Rumah Sakit Sentra Medika, Fasilitas dan Harga Kamarnya [2020]

Rumah Sakit Sentra Medika

Rumah Sakit Sentra Medika adalah perwujudan cita-cita mulia RS Sentra Medika Group. Dimulai dengan didirikannya RS Bersalin Harapan Bunda yang menjadi cikal bakal Rumah Sakit Sentra Medika pada tahun 1984 oleh drg. Suherman Widyatomo dan keluarga.

RS Sentra Medika  atau dikenal dengan RSSM kini punya empat rumah sakit lain yang ada di daerah Jakarta, Cikarang, Depok, dan Bogor. 

Setelah didirikannya RS Bersalin Harapan Bunda, pada tahun 1990 RSSM Group mendirikan RS Sentra Medika Cisalak, kemudian diikuti RS Sentra Medika Cikarang pada tahun 2004, dan yang terbaru RS Sentra Medika Cibinong tahun 2011 silam.

Rumah Sakit Sentra Medika atau Rumah Sakit Sentra Medika Cisalak berada tepat di Jalan Raya Bogor, Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. 

Buat kamu yang ada di sekitar daerah Kota Depok, Jawa Barat, Rumah Sakit Sentra Medika Cisalak bisa jadi salah satu alternatif tempat berobat atau sekadar konsultasi kesehatan. 

Harga kamar di Rumah Sakit Sentra Medika Cisalak bervariasi sesuai dengan kelasnya. Lifepal mau kasih tahu harga-harganya kamarnya nih biar kamu gak pusing cari referensi biayanya. 

Rumah Sakit Sentra Medika

RS Sentra Medika alias RSSM Cisalak didirikan pada 12 Juli 1999, dan baru diresmikan pada tanggal 27 Mei 2000 oleh Dr. Ahmad Sujudi, Menteri Kesehatan kala itu. 

RS Sentra Medika merupakan RS Swasta tipe B didukung oleh Dokter Umum, Dokter Spesialis dan Dokter Subspesialis.

Visi RSSM Cisalak adalah menjadi rumah sakit pilihan dengan memberikan pelayanan yang terbaik, sedangkan misinya adalah memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, cepat dan informatif kepada masyarakat dengan biaya terjangkau.

Layanan-layanan yang ada di Rumah Sakit Sentra Medika Cisalak

Gak lengkap rasanya kalau bahas RS Sentra Medika gak bahas fasilitas dan pelayanan yang disediakan. Ada apa saja sih?

Fasilitas dan layanan yang pertama adalah poliklinik di mana RSSM Cisalak punya jumlah poliklinik yang gak kalah sama rumah sakit lain, di antaranya:

1.  Poliklinik Bedah

Poli ini melayani pengobatan penyakit dan luka yang ditangani dengan menggunakan metode bedah (operatif). Ada 14 tindakan medis di poliklinik bedah mulai dari bedah anak, bedah onkologi, urologi, sampai bedah kepala leher.

2. Poliklinik jantung dan pembuluh darah

Poli yang berkaitan dengan pencegahan, diagnosis, dan pengobatan penyakit kardiovaskuler seperti tekanan darah tinggi dan serangan jantung ini punya tiga tindakan medis yaotu jantung, katerisasi jantung dan otak, dan pembuluh darah.

3. Poliklinik penyakit kulit dan kelamin

Melayani berbagai masalah yang berkaitan dengan kulit dan kelamin seperti alergi kulit, infeksi jamur, cacar api, cacar ular) , psoriasis (penumpukan sel kulit mati) , kanker kulit dan juga beberapa permasalahan kelamin seperti penyakit menular seksual.

Masalah-masalah tadi ditangani dengan 5 tindakan medis berupa bedah plastik rekonstruksi dan estetik, bedah kulit, konsultasi, kecantikan, dan dermatosis.

4. Poliklinik pulmonologi dan kedokteran respirasi (paru)

Poli yang keempat ini khusus menangani gangguan saluran pernafasan baik dari gangguan paru-paru atau sistem pernapasan. 

Tindakan medis di poli ini adalah pulmonologi intervensi dan Gawat Darurat Napas, asma PPOK, infeksi, konsultasi, dan paru kerja dan lingkungan.

5. Poliklinik saraf

Menangani kelainan sistem saraf manusia, diagnosis, dan perawatan pasien yang sangat baik untuk menghindari gangguan pada sebagian maupun seluruh fungsi tubuh.

6. Poliklinik  gigi umum

Poliklinik gigi umum menghadirkan tindakan preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif kondisi gigi dan mulut dengan 4 tindakan medis Dental X-Ray, Dental Cosmetic, gigi umum, dan konsultasi.

