5 Penyebab Pengait Pintu Mobil Rusak yang Perlu Diwaspadai

pengait pintu mobil rusak

Pengait pada pintu mobil berperan sebagai penghubung antara daun pintu dengan body mobil. Jika pengait pintu mobil rusak, maka pintu mobil tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Kerusakan pada pengait pintu bukan terjadi tanpa sebab. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi ini dan upaya perbaikan perlu disesuaikan dengan faktor penyebabnya.

Penyebab pengait pintu mobil rusak 

Untuk bisa mengetahui penyebab kerusakan pada pengait pintu, kamu mungkin perlu membawa mobil ke bengkel. Biasanya, teknisi akan mengidentifikasi penyebab pastinya.

Secara garis besar, ada beberapa hal yang bisa memicu kerusakan ini. Berikut ini beberapa penyebab pengait pintu mobil rusak.

1. Faktor usia kendaraan

Seiring berjalannya waktu, berbagai komponen mobil akan mengalami penurunan kualitas. Faktor usia ini juga akan berdampak pada kondisi pengait pintu.

Khususnya, mobil yang sudah berusia di atas 5 tahun, lebih rentan terhadap kerusakan pengait pintu. Pengaitnya mungkin menjadi longgar, keropos, atau berkarat.

Alhasil, pengait pun tidak bisa lagi bekerja dengan maksimal dalam memastikan pintu mobil tetap tertutup dengan baik.

2. Karet pintu mobil usang

Kinerja pengait pintu berkaitan erat dengan karet pintu mobil. Karet yang sudah usang juga akan menyebabkan kerusakan pada pengait.

Karet pintu bisa menjadi usang seiring bertambahnya usia kendaraan. Ketika karet menjadi usang, maka karet menjadi keras dan mengendur.

Ini akan menyebabkan pengait mobil tidak bisa berfungsi dengan baik, sehingga pintu mobil tidak bisa menutup dengan sempurna.

3. Kebiasaan menutup pintu mobil terlalu keras

Kalau kamu terbiasa menutup pintu mobil terlalu keras, hal ini juga bisa menyebabkan pengait pintu mobil rusak. Sebab, jangkar pada pengait jadi sering terbanting saat pintu ditutup terlalu keras.

4. Tidak menutup pintu saat mencuci mobil

Ada juga kebiasaan buruk lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada pengait, yaitu tidak menutup pintu ketika kendaraan dicuci.

Sebab, saat pintu tidak tertutup sempurna, air mudah masuk ke komponen door lock. Jika terlalu sering kena air, karet pintu dan juga komponen lainnya akan mudah mengeras dan tidak bisa lagi bekerja dengan sempurna.

5. Kebiasaan membuka pintu terlalu lama

Pintu mobil yang sudah dibuka sebaiknya segera ditutup kembali. Jangan biasakan membiarkan daun pintu mobil terbuka terlalu lama.

Sebab, ketika daun pintu dibuka terlalu lama, engsel pintu mobil akan menurun. Engsel yang turun akan berdampak pada kerusakan pengait pintu.

Cara memperbaiki pengait pintu mobil yang rusak 

Upaya perbaikan kerusakan pengait pintu bisa disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Berikut ini beberapa cara memperbaiki pintu mobil yang sudah mengalami kerusakan pada bagian pengaitnya.

1. Mengganti komponen yang rusak

Solusi terbaik untuk mengatasi kerusakan pada pengait pintu adalah mengganti komponen door lock dengan komponen yang baru.

Secara khusus, solusi ini tepat untuk dilakukan apabila kerusakan pada door lock disebabkan oleh faktor usia pemakaian.

2. Mengencangkan baut engsel

Terkadang, kerusakan pada pengait bisa juga disebabkan oleh engsel pintu yang sudah turun. Jika demikian, maka cara mengatasinya adalah mengencangkan kembali baut engsel tersebut.

3. Ubah kebiasaan menutup pintu

Kebiasaan buruk dalam menutup pintu menjadi salah satu faktor pemicu pengait pintu mobil rusak. Oleh sebab itu, untuk mencegah kerusakan lebih parah, ubahlah kebiasaan dalam menutup pintu.

Jangan biasakan menutup pintu terlalu kencang. Selain itu, pastikan juga daun pintu jangan dibiarkan menggantung terbuka terlalu lama.

Ketika akan mencuci mobil pun, pastikan pintu mobil sudah tertutup rapat agar tidak ada air cucian yang ikut masuk ke dalam komponen pintu.

Biaya perbaikan pengait mobil rusak

Saat melakukan service pintu mobil di bengkel, tentunya akan ada biaya yang perlu dikeluarkan. Dikutip dari Harapan Rakyat, umumnya biaya service pintu mobil, khususnya service pengait pintu, adalah Rp150-300 ribu.

Biaya tersebut baru biaya servis saja, belum termasuk biaya penggantian komponen. Jika ditambah dengan biaya mengganti komponen pintu satu set, biayanya mulai dari Rp400-600 ribu.

Biaya penggantian komponen bisa saja lebih tinggi, tergantung jenis mobilnya. Kamu bisa menanyakan lebih dulu ke pihak bengkel mengenai harga komponen baru yang akan digunakan saat servis.

Penyebab rusaknya pintu kendaraan

Ada banyak jenis kerusakan yang bisa terjadi pada pintu mobil. Setiap jenis kerusakan disebabkan oleh faktor penyebab yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab pintu mobil rusak.

1. Jarang membersihkan pintu mobil

Pintu mobil yang jarang dibersihkan juga bisa menyebabkan kerusakan. Sebab, debu dan kotoran akan menumpuk, bahkan masuk sampai ke bagian dalam komponen door lock.

Penumpukan debu dan kotoran akan menghambat kinerja komponen pintu mobil, sehingga membuat pintu mengalami kerusakan.

2. Pintu pernah terbentur

Pintu mobil yang pernah mengalami benturan juga lebih rentan terhadap kerusakan. Misalnya benturan yang tidak disengaja saat membuka pintu mobil, atau terkena benturan dari kendaraan lain.

Benturan yang keras akan membuat proses kerja di dalam komponen pintu mobil berubah. Perubahan ini bisa terjadi karena benturan membuat posisi handle pintu berubah arah.

3. Kabel penghubung pintu putus

Terkadang, kerusakan pada pintu mobil juga bisa disebabkan oleh kabel penghubung yang putus. Kabel yang dimaksud di sini adalah kabel penghubung antara handle pintu dengan kunci dan sistem penggerak pintu.

Biasanya, kerusakan yang disebabkan oleh putusnya kabel pintu akan membuat pintu tidak bisa dibuka dari dalam.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada pintu mobil, termasuk memicu pengait pintu mobil rusak.

Tips dari Lifepal! Perbaikan pengait pintu mobil rusak tidak bisa dilakukan sendiri di rumah, apalagi jika kerusakan sudah parah.

Disarankan untuk melakukan servis di bengkel mobil terdekat. Teknisi bengkel juga bisa melakukan identifikasi penyebab, sehingga perbaikannya disesuaikan dengan faktor penyebab tersebut.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar pengait pintu mobil rusak 

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab pengait pintu mobil rusak. Beberapa di antaranya adalah faktor usia pemakaian yang sudah lama, kebiasaan buruk dalam menutup pintu mobil, karet pintu mobil yang sudah usang, dan lain sebagainya. Mengetahui penyebab kerusakan pengait pintu bisa membantu dalam menentukan upaya perbaikan yang perlu dilakukan.
Asuransi mobil dapat melindungi keuanganmu dari biaya perbaikan dan perawatan kendaraan yang harganya cukup mahal. Dengan mengasuransikan kendaraan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat servis mobil di bengkel rekanan perusahaan asuransi.
Dapatkan Promo