanya tinggi, mobil-mobil ini tentunya mahal dari sisi harga hingga perawatan. Tentunya, jenis mobil para presiden ini juga bisa memberikan citra tersendiri bagi negara yang bersangkutan.

Penasaran dengan mobil-mobil mewah yang dikendarai Presiden RI pertama hingga yang saat ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Soekarno – Buick-8

Buick 8. (Tribunnews)
Buick 8. (Tribunnews)

Buick-8 merupakan mobil Presiden RI pertama yaitu Ir. Soekarno. Mobil ini diproduksi tahun 1939 dan menggendong mesin 5.247 cc. Tenaga maksimalnya 141 Tk di 3.600 RPM.

Buick-8 memang merupakan mobil edisi terbatas karena hanya diproduksi 1.451 unit saja. Pada eranya, mobil ini merupakan mobil bangsawan dan sempat jadi mobil dinas pejabat Hindia Belanda.

Harga mobil ini berkisar antara US$ 1.000 hingga 2.000 pada masanya. Mungkin agak mengagetkan ya kalau dihitung dengan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar saat ini.

Mobil buatan Amerika Serikat ini sudah diserahkan pada Kepala Rumah Tangga Presiden oleh Dewan Harian Nasional 45, untuk jadi salah satu koleksi Museum Joeang 45 di Menteng.

2. Soeharto Mercedes-Benz 500SEL Limousine 1987

Mercedes-w140. (Mobilmotorlama.com)
Mercedes-w140. (Mobilmotorlama.com)

Mercy limousine keluaran 1987 adalah mobil Presiden RI ke dua, pak Harto. Konon kabarnya, spesifikasi keamanan Mercedes-Benz 500SEL ini sama seperti mobil Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II pada masanya.

Apa saja fitur keamanannya? Ada kaca anti-peluru setebal 3 inci, ada pula sensor yang digunakan untuk mendeteksi keamanan Presiden Soeharto. Mobil ini juga dilapisi baja dan platina hitam yang kabarnya tahan dengan serangan mortar dan ranjau darat.

Gak cuma bodynya, ban mobil ini juga tahan ranjau lho!

Mobil ini memiliki tipe mesin M117.963 delapan silinder dengan kapasitas 5.0 liter. Limousine ini bisa melaju hingga kecepatan maksimal 220 km per jam.

Untuk harganya, sampai sekarang informasi harga mobil ini memang simpang siur. Namun untuk versi non limousinenya berkisar antara US$ 12.500 atau setara dengan Rp 183 jutaan.

3. BJ Habibie, Gusdur, Megawati, SBY – Mercedes-Benz S600 1994

Mercedes Benz Sonderklasse. (
Mercedes Benz Sonderklasse.

Di tahun 1994, pak Harto mengganti mobilnya dengan Mercedes-Benz W140 S600. Mobil ini lantas diwariskan ke penerusnya yaitu BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, dan Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menjabat di periode pertama.

Sebagai mobil Presiden RI, spesifikasi S600 juga cukup canggih. Mobil ini dilapisi baja anti-peluru.

Sejatinya, ada alasan kuat mengapa empat Presiden RI setelah Soeharto gak ganti mobil dinas. Hal itu disebabkan lantaran Indonesia baru saja melewati periode krisis.

Di Jakarta, sempat ada kok yang menjual mobil seperti ini di harga Rp 375 juta. Mobil itu merupakan mobil operasional yang digunakan di Konferensi Tingkat Tinggi APEC. Tapi statusnya udah laris tuh.

4. SBY periode kedua dan Jokowi – Mercedes-Benz W221 S600L Pullman Guard 2008

Mercedes-Benz W221 S600L Pullman Guard 2008. (Kabaroto.com)
Mercedes-Benz W221 S600L Pullman Guard 2008. (Kabaroto.com)

Di periode jabatan kedua, SBY menggunakan Mercedes-Benz S600 versi terbaru. Mercy S600L S-Guard ini sanggup menahan serangan tembakan hingga fragmen granat tangan. Wajar, saja, mobil ini memang berstandar Eropa B6/B7.

Mesin mobil ini berkapasitas 6 ribu cc, dengan 12 silinder. Dengan tenaga besar ini Mercy S600 Pullman Guard sanggup menyemburkan tenaga maksimal hingga 525 Tk.

Ketika mobil ini dipakai Jokowi, Pullman Guard ini sempat mogok berkali-kali. Maklum aja usianya sudah 10 tahun.

Kabarnya, Jokowi sudah ditawari untuk ganti mobil dinas berkali-kali. Namun kenyataannya, dia justru menolak.

Pada tahun 2008, Pemerintah Indonesia membeli mobil ini sebanyak delapan unit. Namun saat berjalannya pemerintahan Jokowi-JK mobil ini cuma ada tujuh, dan setelah diusut satunya lagi dipinjam pak SBY. Kabar itu pun sempat jadi pembahasan panas di media.

Oh ya, harga mobil ini memang gak pernah disebutkan oleh Mercedes-Benz. Maklum namanya juga mobil kepresidenan, apalagi masih ada yang pakai.

Itulah mobil Presiden RI yang mewah dan mahal-mahal. Selain menaiki mobil tersebut tentu mereka juga punya mobil pribadi yang lain.

Boleh dibilang, mau sampai kapanpun mobil ini tetap tinggi valuasinya. Mengapa? Karena ini merupakan kendaraan yang punya nilai historis.

Seandainya dijual, pasti ada kok yang mau beli mahal dalam kondisi bekas atau rusak. Soalnya kan pernah dipakai Presiden RI.

Tak mesti mobil presiden, temukan mobil pilihanmu dalam kuis berikut ini

Sudah tahu belum seperti apa mobil pilihanmu? Kalau masih bingung, cari tahu pilihan mobil terbaikmu dalam kuis berikut ini.

Temukan juga asuransi mobil yang sesuai dengan bujet dalam kuis di bawah ini.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi mobil? Lihat pertanyaan populer seputar asuransi di Tanya Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →