Ciri-Ciri Butuh Service Dinamo Starter Mobil, Cara, dan Biayanya

service dinamo starter mobil

Dinamo starter mobil jadi komponen yang berperan penting saat ingin menyalakan mobil. Komponen ini juga bisa mengalami kerusakan sehingga pemilik mobil perlu melakukan service dinamo starter.

Bisa dikatakan bahwa fungsi dinamo sebenarnya mirip dengan aki, yakni berperan menghidupkan mesin dengan cara mengubah energi listrik baterai menjadi energi gerak.

Lantas, apa saja tanda dinamo starter rusak? Kapan service dinamo starter perlu dilakukan? Untuk mengetahui lebih jauh, simak penjelasan berikut ini.

Ciri-ciri dinamo starter mobil rusak dan butuh service

Sama seperti komponen lain pada mobil, perbaikan dinamo starter mobil perlu dilakukan bila sudah muncul beberapa keluhan.

Adapun beberapa tanda dinamo starter mobil rusak adalah sebagai berikut:

1. Bunyi mendesing

Salah satu tanda dinamo rusak dan diperlukan perbaikan dinamo starter mobil segera, yakni muncul bunyi mendesing dari gigi pada pada gear pinion dengan gigi pada ring gear mesin.

Bila dua gear pada dinamo starter itu rusak atau aus, suara gemeretak akan muncul. Bila suaranya semakin keras, kerusakan yang terjadi berarti semakin parah.

2. Mesin sulit dihidupkan dalam kondisi panas

Apakah kalian pernah kesulitan starter mobil, padahal mobil masih dalam kondisi panas atau baru dipakai? Bila ya, ini merupakan ciri lain dari dinamo starter mobil yang rusak.

Hal ini sebenarnya bisa diakibatkan oleh resistansi kumparan yang jumlahnya semakin besar. Bila ini yang terjadi, kalian perlu segera membawa mobil ke bengkel atau tempat untuk service dinamo starter mobil.

3. Mesin mobil tak merespons saat distarter

Saat kalian mencoba menstarter mobil, mesin otomatis akan langsung merespons. Namun, bila mesin mobil tidak bekerja saat distarter, kalian perlu waspada.

Ini bisa menjadi pertanda diperlukannya perbaikan dinamo starter mobil. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh putusnya sekring pada dinamo.

4. Lampu mati saat mobil distarter

Tanda lain dinamo starter mobil rusak adalah lampu mobil yang mati saat mobil dinyalakan.

Selain karena disebabkan dinamo starter rusak, ini juga bisa disebabkan oleh masalah pada aki hingga komponen mesin yang mulai melemah.

5. Lampu depan mati mendadak

Ciri-ciri selanjutnya adalah lampu depan mobil mati tiba-tiba dibarengi dengan suara aneh yang muncul.

Ini bisa disebabkan oleh masalah baterai aki melemah maupun sambungan aki yang mengalami korosi sehingga menghalau arus listrik untuk mencapai mesin starter.

Penyebab dinamo starter mobil rusak

Dilansir Auto2000, berikut beberapa penyebab dinamo starter tidak bekerja dengan baik dan penyebab mobil tidak bisa distarter lainnya:

1. Dinamo dipaksa bekerja

Ketika mesin tidak mau menyala, jangan paksakan untuk terus menyalakan mesin. Ini bisa membuat starter dinamo jadi mudah rusak.

Saat dinamo dipaksa untuk bekerja, komponen ini akan jadi mudah panas sehingga bisa membakar komponen-komponen lai yang ada pada mesin.

Sebaiknya tunggu dinamo selama beberapa menit agar lebih dingin, setelah itu baru coba nyalakan mesin kembali.

2. Carbon brush habis

Putaran dinamo yang mulai lemah dan munculnya suara aneh saat mobil distarter bisa jadi disebabkan oleh carbon brush pada dinamo starter habis.

Komponen pada dinamo satu ini memang perlu diganti secara berkala. Namun bisa carbon brush habis dengan dengan cepat, ini bisa jadi salah satu indikasi masalah.

