14 Penyebab Mobil Brebet Saat Digas dan Solusinya

penyebab mobil brebet saat di gas

Mobil brebet saat digas merupakan salah satu masalah umum yang dialami oleh sebagian pemilik. Untuk itulah, penting untuk mengetahui apa saja penyebab mobil brebet saat digas sehingga bisa menemukan solusi yang paling tepat.

Salah satu penyebab mengapa mobil mengalami brebet saat digas adalah filter bahan bakar yang kemungkinan kotor. Namun ada juga penyebab lain mobil brebet saat digas seperti kualitas bahan bakar yang memang jelek atau tidak sesuai dengan kendaraan, adanya kerusakan pada throttle body dan sebagainya.

Penyebab Mobil Brebet Saat Digas Paling Umum

Kondisi mobil brebet saat digas biasanya disebabkan oleh berbagai masalah, terutama berkaitan dengan mesin mobilJika saat ini mobilmu mengalami brebet atau tersendat saat dijalankan, berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya. 

1. Filter bensin mobil kotor

Kemungkinan pertama yang jadi alasan mobil mengalami brebet ketika dijalankan yaitu filter bahan bakar kotor. Saat filter bensin tertutup kotoran, maka bisa membuat proses penyaringan bahan bakar yang masuk ke ruang mesin jadi terhambat.

Alhasil, ini membuat proses pembakaran jadi kurang optimal sehingga mesin mobil brebet saat digas. Filter bensin yang kotor juga kerap menjadi penyebab mobil hilang tenaga saat digas.  Selain kotor, filter bahan bakar dan saluran bahan bakar juga rawan mengalami kebocoran, hal inilah yang kerap kali menjadi penyebab dari menurunnya performa kendaraan.

2. Bahan bakar hampir habis

Ketika bensin hampir habis juga bisa menimbulkan brebet saat digas karena sudah pasti proses pembakaran pada ruang bakar terhambat. Kebiasaan membiarkan bahan bakar sampai hampir habis bisa menjadi penyebab mobil brebet saat digas. 

Jadi, kalau tak mau mengalami ini, kamu bisa mengisi bahan bakar tanpa harus menunggu bensin sampai habis. Siapkan bahan bakar cadangan kalau kamu berada di daerah yang sulit pom bensin. Apalagi kalau mobil menggunakan penggunaan diesel yang kalau sampai tiris, bisa membuat pompa injeksi jadi kemasukan angin.

3. Pompa bahan bakar rusak

Hal lain yang mungkin menjadi penyebab mobil brebet saat digas adalah pompa bahan bakar (fuel pump) yang sudah rusak. Jadi di dalam fuel pump yang ada di karburator, terdapat sebuah membran.

Membran ini bisa aus dan robek, yang akibatnya suplai bahan bakar ke injektor tidak lancar. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat adanya rembesan bahan bakar dan baunya yang sudah tercium sampai ke dalam mobil. 

4. Kualitas bahan bakar jelek

Masing-masing bahan bakar memiliki kandungan oktan yang beragam, yaitu 90, 92, dan 98. Misalnya, mobil LCGC wajib menggunakan bensin oktan 92 untuk menghindari mobil brebet saat digas.

Saat pemilik kendaraan mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobi, maka bisa menyebabkan mobil. Tak hanya brebet, keliru memilih bahan bakar juga akan membuat performa mobil jadi tidak  optimal.

5. Mobil mengalami overheat

Kondisi mesin mobil terlalu panas alias overheat juga menjadi penyebab mobil brebet saat digas yang paling umum terjadi. Saat mesin mobil terlalu panas, maka akan membuat kecepatan mobil menurun. 

Ketika mesin mobil overheat, pedal gas mobil biasanya terasa ngempos. Hal ini akan membuat laju mesin jadi tersendat-sendat seperti tidak memiliki tenaga.  Jika hal ini terjadi, kamu bisa cek bagian radiator mobil karena biasanya overheating disebabkan air menipis dan habis.

6. Throttle body kotor

Pada mobil, throttle body (TB) memiliki fungsi sebagai jalur masuknya udara yang di dalamnya terdapat kontrol untuk mengatur putaran mesin pada mobil.  Ketika sistem ini kotor, maka sistem otomatis tidak akan bekerja sehingga memicu mesin mobil brebet.

Penting untuk melakukan pembersihan pada komponen throttle atau setidaknya dilakukan pengecekan secara berkala. Tak perlu terlalu sering, TB bisa dibersihkan setiap 50.000 kilometer sekali.

7. Terjadi kerusakan pada Mass Air Flow 

Kemungkinan lainnya mobil mengalami brebet adalah terjadinya kerusakan pada mass air flow yang pengukur jumlah udara yang masuk ke ruang bakar. Jika IMF mengalami kerusakan, maka persediaan udara yang yang masuk juga terganggu.

8. Ada masalah pada sensor

Sumber pemicu yang menjadi penyebab mobil tersendat-sendat saat jalan yaitu adanya kerusakan pada salah satu sensor. Terutama pada mobil yang sudah mengadopsi sistem injeksi.

Peran sensor ini untuk mengirim sinyal ke engine control unit (ECU). Alhasil saat rusak, maka data yang dikirim ke ECU jadi tidak akurat. Bahan bakar yang disuplai pun menjadi tidak sesuai.

Saat perhitungan ECU tidak akurat, maka bisa menyebabkan gangguan, salah satunya mesin mobil yang mengalami brebet saat digas. Selain sensor ECU, sensor EFI yang berfungsi mendeteksi kondisi suhu mesin dan aliran udara juga bisa membuat mesin brebet kalau rusak. Sensor rusak ini juga menjadi penyebab mobil brebet di RPM rendah.

 

9. Busi tidak sesuai standar

Busi mobil memiliki peran yang sangat penting pada kendaraan. Jadi, seharusnya memilih busi yang sesuai standar produsen otomotif kalau tidak mau mobil tersendat-sendat saat digas. 

Fungsi busi sendiri sebagai komponen pemercik api yang akan mempengaruhi performa mesin. Jika kekuatan memantiknya kurang kuat, akan membuat pembakaran tidak akan terjadi. 

Busi juga harus diganti kalau sudah terlalu lama diganti. Busi mobil yang sudah rusak atau hangus ini akan memicu timbulnya brebet. Kalau busi sudah hitam dan gosong, segera ganti yang baru. 

10. Jarang memanaskan mobil

Memanaskan mobil sangatlah penting untuk menjaga mesin tetap dalam kondisi yang baik. Walaupun mobil jarang digunakan, sebaiknya mobil tetap dipanaskan selama 15 menit sehari tiap pagi hari.  Jika tidak dipanaskan akan menjadi penyebab mobil brebet di RPM rendah karena mesin ‘kaget’ saat tiba-tiba tancap gas.

11. Sistem injeksi kemasukan angin

Sistem injeksi bahan bakar yang ‘masuk angin’ menjadi penyebab utama mobil brebet, terutama di RPM rendah. Sebab, ketika sistem injeksi masuk angin, akan menciptakan gelembung-gelembung udara masuk ke sistem pembakaran bahan bakar.

Gelembung udara tersebut lalu memicu tekanan bahan bakar yang tidak stabil. Inilah yang membuat mesin brebet saat digas. Simak ulasan lengkap mengenai cara mengatasi mobil diesel masuk angin di artikel Lifepal lainnya!

12. Karburator mobil bermasalah

Jika mobil mengalami brebet hanya saat RPM tinggi saja, kamu bisa memeriksa karburator mobil Indikator RPM yang normal itu bisa menembus sekitar 5.000 RPM. Namun, kerusakan pada karburator membuat jarum indikator RPM tidak bisa menembusnya dan malah muncul brebet.

Segera periksakan karburator mobil jika tidak mau mobil brebet bahkan mobil tiba-tiba mogok di jalan.

13. Sistem pengapian di mesin terganggu

Selanjutnya penyebab mobil brebet di RPM tinggi juga karena sistem pengapian di bagian mesin mobil terganggu. Cek secara rutin komponen pengapian seperti koil, delco, CDI, busi, dan kabel-kabel yang menghubungkannya.

Jika salah satu komponennya terganggu, maka akan berpengaruh pada komponen lain hingga menyebabkan brebet saat di RPM tinggi.

14. Ruang bakar kotor

Terakhir, ruang bakar yang kotor juga jadi pemicu mobil tersendat-sendat saat di RPM tinggi. Proses pembakaran mesin akan menghasilkan daya panas, ekspansi dan juga gas residu. 

Kemudian, gas residu yang dihasilkan ini akan dikeluarkan melalui knalpot. Terkadang residual ini jumlah cukup padat dan berbentuk kerak.  Nah, saat residual ini padat ini maka bisa terus menumpuk di dalam ruang bakar. Inilah yang menyebabkan mobil brebet atau tersendat terutama saat di RPM tinggi.

Cara Mengatasi Penyebab Mobil Brebet Saat Digas

Setelah mengetahui penyebabnya, selanjutnya kamu bisa cari apa saja solusi yang bisa dilakukan saat mobil brebet atau tersendat-sendat. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi mobil brebet saat digas, saat di RPM tinggi maupun rendah.

1. Gunakan bahan bakar yang sesuai  

Dilihat dari penyebabnya, bahan bakar yang tidak sesuai, akan memicu brebet. Jadi pastikan kamu memilih bahan bakar sesuai rekomendasi agar tidak menimbulkan masalah pada mesin injeksi.

Umumnya mesin injeksi memiliki perbandingan kompresi yang tinggi bisa lebih dari 10:1. Saat kompresi semakin tinggi, maka nilai oktan BBM yang dibutuhkan juga makin tinggi.

Pilih juga bahan bakar yang berkualitas baik seperti Pertamax agar kendaraan dalam kondisi baik. Pasalnya, sisa pembakaran bensin Premium akan memicu endapan kotoran pada mesin.  

2. Rutin memanaskan mobil

Mobil yang jarang dipanaskan akan memicu terjadinya mesin mobil brebet. Seperti yang sudah dijelaskan brebet pada mesin mobil ini karena, oli belum panas dan belum bekerja secara maksimal tetapi sudah tancap gas. Alhasil mobil jadi ‘kaget’ dan terjadilah brebet.

Berbeda jika mobil dipanaskan dulu sebelum digunakan. Mesin mobil secara perlahan akan bekerja sampai panas.  Ingat, hindari starter mobil dan langsung saja tancap gas kalau tidak mau mobil brebet di RPM rendah.

3. Cek selang yang terhubung langsung ke pompa bensin

Cara ini bisa menjadi cara mencari tahu penyebab mobil brebet, terlebih jika kamu sudah rutin memanaskan dan mengisi bahan bakar yang sesuai. Periksa selang yang terhubung langsung dengan bagian pompa bensin untuk melihat apakah ada kotoran yang tersisa selama proses pembakaran. 

Sebab, kotoran yang mengendap ini lama-kelamaan akan menumpuk dan tersedot oleh selang.  Jika ternyata ditemukan kotoran segera lakukan pembersihan secara menyeluruh.

4. Bersihkan filter bensin

Selain selang, cek filter bahan bakar. Umumnya, mobil memiliki dua filter, maka lakukan pengecekan terhadap keduanya.  Kalau kamu menemukan adanya kotoran, segera bersihkan. Supaya hasil lebih maksimal, kuras bahan bakar terlebih dahulu sebelum membersihkan filter. 

Lakukan hal ini secara berkala setidaknya satu atau dua tahun sekali. Untuk mencegahnya, pemilik kendaraan tidak disarankan untuk mencampurkan bahan bakar karena bisa memicu korosi pada tangki mobil.

5. Bawa ke bengkel terdekat

Untuk memastikan penyebab mobil brebet saat digas yang lebih pasti, maka kamu bisa membawa mobil ke bengkel langgananmu.  Lakukan pemeriksaan dan perbaikannya di bengkel resmi maupun umum. Minta montir melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab dan solusinya. 

6. Montir mobil panggilan

Jika tidak memiliki waktu untuk membawa kendaraan ke bengkel terpercaya, kamu bisa menghubungi montir mobil panggilan terdekat dari lokasi kendaraanmu. Saat ini sudah banyak aplikasi yang menawarkan jasa montir mobil panggilan 24 jam.

Ketika menghubungi montir mobil panggilan, ceritakanlah pada montir kondisi mobil kamu yang mengalami brebet saat digas. Hal ini dilakukan agar montir dapat membawa segala sesuatu yang bisa memperbaiki kondisi brebet mobil kesayanganmu.

Tips dari Lifepal! Mobil brebet saat digas merupakan salah satu masalah umum yang dialami oleh sebagian pemilik. Kondisi brebet terjadi saat mobil terasa tersendat-sendat dan terdengar dari suara mbere-bet ketika dioperasikan.

Kondisi mobil brebet ketika digas biasanya disebabkan oleh berbagai masalah, terutama berkaitan dengan mesin mobil. Cari tahu penyebabnya, agar selanjutnya kamu bisa cari apa saja solusi yang bisa dilakukan saat mobil brebet atau tersendat-sendat.

Lindungi Kendaraanmu Dengan Asuransi

Mobil brebet saat digas merupakan masalah yang bisa terjadi secara tiba-tiba. Tak jarang kerusakan ini terjadi saat kamu tidak memiliki uang.

Untuk itu, memiliki asuransi mobil All Risk maupun TLO bisa menghindari pengeluaran tak terduga untuk berbagai biaya servis mobil. Sebab biaya servis mobil dan perawatan tidak murah dan bisa membebani pengeluaranmu. Dapatkan penawaran khususnya dari Lifepal.

Itulah beberapa informasi yang bisa Lifepal sampaikan mengenai penyebab mobil brebet saat digas dan solusinya. Lakukan perawatan rutin terhadap kendaraan kesayanganmu supaya terhindar dari masalah brebet atau tersendat-sendat saat digas.  Perawatan ini juga akan menjaga mobil dari berbagai masalah di kemudian hari. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Pertanyaan Seputar Penyebab Mobil Brebet Saat Digas

Ada beberapa penyebab mobil brebet saat digas, berikut ini diantaranya:

  • Mobil brebet saat digas karena filter bensin yang kotor
  • Mobil brebet saat digas karena bensin hampir habis
  • Pompa bahan bakar rusak
  • Kualitas bahan bakar tidak sesuai
  • Overheat
  • Throttle body kotor
RPM rendah mengacu pada putaran mesin yang berada dalam rentang antara 750 hingga 1.500 RPM (Rotations Per Minute). Mesin yang beroperasi pada RPM rendah umumnya menunjukkan kecepatan putaran yang lebih lambat. Saat mesin dinyalakan pada RPM rendah, getaran mesin dapat terjadi, yang dianggap normal karena beberapa komponen dirancang untuk menahan getaran tersebut.
Penyumbatan pada filter udara dapat menyebabkan ketidakstabilan gas pada mobil. Kurangnya pasokan udara bersih dapat menghasilkan campuran udara dan bahan bakar yang tidak optimal. Kondisi ini mendorong mesin untuk bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar, berpotensi merugikan performa kendaraan. Untuk menjaga stabilitas gas mobil, penting untuk secara teratur memeriksa dan membersihkan filter udara.

 

Customer Service

call me
whatsapp