8 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Penyebab mesin mobil cepat panas atau overheat biasanya menjadi keluhan yang dialami oleh para pemilik mobil-mobil lawas. Namun mesin mobil-mobil baru juga bisa saja menjadi cepat panas apabila tidak dirawat.

Mesin mobil cepat panas bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Dan jika kondisi tersebut dibiarkan terlalu lama, mobil kamu akan mengalami kerusakan yang lebih parah.

Karena itu, dalam artikel kali ini Lifepal akan membahas mengenai penyebab mesin mobil cepat panas dan cara mengatasi mesin mobil cepat panas yang penting untuk kamu ketahui.

Apa itu overheating pada mobil?

Overheat merupakan istilah yang mana kondisi mesin mobil berada dalam temperatur yang tinggi atau panas. Kamu harus mewaspadai masalah yang satu ini karena jika terjadi akan mengakibatkan mobil kamu mengalami kerusakan.

Kenaikan suhu mesin atau overheating yang tidak normal bisa terdeteksi melalui panel indikator yang ada di dashboard mobil. Sayangnya banyak yang tidak memperhatikan panel tersebut karena mungkin diantara kamu terlalu asik menyetir. 

Akibatnya saat suhu mobil naik, mobil akan overheat dan menunjukkan beberapa masalah seperti halnya:

  • AC mobil yang tidak dingin
  • Tenaga mobil mulai berkurang
  • Mobil akan terdengar “menggelitik”  saat dikendarai
  • Penyebab mesin mobil cepat panas

    Mungkin banyak diantara kamu yang mengalami masalah overheat pada berbagai jenis mobil. Dan kamu bertanya-tanya  apa yang menjadi penyebab mesin mobil cepat panas, apa yang menjadi penyebab mesin mobil avanza cepat panas atau apa penyebab mesin mobil apv cepat panas  dan lain sebagainya.

    Hampir semua jenis mobil bisa mengalami permasalahan overheat pada mesinnya. Untuk itu, sebenarnya apa penyebab mesin mobil cepat panas? Berikut ulasannya.

    1. Menggunakan oli yang tidak sesuai standar

    Salah satu penyebab mesin mobil cepat panas adalah oli mesin mobil yang tidak sesuai standar. Oli yang kualitasnya buruk cenderung tidak tahan panas dan mengakibatkan cepat menguap.

    Hal tersebut menyebabkan mesin mobil mengalami gesekan yang kuat dan menyebabkan kondisi mesin kepanasan. 

    Jika dibiarkan, mobil kamu bisa mengalami kerusakan parah, lebih baik kamu membeli oli sesuai rekomendasi pabrikan mobil yang sesuai spesifikasi.

    2. Radiator mengalami kerusakan

    Pada umumnya, hal satu ini menjadi penyebab mesin mobil panas yang paling sering terjadi.  Seperti yang kita ketahui, radiator berfungsi untuk menjaga suhu mobil tetap stabil, jika radiator bermasalah mesin mobil pun ikut bermasalah.

    Permasalahan lain yang dialami radiator hingga menjadi penyebab mesin mobil cepat panas yakni selang air radiator mobil yang bocor, penggunaan cairan radiator yang tidak tepat serta tidak lancarnya sirkulasi air radiator. 

    Untuk mencegah overheat pada mesin mobil, sebaiknya gunakan cairan khusus radiator seperti cooler dan jangan lupa menggantinya setiap mobil mencapai 20.000 kilometer.

    3. Salah menggunakan cairan radiator

    Menggunakan cairan radiator yang salah dapat menjadi penyebab mesin mobil cepat panas selanjutnya. Ini bisa terjadi karena cairan radiator mengandung kotoran sehingga menghasilkan endapan yang tidak bagus untuk mesin mobil. 

    Bagaimana cara mengatasi mesin terlalu panas pada mobil yang diakibatkan salah menggunakan cairan radiator ini? Sebaiknya kamu konsultasikan dengan mekanik terpercaya untuk mendapatkan coolant radiator terbaik

    Yang penting, hindari menggunakan air biasa, ya. 

    4. Tidak berfungsinya kipas pendingin

    Penyebab mesin mobil cepat panas lainnya, bisa coba kamu periksa pada kipas pendinginnya. Karena kipas pendingin berfungsi untuk menyedot udara dingin dari luar.

    Nah, jika kipas ini rusak, udara luar yang dingin tidak bisa memasuki mesin mobil, sehingga mesin akan lebih mudah panas. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan kipas pendingin mobil kamu tidak berfungsi normal. 

    Hal pertama yakni dinamo yang menggerakan kipas tersebut. Kedua adalah pemasangan kipas yang terbalik, sehingga membuatnya menyedot udara yang panas.

    5. Thermostat yang tidak berfungsi

    Fungsi thermostat sendiri adalah untuk bekerja sama dengan radiator dalam mengukur suhu mobil. Bisa dikatakan bahwa thermostat merupakan otaknya radiator yang saat suhu rendah, thermostat akan mengatur agar air tidak meninggalkan radiator.

    Sementara itu,  ketika  suhu tinggi, thermostat akan memerintahkan air masuk ke dalam mesin. 

    Saat thermostat terganggu, maka tidak ada lagi yang mengatur masuk-keluarnya air dari radiator ke mesin yang berdampak mesin mobil kamu cepat panas.

    6. Water Pump mengalami kerusakan

    Komponen ini berfungsi sebagai pompa air sehingga sirkulasi berjalan dengan baik. Dari komponen inilah air bisa berputar di seluruh radiator.

    Jika water pump rusak, mesin mobil akan cepat panas meski kemungkinannya kecil. Namun pada mobil lawas, terdapat karat atau pengunci yang mulai rusak sehingga water pump tidak dapat bekerja memompa water coolant.

    7. Menggunakan bahan bakar minyak yang tidak tepat

    Penyebab ini memang terbilang sepele, namun berpengaruh pada mesin mobil yakni cepat panas. Bahan bakar untuk mobil kamu supaya kondisi mesin terawat dan melaju cepat yakni oktan yang tinggi.

    Karena memang sebagian orang masih menggunakan jenis BBM yang oktannya lebih rendah dari anjuran pabrikan yang mengakibatkan terjadinya knocking pada mobil kamu.

    8. Karet tutup radiator mengalami kerusakan

    Ketika terjadi kerusakan pada bagian tutup radiator ini, air dalam radiator akan keluar. Tutup karet ini juga mudah rusak karena penggunaan dan menjadi pemicu atau penyebab mesin mobil cepat panas. 

    Cara mengatasi mesin mobil cepat panas

    Setelah kamu mengetahui apa saja penyebab mesin mobil cepat panas, alangkah baiknya agar kamu mengetahui cara mengatasi mesin mobil yang overheat

    Berikut langkah-langkah awal yang perlu kamu ketahui untuk mengatasi mesin mobil yang overheat.

    Membuka kap mesin agar panas cepat menghilang

    Jangan biarkan panas terperangkap di ruang-ruang mesin. Carilah tuas kecil untuk membuka kap mesin kemudian angkat. 

    Namun, ingat! kamu harus berhati-hati karena terkadang tuas berada di dekat radiator yang beresiko kamu tersengat panasnya.

    Matikan mesin mobil dan berhentikan di pinggir jalan

    Saat terjadi overheat pada mesin mobil ketika kamu dalam perjalanan, segeralah berhenti dan bawa ke pinggir jalan. Kemudian, matikan mesin mobilnya.

    Hal tersebut perlu kamu lakukan agar mobil tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Kemudian kamu awasi jarum temperaturnya.

    Periksa tabung cadangan air radiator dan isi jika perlu

    Mobil biasanya memiliki cadangan air yang terhubung ke bagian atas radiator. Hal tersebut  akan membantu kamu untuk melihat apakah air radiator kurang atau tidak. 

    Terdapat juga indikator ketinggian air, yang jika air kurang bisa membahayakan mesin. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah  menambah cairan pendingin sampai posisi garis atas. 

    Kamu bisa mengisi air di tabung meski mesin panas atau tunggu saja sampai kondisi mesin dingin. Kalau mobil kamu hanya memiliki radiator tanpa tabung cadangan, kamu harus menunggunya hingga benar-benar dingin sebelum membukanya.