7. Poliklinik gigi spesialis

Tindakan medis pada poli ini adalah ortodonsia, gigi anak, periodonsia, penyakit mulut, bedah mulut dan maksilofasial, konservasi gigi, prostodonsia, radiologi kedokteran, Dental X-Ray, dan Dental Cosmetic.

Tindakan-tindakan tersebut hadir sebagai spesialis lanjutan dari dokter gigi yang mempelajari rongga dalam mulut lebih mendalam mulai dari rahang mulut, gusi, letak gigi, dan implan gigi.

8. Poliklinik anak

Berfokus pada kesehatan anak usia 0 sampai 18/21 tahun, poli anak menunjang kesehatan yang dibutuhkan anak dan penyakit atau kelainan yang menghambat pertumbuhan anak.

Masih ada poliklinik yang lainnya lho seperti  Poliklinik Gizi, Mata, Penyakit Dalam, Kedokteran Jiwa atau Psikiatri, Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT), Kandungan dan Kebidanan, laboratorium, medical check-up, dan Radiologi.

Harga kamar Rumah Sakit Sentra Medika tahun 2020

Kalau di atas sudah dibahas fasilitas pelayanan polikliniknya, nah sekarang Lifepal mau kasih referensi harga kamar Rumah Sakit Sentra Medika yang bisa dijadikan patokan.

Jenis Kamar Harga/hari
Kelas Super VIP Rp900 ribu
Kelas VIP Rp800 ribu
Kelas I Rp450 ribu
Kelas II Rp350 ribu
Kelas III Rp150 ribu

Masih berkaitan dengan biaya, apakah RS Sentra Medika rekanan dengan perusahaan asuransi? 

Gak usah khawatir, Lifepal juga punya daftar perusahaan yang berafiliasi dengan rumah sakit ini.

Daftar perusahaan asuransi yang rekanan dengan Rumah Sakit Sentra Medika

Perusahaan-perusahaan asuransi di bawah ini rekanan dengan RS Sentra Medika jadi kamu gak pusing mikirin biaya saat berobat ke sana. Apa saja?

1. Asuransi Lippo

Lippo insurance punya 5 produk asuransi kesehatan yaitu:

Medicare

Asuransi khusus untuk perusahaan dalam melindungi karyawan dan keluarganya. Manfaat dari produk yang pertama ini adalah manfaat rumah sakit dan bedah, santunan rawat jalan, manfaat gigi, persalinan, dan kacavmata.

Keunggulan Medicare ini adalah cashless, telemedicine, tersedia dokter online, bisa klaim lewat aplikasi, fasilitas chat 24/7, tersedia video sosialisasi di aplikasi, buku panduan, dan ada jaminan Covid-19.

Perlindungan Kesehatan Prima

Cocok untuk memberikan perlindungan kamu dan keluarga, asuransi ini bakal kasih kamu keunggulan berupa:

  • Fitur saldo prima yang memberi penggantian pembelian vitamin dan/atau obat-obatan di mana kamu gak perlu rawat inap dan rawat jalan
  • Ada pilihan manfaat rawat inap dan rawat jalan
  • Pembayaran cashless di lebih dari 500 rumah sakit di Indonesia
  • 24 jam layanan
  • Ada layanan eksklusif
  • Laporan perhitungan klaim melalui email

Kalau kamu baru dan punya asuransi ini, syarat kepesertaannya adalah usia masuk 0 – 60 tahun dan usia perpanjangan sampai 65 tahun.

HealthPlus+ Family

Sama halnya dengan Perlindungan Kesehatan Prima, HealthPlus+ Family mempunyai perlindungan bagi keluarga dengan premi yang terjangkau.

Dari sisi keunggulannya pun sama, hanya saja asuransi ini tidak punya saldo prima penggantian pembelian vitamin dan/atau obat-obatan di mana kamu gak perlu rawat inap dan rawat jalan.

HealthPlus+ Business

Bagi sebuah perusahaan, kesehatan karyawannya adalah aset yang sangat berharga. Dengan kondisi tubuh yang sehat, niscaya mereka bisa berkembang dan bekerja dengan optimal.

HealthPlus+ Business punya manfaat utama bagi perusahaan dan karyawannya yaitu:

  • Rawat inap tanpa pembayaran tunai/cashless dengan pilihan kelas kamar Rp300 ribu, Rp500 ribu, Rp700 ribu, Rp1 juta, Rp2 juta, Rp3,5 juta.
  • Rawat jalan dan rawat gigi (opsional)
  • Manfaat sesuai tagihan
  • Berlaku di seluruh dunia
  • Premi terjangkau

HealthPlus+ Micro

Gak bisa dipungkiri kalau kecelakaan bisa terjadi di mana dan kapan saja, bahkan di dalam badan usaha sekalipun. Apalagi di sana banyak orang yang bekerja, sangat penting untuk melakukan pengelolaan risiko agar kemungkinan terjadinya kerugian dapat diminimalisir.

Keunggulannya adalah manfaat rawat inap sistem cashless tanpa uang muka sampai dengan kelas kamar Rp1,2 juta, rawat jalan dilengkapi dengan rawat gigi dasar (opsional) dengan sistem Reimbursement 80%, menjamin perawatan cuci darah dan kemoterapi.

Gak cuma itu aja, manfaat lainnya adalah menjamin patah tulang dan alat bantunya, profit sharing, santunan tunai dan kecelakaan diri.

2. Asuransi Cigna

Jaringan rumah sakit yang terafiliasi dengan Cigna sangat luas, mencakup lebih dari 700, satu di antaranya adalah Rumah Sakit Pusat Pertamina.

Banyak produk yang ditawarkan oleh Cigna yaitu:

  • Cigna EaziHealth
  • Cigna Infinite Healthcare
  • Cigna Family Care Optima
  • Cigna Family Care
  • Cigna Premium Health Protection
  • Cigna Proteksi Sehat Optima
  • Cigna Proteksi Sehat
  • Cigna Senyum Sehat
  • Cigna Health Protection
  • Cigna Care and Save

Salah satu dari produk di atas, Cigna Care and Save memberikan santunan perawatan di rumah sakit dengan pengembalian premi sebagai manfaatnya, ada juga santunan perawatan rumah sakit karena penyakit dan/atau kecelakaan, perawatan ICU, layanan bantuan dan ambulans lokal serta pengembalian premi.

Kalau kamu pakai asuransi ini, masa tenggang waktu yang diberikan adalah selama 31 hari kalender terhitung sejak jatuh tempo pembayaran premi. Perlu diingat, ya!

3. Asuransi Manulife

Manulife punya asuransi kesehatan MiUltimate HealthCare dengan manfaat berupa:

Pembayaran manfaat sesuai tagihan

Pembayaran manfaatnya disesuaikan dengan tagihan dengan limit tahunan dan plan yang berdasarkan tabel manfaat perawatan rawat inap.

Penggantian biaya rumah sakit

Manfaat ini disesuaikan dengan yang tercantum pada tabel manfaat baik sakit atau kecelakaan.

Lima tahunan tambahan untuk penyakit kritis

Manulife memberikan tambahan limit tahunan bila tertanggung sakit kritis seperti kanker, serangan jantung atau transplantasi organ.

Biaya kamar di luar negeri

Kalau dirawat di luar negeri, manfaat biaya kamarnya sebesar 3 kali lipat dari plan yang dipilih. Hal ini berlaku di seluruh dunia kecuali Amerika Serikat.

4. Asuransi MAG

Dengan asuransi ini, kamu tidak perlu khawatir terganggu akibat penggantian biaya perawatan dan pengobatan rumah sakit. Melalui Magna Sehat, anggaran biaya pengobatan akan disesuaikan dengan kemampuan kamu. 

Ada lima plan yang tersedia di asuransi ini di mana masing-masing plan mempunyai manfaat yang berbeda-beda.

Kondisi polis yang berlaku di asuransi Magna Sehat ini adalah:

  1. Masa tunggu polis dalam 30 hari
  2. Pre Existing Condition dijamin setelah 12 bulan
  3. Pemulihan faedah dalam 30 hari
  4. Proses klaim dalam 7 hari kerja (dengan catatan kondisi dokumen sudah lengkap)
  5. Manfaat dan premi sesuai pilihan
  6. Berlaku untuk sistem cashless dan reimbursement
  7. Bebas pilih rumah sakit
  8. 24 jam pelayanan
  9. Usia untuk peserta dewasa adalah 21 tahun sampai 55 tahun. Untuk kasus perpanjangan bisa dipertanggungkan sampai usia 70 tahun
  10. Usia di atas 50 tahun maksimum hanya bisa mengambil plan C, kecuali kasus perpanjangan
  11. Usia anak yang bisa dipertanggungkan adalah 15 hari sampai 25 tahun
  12. Tabel premi belum termasuk dalam biaya administrasi dan meterai
  13. Jika tidak terjadi klaim pada tahun berjalan, maka pada saat perpanjangan akan diberlakukan potongan 10%
  14. Mengisi form aplikasi & laporan kesehatan pribadi.

Pentingnya punya asuransi

Umumnya, asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang menanggung biaya medis saat kita diharuskan pergi ke dokter atau rumah sakit. 

Beberapa manfaat asuransi kesehatan meliputi biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up

Nah, asuransi ini juga mempunyai manfaat tambahan lho seperti melahirkan, perawatan gigi, dan mata.

Untuk menikmati manfaat di atas, nasabah perlu membayarkan premi yang besarannya variatif dan tergantung pada usia, pekerjaan, dan limit pertanggungan. 

Namun, berbeda dengan BPJS Kesehatan, kita bisa lebih fleksibel memilih premi yang diinginkan, pertanggungan, dan rumah sakit.

Cara memilih asuransi kesehatan terbaik

Di Indonesia, penyedia layanan asuransi jumlahnya ratusan. Namun, sebelum memilih mana yang cocok, kita perlu mengetahui beberapa kriteria asuransi kesehatan terbaik.

Kriteria asuransi kesehatan terbaik, yaitu:

  • Jaringan rumah sakit yang luas. Bagi yang sering ke luar negeri, pastikan penyedia menjangkau rumah sakit di luar negeri.
  • Fasilitas cashless karena praktis apalagi di saat kondisi genting. Sehingga kita cukup menggesekkan atau cukup menunjukkan kartu asuransi saja.
  • Limit pertanggungan dan premi sesuai. Tidak selalu asuransi kesehatan murah akan lebih baik, tetapi asuransi yang bagus juga tidak selalu mahal.

Dengan ratusan pilihan polis dan brand, calon nasabah perlu lebih cermat memilih manfaat asuransi kesehatan yang dibeli. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan: 

Metode klaim cashless

Dengan sistem klaim cashless nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. 

Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit rekanan. Namun, cashless tidak selalu menjadi terbaik. Ingat penjelasan sebelumnya, ya.

Contohnya adalah rekomendasi pilihan di atas yaitu Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, BCA, BNI Life, dan Cigna semuanya memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement.

Menanggung biaya rawat jalan

Biaya perawatan pra dan pasca rawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih yang menanggung biaya rawat jalan tersebut. 

Dari rekomendasi Lifepal, Asuransi kesehatan AXA Mandiri, Cigna, dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi. Calon nasabah tinggal memilih premi dan plafon yang dapat melengkapi kebutuhan serta anggaran. 

Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. 

Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

Beberapa pilihan rekomendasinya adalah asuransi kesehatan Cigna, Prudential, dan Allianz juga memberikan manfaat no claim bonus bahkan ada yang setiap setahun. 

Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misalnya, uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini.

Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan medis di Indonesia saat ini yang mana biaya operasi memakan biaya sekitar Rp7-Rp15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged), seperti Manulife, Prudential, dan BNI Life. 

Iuran premi tidak lebih 10 persen dari gaji

Meski proteksi kesehatan sangatlah penting, calon nasabah tetap harus memastikan keuangannya tetap terjaga. 

Salah satunya adalah, dengan mengikuti metode finansial 50/30/20. Di mana 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk hiburan, 10 persen investasi, dan 10 persen asuransi.

Beli melalui broker asuransi

Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim akan sangat sulit dilakukan sendiri. 

Belum lagi, jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut.

Keuntungan beli asuransi kesehatan online 

Ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat dengan beli asuransi kesehatan online. Salah satunya adalah kemudahan transaksi. 

Sebab, calon nasabah hanya perlu buka situs broker asuransi Lifepal.co.id untuk membandingkan ratusan produk asuransi kesehatan terbaik dan murah. Setelah itu, pilih plafon dan premi yang sesuai kebutuhan serta anggaran. 

Selain itu, marketplace asuransi online juga biasanya menawarkan banyak diskon, sehingga premi yang didapat bisa lebih murah. Seperti Lifepal, yang saat ini menawarkan promo menarik untuk produk asuransi kesehatan.

Lengkap banget ya informasi tentang Rumah Sakit Sentra Medika atau RSSM Cisalak. Kita udah bahas profil, layanan, harga kamar sampai perusahaan asuransi yang terafiliasi sama rumah sakit ini. 

Informasi tersebut diharapkan bisa bermanfaat buat kamu atau orang-orang di luar sana manakala mau cari referensi tentang Rumah Sakit Sentra Medika atau RSSM Cisalak.

Jangan lupa tetap lindungi diri kamu dengan asuransi terbaik. Yuk, temukan di Lifepal. Banyak produk asuransi dengan berbagai manfaat yang pasti untuk banget. Baca juga artikel-artikel menarik lainnya seputar kesehatan, administrasi dan tips keuangan. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →