Penyebab Mesin Mobil Menjadi Overheat yang Patut Diwaspadai

Ilustrasi penyebab mesin mobil menjadi overheat

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya penyebab mesin mobil menjadi overheat? Ternyata, faktor yang menimbulkan masalah ini sangat banyak.

Sebagian besar adalah akibat kesalahan si pengguna yang tidak pernah melakukan perawatan kendaraan dengan baik. Akibatnya, mesin terlalu panas sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan beberapa parts mesin.

Jika mobil sudah rusak, akan lumayan banyak biaya yang diperlukan untuk memperbaiki atau mengganti mesin mobil. Oleh karena itu, banyak juga yang memutuskan untuk memiliki asuransi mobil untuk meghemat pengeluaran yang disebabkan karena hal seperti ini.

Di bawah ini dijelaskan penyebab yang lebih lengkap mesin mengalami overheating. Pastikan semua list dihindari jika kamu masih ingin memiliki kendaraan awet, yang bisa digunakan untuk waktu lama!

1. Terjadi Kerusakan pada Radiator

Penyebab mesin mobil menjadi overheat yang pertama adalah kerusakan pada radiator. Jika masalah ini terjadi, perangkat pendingin kendaraan akan terganggu yang membuat panas mesin meningkat. 

Oleh sebab itu, periksa terus radiator kendaraan, dan jangan biarkan ada debu sedikitpun menghalangi mesin radiator.

2. Penggunaan Oli Abal-Abal

Membeli oli murah memang sangat lebih hemat. Akan tetapi jika tertipu dengan oli abal-abal tentu efek jangka panjang ialah mesin mudah overheat. 

Parahnya lagi mesin bisa jebol dan kendaraan mogok, yang bisa hidup kembali jika kamu membeli perangkat mesin baru.

3. Kipas Pendingin Mati

Penyebab mesin mobil menjadi overheat yang selanjutnya adalah kipas pendingin mati. Ada dua masalah yang sering terjadi yaitu kipas sudah rusak atau karena pengguna salah memasang alat pendingin kendaraan. 

Jika masalahnya karena pemasangan salah, maka silahkan diperbaiki, namun jika karena pendingin rusak maka beli alat pendingin baru.

4. Penggunaan Bahan Bakar Mesin (BBM) yang Tidak Tepat

Salah satu jenis perawatan mobil ialah menggunakan bahan bakar mesin yang tepat. 

Jangan hanya karena harga yang murah lalu asal pakai saja, padahal BBM tersebut tidak cocok untuk tipe mesin. Risikonya ialah proses pembakaran tidak maksimal bahkan bisa membuat mesin kepanasan.

5. Alat Pengukur Panas (Thermostat) Tidak Lagi Berfungsi

Penyebab terakhir adalah alat pengukur panas atau Thermostat tidak berfungsi. Biasanya kalau perangkat masih bagus, pengaturan panas mesin lebih maksimal sehingga tidak terjadi overheat. 

Pasalnya distribusi cooler ke mesin menjadi maksimal sehingga pemanasan mobil segera diturunkan.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil menjadi overheat. Silahkan jauhi masalah-masalah di atas jika ingin kendaraanmu awet dan bisa digunakan dalam waktu lama. Jika tidak dilakukan, tentu mesin mudah panas bahkan bisa membuat mobil rusak.

Oleh karena itu, alangkah bijak apabila kamu ingin membeli mobil bekas yang berkualitas, kamu harus mengecek kondisi mesin lebih detail atau mengunjungi situs jual mobil bekas terverifikasi dan terpercaya.

Kamu bisa juga mengunjungi website RajaMobil.com, portal ini memudahkan pengunjung dalam proses jual-beli mobil baru dan bekas yang tersaji eksklusif dengan gambar menarik dan informasi lengkap.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →