Suzuki Estilo: Harga, Spesifikasi, Keunggulan dan Kekurangan

suzuki estillo

Suzuki Karimun Estilo atau Suzuki Estilo diperkenalkan pertama kali di Indonesia tahun 2007. Mesin mobil Suzuki Estilo pada saat itu adalah mesin seri F10D 4 silinder dengan kapasitas mesin 1063 cc. 

Nama Karimun Estilo diberikan oleh PT Suzuki Indomobil Sales selaku importir mobil yang tergolong city car ini guna untuk melanjutkan Karimun generasi pertama.

Ada banyak julukan untuk mobil ini. Di Jepang, mobil ini diberi nama Suzuki MR Wagon dan di India bernama Maruti Zen Estilo.

Dua tahun setelah pertama kali diperkenalkan, Suzuki meluncurkan Suzuki Estilo generasi kedua di tahun 2009 dengan versi facelift. 

Suzuki New Karimun Estilo, generasi kedua dari Suzuki Estilo ini tidak terlalu mengalami perubahan yang signifikan.

Kendati demikian, Suzuki Estilo ini telah berhenti memproduksi dan menjual mobil generasi terbarunya di tahun 2013. 

Hal ini menyusul produksi Maruti Suzuki di India yang telah berhenti di akhir 2012. Karenanya, banyak permintaan akan mobil Suzuki Estilo bekas. Berikut ini harga mobil Suzuki Estilo bekas dan spesifikasinya.

Harga Suzuki Estilo bekas

suzuki estilo
Sumber: Suzuki.co.id

Saat produksi dan penjualannya dihentikan di tahun 2013, saat itu hingga kini permintaan akan mobil ini kian meningkat. 

Untuk kamu yang sedang mencari Suzuki Estilo bekas, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu harga mobil Suzuki Estilo bekas yang berlaku per April 2021 ini.

Varian MobilTahunHarga 
Suzuki Estilo 1.1 L2007Rp55 juta – Rp68 juta
Suzuki Estilo VXI2007Rp53 juta
Suzuki Estilo 1.1 L2008Rp60 juta
Suzuki Estilo 1.0 L2009Rp65 juta
Suzuki Estilo 1.0 L2010Rp70 juta
Suzuki Estilo 1.0 L2011Rp75 juta
Suzuki Estilo 1.0 L2012Rp80 juta

Harga mobil di atas merupakan estimasi harganya saja. Harga bisa berubah tergantung daerah dan juga penjualnya masing-masing. Yang jelas, harganya tidak mencapai Rp100 juta. Harga ini terbilang cukup murah.

Untuk diingat bahwa saat kamu membeli Suzuki Estilo bekas, sebaiknya melakukan pengecekan untuk setiap fitur pada mobil bekas tersebut. Apakah performa mobil, khususnya performa mesin masih dalam kondisi yang bagus atau sebaliknya.

Desain interior 

Hal yang paling menonjol dari desain interior mobil Suzuki Estilo adalah konsep futuristik pada kabin mobil, di mana kabin mobil termasuk dashboard dan setir berwarna abu-abu cenderung hitam dipadukan dengan warna krem atau beige pada jok mobil. Mobil city car yang satu ini mampu menampung 5 penumpang sekaligus.

Dashboard dan head unit dibuat terpisah dan dilengkapi juga dengan panel instrumen dengan konsep yang sama yakni futuristik di mana ada 2 head unit dan 2 DIN audio.

Sementara itu, untuk fitur hiburannya telah tersedia pemutar radio dengan pilihan AM atau FM dan pemutar musik dengan format MP3, CD, DVD, atau USB dan AUX serta bluetooth.

Kekurangan dari dashboard dan head unitnya adalah belum dilengkapi dengan teknologi tercanggih yakni touchscreen dan tidak bisa memutar video maupun film. 

Meskipun begitu, di bagian kemudinya telah dilengkapi teknologi MID atau multi-instrument display facelift yang menggunakan layar digital. MID ini berfungsi untuk memberikan informasi terkait kondisi mobil saat berkendara.

Selain itu, mobil ini juga telah dilengkapi dengan teknologi electronic power steering atau EPS yang berfungsi untuk memberikan performa maksimal saat kamu melakukan manuver.

Terakhir, jok mobil yang empuk dan berkualitas tinggi serta air conditioner atau AC yang bisa memberikan kesejukan hingga setiap sudut kabin telah menghadirkan kenyamanan berkendara bukan hanya untuk pengemudi melainkan juga untuk penumpang.

Desain eksterior 

Termasuk ke dalam segmen city car atau hatchback, Suzuki Estilo memiliki tampilan mini dan mungil tetapi tetap sporty. 

Tampak eksterior depan mobil memberikan kesan minimalis karena adanya ruang ventilasi khusus berwarna hitam yang disematkan pada Front Grille dan Rear Bumper. 

Kendati demikian, ternyata tidak ada yang begitu istimewa di bagian lampu depan selain lampu tambahan yang ada di bagian bumper bawah yang berperan membantu pencahayaan agar lebih optimal saat berada di wilayah yang minim pencahayaan atau di malam hari.

Tampak eksterior samping mobil, kamu bisa melihat kaca spion mobil dan door handle dengan warna yang tampak serasi dengan warna dasar body-nya sehingga menciptakan kesan stylish. Sementara itu, di bagian velg mobil disematnya velg chrome berukuran 14 inchi.

Sementara itu, tampilan eksterior belakang mobil, desain body-nya lebih besar dan memanjang ke atas layaknya mobil segmen city car lainnya. 

Atap mobil terbuat dengan menerapkan rear spoiler yang cocok sekali untuk selera anak muda. Lampu belakang berbentuk segitiga yang berukuran besar.

Performa mesin

Suzuki Estilo memiliki dua varian kapasitas mesin, yakni 1063 cc dan 998 cc mobil. Untuk kapasitas mesin 1.1 Liter, memiliki kode mesin F10D empat silinder segaris 16 katup DOHC. 

Kemampuan pacu mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 65 horsepower pada 6200 rpm dan torsi maksimal sebesar 84 nm pada 3500 rpm.

Adapun untuk kapasitas mesin 1.0 Liter digunakan pada varian facelift, memiliki kode mesin K10B tiga silinder segaris 12 katup DOHC. 

Suzuki Estilo generasi kedua ini memang memiliki kapasitas mesin mobil yang lebih kecil dibandingkan generasi pertamanya, tetapi untuk performa mesin nyatanya lebih besar dibandingkan generasi pertama.

Mobil generasi kedua mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 68 horsepower pada 6.200 rpm dan torsi maksimal 90 nm pada 3500 rpm. 

Baik generasi pertama maupun generasi kedua, mobil ini termasuk mobil transmisi manual dengan lima tingkat percepatan.

Keunggulan yang paling terlihat adalah teknologi fuel injection pada kedua generasi yang bikin mobil ini jadi irit bahan bakar. Sangat cocok sebagai kendaraan di jalanan perkotaan.

Fitur keamanan 

Fitur-fitur khusus keamanan dan keselamatan pada Suzuki Estilo adalah adanya teknologi Total Effective Strength Structure atau TESS yang disematkan pada rangka body mobil. 

Fungsi dari teknologi ini adalah untuk memberikan perlindungan kepada pengemudi dan penumpang saat benturan dari sisi samping dan depan terjadi.

Ada juga teknologi immobilizer dan alarm system untuk melindungi mobil dari tindakan pencurian. 

Meskipun tidak dilengkapi dengan dual airbags dan ABS, tetapi pada jok mobil telah dilengkapi lima buah sabuk pengaman dan childproof door lock.

Di bagian sistem kemudi dilengkapi juga dengan rack and pinion untuk memaksimalkan kinerja electric power steering atau EPS. 

Suspensi mobil ini menyematkan Macpherson Struts dengan Torsion Roll Control Device di bagian depan. Adapun di bagian belakang telah menggunakan coil spring with 3 link rigid axle dan isolated trailing arm.

Keunggulan dan kekurangan

Keunggulan

Untuk mobil pada segmen city car atau mobil hatchback, mobil ini terbilang cukup murah. Kamu bisa memilikinya dengan harga bekas mulai dari Rp50 jutaan hingga keluaran di tahun mudanya tidak sampai Rp100 juta. Harga yang cukup terjangkau untuk mobil di kelasnya.

Keunggulan yang paling penting adalah performa mesin yang efisien karena dibekali dengan daya maksimal tinggi hingga 6200 rpm. Dengan spesifikasi mesin seperti itu, kamu akan merasakan kenyamanan saat berkendara. Suzuki Estilo juga tergolong sebagai kendaraan roda empat yang irit bahan bakar.

Keunggulan terakhir yang patut diperhitungkan juga adalah tampilan desain interior yang elegan dan futuristik karena perpaduan warna krem atau beige dan abu-abu cenderung hitam pada beberapa titik penting seperti dashboard, kursi, dan setir kemudi.

Kekurangan

Kalau ada keunggulan, tentunya juga ada kekurangannya. Dalam segi teknologi otomotif,  mobil masih minim penggunaan teknologi pendukung terbaru. 

Misalnya saja teknologi khusus pengeraman seperti anti-lock braking system atau ABS, electronic brakeforce distribution atau EBD ataupun brake assist atau BA yang belum ada di Suzuki Estilo.

Sementara itu, sekalipun performa mesin yang bagus nyatanya kapasitas mesin pada mobil ini masih kecil yakni 998 cc dan 1063 cc saja. Dengan kapasitas mesin sebesar itu, Suzuki Estilo masih belum mampu bersaing dengan pesaingnya.

Penting punya asuransi mobil

Sekalipun kamu membeli mobil bekas, kamu tetap harus memberikan perlindungan yang terbaik untuk mobil kesayangan agar finansial tetap terproteksi dengan baik. 

Kamu bisa membeli polis asuransi mobil TLO yang dikhususkan untuk mobil bekas atau mobil tua.

Ada banyak pilihan asuransi mobil yang bisa kamu pilih di Lifepal. Dengan membeli asuransi mobil di Lifepal, kamu akan lebih hemat hingga 25%!

Yuk, pilih sekarang dan cek dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

Tips dari Lifepal! Meskipun produksinya sudah terhenti, kamu bisa membeli Suzuki Estilo bekas dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp50 jutaan.

Meskipun usia mobil ini termasuk tua, namun performanya masih bagus, loh! Bahkan mobil ini memiliki bahan bakar yang irit.

Apabila dilihat dari bentuknya, mobil ini memang kecil, jadi cocok dipilih untuk kamu pasangan baru atau keluarga dengan anak satu.  

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil Suzuki Estilo, pertimbangkan juga biaya perawatan dan pajaknya, ya. Adapun pajak pajak Karimun Estilo adalah sekitar Rp1,1 juta hingga Rp1,6 juta. 

Agar finansial kamu tidak terbebani dengan biaya perbaikan mobil, kamu bisa nih memanfaatkan asuransi TLO yang memberikan proteksi untuk finansialmu. 

Kalau kamu ingin mencari bengkel mobil terdekat, seperti misalnya bengkel mobil Suzuki Makassar, kamu dapat memanfaatkan fitur cari bengkel dari Lifepal.

FAQ seputar Suzuki Estilo