    Periksa kebocoran pada sistem pendinginan

    Apabila radiator atau kepala silinder rusak, mungkin ada kebocoran pada sistem pendingin. Maka dari itu, periksalah radiator, blok mesin, atau kepala silinder di dekat gasket, apakah terdapat kebocoran. 

    Namun, jika kamu tidak memahaminya, sebaiknya bawa mobil kamu ke bengkel terdekat dan minta mereka melakukan tes tekanan sistem pendingin. Pemeriksaan ini terbilang mudah dan bisa saja dilakukan dengan gratis.

    Buat pilihan, untuk tetap jalan atau memanggil bantuan

    Jika radiator hanya kekurangan cairan dan kamu bisa mengatasinya, itu tidak jadi  masalah, isi dan lanjutkan perjalanan. Akan tetapi, jika kamu merasa overheating pada mesin mobil kamu ini terlalu parah, kamu bisa ikuti petunjuk berikut:

  • Jangan jalankan mobil ketika air terlihat sangat habis
  • Kamu bisa minta mobil derek daripada harus mengendarainya jika bantuan mudah didapatkan
  • Demi keselamatan, teruskanlah mengemudi jika kamu tidak mendapat bantuan atau dalam kondisi tidak aman. 
  • Cara mengendarai mobil jika kondisi mesin mobil overheat

    Jika kamu sedang mengendarai mobil dan kondisi mobil dalam keadaan overheat, demi keselamatan perjalanan, kamu bisa lakukan beberapa langkah berikut ini, diantaranya:

  • Mematikan AC mobil
  • Selalu mengawasi petunjuk temperatur, kemudian menepi dan matikan mesin jika perlu
  • Untuk mengurangi panas mesin, nyalakan heater.
  • Matikan mesin mobil, dan segera putar kunci kembali ke “ON” agar kipas radiator tetap berputar untuk mendinginkan air radiator.
  • Jalankan mobil kamu secara stabil
  • Usahakan jangan menjalankan mobil jika kondisi jalanan sedang macet, alangkah baiknya tunggu dulu hingga kemacetan berkurang.
  • Langkah-langkah diatas bukanlah cara untuk mengatasi masalah mesin mobil yang cepat panas secara permanen, namun hanya upaya sementara agar mobil dapat dikendarai kembali untuk beberapa waktu. Tentunya masalah ini juga perlu kamu konsultasikan ke seorang ahli dibidangnya.

    Tips dari Lifepal! Mobil yang mengalami overheating atau mesin mobil cepat panas memang sangat mengganggu dan jika kondisi ini terus dibiarkan terlalu lama, mobil kamu akan mengalami kerusakan yang parah. Maka dari itu perlu untuk kamu memahami faktor penyebab dan upaya untuk mengatasi masalah tersebut.

    Jika kebetulan kamu sedang melakukan upaya untuk mengatasi mobil overheat, Lifepal punya sedikit tips nih buat kamu.

    Simak pula ulasan mengenai temperatur mobil naik saat tanjakan, dan juga penyebab amper panas mobil naik di artikel Lifepal lainnya!

    Saat mesin mobil masih panas, usahakan untuk tidak membuka tutup radiator. Hal tersebut dapat menyebabkan uap dan air bertekanan tinggi lepas dan dapat mengakibatkan luka bakar serius jika terkena ke kamu. Selalu hati-hati ya!

    Gunakan kalkulator dana darurat

    Sebagai pemilik kendaraan, kamu mesti siap dengan pengeluaran tidak terduga seperti biaya servis di bengkel yang mahal. Oleh karenanya, kamu mesti menyiapkan yang namanya dana darurat.

    Adapun kebutuhan dana darurat sendiri masing-masing orang berbeda, tergantung dari pendapatan dan beban finansial yang mesti ditanggung.

    Untuk membantu kamu menghitung dana darurat yang tepat, gunakan kalkulator dana darurat dari Lifepal berikut ini.

    Manfaatkan asuransi mobil untuk mengcover biaya perbaikan di bengkel 

    Permasalahan mesin mobil cepat panas hanyalah satu dari sekian masalah yang kerap dialami oleh pengguna mobil. Selain melakukan perawatan secara rutin, kamu juga perlu memberikan proteksi finansial terhadap mobil kamu agar tidak terbebani dengan biaya perbaikan di bengkel yang mahal. 

    Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis dari Lifepal berikut ini. 

    Setelah mendapatkan rekomendasi asuransi mobil yang tepat, hitung perkiraan biaya premi asuransinya menggunakan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

    Pertanyaan seputar penyebab mesin mobil cepat panas

    Apa saja hal yang menunjukkan jika mobil mengalami overheating?

    Kenaikan suhu mesin atau overheating yang tidak normal bisa terdeteksi melalui panel indikator yang ada di dashboard mobil. Sayangnya banyak yang tidak memperhatikan panel tersebut karena mungkin diantara kamu terlalu asik menyetir. 

    Akibatnya saat suhu mobil naik, mobil akan overheat berikut hal-hal yang menunjukkan terjadinya permasalahan tersebut; AC mobil yang tidak dingin, tenaga mobil mulai berkurang dan mobil akan terdengar “menggelitik” ketika dikendarai.

    Apa itu asuransi all risk?

    Asuransi all risk adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan fisik mobil pada skala ringan hingga berat. Utamanya, produk asuransi ini sangat berguna untuk memproteksi mobil baru.

    Meski begitu, bagi kamu pemilik mobil lama atau mobil bekas dapat memanfaatkannya juga jika butuh perlindungan secara menyeluruh atau komprehensif. 

    Melalui manfaat tambahan, nasabah asuransi all risk juga bisa mendapatkan jaminan ganti rugi unit baru andai mengalami musibah kehilangan mobil akibat tindakan sabotase atau pencurian.

    Terdapat berbagai perusahaan asuransi mobil all risk terbaik di Indonesia yang menawarkan produk dan polis yang bermacam-macam. Meski begitu, biaya atau premi tahunan asuransi mobil sudah ditentukan berdasarkan harga mobil dan wilayah domisili nasabah sesuai ketentuan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan.

    Jika kamu tertarik untuk menjadi nasabah asuransi mobil all risk tapi masih ragu mengenai polis mana yang paling tepat dengan kebutuhan dan anggaran, kamu bisa temukan referensi kepada berbagai perusahaan asuransi mobil terbaik sekaligus berkonsultasi secara gratis di Lifepal.

    Kenaikan suhu mesin atau overheating yang tidak normal bisa terdeteksi melalui panel indikator yang ada di dashboard mobil. Sayangnya banyak yang tidak memperhatikan panel tersebut karena mungkin diantara kamu terlalu asik menyetir. 

    Akibatnya saat suhu mobil naik, mobil akan overheat berikut hal-hal yang menunjukkan terjadinya permasalahan tersebut; AC mobil yang tidak dingin, tenaga mobil mulai berkurang dan mobil akan terdengar “menggelitik” ketika dikendarai.

    Asuransi all risk adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan fisik mobil pada skala ringan hingga berat. Utamanya, produk asuransi ini sangat berguna untuk memproteksi mobil baru.

    Meski begitu, bagi kamu pemilik mobil lama atau mobil bekas dapat memanfaatkannya juga jika butuh perlindungan secara menyeluruh atau komprehensif. 

    Melalui manfaat tambahan, nasabah asuransi all risk juga bisa mendapatkan jaminan ganti rugi unit baru andai mengalami musibah kehilangan mobil akibat tindakan sabotase atau pencurian.

    Terdapat berbagai perusahaan asuransi mobil all risk terbaik di Indonesia yang menawarkan produk dan polis yang bermacam-macam. Meski begitu, biaya atau premi tahunan asuransi mobil sudah ditentukan berdasarkan harga mobil dan wilayah domisili nasabah sesuai ketentuan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan.

    Jika kamu tertarik untuk menjadi nasabah asuransi mobil all risk tapi masih ragu mengenai polis mana yang paling tepat dengan kebutuhan dan anggaran, kamu bisa temukan referensi kepada berbagai perusahaan asuransi mobil terbaik sekaligus berkonsultasi secara gratis di Lifepal.