Ini Dua Mobil Wali Kota Surabaya Berprestasi yang Nilainya Mencapai Rp 985 Juta

tri rismaharini

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikenal sebagai salah satu pejabat publik yang berprestasi. Seperti yang baru-baru ini diberitakan, Tri Rismaharini disebut-sebut telah sukses dalam mengelola sampah yang ada di Kota Surabaya.

Gak cuma mengurangi jumlah sampah yang ada, Tri Rismaharini juga memanfaatkan sampah-sampah di Kota Surabaya sebagai pupuk dan sumber energi. Wajar aja pencapaian Risma ini patut diapresiasi.

Karena prestasinya tersebut, Tri Rismaharini mendapat kunjungan dari para anggota DPRD DKI Jakarta pada Senin (29/6). Kunjungan para anggota DPRD DKI Jakarta ke Surabaya merupakan bagian dari studi banding Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda).

Pertemuan para anggota DPRD DKI Jakarta dan Tri Rismaharini di Ruang Sidang Balai Kota Surabaya membuat kagum Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Bestari Barus. Ia sampai melontarkan pernyataan kalau Ibu Risma pantas memimpin Jakarta buat periode mendatang.

Tak pelak, kabar prestasi Ibu Risma ini cepat tersebar luas. Sampai-sampai, Wali Kota Surabaya ini disebut-sebut cocok buat menjadi menteri.

Terlepas dari ramainya pemberitaan prestasi yang baru-baru ini beliau capai, seperti apa perjalanan karier Ibu Risma hingga bisa menjadi wali kota berprestasi? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Dirikan Hotel Rp 1,8 Triliun, Ini Fakta Crazy Rich Surabayan Hermanto Tanoko

Lama di Pemerintahan Kota Surabaya, Tri Rismaharini telah dua kali jadi Wali Kota dan memiliki kekayaan Rp 1,88 miliar

tri rismaharini
Ibu Wali Kota. (Twitter/@banggasurabaya)

Nama Tri Rismaharini udah sangat akrab di lingkungan Pemerintahan Kota Surabaya. Kariernya sebagai pegawai negeri sipil alias PNS telah dibangunnya sejak 1990-an.

Lulusan sarjana arsitektur dan magister manajemen pembangunan kota dari ITS Surabaya ini diketahui menerima posisi penting di Pemerintahan Kota Surabaya sejak 1997. Saat itu ia menjabat sebagai Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Bappeko Surabaya (1997 – 2000).

Sejak saat itu karier Ibu Risma menanjak. Sejumlah posisi penting pun sempat diembannya. Setelah di Bappeko, wanita kelahiran 20 November 1961 ini menempati posisi, seperti: 

  • Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Dinas Bangunan Kota Surabaya (2001 – 2002).
  • Kepala Cabang Dinas Pertamanan (2002 – 2002).
  • Kepala Bagian Bina Pembangunan (2002 – 2005).
  • Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (2005 -2005).
  • Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya (2005 – 2008).
  • Kepala Bappeko Surabaya (2008 – 2010).

Barulah memasuki tahun 2010, Tri Rismaharini menjabat sebagai Wali Kota Surabaya (2010 – 2015) dan naik lagi menjadi Wali Kota Surabaya kedua kalinya (2016 – 2021).

Cukup banyak prestasi yang dicapai Ibu Risma selama di pemerintahan. Berikut ini daftar prestasi dan penghargaan yang ia raih: 

  • Innovative City of the Future dari London Summit Leaders,
  • Bung Hatta Anti-Corruption Award 2015,
  • membuat Surabaya sebagai kota terbaik se-Asia Pasifik tahun 2012,
  • masuk nominasi 10 wanita paling inspiratif Majalah Forbes tahun 2013,
  • Wali Kota terbaik ketiga di dunia versi The World Mayor Prize tahun 2014,
  • FutureGov Award 2013, hingga
  • Ideal Mother Award 2016.

Walaupun telah berkarier di Pemerintah Kota Surabaya dalam jangka waktu yang sangat lama, Ibu Risma cuma memiliki kekayaan sebesar Rp 1.885.144.198. Informasi ini disampaikannya dalam LHKPN 2017.

Udah gitu Risma sepertinya gak terlalu suka mengoleksi banyak mobil. Dalam LHKPN, cuma dua mobil yang dilaporkannya. Nilainya pun saat ini berada di kisaran ratusan juta rupiah. Penasaran apa aja mobil-mobil yang dimilikinya? Berikut ini daftarnya.

Baca juga: Rumah bak Istana dan Punya Rolls Royce, Ini 4 Fakta Crazy Rich Surabaya

Dua mobil Tri Rismaharini dengan total nilai Rp 985 juta

Seperti yang udah disinggung di atas tadi, Tri Rismaharini punya kekayaan hingga Rp 1,88 miliar. Dari nilai total kekayaan tersebut, terdapat dua mobil yang dimasukkannya sebagai harta kekayaan. 

Total nilai mobil yang dilaporkan Risma mencapai Rp 985 juta. Penasaran apa aja dua mobil milik Wali Kota Surabaya ini? Berikut ini daftarnya.

  1. Toyota Kijang Innova

tri rismaharini
Ilustrasi Kijang Innova keluaran tahun 2017. (Shutterstock)

Dalam LHKPN 2017 yang dilaporkannya, Tri Rismaharini diketahui memiliki Toyota Kijang Innova 2.4 Q AT. Mobil keluaran tahun 2016 tersebut memiliki nilai Rp 425 juta.

Risma mencatatkan mobil MPV tersebut dengan status hasil sendiri. Kini, harga terbaru mobil dengan kapasitas mesin 1.998 cc ini dijual dengan harga mulai dari Rp 312 jutaan – Rp 414 jutaan. Harga barunya lebih murah dari nilai mobil Risma.

  1. Mitsubishi Pajero
tri rismaharini
Mitsubishi Pajero keluaran 2016. (Shutterstock)

Ada Mitsubishi Pajero yang menjadi mobil kedua yang dimiliki Tri Rismaharini. Mobil SUV keluaran tahun 2017 ini memiliki nilai yang mencapai Rp 560 juta.

Sama seperti Innova, Risma memperoleh Mitsubishi Pajero dengan hasil sendiri. Harga terbaru mobil ini kini dijual mulai dari Rp 486,5 juta – Rp 697 juta. Buat kamu yang kepengin memiliki mobil seperti ini, minimal gaji yang kamu terima per bulan harus sebesar Rp 50 jutaan lho.

Nah, itu tadi seputar informasi tentang Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Mulai dari prestasinya, kekayaannya, hingga mobil yang dimilikinya. Gimana menurutmu? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →