Cara Menghitung Penyusutan Harga Mobil per Tahun-Simulasinya

penyusutan harga mobil per tahun

Penyusutan harga mobil per tahun tentu merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Hal yang dimaksud dengan penyusutan harga mobil ini berarti adanya selisih antara harga kendaraan saat dibeli dan akan dijual.

Poin inilah yang membuatnya penting untuk diketahui sebelum benar-benar membeli ataupun menjual mobil. Selain itu, penyusutan mobil (depresiasi) ini juga berlaku untuk berbagai jenis mobil baik baru dan juga bekas.

Namun memang, nilai susutnya berbeda setiap jenis mobil tergantung dari merek, pabrikan, hingga model dan tahun keluaran dengan rata-rata 15-20% di tahun pertama. Lalu setelah itu nilai penurunannya akan melambat.

Nah, bagaimana cara menghitung penyusutan kendaraan dan seperti apa simulasinya? Simak lebih jelasnya pada artikel berikut ini!

Faktor yang Menyebabkan Penyusutan Harga Mobil per Tahun

Ada beberapa faktor utama yang berperan besar dalam menyebabkan penurunan harga mobil setiap tahunnya. Bahkan, ketika kamu membeli mobil baru dari dealer dan langsung digunakan ke jalan raya, nilainya sudah akan menyusut hingga 10 persen.

Hal ini disebabkan oleh nilai eksklusif yang yang sudah menghilang. Namun seperti yang sudah disebutkan, penurunan harga mobil per tahun ini dapat terjadi hingga 15-20 persen pada tahun pertama barulah melambat kemudian.

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan penyusutan harga mobil per tahun sehingga sangat penting untuk kamu perhatikan, di antaranya adalah:

1. Kondisi mobil

Kondisi mobil merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan terjadinya penyusutan harga mobil per tahun. Bahkan, jika kamu membeli mobil di dealer dan langsung digunakan ke jalan raya, detik itu juga harga jualnya akan mengalami penurunan. 

Selain itu, mobil dengan body yang mulus dan jarak tempuh yang lebih pendek umumnya juga akan membuat harga jual mobil menjadi lebih tinggi.

2. Warna mobil

Warna mobil ternyata turut andil dalam penurunan harga mobil per tahun. Sebab, unit dengan warna mobil mencolok seperti kuning, hijau dan ungu kurang diminati oleh banyak orang sehingga harga susutnya menjadi lebih besar.

Karena itulah banyak yang menyarankan untuk membeli mobil dengan warna dasar seperti hitam, putih, abu, dan merah karena peminatnya tentu akan lebih banyak sehingga susut harga menjadi lebih berkurang.

3. Merek Mobil

Merek mobil juga memiliki andil yang besar dalam penyusutan harga mobil per tahun. Sebab, mobil dinilai berdasarkan kualitas dan reputasi mereknya sehingga dapat menjadi penentu cepat lambatnya harga penyusutan bisa terjadi.

Mobil dengan reputasi terkenal seperti Toyota dan Honda misalnya, tentu akan memberikan efek penyusutan harga yang lebih lambat karena kualitas yang dimilikinya.

4. Umur mobil

Umur mobil dari pertama kali dibeli ataupun dikeluarkan dari pabrik tentu juga akan menyebabkan penyusutan harga mobil per tahun terjadi. 

Karena itulah seringkali mobil dengan usia yang cukup lama akan memiliki harga jual yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil keluaran terbaru. Namun nilai depresiasinya akan lebih besar pada mobil dengan keluaran terbaru. 

Akan tetapi dalam beberapa kasus seperti mobil antik tentu akan berbeda cara perhitungannya.

5. Perawatan mobil

Jenis mobil yang membutuhkan perawatan tinggi dan mahal seperti mobil mewah umumnya akan sangat berpengaruh dengan depresiasi. Sebab, penyusutan harga mobil per tahunnya menjadi lebih cepat dibandingkan jenis mobil lain.

Sebelum mengetahui cara menghitung penyusutan harga mobil per tahun, kamu yang ingin mendapatkan daftar asuransi mobil terbaik bisa mengikuti tahapan berikut. Cukup mengisi formulir ini, kamu bisa mendapatkannya secara mudah dan cepat.

Cara Menghitung Penyusutan Harga Mobil per Tahun

Umumnya, harga mobil baru umumnya akan langsung mengalami penyusutan sekitar 15-20% dan bakan menurut Motor Biscuit hingga 23,5% dari harga jualnya pada tahun pertama setelah dimiliki. Sedangkan untuk mobil bekas, susut harga yang terjadi lebih pelan dan cenderung kecil yaitu sekitar 10-15%.

Semakin tua usia kendaraan inilah yang justru membuat susut harga menjadi lebih kecil. Barulah pada tahun kedua, kisaran susut harga mobil ini berada pada kisaran 8-10%. Hal ini karena semakin tua usia mobil maka nilai depresiasi tentu akan menjadi lebih kecil.

Melihat angka-angka persentase susut harga ini, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengetahui cara menghitung penyusutan kendaraan mulai dari aktiva tetap menurun ganda serta penurunan aktiva tetap garis lurus.

Simulasi cara menghitung penyusutan harga mobil per tahun

Setelah mengetahui gambaran singkat mengenai cara menghitung penyusutan kendaraan, tentu mengetahui gambaran simulasinya akan membantumu menjadi jauh lebih paham.

Sebagai contoh, Tina membeli mobil baru di tahun 2022 dengan harga Rp500 juta, dan pada tahun pertama kepemilikannya tentu akan langsung susut sekitar 15-20% dari harga jualnya yaitu sekitar  Rp45-60 jutaan. Sedangkan di tahun keduanya, harga mobil akan kembali mengalami penyusutan sekitar 8-10% dari hasil selisih di harga di tahun pertama.

Jika Rp300 juta dikurangi dengan Rp40 juta maka harga jualnya di tahun pertama menjadi Rp260 juta. Lalu, angka ini dikurangi dengan penyusutan harga pada tahun keduanya yaitu sekitar Rp20,8-26 jutaan ini akan dikurangi dengan Rp260 juta yaitu sekitar Rp239,2 juta. 

Jadi perkiraan nilai jual mobil Tina hanya berkisar Rp239,2 juta untuk usia mobil 2 tahun. Namun, nilai depresiasi ini akan terus melambat seiring dengan berjalannya usia mobil.

Pengaruh Penyusutan Kendaraan Terhadap Premi Asuransi

Tingkat penyusutan kendaraan memiliki dampak langsung terhadap premi asuransi mobil. Pada umumnya, premi asuransi mobil mengalami penyusutan sebesar 10% hingga 15% dari nilai pertanggungan sebelumnya. Hal ini berarti bahwa setiap tahun, premi yang harus dibayarkan akan menurun seiring dengan penyusutan nilai kendaraan.

Kondisi ini menguntungkan bagi pemilik kendaraan, karena perusahaan asuransi biasanya menggunakan persentase premi yang lebih rendah. Dengan demikian, seiring waktu, biaya premi asuransi mobil akan semakin ringan seiring dengan penurunan nilai kendaraan yang diasuransikan.

Tips Menjaga Nilai Penyusutan Harga Mobil Agar Tetap Stabil

Walaupun tidak bisa dihindari sepenuhnya, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga nilai penyusutan mobil agar tetap stabil, di antaranya adalah:

  • Menjaga dan selalu merawat performa mesin agar dapat dioperasikan dengan baik.
  • Menjaga kondisi fisik mobil baik interior maupun eksterior terutama karena pemakaian sehari-hari.
  • Menjual mobil langsung lewat platform online agar persentase penghasilannya tidak turun karena jasa agen yang besar.
  • Mobil masih memiliki dokumen pendukung yang lengkap, aktif dan tidak rusak.
  • Rutin melakukan perawatan mobil agar kondisi kendaraan selalu prima.
  • Tips dari Lifepal! Ada berbagai faktor yang menyebabkan penyusutan harga mobil per tahun yang harus kamu perhatikan. Namun secara umum, penyusutan harga mobil terjadi sangat cepat pada tahun pertama kepemilikan yaitu sekitar 15-20%.

    Sedangkan tahun kedua penyusutan harga yang terjadi sekitar 8-10% tergantung dari jenis mobil, kondisinya, serta tingkat perawatan kendaraan yang dilakukan.

    Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

    Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil

    Beberapa faktor yang menyebabkan penurunan harga mobil per tahun ini karena kondisi dan perawatan mobil. Hal inilah yang membuatnya menjadi sangat penting bagi pemilik kendaraan untuk memiliki asuransi mobil agar dapat memberikan perlindungan tambahan pada aset yang mereka miliki ini.

    Sebab, asuransi mobil akan memberikan jaminan ganti rugi dan perlindungan dari risiko yang tidak diinginkan seperti kerusakan mobil akibat kecelakaan hingga kehilangan akibat pencurian. Selain itu, biaya servis mobil dan perawatan tentu tidaklah murah.

    Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu. Kamu bisa manfaatkan asuransi mobil All Risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

    Sementara itu, jika kamu pemilik kendaraan bekas, bisa memanfaatkan asuransi mobil Total Loss Only (TLO) yang memberikan pertanggungan untuk kendaraan rusak parah alias tidak bisa digunakan lagi, atau kerugiannya di atas 75 persen.

    Jika masih bingung memilih produk asuransi kendaraan yang tepat untuk mobil kesayangan, cek daftarnya di sini.

    Pertanyaan Seputar Penyusutan Harga Mobil per Tahun

    Biasanya, harga mobil baru akan mengalami penyusutan sekitar 15-20% dari harga jualnya pada tahun pertama setelah pembelian. Pada tahun-tahun berikutnya, penurunan harga cenderung lebih stabil, yaitu sekitar 10-15% per tahun, tergantung pada kondisi mobil, jumlah kilometer yang telah ditempuh, dan faktor-faktor lainnya.
    Kendaraan merupakan sebuah benda yang masuk ke dalam kategori aktiva tetap sehingga memiliki umum ekonomis dalam penggunaannya. Dimana umur ekonomis kendaraan umumnya adalah sekitar 10-15 tahun saja.
    Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan cashless, asuransi jiwa syariah, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.