Honda HRV Mugen, Apa Istimewanya Dibanding Varian Lain?

Honda HRV Mugen

Honda telah meluncurkan HR-V generasi terbaru, yakni dengan sentuhan mugen. Dengan varian HR-V mugen ini, mobil yang mengusung nama Honda Vezel di negara asalnya tersebut kini hadir dengan tampilan lebih sporty.

Tampilan sporty dari Honda HR-V ini dilengkapi dengan body kit asli dari Mugen Jepang. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Honda HRV Mugen, simak berikut pembahasannya.

Keistimewaan HRV Mugen dibanding varian lain

Apa yang membuat Honda HRV Mugen ini istimewa? Ada beberapa perbedaan pada HR-V jenis ini apabila dibandingkan dengan HR-V varian lain. Berikut ini keunikan HR-V Mugen.

1. Tampilan lebih sporty

Tampilan sporty adalah perbedaan paling signifikan yang bisa terlihat pada desain HR-V varian ini. Desain yang sporty ini didapatkan dari tambahan body kit asli dari Mugen Jepang. 

Tambahan body kit ini ada pada bagian bumper, baik di bumper depan maupun belakang, serta di bagian samping. Di bagian body juga ditambahkan stiker berwarna abu-abu, merah, dan kuning, serta ditambahkan tulisan Mugen di fender-nya.

2. Penambahan identitas Mugen di bagian interior

Pada bagian interior mobil, kamu bisa melihat adanya tambahan tulisan Mugen di beberapa bagian, khususnya pada cluster konsol tengah dan juga di karpet beludru yang ada di dalam mobil.

3. Special edition

Keunikan lainnya, HRV Mugen ini adalah mobil yang dikeluarkan dengan edisi khusus alias special edition. Layaknya mobil special edition, HR-V varian ini hanya dijual dalam jumlah yang sedikit saja.

Di Indonesia, mobil ini hanya dijual sebanyak 250 unit. Jadi, varian ini tergolong langka dan tidak akan mudah kamu temukan lagi di tempat lain.

Harga Honda HRV Mugen

Setelah mendapatkan kesuksesan penjualan pada periode tahun 2015 sampai pertengahan 2016, membuat Honda kembali meluncurkan varian terbaru. 

HR-V Mugen Edition menjadi varian yang dikeluarkan PT Honda Prospect Motor atau HPM pada GIIAS sejak 2019 lalu.

Sesuai dengan namanya, HR-V Mugen Edition dilengkapi dengan berbagai aksesoris desain dan interior yang sebagian besar diisi oleh Mugen. 

Mobil yang ditawarkan ada dalam dua pilihan, yakni Honda HR-V 1.5L E CVT Mugen dan Honda HR-V 1.8L Prestige Mugen.

Seperti biasa, untuk mobil garapan Honda khususnya edisi mugen ini tentu akan dibanderol dengan harga yang cukup mahal seperti harga Honda HR-V pada umumnya. Untuk varian HR-V 1.5L E CVT Mugen, dibanderol dengan harga Rp326.400.000.

Sementara untuk varian Honda HR-V 1.8L Prestige Mugen dibanderol dengan harga yang lebih mahal karena memiliki fitur dan mesin lebih baik. 

Varian satu ini dibanderol dengan harga Rp398.800.000 di mana memiliki selisih cukup besar sampai Rp60 juta lebih.

Desain dan dimensi Honda HRV Mugen

Secara dimensi, mobil Honda HR-V memiliki panjang keseluruhan 4.294 mm, lebar mencapai 1.772 mm, tinggi keseluruhan mencapai 1.580 mm, serta jarak sumbu roda hingga 2.610.

Tak hanya itu, Honda HR-V Mugen Edition memiliki bobot yang berbeda-beda setiap variannya. Untuk varian Mugen 1.5 liter, memiliki bobot 1.226 kg dan varian 1.8 liter berbobot hingga 1.306 kg.

Dengan ukuran dan bobot ini, HR-V Mugen Honda memiliki bentuk body yang cukup besar dan luas sehingga membuat gerak penumpang menjadi semakin lega. 

Di sisi lain, mobil Jepang berjenis low SUV ini juga memiliki tinggi ground clearance setinggi 185 mm sehingga aman jika melewati jalan bebatuan.

Untuk desainnya sendiri, Mugen HRV terlihat memiliki banyak tambahan sporty front grill dengan warna silver yang tidak mengkilap. 

Tak lupa, terdapat pula front under spoiler yang berada di bagian bumper depan di mana berguna untuk melindungi bumper depan.

Masih dengan fitur baru, bagian samping Honda HR-V Mugen terdapat Side under spoiler yang dibalut dengan warna hitam dop. 

Agar kesan sporty semakin terlihat, Honda tidak lupa memberikan Mugen Side Stripe Sticker pada bagian atas handle mobil.

Tidak hanya itu, untuk memberi kesan pembaharuan mobil ini juga dibekali dengan velg desain baru yang memiliki dua warna, yakni hitam dan silver. 

Karena ini merupakan edisi khusus dari HR-V Mugen, Honda pun memberikan emblem mugen pada bagian belakang mobil.

Dengan begitu, secara keseluruhan mobil ini terlihat tampil lebih fresh. Beberapa tambahan fitur dan aksesoris yang dibawa oleh HR-V Honda Mugen Edition membuatnya tak kalah untuk mobil sekelas SUV.

Spesifikasi Honda HRV Mugen

Menyasar segmen medium crossover atau low SUV, tentu membuat Honda HR-V memiliki spesifikasi terbaik untuk memberikan kenyamanan berkendara kelas satu. Beberapa spesifikasi yang dimiliki oleh Mugen HRV, di antaranya sebagai berikut:

Mesin Honda HRV Mugen

Berbicara pada sektor dapur pacu, Honda HR-V Mugen yang hadir dengan dua varian ini memiliki jenis mesin mobil yang berbeda pula. 

Pertama, untuk varian Honda HR-V 1.8L Prestige Mugen akan dibekali dengan mesin 1.8 liter tipe SOHC 4 Silinder dengan 16 katup i-VTEC+DBW berkapasitas 1.759 cc.

Sementara untuk varian standar atau Honda HR-V 1.5L E CVT Mugen akan dibekali dengan mesin 1.5 liter tipe SOHC 4 Silinder dengan 16 katup i-VTEC+DBW dan berkapasitas 1.497 cc.

Meski kedua varian Honda HR-V Mugen tersebut mengusung mesin tak sama, namun tenaga yang dihasilkan tidak jauh berbeda. Pada varian HR-V Prestige, mampu menyemburkan tenaga cukup baik hingga 139 Ps setiap putaran 6.500 rpm.

Mesin pada varian HR-V Prestige juga mampu mencapai torsi hingga 169 Nm pada putaran 4.300 rpm dengan perbandingan kompresi 9.7:1. 

Sementara itu, untuk tipe HR-V Mugen CVT Standar dapat menyemburkan tenaga sebesar 120 Ps setiap putaran ke 6.500.

Tak lupa pula, mesin pada varian jenis ini mampu mencapai torsi sampai pada titik 14 Nm pada putaran ke 4.600 rpm dengan perbandingan kompresi 10.3:1. Pilihan sistem transmisi pada HR-V Honda mugen tidak cukup banyak, yakni hanya dua saja.

Transmisi tipe pertama, akan mengandalkan tipe CVT dan M/T 6-percepatan. Untuk tipe CVT akan digunakan pada varian Prestige, Type E CVT, dan Type S CVT. Sementara untuk M/T 6-percepatan, akan digunakan pada tipe S M/T, dan Type A M/T.

Dengan mesin dan pilihan transmisi dari kedua tipe HR-V Mugen tersebut, meski dibedakan menjadi dua varian namun keduanya mampu membuat laju mobil menjadi gesit dan cepat.

Untuk varian Prestige, akan mengusung tangki bahan bakar berkapasitas 20 liter dan tipe standar atau tipe 1.5L, akan mengusung tangki bahan bakar berkapasitas 40 liter saja.

Meski berbeda, namun kedua kapasitas bahan bakar ini cukup untuk menjadi bekal ketika dikendarai saat perjalanan jauh. 

Fakta inilah yang menjadikan Honda semakin yakin jika mobil edisi Mugen tersebut cocok diajak untuk menjelajah ke berbagai tempat.

Fitur Honda HRV Mugen

Dibanderol dengan harga cukup tinggi, pastinya membuat Mugen HRV dibekali dengan banyak fitur menarik. Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Honda HR-V Mugen adalah layar Touchscreen 7.0” dengan banyak fungsi.

Beberapa fungsi dari fitur satu ini, di antaranya AM/FM Radio, CD/DVD Player, MP3/WMA + NAVI System, USB Port, AUX input, Made for iPod/iPhone/Android + Bluetooth + HDMI.

Berbeda dengan Honda HR-V Mugen, sebab varian standar ini hanya akan dibekali dengan layar 6”. Tak heran, untuk mugen tipe standar ini beberapa fiturnya akan berkurang.

Tak ketinggalan, Mugen Honda juga dibekali dengan fitur keamanan yang komplit, seperti dengan adanya Keyless Entry, Immobilizer, Alarm System, dan Smart Entry. Dengan adanya fitur-fitur ini, pengguna tidak akan khawatir dengan risiko kehilangan atau pencurian.

Untuk menunjang fitur keselamatan mobil, Honda pun membekali mobil edisi mugen dengan sistem pengereman canggih. 

Sistem ini adalah ABS + EBD atau Electronic Brake Force Distribution + BA yang akan memaksimalkan pengereman agar mobil tetap stabil meskipun direm secara mendadak.

Interior Honda HRV Mugen

Spesifikasi lainnya yang tak kalah menarik adalah interior pada Honda HR-V Mugen. Pada sektor interior, Honda HR-V Mugen memiliki tampilan luas dan elegan.

Hal ini dipertegas dengan penggunaan aksen warna yang begitu menawan dan membuat nyaman ketika orang memasuki ruang kabin mobil ini.

Di samping itu, untuk sistem audio Honda menyematkan Speaker 2 DIN yang akan memberikan suara menggelegarkan ketika mendengarkan musik. 

Tidak sampai disitu saja, pada tipe Honda HR-V Mugen Prestige juga dilengkapi dengan Sunroof dan AC with Smart Touch.

Namun, untuk tipe Honda HR-V Standar masih menggunakan AC manual yang harus diatur sendiri oleh pengendara. Walaupun demikian, hal ini tidak membuat spesifikasi Honda HR-V Mugen terlihat jadul atau kuno.

Sistem kemudi pada Honda edisi Mugen juga cukup menarik karena menggunakan Rack dan Pinion + Electric Power Steering atau EPS serta Tilt Telescopic Steering Wheel untuk semua tipe.

Untuk kamu yang tertarik dengan Honda HR-V Mugen, terdapat beberapa pilihan warna. Pilihan warna menarik untuk Honda edisi Mugen ini, antara White Orchid Pearl, Rallye Red, dan Crystal Black Pearl.

Eksterior Honda HRV Mugen

Sebagai salah satu mobil yang menyasar pada segmen low SUV, tampilan desain untuk eksterior Honda HR-V Mugen tidak jauh berbeda dengan SUV pada umumnya. 

Eksterior pada mobil ini mengusung konsep desain Dynamic Cross Solid di mana memperlihatkan tampilan sporty.

Konsep ini terkesan cukup mewah dan eksklusif karena terdapat banyak lekukan tegas yang semakin membuat HR-V Mugen tampak gagah. 

Untuk bagian depan, Honda menyematkan lampu LED Projector Headlight with LED Daytime Running Light atau DRL pada tipe tertinggi dari Honda HR-V Mugen.

