Negara Produsen Mobil Terbesar di Dunia, Ini Daftarnya

negara produsen mobil terbesar

Coba tebak, apa negara produsen mobil terbesar di dunia? Pasti yang ada di pikiranmu Jepang, Jerman, dan Korea Selatan. Sebab, negara ini emang terkenal sebagai negara produsen mobil yang produk otomotifnya paling banyak digunakan di Indonesia.

Bukan cuma tiga negara itu saja yang populer sebagai negara produsen mobil, masih ada China, Amerika Serikat, dan India lho. Di dunia ini, keenam negara tersebut termasuk dalam prosuden mobil terbesar.

Namun, kalau diadu, negara mana ya kira-kira yang produksinya paling besar? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut!

1. China

Negara yang satu ini bukan cuma unggul dalam jumlah penduduk, melainkan juga jago dalam banyak-banyakan produksi mobil. Sebagai negara produsen mobil terbesar di dunia, China diketahui menghasilkan 23,5 juta mobil pada 2018.

Banyak sekali pabrikan otomotif di China. Mulai dari SAIC Motor, Dongfeng, FAW, Chang’an, Geely, Beijing Automotive Group, Brilliance Automotive, Guangzhou Automobile Group, Great Wall, BYD, Chery, dan Jianghuai (JAC).

2. Jepang

Kalau negara yang satu ini, mobil-mobil produksinya paling laris di Indonesia. Lalu, berapa banyak mobil yang diproduksi Jepang? Pada 2017, negara ini tercatat memproduksi sebanyak 8,35 juta mobil.

Selain di Indonesia, mobil pabrikan Jepang juga memiliki banyak pengguna di negara lain. Merek-merek yang paling sering ditemukan yaitu Toyota, Honda, Daihatsu, Nissan, Suzuki, Mazda, Mitsubishi, Subaru, hingga Isuzu.

3. Jerman

Negara yang satu ini juga terkenal sebagai salah satu produsen mobil terbesar di dunia. Sebab, mobil Jerman itu populer dengan daya tahannya.

Jumlah produksi mobil negara ini juga terbilang besar. Pada 2017, negara ini menghasilkan sebanyak 5,64 juta mobil.

Selain ketahanan, memiliki mobil Jerman bisa bikin gengsimu naik. Soalnya harga mobilnya terbilang mahal. Contohnya mulai dari BMW, Volkswagen, Mercedes-Benz, Audi, dan Porsche.

4. India

Enggak disangka kan kalau India menjadi salah satu negara produsen mobil terbesar? Negara produsen mobil ini diketahui menghasilkan 3,95 juta unit mobil pada 2017.

Cukup banyak pabrikan mobil di India. Bisa saja kamu tahu mereknya, tapi enggak tahu kalau asalnya dari India. Beberapa pabrikan yang terkenal di India, yaitu Tata Motors, Hindustan Motors Limited, Ashok Leyland, Mahindra & Mahindra, Chinkara Motors, hingga Bajaj Auto.

5. Korea Selatan

Enggak kalah dengan negara-negara lainnya, Korea Selatan juga mencatatkan diri sebagai negara produsen mobil terbesar. Negara produsen mobil ini pada tahun 2017 mencatat angka produksi sebanyak 3,74 juta.

Beberapa merek mobil asal Korea Selatan pastinya ada yang kamu kenal. Tercatat merek-merek berikut ini yang diproduksi Korea Selatan. Mulai dari Hyundai, Kia Motors, Daewoo, SsangYong, Renault, Proto Motors, hingga Pyeonghwa Motors.

6. Amerika Serikat

Negara yang satu ini masih kalah banyak produksi mobilnya dengan negara-negara yang disebut di atas. Amerika Serikat tercatat pada 2017 memproduksi sebanyak 3,03 juta mobil.

Walaupun jumlah merek mobil asli Amerika Serikat enggak banyak-banyak amat, mobil-mobil tersebut punya harga yang enggak main-main, lho. Mulai dari Ford, Chevrolet, Chrysler, Cadillac, Dodge, Jeep, Ram, Lincoln, Buick, GMC, hingga Tesla.

Nah, itu tadi negara-negara produsen mobil dengan jumlah mobil yang diproduksi paling banyak di dunia. Kira-kira ada enggak salah satu merek mobil yang disebut di atas tadi kamu gunakan?

Bingung lagi cari mobil pilihan? Coba cari tahu dalam kuis berikut

Memilih mobil harus benar-benar tepat. Selain harganya yang murah, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Faktor-faktor tersebut mulai dari fungsi, kenyamanan, performa, hingga tipe.

Kuis memilih jenis mobil dari Lifepal berikut ini bakal membantumu dalam menjawab keinginanmu dalam memilih mobil yang ideal.

Memiliki mobil lebih lengkap rasanya kalau memiliki asuransi mobil juga. Pilih asuransi mobil yang tepat dan preminya pas dengan bujet lewat kuis memilih asuransi mobil yang cocok berikut ini.

Pertanyaan seputar negara produsen mobil terbesar

Negara mana saja yang memproduksi mobil paling banyak?

Beberapa negara ini tercatat sebagai produsen mobil terbesar di dunia, yaitu China, Jepang, Jerman, India, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Asuransi apa yang menanggung biaya perbaikan kendaraan?

Untuk menanggung biaya servis dan perbaikan mobil, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil.
Asuransi mobil akan menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan dan servis mobil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Sama manfaatnya dengan asuransi motor yang bisa menanggung biaya perawatan dan perbaikan motor.