Velg hingga Shock Absorber, Ini 5 Spare Part Mobil yang Bisa Kamu Jual di Pasaran!

Spare part mobil yang bisa dijual kembali dan menghasilkan cuan

Industri jual beli spare part mobil bekas saat ini memang masih banyak dilirik oleh pecinta otomotif di Tanah Air. Gak menutup kemungkinan, beredarnya spare part mobil bekas banyak dicari di pasaran dan menjadi ladang mata pencaharian bagi banyak orang.   

Siapa sih yang gak pengin kendaraan pribadinya tampil kece dan menjadi perhatian banyak orang di jalan raya. Salah satu cara agar hal itu bisa terwujud adalah memodifikasi mobil dengan spare part yang anti mainstream.

Kalau sudah begitu biasanya ada barang bekas yang sudah gak terpakai bakal menjadi sampah yang menganggur di rumah. Daripada kamu didiamkan saja dan menjadi sampah, sebaiknya dijual karena diluar sana banyak yang mencarinya lho!

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak aja yuk spare part mobil apa saja yang bisa kamu jual dan berpotensi menghasilkan cuan untuk rekening pribadi berikut ini:

1. Velg mobil

Velg mobil bisa dijual lagi lho dan hasilkan cuan
Velg mobil bisa dijual lagi lho dan hasilkan cuan, (Shutterstock).

Barang pertama yang berpotensi menghasilkan cuan buat kamu adalah velg mobil. Spare part mobil yang satu ini emang banyak dibeli dan dicari orang untuk mempercantik tampilan kendaraan.

Buat yang menyukai modifikasi mobil, velg merupakan komponen wajib diganti bukan hanya untuk tampilan. Namun juga untuk performa laju kendaraan yang lebih maksimal.

Harga onderdil yang satu ini ternyata lumayan menguntungkan lho apabila bisa kamu jual. Untuk 1 pasang (4 unit) velg bawaan pabrik bisa menyentuh harga lebih dari Rp 1 juta. Kan lumayan banget uangnya bisa kamu pakai buat membayar bensin harian atau bulanan. 

2. Lampu mobil

Lampu mobil bisa kamu jual lho buat menghasilkan cuan
Lampu mobil bisa kamu jual lho buat menghasilkan cuan, (Shutterstock).

Beberapa mobil keluaran lama masih menggunakan lampu depan, belakang dan sein dengan teknologi lampu halogen atau pijar sebagai penerangan. Buat kamu yang sudah memodifikasinya ke teknologi LED, bisa menjual spare part mobil yang satu ini di toko online.

Meski terbilang udah ketinggalan zaman, tapi onderdil mobil yang satu ini masih ramai peminat sebagai suku cadang. Buat market penjualannya lebih luas, gunakan media sosial sebagai platform penjualannya ya!

3. Shock absorber

Shock absorber juga bisa kamu jual kembali di pasar onderdil bekas
Shock absorber juga bisa kamu jual kembali di pasar onderdil bekas, (Shutterstock).

Spare part mobil ketiga yang bisa kamu jual adalah shock absorber. Selain untuk suspensi kendaraan, onderdil yang satu ini juga sering digunakan oleh pecinta otomotif untuk mengatur ketinggian sebuah mobil.

Kalau kamu mempunyai suku cadang yang satu ini dan gak terpakai di rumah, bisa menjualnya langsung ke pasaran nih. Harganya juga lumayan menggiurkan bisa mencapai jutaan rupiah tergantung tipe dan merek yang dijual.

4. Spare part mobil rem

Rem mobil juga bisa kamu jual kembali lho di pasar onderdil bekas
Rem mobil juga bisa kamu jual kembali lho di pasar onderdil bekas, (Shutterstock).

Keempat ada komponen rek yang terdiri dari dua bagian utama yakni cakram dan kaliper rem. Kedua onderdil ini sering diganti oleh pemilik mobil yang doyan modifikasi, bisa karena performanya mantul atau tampilannya kece. 

Kalau kamu salah satunya, mendingan kamu jual komponen rem lama yang dimiliki. Sebab gak sedikit kasus di mana komponen rem rusak akibat menerjang banjir di jalanan.

5. Kaca spion

Kaca spion juga bisa kamu jual kembali lho di pasaran aksesoris mobil bekas
Kaca spion juga bisa kamu jual kembali lho di pasaran aksesoris mobil bekas, (Shutterstock).

Spare part mobil terakhir yang bisa kamu jual adalah spion mobil. Sebagian dari kamu mungkin ada yang memodifikasi bagian ini dengan model dilengkapi lampu sein atau kamera parkir demi keamanan.

Nah kaca spion bekas bawaan pabrik yang kamu simpan bisa juga nih untuk dijual di pasaran. Karena banyak kejadian pencurian spion mobil yang marak di kota besar. Harganya juga sangat lumayan untuk mengisi kantong kamu, bisa sampai jutaan rupiah lho!

Lumayan banget bukan? Uang yang kamu dapat dari menjual onderdil itu bisa digunakan untuk keperluan lainnya yang gak kalah penting. Atau kalau mau lebih berguna bisa digunakan untuk menabung, investasi serta memakai produk Asuransi Kendaraan supaya lebih bermanfaat.

Nah itulah 5 spare part mobil yang ternyata bisa menjadi cuan daripada menjadi sampah di rumah. Dari kelima produk itu mana nih yang kira-kira kamu miliki sekarang? Tapi pastikan dulu barang yang kamu jual masih dalam keadaan baik ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).