Selain itu, Honda juga menambahkan fog lamp pada bagian depan kanan dan kiri yang ikut menyempurnakan pencahayaan ketika berkendara. Sementara untuk tipe standar, Honda HR-V Mugen masih mengandalkan Halogen Headlight + Auto Off.

Beralih pada bodi belakang, Honda kian mempercantik tampilan dengan menambahkan sebuah tailgate spoiler. Penambahan eksterior ini membuat mobil garapan Honda semakin terlihat lebih besar.

Pada sektor velgnya, Honda membekali mobil edisi Mugen ini dengan tipe Bold 17’ Alloy Wheel untuk varian Prestige. Untuk varian standar, akan dibekali dengan velg tipe Sporty 17’ Alloy Wheel.

Velg dari kedua varian Honda HR-V Mugen tersebut nantinya akan dibalut dengan sebuah ban berukuran 215/66 R17. Berbagai eksterior ini semakin mempercantik mobil dan mempermudah laju ketika berkendara di jalanan.

Suspensi dan kaki-kaki Honda HRV Mugen

Untuk masalah suspensi, kedua tipe dari Honda HR-V Mugen tidak memiliki perbedaan. Honda HR-V Mugen dibekali dengan suspensi-suspensi dengan jenis MacPherson Strut untuk bagian depan di mana mampu meredam getaran yang terjadi pada mobil.

Sementara pada bagian belakangnya, mobil Honda HR-V Mugen ini masih mengandalkan suspensi mobil terbaik dengan jenis H-Shape Torsion Beam. Suspensi jenis ini memiliki fungsi yang sama seperti suspensi bagian depan mobil.

Dengan sistem suspensi ini, pengendara akan merasakan kenyamanan saat menggunakan mobil baik untuk jarak dekat maupun jauh. Pada kaki-kakinya, Honda HR-V Mugen dilengkapi dengan sistem pengereman ABS+EBD+BA.

Sistem ini akan membantu memaksimalkan pengereman dan tetap membuat mobil stabil ketika direm secara mendadak. 

Adanya sistem suspensi dan kaki-kaki yang tangguh ini tak hayal jika Honda edisi Mugen dibanderol dengan harga terkesan cukup mahal.

Tips dari Lifepal! Jika kamu hendak membeli mobil Honda HR-V Mugen, kamu bisa mencari tahu informasi detail harga dengan membaca kembali atau melihat ulasan di berbagai platform, ya!

Gunakan perlindungan dari asuransi mobil

Berkendara di jalanan bukannya tanpa resiko, kejadian seperti tabrakan atau terserempet pengendara lain bisa terjadi kapanpun. Tentunya, selain keselamatan kerugian finansial juga tidak bisa dihindari. 

Karena itu, kamu perlu memberikan perlindungan finansial dengan asuransi mobil yang dapat mengcover biaya perbaikan akibat kecelakaan. Asuransi kendaraan dapat memberikan penggantian biaya servis di bengkel akibat kerusakan kecil maupun besar. 

Cari tahu di Lifepal rekomendasi asuransi mobil terbaik dan bandingkan sendiri manfaat pertanggungan yang ditawarkan. Dapatkan diskon hingga 20% dan layanan gratis untuk klaim. 

Ketika membeli asuransi, akan ada premi yang harus dibayarkan. Hitung perkiraan biaya premi asuransinya dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut. 

Pertanyaan seputar Honda HR-V Mugen

Mobil Honda H-RV memiliki 5 varian yaitu HR-V 1.5L S MT, HR-V 1.5L S CVT, HR-V 1.5L E CVT, HRV E CVT 1.5 Spesial Edition (SC), HRV 1.8L CVT Prestige.
Asuransi mobil dapat melindungi keuanganmu dari biaya perbaikan dan perawatan kendaraan yang harganya cukup mahal. Dengan mengasuransikan kendaraan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat servis mobil di bengkel rekanan perusahaan asuransi.