Salah satu penyebabnya bisa karena bahan carbon brush yang kurang berkualitas sehingga membuatnya cepat panas dan mudah terbakar.

Sebaiknya pilih bahan carbon brush terbaik jika kamu ingin dinamo starter ini awet.

3. Masalah pada aki

Penyebab lain dari dinamo starter tidak dapat berfungsi dengan baik adalah masalah pada aki. Ini bisa disebabkan baterai yang telat melemah atau bahkan aki yang mulai soak.

Aki mobil yang mulai soak tidak bisa memantik sistem perapian sehingga sistem starter mobil bisa melambat.

Tanda yang paling terasa, yakni saat menyalakan mobil, muncul suara starter yang tidak halus. Hal ini menandakan bahwa voltase aki tidak cukup.

Aki harus dicek secara berkala karena ini merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem kelistrikan mobil.

Cara servis dinamo starter mobil

Kerusakan pada dinamo starter mobil yang memerlukan service dinamo starter mobil tentu bisa menyebabkan masalah pada mobil secara keseluruhan jika tidak segera dilakukan.

Masalah yang dimaksud adalah mobil bisa mogok atau mati total. Perbaikan bisa dilakukan dengan membawa kendaraan roda empat ke bengkel atau tempat service dinamo starter mobil terdekat.

Memperbaiki kerusakan dinamo starter mobil juga bukan hal yang sulit. Berikut beberapa cara mengatasinya:

1. Pemeriksaan soket otomatis pada dinamo starter

Saat starter mobil rusak, sementara lampu indikator dashboard menyala dan berkedip, ada beberapa langkah untuk mengatasinya:

  • Periksa bagian soket otomatis terdapat pada dinamo starter. Di sini ada suatu kabel berukuran kecil yang biasanya terhubung ke bagian dinamo starter.
  • Periksa kondisi kabel kecil. Apakah kabel itu terputus atau terlepas?
  • Periksa bagian sekring yang terdapat di bagian relay. Bila terdapat bunyi seperti ‘klek’ saat starter relay, ada kemungkinan kerusakan bukan berasal dari relay atau sekring.

2. Pemeriksaan kleman kabel aki

Apakah kalian mendengar bunyi yang cukup keras saat menyalakan mobil bersamaan dengan lampu kontrol dashboard berkedip?

Bila ya, hal ini kemungkinan menandakan kondisi aki yang lemah dan tidak bisa menyalurkan listrik sehingga memerlukan service dinamo starter dengan segera.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini pada mobil matik:

  • Periksa bagian kleman kabel aki yang biasanya terdapat pada terminal yang positif dan negatif.
  • Perhatikan berbagai bagian komponen mobil karena bisa saja ada baut yang kurang kuat atau longgar.
  • Jika tidak ditemukan baut yang longgar atau kotor, kondisi aki mobil yang bisa jadi sedang kurang baik dan perlu penanganan pihak bengkel.
  • Men-jumper aki dengan cara mendorong juga bisa menjadi cara untuk memperbaiki dinamo starter mobil. Akan tetapi, hal ini tidak bisa dilakukan pada mobil matik.

3. Periksa kabel aki

Apakah saat menyalakan mobil, semua kontrol juga mati? Bila ya, mobil bisa jadi bermasalah di bagian kabel aki. Bila ini yang terjadi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Periksa setrum mobil. Apakah kabel aki masih berfungsi dengan baik atau ada yang longgar?
  • Periksa komponen lain pada mobil karena masalah bisa terjadi pada bagian lain di mobil.

Jadi, itu tadi beberapa cara mengatasi kerusakan dinamo starter mobil. Bila beberapa cara di atas telah dilakukan dan tetap tidak menemukan solusi, kalian perlu segera membawa kendaraan ke bengkel untuk servis dinamo starter mobil.

Biaya service dinamo starter mobil

Setelah memahami seluk-beluk kerusakan dinamo starter mobil, kalian pasti penasaran mengenai biaya perbaikan dinamo starter mobil.

Biaya service komponen mobil yang satu ini tentu beragam, tergantung pada kerusakannya. Nah, berikut ini kisaran biayanya.

Jenis serviceBiaya
Service dinamo starter mobil untuk kerusakan ringanRp500 – 800 ribuan
Bila ada komponen yang harus digantiRp400 – 500 ribuan
Kerusakan pada bendik atau anchor atau carbon brushRp1 jutaan
Ganti baru (tergantung merek mobil)Rp1 jutaan

Kamu perlu mengetahui dulu gejala bendik starter mobil rusak untuk mengetahui apakah memerlukan servis bendik atau tidak.

Bila saat service dinamo starter mobil, pihak bengkel mengharuskan ganti baru, kalian memang perlu merogoh kocek lebih dalam.

Pasalnya, harga dinamo starter mobil yang baru sangat bervariasi. Sebagai gambaran, berikut harganya:

Jenis dinamo mobilHarga dinamo
Dinamo starter mobil Toyota Avanza dan Daihatsu XeniaRp1,4 juta
Dinamo starter mobil Toyota CamryRp3,5 juta
Dinamo starter mobil Honda JazzRp1,3 juta
Dinamo starter mobil Honda BrioRp1,4 juta

Tips dari Lifepal! Mobil tidak bisa distarter bisa disebabkan oleh dinamo yang rusak. Selain itu, dinamo yang tidak bekerja dengan baik juga bisa dipengaruhi oleh komponen lain, misalnya aki.

Tentunya repot kan jika mobil tidak bisa distarter? Apalagi jika mobil nantinya bisa tiba-tiba mogok di jalan dan kamu kesulitan untuk menyalakannya kembali.

Maka dari itu, sebaiknya segera bawa mobilmu ke bengkel apabila mengalami masalah mobil susah untuk distarter.

Baik dinamo starter mobil maupun aki merupakan komponen yang penting sehingga harus kamu cek secara berkala.

Jangan pernah lewatkan servis rutin agar mobil kamu selalu dalam performa terbaiknya.

Pentingnya asuransi mobil

Berkendara dengan hati-hati dan melakukan servis rutin kendaraan memang merupakan hal yang wajib dilakukan.

Namun ternyata langkah-langkah seperti itu saja tidak cukup, lho. Masih ada risiko lain seperti kecelakaan hingga kehilangan yang tidak bisa sepenuhnya kamu hindari.

Maka dari itu, kamu butuh asuransi mobil. Apabila memiliki asuransi, kamu jadi tidak perlu menguras kantong apabila risiko-risiko yang tidak diinginkan seperti itu terjadi.

Secara umum ada dua jenis asuransi mobil, yaitu all risk dan asuransi TLO.

Asuransi all risk menanggung berbagai jenis kerusakan dari yang kecil hingga besar, sedangkan TLO memberikan pertanggungan untuk kerusakan di atas 75% atau kehilangan.

Mana yang cocok untuk kamu? Ikut kuis asuransi mobil terbaik berikut untuk cari tahu!

Jika ingin mendapatkan pertanggungan, kamu diharuskan membayarkan premi asuransi mobil tahunan. Cek berapa premi yang harus dibayar menggunakan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini:

Agar tidak salah dalam memilih asuransi mobil yang paling tepat, kamu juga bisa intip kiat memilih asuransi mobil melalui video berikut.

Pertanyaan seputar service dinamo starter mobil

Biaya perbaikan maupun penggantian dinamo starter mobil dapat bervariasi tergantung jenis kerusakan, komponen, dan jenis kendaraannya.

Kisaran harga service dinamo starter mobil mulai dari Rp400-Rp1 jutaan untuk perbaikan dan 1-3,5 juta Rupiah untuk penggantian.

Asuransi mobil merupakan produk pengelolaan keuangan yang membantu kamu mengurangi risiko finansial dengan menjamin biaya-biaya pengeluaran mendadak yang muncul akibat risiko kecelakaan atau penyebab tertentu.

Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu All Risk/Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Dapatkan referensi produk asuransi terlengkap di Lifepal.

Bagi kamu yang tertarik dengan produk keuangan berbasis syariah, kamu bisa memilih asuransi mobil syariah sebagai pilihan produk pengelolaan finansial yang tepat.

Dapatkan Promo