Service Kaki Kaki Mobil: Biaya dan Komponennya

service kaki-kaki mobil

Service kaki kaki mobil merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan untuk menjaga performa dan mobilitas kendaraan. Sebab, kaki-kaki merupakan komponen yang vital untuk memastikan kendaraan berada dalam kondisi baik.

Kaki-kaki merupakan komponen yang berada di bawah mobil atau rack steer. Komponen kaki kaki mobil yaitu ball joint, shockbreaker, bushing arm, bushing stabilizer, bearing, tie rod mobil dan peer memastikan kendaraan stabil ketika dioperasionalkan.

Komponen-komponen tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Misalnya, kerusakan pada shockbreaker akan mempengaruhi bushing arm hingga peer.

Rusaknya komponen kaki-kaki mobil berdampak pada mobil terasa tidak nyaman ketika dikendarai. Misalnya, terdengar bunyi kaki-kaki mobil yang tidak biasa, atau kendaraan mengalami getaran yang tidak wajar.

Kerusakan terhadap kaki-kaki bisa diakibatkan benturan ketika mobil melintasi jalan yang berlubang. Semakin sering kendaraan melintasi jalan yang tidak mulus, maka risiko kerusakan pada kaki-kaki tergolong rentan.

Oleh karena itu kamu harus melakukan servis kaki-kaki mobil secara rutin, ya. Berikut ini informasi terkait biaya servis kaki kaki mobil, biaya perbaikan kaki-kaki mobil, hingga bengkel kaki-kaki mobil.

Lakukan service kaki kaki mobil jika komponen ini bermasalah

Untuk mengetahui kaki-kaki mobil mengalami kerusakan tidaklah sulit. Pengendara bisa merasakan ketidakberesan ketika berkendara.

Dengan begitu pengendara sebaiknya memahami komponen-komponen penting untuk mengetahui kaki-kaki mengalami kerusakan yaitu:

1. Kaki-kaki bagian suspensi

Suspensi bertujuan untuk memaksimalkan akselerasi kendaraan ketika melintasi jalan yang berlubang atau tidak mulus. Suspensi terbuat dari baja anti karat agar memiliki daya tahan tinggi.

Persoalannya, jika kendaraan telah digunakan dalam periode yang lama daya tahan suspensi akan menurun. Ketika daya tahan menurun, kendaraan yang dipacu akan limbung ketika melaju dalam kecepatan tinggi.

Ciri-ciri suspensi bermasalah dapat diketahui ketika mesin mengeluarkan suara bising ketika melaju. Jika kondisi ini terjadi pengendara disarankan untuk mengganti shockbreaker mobil.

2. Kaki-kaki bushing arm

Bushing arm merupakan komponen penting sebagai titik tumpu roda dan lengan pencengkram roda. Bushing arm memastikan untuk meredam getaran dari sambungan komponen suspensi.

Kerusakan bushing arm mengakibatkan kendaraan tidak dalam kondisi stabil saat melaju. Kerusakan bushing arm dapat kamu deteksi dengan mengamati arah laju mobil, jika mobil dirasakan melenceng ke arah kiri atau kanan artinya bushing arm harus diperiksa.

3. Kaki-kaki bearing

Bearing berfungsi sebagai bantalan roda yang memastikan putaran roda stabil ketika mobil melaju.

Untuk mengetahui kerusakan pada bagian ini pengemudi bisa melakukan dongkrak dan memutar ban mobil secara manual satu per satu. Jika terdengar suara yang bising artinya gantilah bearing.

4. Kaki-kaki per

Kerusakan komponen peer sulit untuk dideteksi. Namun komponen ini termasuk jarang mengalami kerusakan. Komponen ini mengalami kerusakan ketika ulir per keong atau per daun patah sebagai akibat dari bushing atau bantal per yang terkikis.

5. Ball joint

Komponen ball joint memiliki fungsi untuk mengikat sumbu lower arm pada roda saat mobil akan berbelok. Dengan adanya komponen ini, akan membantu mobil jadi stabil dan juga seimbang. Komponen ball joint juga berfungsi menghubungkan knuckle roda dengan arm.

Jika terdengar suara gesekan ketika mobil didongkrak atau ban naik turun dengan jeda yang cukup jauh, maka bisa dipastika ball joint kamu bermasalah dan harus segera melakukan service kaki kaki mobil.

6. Shockbreaker

Shockbreaker ini memiliki fungsi untuk meredam getaran atau guncangan saat mobil melaju.

Kamu pasti pernah kan melewati jalanan yang tidak rata namun kamu tidak merasakan goncangan apa pun dan terasa mulus. Hal tersebut terjadi karena shockbreaker bekerja dengan baik.

Jika saat berkendara ada suara yang bising dan guncangan semakin terasa, ini menandakan jika shockbreaker kamu bermasalah.

5. Tie rod

Komponen ini terhubung langsung dengan setir mobil. Ketika tie rod mobil mengalami masalah, maka biasanya mobil akan melenceng ke samping. Segera lakukan service kaki kaki mobil jika mengalami hal ini.

Biaya servis kaki kaki mobil

Harga servis kaki-kaki relatif tidak murah dan memakan waktu yang lama. Pengendara bisa memilih melakukan servis kaki-kaki mobil terdekat di bengkel resmi atau bengkel umum di pinggir jalan.

Umumnya biaya servis kaki kaki mobil tergantung pada jenis pabrikan mobil. Pabrikan Eropa bakal memberi harga lebih mahal daripada mobil Jepang.

Penyebab mahalnya biaya servis mobil pabrikan Eropa adalah tingginya harga spare part mobil dan kerumitan saat bongkar pasang.

Sebagai perbandingan, perbaikan kerusakan kaki-kaki mobil Jepang mencapai Rp1,2 juta – 1,3 juta sementara mobil Eropa bisa mencapai Rp1,5 juta – 1,6 juta.

Sementara, biaya servis kaki kaki mobil relatif terjangkau untuk mobil pabrikan Jepang seperti Avanza berkisar Rp 277 ribu untuk service shockbreaker per titik pada bagian kanan dan kiri, sedangkan bagian depan berkisar Rp 382 ribu.

Sedangkan harga shockbreaker untuk Avanza mencapai Rp 850-950 ribu untuk bagian depan. Untuk bagian belakang mencapai Rp 450 ribu per item.

Berikut ini kisaran harga servis kaki-kaki mobil:

Komponen  Harga Servis Kaki-Kaki Mobil
Bushing arm Rp 300 ribuan
Tie rod    Rp 340 ribuan
Ball joint    Rp 90–150 ribuan
Link stabilizer Rp 40 ribuan
Bearing belakangRp 80 ribuan
Bearing depanRp160 ribuan

Tips agar kaki kaki mobil awet

Banyak pengendara menunggu kaki-kaki rusak terlebih dulu untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh. Padahal perawatan kaki-kaki dapat dilakukan secara berkala melalui service rutin.

Berikut ini rangkuman beberapa tips yang dapat digunakan untuk memastikan kaki-kaki tetap dalam kondisi prima:

1. Spooring berkala

Spooring dapat memastikan kondisi kaki-kaki mobil. Kegiatan ini bisa dilakukan secara berkala setiap enam bulan sekali. Spooring dilakukan untuk mengembalikan perubahan sudut kaki kaki ke posisi normal. Kamu bisa mencari tahu cara spooring mobil sendiri tanpa harus ke bengkel.

2. Periksa tekanan angin

Tekanan angin ban mobil mempengaruhi performa kaki. Sebaiknya pengendara memastikan tekanan angin berada pada kisaran 30-33 psi. Lakukan pemeriksaan tekanan angin ketika pengendara hendak berpergian jauh.

Pengendara juga bisa melakukan perawatan terhadap kaki-kaki mobil tanpa harus ke bengkel. Berikut ini beberapa tips untuk merawat kaki-kaki:

  • Hindari melibas jalan rusak dengan kecepatan tinggi
  • Mengerem jika ada jalan rusak atau tanggul
  • Tidak menghantam lubang
  • Tidak berkendara ugal-ugalan
  • Parkir dalam posisi setir yang lurus
  • Tidak menerobos genangan air
  • Hindari membiarkan kaki-kaki mobil kotor dalam waktu lama

Pentingnya punya asuransi mobil yang mengcover service kaki kaki mobil

Untuk meminimalisir pengeluaran karena biaya servis mobil yang tidak murah, segera aktifkan asuransi mobil all risk maupun TLO.

Asuransi mobil akan melindungi finansial kamu dari tagihan bengkel yang mahal. Kamu tidak perlu khawatir lagi karena pihak asuransi akan mengcover biaya servis mobil kesayanganmu hingga 100%.

Yuk, cek produk asuransi mobil terbaik di Lifepal! Kalau kamu masih bingung, kamu bisa langsung tanyakan pada ahlinya di Tanya Lifepal. 

Lifepal sudah bekerja sama dengan ribuan bengkel mobil yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, kamu tak perlu khawatir dan kamu bisa dengan mudah mendapatkan layanan klaim di bengkel rekanan. 

Jangan lupa juga untuk menghitung besaran premi asuransi mobilmu dengan kalkulator premi asuransi mobil di sini. 

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Tips dari Lifepal! Melakukan servis kaki-kaki mobil penting dilakukan agar performa mobil tetap bisa stabil dan bagus. Sebaiknya lakukan servis rutin agar awet dan tidak cepat rusak.

Apabila ingin mendapatkan harga servis yang murah, sebaiknya beli mobil pabrikan dari Jepang karena masih cukup terjangkau.

Simak pula ulasan mengenai ciri ciri bushing arm mobil rusak, gejala laher roda mobil rusak, dan juga cara cek bearing roda belakang mobil di artikel Lifepal lainnya!

Tapi, kamu akan merasa lebih aman dan finansial terjaga kalau sudah memiliki asuransi mobil syariah maupun konvensional. Kamu tak perlu khawatir karena biaya servis kaki kaki mobil akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Pertanyaan seputar service kaki kaki mobil 

Spooring dapat memastikan kondisi kaki-kaki mobil. Lakukan kegiatan ini secara berkala setiap enam bulan sekali. Tujuan spooring adalah untuk mengembalikan perubahan sudut kaki kaki ke posisi normal. Klik untuk info lebih lengkap.
Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan cashless, asuransi jiwa syariah, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.
Dapatkan Promo