Gak Ingin Membeli Mobil Bekas Banjir, Begini Cara Mudah Mengetahuinya

Membeli mobil bekas memang gak mudah, banyak komponen yang wajib dicek (Shutterstock).

Membeli mobil bekas memang gak mudah, banyak komponen yang wajib dicek (Shutterstock).

Memiliki kendaraan roda empat sudah menjadi kebutuhan bagi mereka yang tinggal di daerah pinggir Jakarta. Pasalnya, kondisi tempat tinggal yang jauh dari pusat keramaian, mengharuskan untuk bepergian dengan mobil. Membeli mobil bekas terkadang jadi opsi yang dipilih agar mereka bisa sampai ke tempat yang dituju. 

Keinginan hati memang ingin membeli kendaraan baru, tapi apa daya kalau ternyata uang yang ada gak cukup untuk membayarnya. Sehingga membuat mereka membeli mobil bekas meski banyak risiko yang harus dihadapi ke depannya. 

Apalagi membelinya saat musim banjir seperti sekarang ini. Kalau kamu gak jeli bisa-bisa yang didapat adalah mobil bekas banjir. Meski mobil sudah dibersihkan secara menyeluruh, mobil yang terkena banjir tidak bisa benar-benar bersih lho guys. Pastinya, masih ada bekas lumpur atau jamur yang tertinggal di interior maupun eksterior kendaraan. 

Sebetulnya mengecek mobil bekas banjir mudah dilakukan. Asalkan kamu paham dengan beberapa ciri tertentu. Mengutip laman Carmudi Indonesia, berikut cara mengetahui mobil bekas banjir atau tidak. 

1. Ketahui asal mobil

Membeli Mobil Bekas
Periksa asal mobil sebelum membelinya (Shutterstock).

Mengetahui asal muasal kendaraan adalah hal utama yang bisa kamu lakukan sebelum membelinya. Kamu bisa mencari tahu informasi kendaraan melihat dari STNK atau alamat pemilik.

Dari situ kamu bisa cari tahu apakah rumah yang mereka huni merupakan daerah rawan banjir atau tidak. Apalagi habis banjir kemarin ini, kamu jadi makin mudah mengeceknya sesuai dengan lokasi banjir yang ramai di berita. 

2. Gunakan indra penciuman semaksimal mungkin

Membeli Mobil Bekas
Periksa kondisi mobil dengan teliti (Shutterstock).

Ketika memeriksa bagian interior, ada baiknya kamu cium aroma di dalam mobil dengan teliti. Aroma tidak sedap pada kabin kendaraan merupakan ciri paling mudah ditemukan pada kendaraan bekas banjir.

Jika kamu mencium bau apek atau aroma menyengat lain seperti dari zat penghilang bau secara berlebihan, sudah pasti wajib mencurigainya nih. Bisa jadi pemilik kendaraan sedang menutupi aroma gak sedap itu dengan pewangi yang berlebihan. 

3. Cek komponen kendaraan

Membeli Mobil Bekas
Memeriksa komponen kendaraan secara detail (Shutterstock).

Langkah selanjutnya adalah mengecek komponen-komponen interior mobil, termasuk sektor bagasi hingga ke balik karpet. Di bagian ini merupakan tempat kendaraan menyimpan ban cadangan. Nah biasanya daerah ini jadi tempat yang jarang dibersihkan oleh pemiliknya. Kalau masih ada sisa lumpur sudah pasti itu adalah kendaraan bekas banjir. 

Jangan lupa juga cek kondisi pembungkus jok dan karpetnya ya. Tanyakan dengan detail pada pemilik mobil alasan mengganti dua hal tersebut. Bagian karet pintu yang ada di bodi juga jangan sampai terlewatkan. Kalau ada noda air atau tanah, ya udah pasti deh bekas terendam banjir. 

4. Cek perangkat elektronik

Membeli Mobil Bekas
Mengecek power window (Shutterstock).

Sambil test drive kendaraan ada baiknya kamu juga mengecek komponen wiper, radio tape, lampu kabin, power window, lampu sein, atau sekring. Ulangi sampai kamu yakin tidak ada bagian yang rusak atau cacat.

5. Harga jual murah

Membeli Mobil Bekas
Mobil bekas dijual (Shutterstock).

Jangan senang hati dulu kalau dapat penawaran kendaraan yang gak masuk akal alias kelewat murah. Kamu harus menyelidikinya lebih lanjut lho! Jangan-jangan itu mobil bekas banjir yang baru saja keluar dari bengkel perbaikan.

Ada baiknya kamu memang sudah tahu harga pasaran tipe mobil tersebut di showroom sebelumnya. Jadi kamu sudah ada pegangan harga yang masuk akal. 

6. Cek eksterior mobil

Membeli Mobil Bekas
Mengecek eksterior mobil (Shutterstock).

Ada bagian yang perlu kamu cek seperti kaca pada lampu. Kalau terdapat uap air seperti embun sementara tidak ada retakan atau pecah, ya sudah pasti bekas terendam banjir. Periksa hingga teliti jangan sampai ada bagian yang terlewati. 

7. Periksa mesin 

Membeli Mobil Bekas
Mengecek mesin kendaraan (Shutterstock).

Bagian ini kamu harus membawa mekanik untuk membantu mengecek mesin tersebut. Mereka akan tahu bagian mana saja yang menjadi tempat endapan lumpur bekas banjir. Jadi ada baiknya kamu ajak mekanik langganan untuk membantumu mencari kendaraan bekas ya. 

Nah itu tadi cara mengenali kendaraan bekas banjir atau tidak. Jadi sebelum membeli mobil bekas, wajib hukumnya untuk memeriksa secara menyeluruh kondisi kendaraan dari dalam maupun luarnya ya. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis