Rumah Sakit Mata Cicendo, Fasilitas dan Harga Kamarnya [2020]

Rumah sakit mata Cicendo

Bagi warga Bandung, tentu tidak asing lagi dengan keberadaan Rumah Sakit Mata Cicendo. Selain berlokasi di jalan strategis menuju Stasiun Bandung, Rumah Sakit Mata Cicendo memang dikenal sebagai salah satu rumah sakit spesialis mata dengan pelayanan lengkap. 

Bagi kamu yang ingin memeriksakan diri di Rumah Sakit Mata Cicendo, barangkali penasaran dengan apa saja layanan yang diberikan. Atau, ingin tahu berapa tarif kamar Rumah Sakit Mata Cicendo? 

Tenang, kita akan membahas secara lengkap di artikel ini. Simak ya!

Rumah Sakit Mata Cicendo

Rumah sakit yang terletak di Jalan Cicendo No.4, Babakan Ciamis, Kec, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat memiliki layanan yang cukup lengkap. Bagi pasien atau calon pasien yang ingin menghubungi pihak rumah sakit, bisa menghubungi melalui nomor telepon 022 – 4231280, 022 – 4231281, atau fax di 022 – 4201960. 

Rumah Sakit Mata Cicendo telah ditetapkan sebagai Pusat Mata Nasional melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 059 Tahun 2009. 

PMN Rumah Sakit Mata Cicendo yang meraih Akreditasi Rumah Sakit Versi Tahun 2012 dengan kelulusan ‘Paripurna’, berdiri di atas lahan seluas 11.750 m2 memiliki pelayanan rawat jalan, rawat inap, gawat darurat mata, kamar bedah dan pelayanan penunjang. 

Pelayanan rawat jalan terdiri dari rawat jalan regular dan paviliun dengan produk pelayanan unggulan: Katarak & Bedah Refraktif, Vitreo Retina, Pediatrik Oftalmologi, Lasik dan Oftalmologi Komunitas. 

Untuk pelayanan rawat inap tersedia kapasitas tempat tidur berjumlah 104. Rincian tempat tidur rawat inap Rumah Sakit Mata Cicendo, sebagai berikut: 

  1. Ruang Anggrek (VIP) 12 tempat tidur (11,54%),
  2. Ruang Bougenville (Kelas I) 28 tempat tidur (26,92%),
  3. Ruang Cempaka (Kelas II)  21 tempat tidur ( 20,2%) 
  4. Ruang Dahlia 43 (Kelas III) tempat tidur (41,35%).

Kalau dari sejarahnya, Rumah Sakit Mata Cicendo diresmikan pada tanggal 3 Januari 1909 dengan nama Koningen Wilhemina Gathuis voor Ooglijders dan direktur pertamanya C.H.A. Westhoff. Pelayanan yang diberikan saat itu adalah pelayanan rawat jalan, rawat inap dan kegiatan operasi. 

Sejarah berdirinya

Tahun 1930, mulai melakukan kegiatan pelayanan luar gedung (outreach) ke daerah sekitar Bandung, seperti Sumedang, Tanjungsari, Congeang, Darmaraja, Situraja, dan Legok.

Tahun 1942 – 1945 berperan sebagai Rumah Sakit Umum. Sejak tahun 1961 berperan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.Tahun 1976 menjadi Pusat Kegiatan Bank Mata dan Pusat Kegiatan Hari Kesehatan Sedunia dengan tema Pencegahan Kebutaan. 

Tahun 1977 – 1979 menjadi Kantor Riset untuk Pencegahan Defisiensi Vitamin A berkolaborasi dengan AFOB dan Departemen Kesehatan. Tahun 1978 ditetapkan sebagai Rumah Sakit Tipe C oleh Departemen Kesehatan. Tahun 1992 ditetapkan sebagai Rumah Sakit Tipe B Non Pendidikan.

Tahun 2000 terakreditasi 5 pelayanan. Tahun 2005 terakreditasi 12 pelayanan. Tahun 2006 terakreditasi A untuk Bagian Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Tahun 2007 menjadi Rumah Sakit Khusus Kelas A dan menjadi Rumah Sakit dengan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU).

Tahun 2009 ditetapkan sebagai PUSAT MATA NASIONAL.

Tahun 2014 ditetapkan sebagai Rumah Sakit Pendidikan dan terakreditasi Tingkat Paripurna oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), dan kembali mendapat Akreditasi Paripurna pada Tahun 2017.

Layanan-layanan medis Rumah Sakit Mata Cicendo 

Sesuai dengan namanya, RS Mata Cicendo memiliki spesialisasi layanan untuk Oftamologi atau penyakit yang berhubungan dengan mata. Berbagai keluhan dan penyakit yang berhubungan dengan mata bisa dilayani dan ditangani di rumah sakit ini. 

Sementara oftalmologi komunitas adalah salah satu subspesialisasi dalam bidang Ilmu Kesehatan Mata yang mengkhususkan pada pelayanan kesehatan masyarakat, baik itu Hospital Based maupun Outreach di berbagai daerah di seluruh Indonesia. 

Beberapa layanan unggulan yang disediakan oleh Rumah Sakit Mata Cicendo, antara lain:

1. Lasik

Layanan ini paling cocok buat kamu yang memang berniat menyembuhkan rabun jauh atau rabun dekat sehingga terlepas dari penggunaan kaca mata. 

Lasik sebenarnya singkatan dari laser in-situ keratomileusis, merupakan jenis prosedur bedah yang menjadi sebuah fenomena jaman ini. Metode ini dapat memperbaiki mata bermasalah seperti rabuh jauh, rabun dekat serta kelainan mata lainnya dalam waktu singkat. 

Prosedur pelayanan Lasik di Rumah Sakit Mata Cicendo, antara lain:

  1. Pasien melakukan konsultasi dengan dokter LASIK.
  2. Dokter LASIK menyetujui untuk dilakukan tindakan skrining (pemeriksaan dengan ± 8 alat).
  3. Skrining Tambahan Dalam Masa Pandemi Covid-19 (Hematologi Lengkap, CRP, Thorax AP, dan Konsul IPD).
  4. Dokter LASIK membaca hasil skrining dan menyetujui untuk dilakukan tindakan LASIK.
  5. Pasien berunding untuk waktu pelaksanaan tindakan LASIK dengan Dokter LASIK.
  6. Pelaksanaan tindakan LASIK dilakukan pada hari yang berbeda dengan waktu skrining.

2. Layanan Mata Anak Terpadu Retinoblastoma

Dikutip dari situs resmi Rumah Sakit Mata Cicendo, disebutkan bahwa setiap 60 detik, 1 orang anak di seluruh dunia menjadi buta. Di antara 80 persen dari penyebab kebutaan anak ini dapat dicegah. Bila tidak terdeteksi melalui pemeriksaan mata, maka jumlah kebutaan anak tersebut bisa menjadi dua kali lipat pada tahun 2020.

Dokter spesialis mata di Rumah Sakit Mata Cicendo memiliki keahlian dalam mendeteksi dini kelainan pada mata anak-anak. 

Dokter mata akan melakukan pemeriksaan mata secara umum terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan pemeriksaan yang lebih spesifik untuk mengetahui kemungkinan penyebab leukocoria (pupil putih). 

Pemeriksaan saraf mata dilakukan dengan menggunakan alat funduscopy pada pupil yang dilatasi (prosedur pemeriksaan: mata anak sebelumnya akan diteteskan obat tetes untuk pelebaran pupil yang efeknya bersifat sementara terhadap lebar pupil) atau dengan USG pada kondisi kelainan mata yang tidak memungkinkan pemeriksaan funduscopy.

Deteksi mudah yang dapat dilakukan dapat dengan menggunakan kamera pada smartphone kamu. Kamera dengan flash (deteksi red eye dimatikan) disiapkan dengan pencahayaan ruangan redup. Kamera kemudian diarahkan sejajar mata anak dan anak diminta melihat ke kamera. 

Periksakan segera mata anak anda ke dokter mata atau dokter mata anak bila ditemukan tanda leukocoria (‘mata kucing’ atau ‘pupil putih’). 

Peran kita semua yang berada di sekitar lingkungan anak kadang dapat menyelamatkan penglihatan bahkan nyawa anak, bila kelainan pada mata berupa leukocoria (“mata kucing” atau “pupil putih”) dapat terdeteksi sejak awal.

3. Layanan rawat jalan

Layaknya rumah sakit lainnya, Rumah Sakit Mata Cicendo juga melayani pasien rawat jalan. Beberapa pemeriksaan yang dilayani oleh rumah sakit ini, antara lain:

  • Infeksi dan Imunologi
  • Katarak Bedah Refraktif
  • Rekonstruksi, Okuloplasti dan Onkologi
  • Refraksi, Low Vision dan Lensa Kontak
  • Glaukoma
  • Vitreo Retina
  • Neuro Oftalmologi
  • Pediatrik Oftalmologi dan Strabismus
  • Oftalmologi Komunitas.

Jenis penyakit mata yang ditangani RS Mata Cicendo 

Rumah Sakit Mata Cicendo tentu memiliki spesialisasi dalam menangani berbagai penyakit pada mata. Tapi dari semua penyakit mata, ada beberapa yang paling banyak ditangani oleh Rumah Sakit Mata Cicendo. Apa saja?

1. Katarak

Katarak merupakan penyakit yang menyebabkan lensa mata menjadi keruh atau seperti berawan. Biasanya, penyakit ini berkembang secara perlahan sehingga awalnya si penderita tidak merasa terganggu. Namun lama kelamaan, katarak akan semakin parah dan mengganggu penglihatan. 

Akibatnya, penderita akan kesulitan membaca tulisan, kesulitan mengemudikan kendaraan, atau kesulitan melakukan sehari-hari. Kendati katarak menjadi penyebab utama kebutaan di seluruh dunia, namun katarak bisa diobati. 

2. Penyakit pada retina

Penyakit pada retina juga banyak dijumpai pada pasien Rumah Sakit Mata Cicendo. Retina sendiri adalah lapisan tipis di bagian belakang mata yang berguna menangkap cahaya yang masuk. Bagian ini sangat vital bagi mata kita untuk bisa menjalankan fungsinya sebagai indera penglihat. 

Peran retina mata adalah menangkap cahaya dan mengaturnya sebagai informasi visual yang kemudian dikirimkan ke otak melalui saraf optik. Di tengah jaringan saraf ini terdapat makula yang membuatmu mampu melihat dengan jelas.

Sehingga apabila ada masalah pada retina, maka sangat berpengaruh pada kemampuan manusia dalam melihat. 

3. Glaukoma

Glaukoma ini menjadi penyebab kebutaan kedua terbanyak di dunia setelah katarak. Penyakit ini merupakan kerusakan saraf akibat naiknya tekanan pada bola mata. 

Tekanan pada bola mata meningkat akibar gangguan pada sistem aliran cairan mata. Seseorang yang menderita kondisi ini dapat merasakan gejala berupa gangguan penglihatan, nyeri pada mata, hingga sakit kepala.

4. Kasus mata pada anak

Penyakit lain yang kerap ditangani Rumah Sakit Mata Cicendo adalah kasus mata yang menimpa anak-anak. 

Salah satu yang cukup banyak di antaranya adalah mata juling atau dalam dunia medis disebut strabismus merupakan kondisi ketika posisi mata tidak berada dalam posisi seimbang atau sejajar antara mata kiri dengan mata kanan.

Dari penampakannya, satu bola mata bisa menghadap lurus ke depan, sedangkan pasangannya menghadap ke arah lain, bisa ke samping, atas, atau bawah. 

Mata juling cukup banyak terjadi pada usia anak-anak. Sebagian kasus merupakan keturunan dari orang tua. Sebagian lain tidak terdapat riwayat mata juling salam sekali dalam garis keturunan kesehatan keluarganya.

Harga kamar di Rumah Sakit Mata Cicendo 

Harga kamar inap di Rumah Sakit Mata Cicendo bervariasi. Mengacu pada situs resminya, kamar inap dibagi ke dalam empat kelas. 

1. Kamar rawat inap Anggrek (VIP)

Tarif Rp 618.000 per hari

Terletak di Gedung F, Lantai 3. Setiap kamar terdiri dari 1 tempat tidur dengan fasilitas:

Utama A : Pendingin Ruangan (AC), TV, sofa Bed, Kulkas, Dispenser, Lemari Pakaian, Toilet dilengkapi wastafel dan water heater.

Utama B : Pendingin Ruangan (AC), TV, sofa Bed, Kulkas, Dispenser, Lemari Pakaian, Toilet dilengkapi wastafel dan water heater, balkon, Sofa set.

2. Kamar rawat inap Bougenvile (Kelas I)

Tarif Rp 464.000 per hari

Terletak di Gedung F, Lantai 2. Setiap kamar terdiri dari 2 tempat tidur dengan fasilitas: 2 Pendingin Ruangan (AC), 2 Televisi, 2 Sofa, Lemari Pakaian 2 muka, Toilet + wastafel + water heater.

3. Kamar rawat inap Cempaka (Kelas II)

Tarif Rp 241.000 per hari

Terletak diGedung F, Lantai 1 (Selatan). Setiap kamar terdiri dari 6 tempat tidur dengan fasilitas: Pendingin ruangan, Sofa, Toilet + wastafel + water heater.

4. Kamar rawat inap Dahlia

Rp 167.000 per hari

Terletak di Gedung F, Lantai 1 (Utara). Setiap kamar terdiri dari 10 tempat tidur dengan fasilitas: Toilet + wastafel + water heater.

Daftar perusahaan asuransi yang rekanan dengan Rumah Sakit Mata Cicendo

Perlu diketahui juga ada beberapa penyedia layanan asuransi yang memiliki rekanan dengan RS Mata Cicendo. Tentunya hal ini akan memudahkan pasien yang memiliki produk asuransi rekanan untuk berobat. 

Dengan memiliki asuransi, kamu tak perlu dipusingkan dengan biaya perawatan dan pengobatan yang cukup menguras kantong. 

Apa saja asuransi yang merupakan rekanan dengan RS Mata Cicendo?

1. Prudential

Salah satu asuransi yang memiliki rekanan dengan Rumah Sakit Mata Cicendo adalah Asuransi Prudential melalui produk PRUSolusi Sehat. Produk ini adalah Produk Asuransi Kesehatan Tradisional yang memberikan solusi lengkap dan fleksibel untuk perlindungan kesehatan. 

Pembayaran manfaat sesuai tagihan rumah sakit untuk beberapa manfaat berdasarkan plan yang dipilih pada Tabel Manfaat PRUSolusi Sehat serta jangkauan perlindungan hingga seluruh dunia yang memberikan fleksibilitas atas pilihan Perlindungan kesehatan kamu. 

Manfaat yang bisa didapat dari produk asuransi ini, antara lain:

  • Fleksibilitas dalam menentukan Wilayah Pertanggungan, Tipe Kamar dengan harga kamar terendah dengan 2 tempat tidur atau 1 tempat tidur dengan kamar mandi di dalam, dan Batas Harga Kamar sesuai Plan.
  • Nikmati pilihan Wilayah Pertanggungan yang luas mulai dari Wilayah Indonesia hingga ke di seluruh dunia (termasuk Amerika Serikat).
  • Masa perlindungan 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang hingga Tertanggung berusia 99 tahun
  • Terdapat PRUSolusi Sehat Limit Booster yang dapat menambah Batas Manfaat Tahunan Asuransi Kesehatan PRUSolusi Sehat menjadi hingga Rp 65 Miliar.
  • Rawat Jalan tanpa Rawat Inap untuk Perawatan Kanker dan Cuci Darah dibayarkan sesuai tagihan.
  • Manfaat untuk Perawatan rawat jalan 30 hari sebelum dan 90 hari sesudah tindakan bedah Rawat Jalan
  • Kunjungan Dokter Umum dan Dokter Spesialis (serta Sub Spesialis) per jenis spesialisasi masing masing hingga 2 kali perhari.
  • Pembayaran Manfaat untuk perawatan di luar wilayah pertanggungan dengan persentase tertentu mengacu ketentuan pada Polis.

2. Manulife

Asuransi Manulife juga menjadi rekanan RS Mata Cicendo. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh melalui produk ini, antara lain:

1. Pembayaran Manfaat As Charged

Pembayaran manfaat sesuai tagihan (as charged) dengan limit tahunan, dan plan yang dipilih pada Tabel Manfaat Perawatan Rawat Inap.

2. Manfaat Penggantian Biaya Rumah Sakit

Manfaat Penggantian Biaya Rumah Sakit sesuai dengan yang tercantum pada Tabel Manfaat Perawatan Rawat Inap, baik karena sakit maupun kecelakaan.

3. Limit Tahunan Tambahan untuk Penyakit Kritis

Memberikan limit tahunan tambahan bila Tertanggung menderita sakit kritis seperti kanker, serangan jantung, gagal ginjal atau transplantasi organ.

4. Biaya Kamar di Luar Negeri

Memberikan manfaat biaya kamar sebesar 3x lipat dari plan yang dipilih bila dirawat di luar negeri (seluruh dunia kecuali Amerika Serikat).

3. Asuransi Cigna

Produk asuransi yang satu ini juga menjadi rekanan RS Mata Cicendo. Jadi kalau kamu punya produk asuransi Cigna, maka kamu tak perlu pusing lagi memikirkan biaya perawatan dan pengobatan. 

Ada beberapa produk yang Cigna tawarkan, antara lain:

  • Cigna Eazyhealth
  • Cigna Infinite Healthcare
  • Cigna Family Care Optima
  • Cigna Family Care
  • Cigna Senyum Sehat
  • Cigna Proteksi Sehat
  • Cigna proteksi Sehat Optima
  • Cigna Premium Health Protection
  • Cigan Health Protection
  • Cigna care and Save

Dari beberapa produk di atas, salah satu produk yang cukup diminati adalah Cigna Eazihealth. Produk ini memberikan manfaat rawat inap dan pembedahan di seluruh jaringan rumah sakit rekanan. 

Produk asuransi ini menyediakan kemudahan akses ke 700+ rumah sakit rekanan di seluruh Indonesia melalui layanan cashless atau non tunai. 

Manfaatkan juga kartu cashless atau kartu kepesertaanmu untuk mendapatkan potongan harga di berbagai merchant yang telah bekerjasama.

a. Manfaat harian perawatan Rumah Sakit 

Diberikan apabila Tertanggung memerlukan Perawatan Rumah Sakit yang disebabkan oleh sakit atau kecelakaan. Jumlah manfaat per hari sebesar Rp300.000. Manfaat dapat diklaim secara cashless atau reimbursement

b. Manfaat pembedahan

Diberikan apabila Tertanggung memerlukan tindakan pembedahan, baik yang disebabkan oleh sakit atau kecelakaan. Jumlah manfaat per kejadian sebesar Rp3.000.000. 

Manfaat dibayarkan berdasarkan tipe pembedahan sebagai berikut:

– Pembedahan kecil: 25% dari jumlah manfaat per kejadian

– Pembedahan sedang: 50% dari jumlah manfaat per kejadian

– Pembedahan besar: 75% dari jumlah manfaat per kejadian

– Pembedahan khusus: 100% dari jumlah manfaat per kejadian.

Manfaat dapat diklaim secara cashless atau reimbursement

4. AXA Asuransi Kesehatan

Asuransi berikutnya yang menjadi rekanan RS Mata Cicendo adalah Axa. Beberapa manfaat yang bisa didapat melalui asuransi Axa, antara lain minimum premi yang murah sesuai dengan usia dan paket, perlindungan atas risiko kanker, asuransi rawat inap hingga Rp1 juta per hari, hingga jaringan rumah sakit rekanan di seluruh dunia. 

Ada beberapa produk asuransi yang Axa tawarkan. Di antaranya:

  • Maestor Optima Care
  • Axa Critical Elite Solution
  • Asuransi Tambahan Easy Health
  • Axa Cancer and Save
  • Axa Hospital Plus Life
  • Axa Heart & Save.

Sebagai gambaran layanan Axa Asuransi kesehatan, kita akan bahas salah satu produknya, yakni Maestro Optima Care.

Sejumlah layanan yang bisa didapat peserta asuransi melalui produk ini, adalah:

1. Perlindungan dari hari pertama terbit polis

Dimulai dari hari pertama terbit polis dengan proteksi tanpa inner limit, dapat digunakan 365 hari serta tanpa dibatas maksimal per kondsi medis.

2. Melindungi kondisi yang sudah ada sebelumnya

Melindungi terhadap kondisi yang sudah ada sebelumnya atau pre existing condition dan kondisi-kondisi penyakit kritis lain termasuk kanker, jantung, dan ginjal setelah melewati masa tunggu.

3. Pengajuan aplikasi dengan hanya 3 pertanyaan tanpa medical check-up

Kemudahan persetujuan proses aplikasi dengan cukup menjawab 3 pertanyaan kesehatan tanpa adanya medical check up.

4. Perlindungan lebih lama

Usia masuk sampai dengan 80 tahun dan dapat diperpanjang hingga usia 99 tahun. Minimum premi Rp421.235 per bulan. 

Pentingnya asuransi kesehatan 

Seperti yang kita bahas di atas, kita tak pernah tahu apa masalah kesehatan yang bisa saja diidap di masa mendatang. Nah di sinilah kita perlu menyediakan sebuah bantalan untuk jaga-jaga. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan asuransi kesehatan

Cara kerja asuransi kesehatan sebenarnya sederhana, setiap nasabah mesti membayarkan premi ke pihak perusahaan asuransi. Kemudian, pihak perusahaan akan mengelola dana tersebut sehingga saat ada salah satu nasabah jatuh sakit, perusahaan dapat meng-cover biayanya.

Adapun manfaat utamanya mencakup biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up. Sementara manfaat tambahan (rider) meliputi melahirkan, perawatan gigi, dan mata.

Sementara premi asuransi kesehatan murah atau mahal, tergantung pada usia, pekerjaan, dan limit pertanggungan. Namun berbeda dengan BPJS Kesehatan, kita bisa lebih fleksibel memilih premi yang diinginkan, pertanggungan, dan rumah sakit. 

Lantas, apakah perlu memiliki asuransi kesehatan? 

Asuransi kesehatan penting, karena pada tahun 2018 saja, inflasi biaya rumah sakit mencapai 11 persen. Artinya, misal pada tahun sebelumnya biaya kesehatan rawat inap di rumah sakit berkisar Rp500 ribuan per hari, maka nominalnya akan naik menjadi Rp555 ribu di tahun 2018. Angka tersebut akan terus meningkat di tahun selanjutnya.

Nah, daripada menghabiskan tabungan atau investasi untuk biaya medis, asuransi akan membantu cashflow nasabah menjadi lebih aman. Lifepal akan membantu kamu menemukan keputusan yang tepat terkait asuransi.

Tips memilih asuransi kesehatan terbaik

Dengan ratusan pilihan polis dan brand, calon nasabah perlu lebih cermat memilih manfaat asuransi kesehatan yang dibeli. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan: 

1. Metode klaim cashless

Dengan sistem klaim cashless, nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan medis. 

Contohnya adalah rekomendasi pilihan di atas yaitu Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, BCA, BNI Life, dan Cigma semuanya memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement.

2. Menanggung biaya rawat jalan

Biaya perawatan pra dan pasca rawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih yang menanggung biaya rawat jalan tersebut. Dari rekomendasi Lifepal, Asuransi kesehatan AXA Mandiri, Cigna, dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi. 

3. Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya 20-100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

4. Manfaat Coordination of Benefit (CoB) 

Dengan manfaat Coordination of Benefit (CoB), jika asuransi BPJS tidak mencakup semua biaya perawatan, maka kita bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi swasta.

Saat ini, ada 11 perusahaan asuransi swasta yang bersedia jalankan koordinasi klaim dengan BPJS, yaitu asuransi kesehatan Avrist, Arthagraha General Insurance, Astra Buana, Mega, CAR, Takaful Keluarga, Bina Dana Arta, Sinarmas MSIG, Generali Indonesia, Tugu Pratama, dan Multi Artha Guna (MAG). 

5. Manfaat Pertanggungan Pre-Existing Condition

Pre-existing condition adalah kondisi di mana calon nasabah sudah menderita penyakit tertentu saat mendaftar asuransi. Sebagian besar produk mengecualikan hal ini dalam klaim, tetapi ada yang tidak mengecualikannya dengan atau tanpa syarat. Salah satunya adalah polis Maestro Optima Care dari AXA.

6. Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, di tahun-tahun mendatang dengan kenaikan biaya medis 7-15 persen, nilai pertanggungan tersebut akan berkurang.

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged), seperti Manulife, Prudential, dan BNI Life.

7. Iuran premi sesuai dengan penghasilan

Meski proteksi kesehatan sangatlah penting, calon nasabah tetap harus memastikan keuangannya tetap terjaga. Oleh karena itu, pastikan premi tidak kemahalan apalagi melebihi kemampuan. Standarnya alokasi asuransi minimal sekitar 3-5 persen dari penghasilan.

8. Beli melalui broker asuransi

Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim bisa saja sulit dilakukan sendiri. Belum lagi jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut.

Itulah informasi mengenai Rumah Sakit Mata Cicendo, fasilitas hingga harga kamarnya. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)