Tips Klaim Asuransi Mobil

polis asuransi kendaraan

DuitPintar.com telah membahas tips-tips untuk mengasuransikan mobil. Anda bisa membukanya kembali untuk menyegarkan ingatan. Bagi Anda yang belum pernah membaca, silakan buka kembali laman ini.

 

Sekarang DuitPintar.com akan membahas seputar apa yang harus Anda lakukan ketika telah mengasuransikan mobil Anda. Tentu ada beberapa langkah yang harus dipenuhi, sebelum mengajukan klaim. Memang akan lebih baik jika Anda mengontak orang asuransi mobil kepercayaan Anda.

 

Tapi, tidak ada salahnya jika Anda mencermati beberapa langkah klaim asuransi mobil dari DuitPintar.com. Ini dilakukan agar proses klaim berjalan cepat dan dana pun segera keluar. Praktis, mobil Anda pun akan segera ditangani oleh mekanik ahli terpilih dari asuransi mobil Anda.

 

Proses pelaporan klaim

Proses pelaporan klaim harus berlangsung sesegera mungkin, semisal Anda mengalami kecelakaan yang membuat mobil Anda mengalami kerusakan. Maksimum pelaporan klaim adalah 3×24 jam setelah kecelakaan terjadi.

 

Kalau kecelakaan terjadi di luar kota, Anda bisa melaporkan klaim itu kepada kantor perwakilan terdekat. Anda bisa juga memberikan laporan kepada cabang perusahaan asuransi mobil terdekat pilihan Anda.

 

Kalau proses itu dijalankan, prosedur akan membantu menyelesaikan klaim dengan cepat. Jangan lupa untuk menyertakan berita acara dari kepolisian setempat dan juga foto-foto kerusakan. Anda bisa memanfaatkan foto dari telepon seluler kalau memang tidak ada kamera digital yang bisa dimanfaatkan.

 

Namun, biasanya orang dari asuransi mobil akan membantu Anda menyelesaikan proses tersebut dan itu merupakan dari layanan standar mereka. Ada baiknya Anda menanyakan hal tersebut sebelum memilih mereka sebagai penyedia layanan (vendor) asuransi mobil atau sebelum penandatanganan kontrak.

 

Tahap perbaikan mobil

Kalau asuransi mobil telah memberi lampu hijau, Anda dapat membawa kendaraan Anda ke bengkel rekanan asuransi tersebut. Bengkel akan mendata kerusakan mobil dan memberikan estimasi waktu perbaikan. Kalau Anda terdaftar sebagai salah satu klien prioritas, mobil Anda akan didahulukan pengerjaan perbaikannya.

 

Seandainya tak ada bengkel rekanan, Anda dapat memasukkan ke bengkel yang dipilih oleh asuransi mobil tersebut. Yang harus diingat, jangan memasukkan mobil Anda ke bengkel tanpa sepengetahuan perusahaan asuransi mobil, karena itu dapat membuat klaim Anda tak berlaku alias hangus. Otomatis, Anda harus membayar sendiri pengerjaan perbaikan mobil Anda.

 

Perusahaan asuransi mobil berhak untuk melakukan survei dan mendata bagian kendaraan Anda yang mengalami kerusakan atau hilang. Itu dilakukan sebelum perbaikan berlangsung dan sudah menjadi prosedur standar. [Baca: Bengkel dan Asuransi Adalah Poin Penting]

 

Anda harus melengkapi dokumen klaim seperti fotokopi SIM, STNK, dan berita acara kecelakaan dari kepolisian atau pun surat keterangan kehilangan. Tentu saja Anda harus menyertakan formulir klaim yang sudah diisi lengkap dan ditandatangani.

 

Proses yang melibatkan pihak ketiga

Kalau Anda mengalami kecelakaan dengan pihak lain, Anda jangan sekali-kali memberikan pernyataan secara tertulis, yang berisi Anda bersedia menanggung kerugian yang ditimbulkan. Kalau memang itu yang harus Anda lakukan, itu karena perusahaan asuransi mobil yang sudah memberikan lampu hijau.

 

Kalau memang setelah itu ada surat tuntutan dari pihak ketiga, surat yang tertuju kepada Anda itu sebaiknya dikirimkan kepada pihak asuransi mobil, dengan disertai berita acara kecelakaan dari pihak kepolisian.

 

Pihak asuransi akan menganalisis dan mempelajari kejadian itu berdasarkan data yang ada. Jika memang memenuhi syarat, kendaraan pihak ketiga akan masuk ke bengkel perbaikan dengan instruksi dari pihak asuransi mobil Anda.

 

Bahkan, pihak asuransi mobil juga akan menanggung biaya pengobatan pihak ketiga, jika Anda menyerahkan seluruh bukti pembayaran pengobatan korban. [Baca: Asuransi Turut Proteksi Pihak Ketiga yang Kita Tabrak]

 

Klaim pencurian

Pencurian mobil juga dapat menjadi tanggungan pihak asuransi mobil, kalau memang itu termasuk dalam klausul perjanjian. Dokumen yang harus disertakan adalah formulir klaim, fotokopi SIM-STNK, surat keterangan dari kepolisian, dan surat blokir STNK.

 

[Baca: Rententan Cara Mengurus Klaim Kehilangan Kendaraan]

 

Berapa biaya penggantian? Bervariasi, tergantung dari klausul kesepakatan Anda dengan pihak asuransi mobil. Biasanya, asuransi akan mengganti mobil seharga nilai mobil itu pada saat itu di pasaran. Singkkat kata, mobil Anda diperlakukan sebagai mobil bekas.

 

Itulah beberapa tips klaim asuransi mobil dari DuitPintar.com, yang bisa menjadi inspirasi dan tambahan pengetahuan Anda di kemudian hari. [Baca: Klaim Asuransi Mobil Ditolak? Musti Baca Ini Dulu]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →