Cari Tahu Apa itu Overhaul, Beserta Penyebab dan Tujuannya

overhaul adalah

Overhaul adalah salah satu istilah dalam dunia permesinan, umumnya mesin mobil.  Beberapa diantara kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini yang biasa dilakukan pada mobil yang dikenal juga dengan sebutan turun mesin mobil.

Memiliki sebuah mobil tentu harus memiliki pemahaman terhadap cara perawatannya. Salah satunya dengan cara melakukan overhaul secara rutin. 

Jika sebagian dari kamu belum memahami apa itu overhaul mesin, artikel berikut akan secara lengkap apa yang dimaksud overhaul, perbedaannya dengan tune up mobil dan tujuan overhaul itu sendiri. 

Apa itu overhaul pada mobil

Overhaul artinya pemeriksaan, istilah ini berasal dari bahasa Inggris. Di Indonesia sendiri overhaul sering disebut dengan istilah turun mesin atau belah mesin, yang mana turun mesin adalah proses membongkar mesin yang bermasalah agar bisa dilakukan pemeriksaan dengan lebih teliti. 

Dalam overhaul juga dilakukan service berat dengan penggantian terhadap komponen-komponen mesin yang bermasalah. Hal tersebut dilakukan pada mesin mobil kamu jika mengalami kerusakan karena dipakai dalam jangka waktu yang lama. 

Manfaatkan asuransi mobil syariah untuk menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat dan turut diawasi oleh MUI.

Berdasarkan pengertian overhaul tersebut bisa disimpulkan bahwa service berat ini penting untuk dilakukan jika terdapat kerusakan pada bagian dalam mesin mobil kamu. Terdapat dua jenis overhaul yakni:

  • Overhaul major, disebut juga overhaul total yang mana keseluruhan komponen mesin mobil akan diperiksa.
  • Overhaul minor, disebut juga engine semi overhaul yang mana hanya beberapa komponen mesin saja yang diperiksa. Pada umumnya jenis overhaul ini pada komponen mesin diperiksa tanpa membongkar blok silinder mobil.

Perbedaan overhaul dan tune up mobil 

Jika melihat pengertian overhaul sebelumnya, beberapa dari kamu mungkin masih bingung dengan  perbedaan overhaul dan tune up. Sebenarnya overhaul dan tune up merupakan dua hal yang berbeda dalam hal memperbaiki mesin kendaraan kamu.

Berdasarkan pengertiannya, overhaul yaitu membongkar mesin kendaraan untuk memperbaiki komponen-komponen dalam mesin yang rusak. Sedangkan tune up sendiri adalah suatu cara untuk mengembalikan performa mesin seperti semula tanpa membongkar keseluruhan.

Sebaiknya lakukan Tune up mobil secara rutin, minimal enam bulan sekali apalagi  jika mobil kamu sudah memberikan tanda-tandanya. Tune up juga bisa mencegah mesin dalam mobil kamu mengalami kerusakan yang parah hingga harus melakukan overhaul.

Ciri-ciri diperlukannya overhaul

Sebelumnya kamu sudah mengetahui apa itu overhaul mobil dan mengapa perlu dilakukan. Dalam hal ini, mobil yang memerlukan overhaul memiliki beberapa ciri-ciri penandanya.

Adapun ciri-ciri dari mobil memerlukan overhaul mesin adalah sebagai berikut.

1. Suhu mesin mobil terus meningkat

Tanda perlunya kamu melakukan overhaul adalah suhu mesin kendaraan yang terus meningkat meski dalam kecepatan yang rendah. Suhu mesin kendaraan yang terus meningkat bisa menyebabkan overheat.

Penting untuk kamu ketahui bahwa mobil overheat bisa menyebabkan mesin mati mendadak. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu perhatikan temperatur mesin dan jangan menyalakan secara langsung karena akan membuat suhunya semakin meningkat.

2. Knalpot mobil terus mengeluarkan asap putih

Jika mobil kamu mengeluarkan asap berwarna putih dari knalpot itu menjadi ciri untuk kamu melakukan overhaul mobil. Bukan hanya itu, aroma yang dikeluarkan dari knalpot juga kurang sedap, seperti sebuah busi yang terbakar.

Promo May Lifepal Dekstop
Promo May Lifepal Mobile

Biasanya asap putih pada mobil sering dikeluarkan oleh mesin yang sudah berumur. Hal tersebut terjadi karena asap putih biasanya menjadi pertanda bahwa kinerja mesin pada kendaraan kamu mulai menurun.

Jika kendaraan kamu mengeluarkan asap putih, sebaiknya segera bawa dan konsultasikan pada bengkel resmi. Langkah overhaul yang akan diambil biasanya akan ditentukan oleh seberapa parah kerusakan yang terjadi pada bagian dalam mesin mobil kamu.

3. Air radiator terus berkurang

Berkurangnya air radiator secara cepat juga merupakan ciri overhaul pada mesin mobil kamu. Oleh karena itu, kamu harus segera membawa mobil kamu ke bengkel resmi agar mendapatkan pemeriksaan terhadap komponen radiator mobil kamu.

4. Air radiator berminyak

Air radiator yang berminyak juga menjadi salah satu pertanda bahwa kamu  perlu melakukan overhaul engine pada mobil kamu. 

Air radiator yang berminyak biasanya disebabkan oleh oli yang masuk pada saluran air radiator ataupun air yang masuk pada ruang kompresi kendaraan.

5. Oli membasahi kepala busi

Tanda terakhir yang menjadi ciri untuk melakukan overhaul pada mobil kamu yakni kepala busi yang basah karena oli. Busi yang basah menjadi pertanda bahwa oli bisa menjadikan ruang kompresi mudah terbakar karena sudah masuk kedalamnya. 

Bagian kepala busi kendaraan kamu tentunya juga akan berubah warna menjadi hitam.

Penyebab mobil overhaul

Berikut adalah penyebab mobil mengalami overhaul atau mobil turun mesin yang sama pentingnya untuk kamu ketahui, diantaranya:

1. Timing belt putus

Timing belt memiliki tujuan untuk menyalurkan daya dari poros engkol ke poros noken as. Jika timing belt putus, katup dan piston dapat saling beradu dan mengakibatkan kerusakan. 

2. Pelumas yang kosong

Kehabisan pelumas bisa menjadi penyebab mobil kamu overhaul, fungsi oli melumasi komponen mesin adalah untuk mengurangi gesekan antara logam di dalam. Apabila pelumas cenderung kering, sama saja kamu membiarkan komponen saling bertabrakan dan hal itu bisa menyebabkan komponen didalamnya rusak.

3. Terjadi efek water hammer

Penyebab lainnya dari overhaul engine adalah terjadinya efek water hammer yang mana efek ini terjadi saat mobil baru melewati permukaan air yang tinggi contohnya banjir.

Air pun masuk melalui filter dan terus mengalir ke ruang bakar hingga berakibat pecahnya piston, connecting rod dan kerusakan poros engkol yang menjadikan mobil mogok.

4. Mesin yang terlalu panas

Mesin yang panas berlebih atau overheat bisa menyebabkan mesin mati mendadak. Hal tersebut bisa diakibatkan karena kinerja pendingin tidak optimal dan ketika terjadi overheat mobil terus dilajukan.

5. Oli tercampur air

Apabila air masuk ke ruang bakar, bisa berakibat air dan oli tercampur hingga warnanya berubah seperti susu coklat. Hal tersebut bisa mengakibatkan korosi, merusak bahan pelumas dan mengacaukan sistem sirkulasi.

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

Jika demikian segera bawa mobil ke bengkel terpercaya untuk mencegah mobil overhaul.

