Cara Mengurus STNK Hilang dan SIM serta Biayanya

Cara mengurus STNK hilang

Bagaimana cara mengurus STNK hilang beserta SIM? STNK dan SIM yang hilang emang bikin kesal. Sebab itu berarti kamu harus ambil cuti buat mengurusnya. 

Kamu gak mungkin dong berkendara tanpa membawa STNK dan SIM? Kalau iya, itu sih namanya bunuh diri. Tinggal tunggu aja dicegat polisi.

Mengurus STNK dan SIM hilang itu gak serumit yang kamu bayangkan lho. Apalagi kini udah bisa dilakukan secara online. Jadi, gak perlu khawatir kalau waktumu bakal habis di jalan.

Selain itu, biaya yang harus kamu keluarkan juga gak besar kok. Malah biayanya bakal besar kalau kamu pakai jasa calo demi alasan gak mau repot mengurus sendiri.

Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana cara mudah mengurus STNK dan SIM hilang serta biaya yang harus dipersiapkan, simak yuk informasi lengkapnya di bawah ini.

Mobil kamu juga butuh perlindungan dari berbagai risiko. Cek asuransi mobil terbaik di sini.

Aturan memiliki STNK dan sanksi gak memilikinya

Cara mengurus STNK hilang
Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

Kepemilikan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

Dalam undang-undang tersebut, penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) menjadi salah satu bukti telah dilakukannya registrasi kendaraan bermotor baru.

Lalu Pasal 68 dalam UU No. 22 Tahun 2009 menyebutkan bahwa setiap kendaraan bermotor di jalan raya wajib dilengkapi STNK dan TNKB (pelat polisi). Baik STNK maupun TNKB, keduanya berlaku selama 5 tahun dan bisa diperpanjang.

Selain itu, pemilik kendaraan bermotor tiap tahunnya harus melakukan pengesahan STNK sekaligus membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) atau lokasi resmi lainnya.

Apa sanksi gak memiliki STNK?

Sejumlah sanksi diberlakukan bagi pemilik kendaraan yang lalai ataupun gak mematuhi aturan kepemilikan STNK, seperti:

  • Penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor karena gak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya 2 tahun setelah masa berlaku berakhir.
  • Penghapusan registrasi karena gak memperpanjang STNK mengakibatkan kendaraan gak bisa diregistrasi kembali.
  • Gak membawa STNK saat berkendara dikenakan pidana kurungan paling lama 2 tahun dan denda paling banyak Rp500 ribu.

Bagaimana cara mengurus STNK yang hilang?

Cara mengurus STNK hilang dan SIM yang hilang
Surat Izin Mengemudi (SIM)

Ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi dan tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam mengurus STNK yang hilang. Berikut ini syarat dan tahapan-tahapannya sebagaimana aturan yang berlaku.

Syarat mengurus STNK yang hilang

Dokumen-dokumen di bawah ini perlu disiapkan sebagai syarat, yaitu:

  • KTP asli dan fotokopinya.
  • Fotokopi STNK yang hilang.
  • Surat keterangan STNK hilang dari Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resor (Polres) setempat.
  • BPKB asli dan fotokopinya.

Tahapan-tahapan mengurus STNK yang hilang

Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen di atas, langkah selanjutnya adalah mendatangi Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Kemudian ikuti tahapan-tahapan di bawah ini.

  • Cek fisik kendaraan. 
  • Fotokopi hasil cek fisiknya.
  • Isi formulir pendaftaran.
  • Urus cek blokir (surat keterangan STNK hilang dari Samsat) yang berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya gak sedang dicari polisi atau diblokir. Hasil cek fisik kendaraan harus dilampirkan.
  • Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II dengan melampirkan semua persyaratan data dan Surat Keterangan Hilang dari Samsat.
  • Melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Tapi bila kamu udah melakukan pembayaran, maka bakal bebas biaya pajak.
  • Membayar biaya pembuatan STNK baru.
  • Mengambil STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Berapa biaya mengurus STNK yang hilang?

Cara mengurus STNK hilang di Samsat Sangatta, Kalimantan Timur
Samsat Sangatta, Kalimantan Timur

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia menyebut besaran biaya buat:

Tanya Ahli Hukum Lifepal
Tanya Ahli Hukum Lifepal
  • Penerbitan STNK baru kendaraan roda 2 atau 3: Rp100 ribu.
  • Perpanjangan STNK kendaraan roda 2 atau 3 per 5 tahun: Rp100 ribu.
  • Penerbitan STNK baru kendaraan roda 4 atau lebih: Rp200 ribu.
  • Perpanjangan STNK kendaraan roda 4 atau lebih: Rp200 ribu.
  • Pengesahan per tahun STNK kendaraan roda 2 atau 3: Rp25 ribu.
  • Pengesahan per tahun STNK kendaraan roda 4 atau lebih: Rp50 ribu.

Karena kehilangan STNK, biaya yang dikenakan adalah biaya penerbitan STNK baru sebesar Rp100 ribu buat kendaran roda 2 atau 3 dan Rp200 ribu buat kendaraan roda 4 atau lebih.

Berapa lama waktu mengurus STNK hilang?

Cara mengurus STNK hilang di Samsat Jakarta Timur
Pelayanan di Samsat Jakarta Timur

Gak sampai satu hari buat mengurus STNK yang hilang. Bahkan, lamanya proses ini kurang lebih selama 1 jam. Itu pun belum mempertimbangkan antrean orang-orang.

Itu dia beberapa syarat dan prosedur yang harus kamu persiapkan dan jalankan buat mengurus STNK hilang serta biaya yang harus kamu keluarkan.

Nah, berikut ini adalah cara mengurus SIM hilang serta biaya yang harus kamu persiapkan. Simak yuk selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengurus SIM Hilang dan biayanya

Bisakah mengurus STNK hilang di Samsat Keliling?
Pelayanan di Samsat Keliling Surakarta, Jawa Tengah

Menurut aturannya, berikut ini adalah syarat dan tahapan-tahapan mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) yang hilang.

Syarat mengurus SIM yang hilang

Siapkan dokumen-dokumen di bawah ini.

  • KTP pemilik kendaraan, baik asli maupun fotokopi.
  • Fotokopi SIM yang hilang.
  • Surat keterangan SIM hilang dari Polsek atau Polres setempat.

Tahapan-tahapan mengurus SIM yang hilang

Sesudah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diminta, datang ke Samsat kemudian:

  • Mengurus surat keterangan kesehatan di bagian pemeriksaan kesehatan.
  • Mengisi formulir pendaftaran loket SIM hilang.
  • Mengurus Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP) di loket asuransi.
  • Mendaftar di loket pendaftaran.
  • Mengikuti proses foto, sidik jari, dan mengonfirmasi data pribadi yang tercantum di formulir pendaftaran.
  • Mengambil SIM dan kartu Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD).

Biaya mengurus SIM yang hilang?

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 menetapkan biaya pengurusan SIM, yaitu:

  • Biaya penerbitan SIM A baru: Rp120 ribu.
  • Biaya penerbitan SIM B I baru: Rp120 ribu.
  • Biaya penerbitan SIM B II baru: Rp120 ribu.
  • Biaya penerbitan SIM C baru: Rp100 ribu.
  • Biaya penerbitan SIM C I baru: Rp100 ribu.
  • Biaya penerbitan SIM C II baru: Rp100 ribu.
  • Biaya penerbitan SIM D baru: Rp50 ribu.
  • Biaya penerbitan SIM D I baru: Rp50 ribu.
  • Biaya penerbitan SIM Internasional: Rp250 ribu.

Karena mengurus SIM hilang sama aja membuat SIM baru, biaya yang dikenakan adalah biaya pembuatan SIM baru.

Selain biaya di atas, juga ada biaya asuransi kecelakaan sebesar Rp30 ribu, tapi gak wajib sih. Meski gitu sebaiknya kamu juga bayar.

Itu dia biaya yang harus kamu persiapkan buat mengurus STNK dan SIM hilang beserta langkah-langkah mengurusnya. Gak susah bukan? Daripada pakai jasa calo yang bisa bikin kantong jebol, mending mengurusnya sendiri. Setuju gak?

Tertarik dengan artikel lainnya? Kunjungi Tanya Lifepal yang membahas berbagai ulasan dari para ahli di bidangnya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →