8 Penyebab Mobil Mogok Mendadak dan Cara Mengatasinya

mobil mogok

Mobil mogok di tengah jalan memang merepotkan padahal semua mesin sudah dicek sebelumnya. Hal ini yang pasti sudah banyak dirasakan beberapa orang.

Tahu penyebab dan cara mengatasinya adalah keuntungan tersendiri bagi seseorang saat mobilnya tiba-tiba mati atau tidak bisa distarter. Berbeda bagi orang lain yang tidak tahu sama sekali, bisa bisa malah jadi bencana.

Buat kamu yang tidak mau mobilnya tiba-tiba mati di jalan, ada baiknya cari tahu dulu serba-serbi mobil mogok dari sisi penyebab, cara mengatasi hingga menghindarinya.

Penyebab mobil mogok secara umum

Para pemilik mobil, termasuk kamu, mungkin sudah biasa dengan mobil mogok di jalan tiba-tiba atau tidak bisa distarter. Setuju dong kalau penyebabnya banyak. 

Sebagian dari kamu mungkin ada yang tau kenapa. Bagi yang belum, yuk coba baca informasi di bawah ini tentang penyebab mobil mogok.

1. Filter bensin yang tersumbat

Pada mobil bensin, bahan bakar adalah aspek penting dalam kendaraan agar bisa jalan. Mobil yang bensinnya habis pastilah tidak bisa dikendarai.

Walaupun ada bahan bakar, bisa juga lho mobil mogok. Kok bisa gitu? Nah, keadaan tersebut bisa dipengaruhi oleh filter bensin yang tersumbat.

Tersumbatnya filter bahan bakar umumnya disebabkan oleh proses saat mengisi bensin di mana tangki gas bisa terkontaminasi. Penyumbatan yang muncul membuat aliran bensin tersendat ke dalam tangki mobil.

Alhasil, gas yang keluar pasti berkurang. Tersumbatnya filter bensin juga merupakan salah satu penyebab mobil brebet saat di gas.

Jangan sampai hal ini dibiarkan terus menerus agar mesin mobil mampu bekerja dengan optimal. Tidak mau kan saat berkendara mobil kamu berujung mogok tiba-tiba.

Cara mengatasi tersumbatnya filter bensin bisa dilakukan dengan mengganti filter tersebut. Lokasinya berdekatan dengan blok mesin mobil.

2. Aki mobil soak

Tidak sedikit orang menganggap bahwa aki mobil yang rusak jadi biang mobil mogok tidak bisa distarter.

Umumnya aki yang rusak akan mempengaruhi kinerja mobil jadi tak maksimal, mesin pun akan sulit dinyalakan walaupun sudah berkali-kali dicoba. Jadi, jangan sampai aki mobil kamu soak.

Biar tidak terjadi sama kamu, yuk rutin cek kondisi aki mobil. Perlu kamu ketahui kalau aki rusak bisa mempengaruhi kinerja mesin dan bagian mobil lainnya.

Bahaya banget nih kalau sudah seperti itu. Yuk, coba cari tahu cara memasang aki mobil agar kamu bisa melakukannya sendiri saat mogok karena hal yang satu ini.

3. Malfungsi alternator, bisa menyebabkan mobil mogok

Orang-orang biasa menyebut alternator sebagai dinamo ampere yang fungsi utamanya adalah memasok energi listrik dari aki mobil.

Alternator memastikan terpenuhinya pasokan energi sehingga mobil bisa dihidupkan dan dijalankan.

Siapa sangka ternyata alternator malfungsi bisa membuat mobil mogok malam hari, saat perjalanan pulang dari kantor

Layaknya komponen mobil lainnya, dinamo ampere bisa rusak seiring berjalannya waktu. Efeknya mesin mobil bisa mati secara tiba-tiba kapan saja saat energi listrik yang didistribusikan hilang.

Tenang saja, biar bisa mengantisipasi, ada beberapa penanda kerusakan alternator yaitu muncul bau karet terbakar, suara decitan mesin, lampu sorot yang redup, dan lampu indikator simbol baterai di aki yang menyala.

Kalau kamu menemukan tanda-tanda itu, segera bawa mobil kamu ke bengkel.

4. Overheat

Suhu udara yang cukup panas bisa membuat mesin mobil mengalami overheat hingga mogok. Ya, inilah salah satu efek karena kamu tinggal di daerah tropis yang panas.

Hal itu bakal makin parah kalau kamu tidak rutin mengecek air radiator.

Air radiator ini ibaratnya minuman. Kadar air radiator yang kurang dan bahkan habis akan menaikkan suhu panas pada mobil mengingat proses pendinginan tidak berjalan normal.

Lebih parah lagi, efek domino akan muncul di mana piston mobil menjadi terganggu dan sampai bisa meleleh. Saat-saat inilah mobil kamu dipastikan bakal terhenti dan tidak bisa dihidupkan.

5. Karburator tidak berfungsi maksimal

Selain penyebab di atas, ada penyebab mobil yang tiba-tiba mati atau tidak bisa distarter lainnya, khususnya bagi mobil yang masih ditenagai teknologi lawas, yaitu karburator mobil.

Saat distribusi bahan bakar yang masuk ke mobil terlalu sedikit, maka proses pembakaran tidak akan sempurna sehingga sangat sulit untuk menghidupkan mobil.

Kalau mobil kamu tiba-tiba berhenti dan ada indikasi kurangnya kinerja karburator, segeralah lepas selang yang terhubung ke komponen tersebut lalu masukkan ke dalam botol.

Selanjutnya, mobil mogok tidak bisa distarter bisa kamu nyalakan kembali.

6. Catalytic converter yang rusak

Alat pengatur kadar emisi buang pada mobil atau sering disebut Catalytic converter adalah salah satu komponen dalam mobil yang perannya sangat penting untuk menekan kadar racun yang dihasilkan oleh gas polutan.

Karena fungsinya yang langsung berhubungan erat dengan sistem pembuangan gas polutan maka tak usah heran kalau kerusakan yang terjadi pada alat ini bakal menyebabkan mesin mobil mati dan akhirnya tidak bisa dihidupkan.

7. Baut mesin yang kendor

Baut pada mesin mobil harus terpasang dengan sempurna, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar. Jika baut pada mesin mobil tidak dipasang dengan benar maka mesin akan mudah mengalami kebocoran.

Parahnya lagi kalau sudah terjadi kebocoran kompresi maka secara otomatis mesin mobil akan mati.

8. Habisnya oli gearbox

Bagi kamu yang punya mobil matic, istilah gearbox tentu saja sudah tak asing lagi.

Bukan tanpa alasan, kehadiran gearbox sangat penting bagi mobil matic untuk mempermudah dan membantu pengendara dalam bermanuver dan perpindahan gigi.

Karena perannya vital dalam membantu kamu bermanuver dan melakukan pergerakan kendaraan, pastikan gearbox harus selalu dalam keadaan yang baik. Jika tidak, maka mobil kamu akan mengalami masalah. 

Penyebab mobil mogok di rel kereta api

Ini merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pengendara karena dapat terjadi pada siapa saja.

Mobil yang mogok di perlintasan kereta api sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Karena seringnya mobil mogok di rel kereta api maka pengendara memang diimbau agar tidak melintasi rel saat kereta hendak lewat.

Ternyata penyebab mobil mogok mendadak di tengah rel kereta adalah karena paparan emisi elektromagnetik dari rel kereta yang menciptakan medan magnet. Apabila kereta api sedang mendekat, medan magnet ini akan semakin kuat.

Menurut PT KAI, medan magnet tersebut dapat menguat bahkan saat jarak kereta masih 1 km. Medan magnet ini yang menyebabkan mobil dapat tiba-tiba mati.

Selain itu, faktor psikologis juga mungkin berperan dalam kondisi ini. Pengemudi yang panik dapat hilang kendali dan menyebabkan mobil tidak bergerak dengan baik.

Maka dari itu, sebaiknya berhati-hati saat melewati perlintasan kereta api. Bahkan ketika kamu melewati perlintasan yang tidak berpalang, hindari untuk nekat melewatinya jika sudah ada tanda-tanda kereta akan lewat.

Cara mengatasi mobil mogok

Jangan sampai panik kalau mobil kamu mobil yang tiba-tiba mati di tengah jalan karena ada cara untuk mengatasi hal tersebut walaupun kamu tidak terlalu paham permasalah mesin dan mobil sekalipun.

Berikut cara menghidupkan mobil mogok sebagai ikhtiar mengatasinya agar bisa kembali normal.

1. Arahkan mobil ke pinggir jalan

Jangan sampai mobil yang terhenti itu mengganggu lalu lintas dan pengguna jalan lainnya. Nah, saat mobil kamu tiba-tiba mati atau tidak bisa distarter, segeralah arahkan ke bahu jalan.

Apabila kamu merasa mobil telah mengalami tanda-tanda kerusakan sebelumnya, kamu bisa langsung meminggirkannya dengan menyetir.

Lain halnya kalau mobil tiba-tiba berhenti, mintalah bantuan orang lain untuk lakukan cara dorong mobil mogok ke bahu jalan. Hal tersebut tentunya bisa menghindari kemacetan atau gangguan lalu lintas selain menjaga keselamatan.

Kalau sudah begitu, proses perbaikan mobil akan jauh lebih aman dilakukan di pinggir jalan.

2. Nyalakan lampu hazard

Lampu hazard adalah lampu sinyal yang menandakan bahwa mobil sedang dalam keadaan darurat.

Pada saat mobil mogok, sinyal ini akan memberi sinyal kepada pengemudi lain kalau mobil kamu sedang bermasalah dan pengguna jalan lain bisa melintasi jalan dengan hati-hati.

3. Mengecek lampu indikator

Selain lampu hazard, ada juga lampu indikator yang ada pada layar pengemudi. Lampu ini akan memberikan sinyal bahwa mobil kamu lagi mogok.

Perhatikanlah lampu indikator tersebut, kemudian segera periksa untuk kemungkinan komponen yang rusak dan mengakibatkan mobil yang tiba-tiba mati atau tidak bisa distarter.

4. Cek komponen kerusakan dan lakukan perbaikan

Setelah tahu komponen mana yang rusak, maka kamu bisa langsung memeriksanya. Misalnya, apabila indikator menunjukkan oli yang habis, itulah tanda kalau kamu harus segera mengisi oli tersebut.

Jika ternyata ada indikasi kerusakan pada karburator rusak maka segera hubungi pihak bengkel resmi terdekat.

Berbeda kalau lampu indikator menunjukkan mesin overheat, kamu tinggal menunggunya sebentar sembari memeriksa radiator. Masukkan coolant agent untuk membantu menurunkan suhunya.

Cara mencegah mobil mogok

Mobil mogok bisa disebabkan oleh banyak hal. Walaupun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menghindari dan meminimalisirnya. Beberapa hal di bawah ini bisa kamu lakukan secara rutin agar mobil tidak gampang mogok.

1. Servis mobil secara rutin

Memeriksa kondisi mobil bisa kamu lakukan untuk menghindari mobil mogok di tengah jalan. Agar pemeriksaan dan perbaikannya maksimal, sebaiknya kamu lakukan di bengkel resmi.

Tak cuma itu, di bengkel resmi, kamu juga bisa meminta montir untuk mengganti oli mesin dan tune up mobil.

Biasanya jadwal servis rutin ini ditentukan dari jarak yang ditempuh mobilmu, yaitu setiap melewati 1.000 km atau ada juga yang melakukannya beberapa bulan sekali.

Nantinya pihak bengkel juga dapat membuatkan jadwal service untuk kendaraanmu sehingga kamu tidak perlu bingung kapan harus ke bengkel.

2. Panaskan mesin mobil sebelum dikendarai

Memanaskan mesin mobil sebelum digunakan juga mampu meminimalisir mobil mogok. Pengalaman kamu saat berkendara pun bakal lebih maksimal. Memanaskan mesin mobil tidak cuma dilakukan saat akan digunakan.

Walaupun jarang digunakan, pastikan kamu melakukannya secara rutin. Hal tersebut bisa membuat kinerja mesin mobil tetap prima.

3. Rutin mengecek bahan bakar, untuk cegah mobil mogok

Mengecek ketersediaan bahan bakar pada mobil kamu adalah kewajiban yang harus dilakukan. Bahan bakar ini ibaratnya makanan atau minuman yang akan menambah energi.

Jangan sampai kamu lalai mengeceknya. Kemanapun kamu berkendara, pastikan bahan bakar mobilnya cukup. Berbeda kalau punya mobil irit bensin, kamu tidak perlu selalu mengeceknya.

4. Menghubungi bengkel langganan

Simpanlah nomor bengkel langganan kamu agar bisa menghubunginya saat keadaan darurat atau mobil mogok selain untuk berjaga-jaga jika ada masalah lainnya.

Hubungi mereka untuk datang atau sekadar memberi arahan. Jika memungkinkan, cari bengkel terdekat.

Tips dari Lifepal! Apabila mobil mogok, jangan langsung panik. Beberapa masalah pada mobil mungkin sudah dapat terlihat dari lampu indikator mobil.

Contohnya apabila mobil kehabisan bensin, ada masalah pada aki, atau bahkan overheat. Lampu indikator untuk tiap masalah ini akan menunjukkannya.

Apabila kamu tidak mengerti tentang mesin, kamu juga bisa langsung menelepon bengkel tepercaya untuk dapat membantumu.

Jangan sampai kamu membongkar mesin sembarangan yang justru bisa memperburuk kerusakan.

Asuransi kendaraan untuk proteksi mobil

Merawat mobil secara rutin dapat menghindarkan kamu dari masalah seperti mobil mogok tiba-tiba. Namun ada juga risiko yang masih tidak dapat kamu hindari, misalnya kecelakaan, bencana alam, hingga pencurian.

Untuk melindungi mobil kamu dari beberapa risiko yang mungkin terjadi, ada baiknya kamu melindunginya dengan memberikan asuransi mobil yang punya banyak manfaat.

Premi asuransi mobil dibayarkan per tahun berkisar mulai dari Rp385 ribuan per tahun untuk polis TLO dan Rp2,1 jutaan untuk polis all risk. 

Asuransi all risk memberikan perlindungan dari kerusakan kecil hingga besar, sedangkan asuransi TLO memberikan perlindungan untuk kerusakan di atas 75 persen dan jika mobil hilang dicuri.

Mau tahu pilihan asuransi mobil yang tepat? Cari tahu dengan ikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut:

Hitung juga berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Itulah informasi seputar penyebab mobil mogok, cara mengatasi, hingga cara menghindarinya. Mobil mogok bisa terjadi kapan saja dan di mana saja selain terjadi karena banyak penyebab.

Mengetahui cara agar mobil kamu tidak mogok di tengah jalan adalah langkah yang tepat biar tidak merugikan diri sendiri mengeluarkan uang banyak untuk servis.

Pertanyaan seputar mobil mogok