Tujuan melakukan Overhaul

Setelah kamu mengetahui ciri-ciri mobil kamu memerlukan overhaul, kamu juga perlu mengetahui apa tujuan dilakukannya overhaul pada sebuah mobil. Berikut ulasannya.

  • Memeriksa komponen dalam mesin. Hal ini bertujuan untuk memeriksa komponen-komponen dalam mesin karena komponen harus diperiksa agar dapat diketahui bagian mana saja yang harus diperbaharui atau diganti.
  • Membersihkan komponen dalam mesin mobil. Komponen-komponen yang ada pada mesin mobil kamu harus dibersihkan secara teratur agar tidak terjadi penumpukan kotoran di dalamnya.
  • Membersihkan bagian ruang bakar mobil dari kotoran berupa tumpukan karbon.
  • Mengatur ulang dudukan katup (valve seat ) pada mesin mobil dan untuk mengembalikan performa mesin. Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan kendaraan yang terus-menerus bisa menurunkan performa mesin didalamnya. Untuk mengatasi hal itu, kamu harus melakukan overhaul.

Kapan harus overhaul mobil?

Kamu harus mengetahui timing atau waktu yang tepat untuk melakukan overhaul pada mobil kamu. Hal ini tentunya tergantung pada perawatan yang kamu berikan sebagai pemilik kendaraan.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

Jika kamu rajin melakukan perawatan pada mobil, maka overhaul bisa dilakukan dalam kurun waktu  yang cukup lama. Selain itu, hal tersebut juga bergantung pada penggunaan kendaraan. 

Jika salah satu dari ciri-ciri yang sudah disebutkan sebelumnya muncul, segera lakukan overhaul pada mobil kamu ya!

Biaya overhaul mobil

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan overhaul mobil biasanya akan disesuaikan dengan apa saja yang harus diperbaiki dan diganti pada mobil kamu. Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk turun mesin kendaraan bisa mencapai jutaan rupiah. 

Seperti dikutip dari otomotif.kompas.com, biaya untuk jasanya saja berkisar Rp 3,5 juta – Rp 7 juta untuk mobil Avanza dan Rp 8 Juta untuk mobil Innova. Karena proses turun mesin akan memakan waktu yang relatif lama

Biaya untuk suku cadang juga disesuaikan dengan apa saja yang rusak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu rutin merawat mobil kamu agar tidak perlu melakukan overhaul.

Manfaatkan pilihan proteksi finansial dari asuransi mobil terbaik agar kamu tak perlu menguras kantong untuk biaya perawatan dan perbaikan mobil di bengkel. Dengan memiliki asuransi mobil, kamu bisa lebih fokus untuk menyiapkan tabungan dan berinvestasi.

Turun mesin merupakan proses membongkar mesin yang bermasalah agar bisa dilakukan pemeriksaan dengan lebih teliti dan pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam penanganannya. Untuk itu kamu harus lebih perhatian terhadap mobil kamu baik dalam perawatan maupun mengenali ciri-ciri jika mobil kamu memerlukan overhaul.

Tips dari Lifepal! Lifepal punya tips buat kamu, agar mobil tidak sampai mengalami overhaul yang mana hal ini sering terjadi yakni jika mesin mobil kamu tiba-tiba mati ketika tengah dikendarai, sebaiknya jangan langsung di starter

Perhatikan jarum penunjuk temperatur mesin, jika menunjukkan H/ hot, periksa sistem pendingin mungkin saja terjadi kebocoran air radiator dan kipas pendingin radiator.

Nah, kamu bisa membuang air sisa dalam radiator dan pada titik kebocoran, rapatkan bilah radiator dengan tang dan obeng minus. Kemudian tambahkan lem besi di tempat kebocoran secara merata dan  angin-anginkan hingga lem kering sekitar 15 menit. Semoga bermanfaat!

Simak pula ulasan mengenai biaya turun mesin mobil, dan juga cara overhaul mesin Toyota Avanza di artikel Lifepal lainnya!

Promo Car Brand Lifepal Desktop
Promo Car Brand Lifepal Mobile

Manfaatkan asuransi mobil untuk mengcover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa mengcover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar mobil overhaul

Mengapa mesin mobil perlu dilakukan overhaul?

Mesin mobil perlu dilakukan overhaul bertujuan untuk membersihkan komponen yang ada dalam mesin mobil kamu. Komponen-komponen yang ada pada mesin mobil kamu harus dibersihkan secara berkala agar tidak terjadi penumpukan kotoran di dalamnya.

Selain itu, overhaul juga diperlukan untuk mengatur ulang dudukan katup (valve seat) pada mesin mobil agar mengembalikan performa mesin. Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan kendaraan yang terus-menerus bisa menurunkan performa mesin didalamnya. Untuk mengatasi hal itu, kamu harus melakukan overhaul.

Apa itu asuransi all risk?

Asuransi all risk adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan fisik mobil pada skala ringan hingga berat. Utamanya, produk asuransi ini sangat berguna untuk memproteksi mobil baru.

Meski begitu, bagi kamu pemilik mobil lama atau mobil bekas dapat memanfaatkannya juga jika butuh perlindungan secara menyeluruh atau komprehensif. 

Melalui manfaat tambahan, nasabah asuransi all risk juga bisa mendapatkan jaminan ganti rugi unit baru andai mengalami musibah kehilangan mobil akibat tindakan sabotase atau pencurian.

Terdapat berbagai perusahaan asuransi mobil all risk terbaik di Indonesia yang menawarkan produk dan polis yang bermacam-macam. Meski begitu, biaya atau premi tahunan asuransi mobil sudah ditentukan berdasarkan harga mobil dan wilayah domisili nasabah sesuai ketentuan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan.

Jika kamu tertarik untuk menjadi nasabah asuransi mobil all risk tapi masih ragu mengenai polis mana yang paling tepat dengan kebutuhan dan anggaran, kamu bisa temukan referensi kepada berbagai perusahaan asuransi mobil terbaik sekaligus berkonsultasi secara gratis di Lifepal.

Mesin mobil perlu dilakukan overhaul bertujuan untuk membersihkan komponen yang ada dalam mesin mobil kamu. Komponen-komponen yang ada pada mesin mobil kamu harus dibersihkan secara berkala agar tidak terjadi penumpukan kotoran di dalamnya.

Selain itu, overhaul juga diperlukan untuk mengatur ulang dudukan katup (valve seat) pada mesin mobil agar mengembalikan performa mesin. Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan kendaraan yang terus-menerus bisa menurunkan performa mesin didalamnya. Untuk mengatasi hal itu, kamu harus melakukan overhaul.

Asuransi all risk adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan fisik mobil pada skala ringan hingga berat. Utamanya, produk asuransi ini sangat berguna untuk memproteksi mobil baru.

Meski begitu, bagi kamu pemilik mobil lama atau mobil bekas dapat memanfaatkannya juga jika butuh perlindungan secara menyeluruh atau komprehensif. 

Melalui manfaat tambahan, nasabah asuransi all risk juga bisa mendapatkan jaminan ganti rugi unit baru andai mengalami musibah kehilangan mobil akibat tindakan sabotase atau pencurian.

Terdapat berbagai perusahaan asuransi mobil all risk terbaik di Indonesia yang menawarkan produk dan polis yang bermacam-macam. Meski begitu, biaya atau premi tahunan asuransi mobil sudah ditentukan berdasarkan harga mobil dan wilayah domisili nasabah sesuai ketentuan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan.

Jika kamu tertarik untuk menjadi nasabah asuransi mobil all risk tapi masih ragu mengenai polis mana yang paling tepat dengan kebutuhan dan anggaran, kamu bisa temukan referensi kepada berbagai perusahaan asuransi mobil terbaik sekaligus berkonsultasi secara gratis di Lifepal.