Fungsi Sensor Jarak pada Mobil – Cara Kerja dan Biayanya

sensor jarak pada mobil

Berbagai fitur pada kendaraan khususnya mobil terus dikembangkan untuk meningkatkan kenyaman dan keamanan pada mobil, salah satunya sensor jarak pada mobil. 

Sistem deteksi jarak mobil saat ini sudah banyak disematkan pada mobil keluaran terbaru untuk menghindari benturan dengan kendaraan lain maupun benda di sekitar saat parkir. 

Dalam artikel ini, Lifepal akan membahas fungsi sensor jarak pada mobil, manfaat, dan cara kerjanya yang perlu kamu tahu.

Fungsi sensor jarak pada mobil

Sensor jarak pada mobil yang saat ini paling banyak digunakan adalah sensor parkir atau park sensor. Sensor ini biasanya terletak pada bumper depan dan bumper belakang mobil. 

Sistem deteksi jarak pada mobil biasanya menggunakan sensor infrared yang dikombinasikan dengan gelombang ultrasonik. 

Sensor ini berguna untuk mendeteksi adanya objek lain yang berdekatan dengan mobil kita. Idealnya, jarak mobil dengan kendaraan atau objek lain adalah sekitar 0,5 meter. 

Pada saat mobil terlalu berdekatan dengan objek tersebut, sensor memberikan peringatan dengan mengeluarkan bunyi. 

Pada saat sensor memberikan peringatan, pengemudi diharuskan untuk memajukan atau memundurkan kendaraan sampai berada pada jarak yang tidak terlalu dekat. 

Manfaatkan asuransi mobil syariah untuk menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat dan turut diawasi oleh MUI.

Jenis sensor parkir mobil 

Secara umum, ada dua jenis sensor jarak yang banyak disematkan pada sensor parkir mobil keluaran terbaru saat ini. Berikut penjelasannya. 

1. Electromagnetic Parking Sensor

Electromagnetic Parking Sensor merupakan sensor yang bekerja menggunakan gelombang elektromagnetik yang bentuknya seperti selimut. Jenis sensor parkir ini boleh dikatakan sebagai jenis yang paling baru. 

Dengan cara memancarkan gelombang elektromagnetik, sensor ini mampu mendeteksi kendaraan yang berpotensi bersentuhan dengan bodi kendaraan kamu. 

2. Ultrasonic Parking Sensor

Cara kerja jenis sensor ultrasonik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sensor elektromagnetik. Perbedaannya hanya terletak pada jenis gelombangnya saja yakni menggunakan gelombang ultrasonik. 

Jika ada objek dekat mobil yang memantulkan kembali gelombang ultrasonik, maka itu adalah pertanda bahwa objek tersebut berada di area pantulan sensor ultrasonik mobil. 

Area pantulan gelombang ultrasonik seharusnya bersih dari objek lain yang kemungkinan menyebabkan benturan sehingga sensor akan memberikan peringatan pada pengemudi. 

Promo May Lifepal Dekstop
Promo May Lifepal Mobile

Sensor jarak pada mobil menggunakan gelombang ultrasonik ini biasanya ditempatkan pada bumper belakang mobil. Jumlah sensornya bisa 4 atau 6 sensor. 

Cara kerja sensor parkir mobil 

Sensor parkir mobil emiliki dua bagian utama yang disebut sebagai transmitter (pemancar) dan receiver (penerima). 

Bagian transmitter akan memancarkan gelombang elektromagnetik atau ultrasonik menjauh dari bodi kendaraan. Gelombang ini akan dipantulkan kembali oleh objek yang berada di depan sensor. 

Kemudian, bagian receiver akan menerima pantulan tersebut lalu menghitung jarak dari kendaraan kamu dengan objek. Pantulan yang diterima oleh receiver kemudian dikeluarkan lagi dalam bentuk suara sebagai peringatan untuk pengemudi. 

Perlu kamu ketahui, sensor ultrasonik kemungkinan tidak bekerja dengan baik saat mendeteksi objek yang kecil. 

Selain itu, karena sensor ultrasonik dipasang pada bumper mobil yang biasanya terkena lumpur atau kotoran, sinyal dari sensor ini bisa terganggu dan gagal mendeteksi objek. 

Biaya pasang sensor parkir mobil 

Bagi pemilik kendaraan yang mobilnya belum memiliki fitur sensor parkir, tidak perlu khawatir karena sensor parkir bisa dipasang secara mandiri. 

Harga sensor parkir mobil sendiri cukup terjangkau, berkisar di harga Rp350 ribuan saja. Itu sudah termasuk jasa pemasangan. 

Tambahan biaya bisa dimungkinkan bila pemilik kendaraan ingin ada tambahan sensor, misalnya dari yang cuma dua sensor saja menjadi empat sensor. 

Agar lebih lengkap, kamu juga dapat menambahkan kamera parkir sehingga kamu tidak perlu menengok ke belakang untuk mengetahui jarak mobil dengan objek di sekitar. 

Jika ditambahkan dengan kamera parkir, kamu perlu menambah dana Rp300 ribuan saja untuk memasang kamera parkir yang cukup bagus. 

Jadi total biaya pemasangan sensor parkir dan kamera parkir sekitar Rp650 ribu. 

Tips memilih sensor parkir mobil 

Dalam memilih sensor jarak pada mobil, khususnya untuk keperluan parkir ada beberapa pertimbangan yang mesti kamu perhatikan. Berikut pembahasannya. 

1. Perhatikan area yang dijangkau oleh sensor 

Beberapa pengemudi merasa cukup dengan dua buah sensor saja yang ditempatkan pada bumper belakang mobil. 

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

Namun, ada juga yang merasa perlu untuk memasang sensor pinggir bumper untuk mendeteksi objek saat saat mobil perlu dibelokkan. 

Sebelum memilih sensor parkir mobil, sebaiknya sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri, ya. 

2. Ketepatan pengukuran 

Dalam memilih sensor mobil, kamu juga perlu memperhatikan ketepatan pengukurannya. Beberapa sensor hanya mampu mendeteksi objek besar seperti tembok namun gagal mendeteksi objek kecil seperti tiang dan pohon. 

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui spesifikasi dan kemampuan dari sensor parkir yang hendak kamu beli, ya. 

Namun, ketepatan parkir ini juga bisa disebabkan karena faktor eksternal seperti kotoran dan perubahan suhu. 

3. Perhatikan faktor harga 

Harga sensor parkir mobil di pasaran sekitar Rp300 ribu sampai Rp350 ribu sudah termasuk biaya pemasangan. Jika ada yang menawarkan harga lebih murah, kamu sebaiknya hati-hati dan cek dengan teliti originalitasnya. 

Fitur sensor jarak pada mobil merupakan fitur penting yang berhubungan dengan keselamatan sehingga sebaiknya pilih yang kualitasnya terbaik. Tidak masalah jika harganya sedikit lebih mahal.

4. Pilih sensor yang perawatannya mudah 

Sama seperti komponen mobil lainnya, sensor parkir juga perlu dirawat untuk memastikan fungsinya bekerja secara optimal. 

Perawatan sensor mobil biasanya tidak susah, kamu cukup membersihkannya dari kotoran-kotoran yang menempel agar gelombang ultrasonik tidak terhalang saat dipancarkan. 

Itulah pembahasan mengenai fungsi sensor jarak pada mobil beserta jenis, cara kerja dan biaya pemasangannya. Semoga bermanfaat, ya. 

Penting punya asuransi mobil

Saat berkendara tentunya kita akan dihadapkan dengan berbagai risiko, misalnya sensor jarak pada mobil rusak karena kecelakaan atau menabrak benda tertentu. Tentu biaya perbaikannya tidak murah.

Kalau kamu tidak memiliki proteksi finansial seperti asuransi mobil, maka bisa membuat tabungan kamu terkuras habis.

Asuransi mobil akan memberikan jaminan ganti rugi atas risiko-risiko yang kamu alami. Jika kamu masih bingung menentukan asuransi mobil mana yang bagus, maka kamu bisa mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

Promo Car Brand Lifepal Desktop
Promo Car Brand Lifepal Mobile

Tips dari Lifepal! Sebelum memasang sensor jarak pada mobil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan bengkel resmi mobil kamu untuk mengetahui merek sensor mobil yang tepat. 

Pemasangan sensor jarak mobil masih harus melubangi bumper mobil sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati oleh teknisi berpengalaman. 

Pertanyaan seputar sensor jarak pada mobil 

Kenapa sensor mundur mobil bunyi terus

Penyebab sensor mundur bunyi terus kemungkinan disebabkan karena adanya penghalang pada sensor mobil. Perlu kamu ketahui, sensor jarak pada mobil sensitif terhadap kotoran, cat mobil atau apapun yang menghalangi sensor sehingga bisa menyebabkan kesalahan pendeteksian.

Apakah memiliki asuransi mobil penting

Tentu saja penting. Asuransi mobil akan memberikan jaminan ganti rugi apabila mobil kamu mengalami masalah. Jadi, tabungan kamu aman.

Penyebab sensor mundur bunyi terus kemungkinan disebabkan karena adanya penghalang pada sensor mobil. Perlu kamu ketahui, sensor jarak pada mobil sensitif terhadap kotoran, cat mobil atau apapun yang menghalangi sensor sehingga bisa menyebabkan kesalahan pendeteksian.

Tentu saja penting. Asuransi mobil akan memberikan jaminan ganti rugi apabila mobil kamu mengalami masalah. Jadi, tabungan kamu aman.