Cukupkah Gajimu buat Beli Motor yang Digeber Jokowi di Asian Games? Cek di Sini!

Yamaha FZ1 (visordown.com)

Aksi Presiden Joko Widodo yang mengendarai motor Yamaha FZ1 di pembukaan Asian Games 2018 sempat jadi perbincangan. Keren banget sih, terlepas yang melakukan itu bukan beneran pak Jokowi ya, tapi stuntman.

Dalam artikel kali ini, kita gak bakal ngebahas soal isu-isu politik yang dikaitkan dalam pembukaan Asian Games yang luar biasa keren ini. Kita juga gak cuma bakal mengupas spesifikasi motor galak yang ditunggangi pak Jokowi.

Pada kesempatan kali ini bakal dibeberkan simulasi cicilan motor Yamaha FZ1. Kita juga bakal menganalisa kira-kira orang bergaji berapa sih yang mampu mengkredit motor ini.

Tertarik buat mengetahui lebih lanjut? Yuk simak ulasan lengkapnya.

Simulasi kredit motor Yamaha FZ1

View this post on Instagram

Siapa yang menerbangkan sepeda motor Paspampres, meliuk-liuk di tengah kemacetan, mengerem mendadak dengan gaya stoppie, dan sampai tepat waktu ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, semalam? Hehehe. Yang jelas, saya dan kita semua menyambut gembira, bahwa acara pembukaan Asian Games 2018, di Stadion Utama GBK tadi malam berlangsung meriah dan lancar. Ini penantian Indonesia selama 56 tahun untuk kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga bangsa-bangsa Asia setelah Asian Games di Jakarta di tahun 1962. Kita bangga dengan kedatangan tamu-tamu istimewa dari 45 negara. Dalam Asian Games 2018, kita bangsa-bangsa se-Asia ingin menunjukkan bahwa kita bersaudara, kita bersatu, kita ingin meraih prestasi.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Yamaha FZ1 atau yang punya nama lain Fazer adalah motor yang dikendarai sehari-hari oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Kalau judulnya adalah motor pengawal kepresidenan, otomatis kapasitas mesinnya juga besar.

Ya masa iya, mobil Presiden RI Mercedes-Benz S600 dikawal sama motor bebek? Yang ada lucu kalau seperti itu.

Ketika kapasitas mesinnya besar, otomatis performanya pun galak. Harganya juga jauh lebih tinggi dibanding motor-motor pada umumnya.

Motor Yamaha yang satu ini dipasarkan dengan harga Rp 136 juta. Nah, jika kamu mengambilnya secara kredit dengan tenor 48 bulan atau empat tahun, maka perhitungan simulasinya cicilannya adalah sebagai berikut:

Harga on the road: Rp 136 juta

DP: Rp 136 juta x 20 persen = Rp 27,2 juta

Jumlah pinjaman = Rp 136 juta – Rp 27,2 juta = Rp 108,8 juta

Bunga = 1,55 persen per bulan (ilustrasi)

Beban bunga = (jumlah pinjaman x persentase bunga tiap bulan) x tenor 48 bulan

(Rp 108,8 juta x 1,55 persen) x 48 = 1.686.400 x 48 = 80.947.200

Total utang=  Rp 136 juta + 80.947.200 = Rp 216.947.200

Cicilan perbulan Rp 216.947.200 : 48 = Rp 4.519.733

Mengingat motor Yamaha ini harganya udah setara dengan satu mobil, maka jangan kaget jika beban bunganya luar biasa besar. Cicilan per bulannya aja bisa mencapai Rp 4,5 juta.

Tapi, ini baru asumsi kasar ya. Itu juga jika kamu memilih lembaga penyalur kredit yang memiliki bunga tinggi alias 1,55 persen per bulan. Hitung-hitungannya bakal beda kalau pakai jasa penyedia kredit motor yang bunganya nol koma sekian persen.

Jika emang cicilan ini dirasa berat banget, maka akali aja dengan uang muka yang lebih besar atau tenor yang lebih panjang. Tapi tentunya gunakan perhitungan yang sesuai dengan gajimu. Pakai aja rumus di atas, tinggal angka-angkanya aja diubah.

Gaji ideal mengkredit motor Yamaha FZ1

Ketika cicilannya aja mencapai Rp 4,5 jutaan, maka berapa gaji ideal buat bisa membawa pulang motor ini?

Semua tentu udah paham sama hukum cicilan maksimal gak boleh lebih dari 30 persen dari total penghasilan. So, kalau cicilan motornya aja udah Rp 4,5 juta, maka orang bergaji Rp 15 jutaan yang kiranya aman buat membeli motor ini secara kredit.

Ingat juga lho, pada tahun pertama kamu juga harus siapkan uang plus-plus selain uang muka dan cicilan pertama.

Lho apa maksudnya “plus-plus?” Maksudnya adalah kamu harus menyiapkan dana lebih dari Rp 31 juta, sisanya buat biaya administrasi dan sebagainya.

Fakta motor Yamaha FZ1

Baiklah, setelah tahu gimana simulasi cicilan dan berapa gaji yang ideal buat mengkredit motor ini, yuk kita kupas lagi soal fakta-fakta motor Yamaha FZ1.

1. Status motor ini CBU

Sebagai konsumen kamu tentu harus paham apa itu CBU dan CKD. Motor Yamaha FZ1 berstatus CBU alias completely build-up, atau diimpor dalam kondisi utuh. Itulah yang bikin harganya tergolong cukup tinggi.

Jika statusnya adalah CKD (completely knocked down), berarti motor ini udah dirakit di dalam negeri. Keuntungan dari CKD adalah gak kena pajak impor, jadi harga jualnya lebih rendah.

2. Tipe naked bike streetfighter

View this post on Instagram

Gila siapa nih yang ketinggalan hebohnya upacara pembukaan #AsianGames2018 kemarin?? Mimin bangga bener deh sama #Indonesia bisa ngadain acara semegah itu! hehe . Tapi yang bikin salfok nih motor tunggangan Bapak #Jokowi presiden kita dong. Di video pembukaan, Jokowi bak aktor film action ya dgn berbagai #freestyle nya . Ngga heran, motor #YamahaFZ1 nih memang keren banget, baik dari tampilan maupun spesifikasinya gengs! . Harganya berdasarkan informasi dari Yamaha Global adalah 10.290 dolar Amerika alias sekitar Rp 136 juta. #FZ1 merupakan moge #Yamaha bergaya naked bike streetfighter yang menggendong mesin 4-silinder berkubikasi 998cc DOHC dengan sistem injeksi. . Selain kapasitas mesin yang memukau, FZ1 dilengkapi dengan konfigurasi empat silinder segaris, sehingga bisa memuntahkan power sebesar 149,9 dk dengan torsi 106 Nm. . Sementara bagian kaki-kakinya kokoh dengan suspensi upside down serta cakram ganda dengan kaliper radial pada ban depannya. . Menurut catatan, FZ1 sudah dipakai unit pengawalan bermotor #Paspampres sejak 2010, atau sejak era Presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. . Duh, bener-bener bikin pengen tunggangin si FZ1 ya! . . . . . #asiangames #olahraga # juara #TGP #TGPmotorparts #aksesorismotor #modifmotor #bikersindonesia #motorindonesia #sparepart #sparepartmotor #TGPIndonesia #memelucu #sundaymorningride #dagelan #ngakakkocak #modifmotor #ladiesbikers #prabowo #sandiagauno #motorcycle #sunmori #touring

A post shared by TGP & Tiger Parts (@tgpmotorparts) on

Motor ini merupakan motor sport, namun bergaya naked alias tanpa fairing. Beberapa kalangan emang suka banget tipe motor seperti ini.

Dengan tampilannya yang naked atau telanjang, motor ini jadi terlihat cukup ramping dan tentunya tetap agresif. Selain itu, penunggang motor naked juga gak bakal pegal jika harus berkendara jarak jauh. Pastinya harganya jauh lebih murah ketimbang yang full fairing.

3. Kapasitas mesin 998 cc

Motor Yamaha FZ1 menggendong mesin DOHC 4 silinder berkapasitas 998 cc dengan sistem injeksi. Dengan kapasitas yang besar, motor ini bisa menyemburkan tenaga maksimal hingga 150 Tk dan torsi 106 Nm.

Galak banget ini sih. Wajar kalau dipakai sama Paspampres. Kedahsyatan mesin itu juga dikombinasikan dengan transmisi enam percepatan.

4. Konsumsi bensin

Yamaha FZ1. (Wikimedia Commons/PON)
Yamaha FZ1. (Wikimedia Commons/PON)

Buat konsumsi bahan bakar, bisa dibilang Yamaha FZ1 hampir sama seperti mobil, yaitu 14,9 kilometer per satu liter.

Ya maklum aja, wong mesinnya juga besar dan setara mobil murah ramah lingkungan.

5. Udah dipakai Paspampres era SBY

Yamaha FZ1. (Wikimedia Commons/ Glen MacLarty)
Yamaha FZ1. (Wikimedia Commons/ Glen MacLarty)

Yang terakhir nih. Bukan rahasia lagi kalau motor ini udah dipakai oleh Paspamres di era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Motor yang diproduksi tahun 2006 silam ini emang terkenal dengan kaki-kakinya yang kuat, suspensi upside down, cakram anda, serta kaliper radial. Dengan spesifikasi seperti ini, emang motor ini pas banget buat pengawal kepala negara.

Seperti itulah motor Yamaha FZ1 yang baru-baru ini mencuri perhatian kita di pembukaan Asian Games. Kira-kira gimana guys, tertarik beli motor ini gak?

 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis