Spare Part Mobil – Jenis, Harga Online, dan Tips Memilihnya

Spare part mobil

Spare part mobil adalah salah satu hal yang mesti kamu perhatikan jenis dan harganya ketika akan atau sudah memiliki mobil. Pasalnya, spare part atau onderdil mobil bakal menjadi pengeluaran kamu di masa mendatang. 

Namanya mesin, pastinya ada jangka waktu ideal dan ada kalanya kamu perlu mengganti onderdil di dalamnya, ‘kan?

Supaya gak keluar terlalu banyak buat biaya service mobil akibat kerusakan gak terduga, kamu bisa lho berlangganan produk asuransi kendaraan. Kalau ada kerusakan, kamu hanya perlu bayar Rp300 ribu saja dan kerusakan mobilmu akan ditanggung.

Nah, Lifepal sudah merangkum beberapa harga spare part mobil dari berbagai situs plus jenis-jenis onderdil yang perlu kamu ketahui. Simak dengan baik, ya!

Jenis-jenis spare part mobil yang sering diganti

Umumnya, jenis onderdil yang bakal sering kamu ganti berkaitan dengan mesin. Untuk memahami masing-masing fungsinya, simak ulasannya berikut ini!

1. Spare part mesin

  • Busi. Busi berfungsi untuk mematik api agar terjadi pembakaran dalam mesin dan mobil bisa berjalan. Nah, komponen ini perlu diganti setiap mobil menempuh jarak 20 ribu km dan 50 ribu km. Pada saat tersebut, kondisi busi sudah kotor dan gak berfungsi maksimal.
  • Aki. Aki berfungsi untuk tempat menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia pada kendaraan. Aki perlu diganti setelah pemakaian 2-3 tahun.
  • Kampas rem. Kampas rem berfungsi untuk mengatur laju ban pada kendaraan. Sehingga berperan penting dalam pengereman mobil. Jika mobil sering dipakai bepergian, kampas rem bisa mudah aus sehingga pemilik mobil perlu mengeceknya secara rutin.
  • Kampas kopling. Pada mobil dengan kendali manual, kompling berguna untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda. Kampas rem lama kelamaan akan rusak kalau mobil sering digunakan.
  • Filter. Filter dalam mobil ada banyak jenisnya; mulai dari filter udara, filter oli, sampai filter bahan bakar. Gunanya adalah menyaring debu dan kotoran dari udara, oli, atau bahan bakar supaya gak masuk ke sistem.

2. Spare part AC

  • Kompresor AC. Kompresor AC berfungsi untuk mengalirkan freon (media pendingin) ke sistem AC Mobil. Komponen ini digerakkan mesin mobil. Jika ada masalah pada kompresor, kamu perlu memperbaiki atau menggantinya ya!
  • Kondensor. Fungsi kondensor adalah untuk membuang panas, yaitu saat proses perubahan freon dari gas jadi cair. Jika kondensor terlalu panas, kerja AC gak bakal maksimal. 
  • Filter dryer. Filter dryer berfungsi untuk menampung sementara freon yang telah berubah wujud menjadi cair. Komponen ini juga menyaring dan mengeringkan uap air dalam sistem air mobil.
  • Expansi valve atau katup ekspansi. Expansi valve berfungsi untuk menurunkan suhu pada serta tekanan pada freon. Komponen ini jarang mengalami kerusakan. Jika rusak, mobil akan terasa tidak dingin meskipun udara keluar.  
  • Evaporator atau cooling unit. Evaporator berfungsi untuk mengeluarkan hawa dingin atau sejuk di dalam kabin mobil. Komponen ini menyerap hawa panas dan mengeluarkannya kembali dalam bentuk udara dingin.

3. Spare part mobil lainnya

  • Bumper mobil. Bumper mobil adalah bagian karet yang berfungsi sebagai pengaman pada bagian depan dan belakang mobi. Fungsinya supaya menahan tumbukan jika terjadi kecelakaan tabrakan di jalanan.
  • Lampu. Lampu pada mobil berfungsi untuk penerangan jalan jika berkendara di malam hari.
  • Spion. Spion adalah kaca cembung yang dipasan di bagian kanan dan kiri mobil yang berfungsi untuk membantu supir melihat ke bagian belakang mobil.
  • Wiper mobil. Wiper adalah stik yang berfungsi untuk melap kaca mobil dari air hujan.

Perbandingan harga spare part mobil

Spare part mobil kami bagi menjadi tiga bagian, yaitu komponen yang berhubungan dengan perawatan mesin mobil, onderdil audio dan air conditioner (AC), dan komponen lainnya. Berikut daftar harganya:

1. Harga spare part mesin mobil

Spare part mobilSitusHarga
BusiAstraotoshop.comRp10 ribu – Rp20 ribu
Blibli.comRp11 ribu – Rp38 ribu
Shopee.co.idRp10 ribu – Rp372 ribu
AkiAstraotoshop.comRp500 ribu – Rp4,6 juta
Blibli.comRp88 ribu – Rp5 juta.
Shopee.co.idRp586 ribu – Rp850 ribu
Kampas remAstraotoshop.comRp19 ribu – Rp565 ribu
Blibli.comRp75 ribu – Rp1,4 juta
Shopee.co.idRp48 ribu – Rp592 ribu
Kampas koplingAstraotoshop.comRp28 ribu – Rp138 ribu
Blibli.comRp312 ribu – Rp610 ribu
Shopee.co.idRp328 ribu – Rp572 ribu
FilterAstraotoshop.comRp33 ribu – Rp100 ribu
Blibli.comRp14 ribu – Rp4 juta
Shopee.co.idRp21 ribu – Rp1,5 juta

2. Harga spare part AC mobil

Spare part mobilSitusHarga
Kompresor ACTokopedia.comRp900 ribu – Rp3,6 juta
Blibli.comRp1,1 juta  – Rp27 juta
Shopee.co.idRp750 ribu – Rp25 juta
KondensorTokopedia.comRp250 ribu – Rp1,25 juta
Blibli.comRp637 ribu – Rp2,35 juta
Shopee.co.idRp250 ribu – Rp3,75 juta
Filter DryerTokopedia.comRp85 ribu – Rp455 ribu
Blibli.comRp36 ribu – Rp750 ribu
Shopee.co.idRp41 ribu – Rp871 ribu
Expansi ValveTokopedia.comRp155 ribu – Rp550 ribu
Blibli.comRp275 ribu – Rp3,25 juta
Shopee.co.idRp120 ribu – Rp2,1 juta
EvaporatorTokopedia.comRp400 ribu – Rp3,3 juta
Blibli.comRp434 ribu – Rp2,1 juta
Shopee.co.idRp225 ribu – Rp3 juta
Speaker mobilTokopedia.comRp159 ribu – Rp8,9 juta
Blibli.comRp50 ribu – Rp1 juta
Shopee.co.idRp38 ribu – Rp16 juta

3. Harga spare part mobil lainnya

Spare part mobilSitusHarga
Bumper mobilTokopedia.comRp15 ribu – Rp1 juta
Blibli.comRp15 ribu – Rp3,7 juta
Shopee.co.idRp25 ribu – Rp18 juta
LampuTokopedia.comRp7 ribu – Rp3,17 juta
Blibli.comRp2 ribu – Rp13 juta
Shopee.co.idRp5 ribu – Rp920 ribu
SpionTokopedia.comRp1.75 juta – Rp2,13 juta
Blibli.comRp180 ribu – Rp2 juta
Shopee.co.idRp86 ribu – Rp1,9 juta
WiperTokopedia.comRp9,8 ribu – Rp195 ribu
Blibli.comRp10 ribu – Rp1,6 juta
Shopee.co.idRp20 ribu – Rp860 ribu

Hemat pembelian spare part mobil yang rusak karena kecelakaan

Harga spare part mobil memang cukup mahal, ya? Tenang saja, sebenarnya kamu gak perlu keluar sebanyak itu kalau punya produk asuransi mobil terbaik dari Lifepal

Bayangkan kalau amit-amit terjadi kecelakaan di jalan, ada banyak onderdil yang harus kamu ganti, mulai dari bumper mobil seharga Rp3,7 juta, lampu seharga Rp3,17 juta, sampai spion seharga Rp2,13 juta. Totalannya bisa mencapai Rp9 juta! 

Belum lagi kamu harus memperbaiki body yang penyok dan mesin yang rusak. Jatuhnya bisa keluar sampai belasan, bahkan puluhan juta rupiah buat memperbaiki mobil.

Kalau punya asuransi all risk, kamu cuma perlu bayar premi sekitar Rp3,2 jutaan per tahun atau Rp271 ribuan per bulan (untuk harga mobil Rp100 juta). Kalau ada kerusakan dan kamu butuh service, maka bisa lho kamu klaim asuransi dan cuma bayar Rp300 ribu saja! Jatuhnya jauh lebih murah, ‘kan?

Namun tentu perhitungan preminya sendiri berbeda-beda, tergantung domisili, serta harga dan tipe mobil kamu. Supaya lebih mudah menghitungnya, coba gunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini:

Asuransi mobil sendiri terdiri dari dua jenis, ada asuransi mobil all risk (comprehensive) dan asuransi mobil total loss only (TLO).

Asuransi all risk bakal menanggung segala jenis kerusakan, mulai dari yang ringan seperti body mobil lecet, sampai kerusakan mobil yang parah. 

Sementara itu, asuransi TLO cuma bakal menanggung jenis kerusakan ringan dan pencurian mobil saja. Jadi, kegunaannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Masih bingung? Kamu bisa isi Kuis Jenis Asuransi Mobil berikut ini:

Tips memilih spare part mobil

Sebelum mengganti onderdil dengan yang baru, perhatikan dulu tips memilih produk yang asli, ya! Kamu bisa mengecek beberapa hal berikut:

1. Nomor seri

Umumnya onderdil asli yang dijual di bengkel memiliki nomor seri khusus di bagian katalog dan di bagian komponennya.

Namun, kalau keduanya gak sesuai atau gak ada nomornya, maka bisa jadi komponen tersebut adalah produk tiruan. Pastikan kamu selalu berkonsultasi dengan mekanik di bengkel resmi, ya!

2. Packaging

Packaging atau kemasan spare part yang asli biasanya memiliki hologram khusus dan tersegel rapi. Pastikan cetakan kemasan juga bagus dan rapi.

3. Fisik yang sesuai

Setelah membuka kemasan, cek setiap detail bagian komponen. Pastikan bagian-bagiannya terbentuk sempurna dan gak ada cacat.

Bakal terlihat apakah komponen terbuat dari baja kuat atau logam biasa. Kecacatan juga umumnya bisa kamu temukan pada produk yang palsu.

4. Garansi dan harga

Biasanya komponen mobil yang asli memiliki garasi yang panjang. Berbeda dengan barang palsu yang garansinya gak standar, ada yang berupa garansi distributor, ada juga yang hanya garansi bengkel. Harga barang palsu juga jelas bakal jauh lebih murah daripada onderdil asli.

Itu tadi informasi mengenai spare part mobil beserta harganya. Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang layanan bank atau asuransi? Lihat pertanyaan populer seputar topik-topik tersebut di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar spare part mobil

Dapatkan Promo