Tambal Ban Mobil Terdekat dari Lokasimu dan Biayanya

tambal ban mobil

Tambal ban mobil adalah solusi dasar untuk ban yang harus diketahui semua pemilik mobil. Jangan sampai membiarkan ban mengalami kebocoran akibat benda tajam. Jika ban mobil kamu bermasalah, kamu bisa mencari bengkel tambal ban mobil terdekat dari lokasi kamu. 

Mengemudikan mobil dengan ban mobil yang bocor akan membahayakan penumpang dan merusak velg.

Tambal ban mobil tersedia di bengkel. Biasanya masing-masing bengkel memiliki metode penambalan yang berbeda. 

Ada pula yang menyesuaikan keinginan pemilik mobil. Agar lebih jelas, berikut informasi terkait tambal ban mobil terdekat, metofe tambal ban, dan juga biaya yang harus dibayarkan.  

Tambal ban mobil terdekat dari lokasimu

Berikut ini beberapa bengkel tambal ban mobil terdekat dari lokasi kamu di area Jakarta dan sekitarnya.

1. Tambal Ban Buka 24 Jam

  • Alamat: Karet Semanggi Seia Budi, Jakarta Selatan
  • Buka: 24 jam
  • Telepon: 0822-4908-9791
  • 2. Tambal Ban Tubles

  • Alamat: Kuningan, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan
  • Buka: 06.30-22.00
  • Telepon: 0852-1359-3586
  • 3. Tambal Ban Mobil Pandawa Lima

  • Alamat: Jl. Trembesi No.123, RT.17/RW.5, Pademangan, Kemayoran, Jakarta Utara
  • Buka: 08.00-22.00
  • Telepon: 0813-9547-9722
  • 4. Tambal Ban Mobil Yunus

  • Alamat: Jl. Kyai Haji Zainul Arifin No.55, Gambir, Jakarta Pusat
  • Buka: 07.00-05.30
  • 5. Tambal Ban Rajabasah

  • Alamat: Jl. Plumpang Semper, Koja, Jakarta Utara
  • Buka: 24 jam
  • Telepon: 0812-3112-2252
  • 6. Espede Ban Sawah Besar

  • Alamat: Jl S Wiryopranoto, No 8, Jakarta Pusat
  • Buka: 09.00-17.00
  • Telepon: (021) 3453272
  • Metode tambal ban mobil dan biayanya

    Berikut ini beberapa metode tambal ban yang biasanya digunakan dan biayanya.

    1. Patch

    Tambal ban mobil yang paling umum ditemukan adalah dengan metode Patch. Penambalan ini dilakukan menggunakan potongan karet berwarna hitam. Potongan karet ini ditempelkan pada bagian ban yang bocor (tambal).

    Metode ini diterapkan pada ban mobil yang masih memakai ban dalam mobil. Sebelum ban ditambal, ban dalamnya dikeluarkan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah potongan karet ditempelkan. Bagian ban yang sudah ditutupi karet akan dipanaskan untuk mencegah potongan karet terlepas.

    Dari segi harga, metode patch ini terbilang murah. Tidak perlu ke bengkel besar, tukang tambal ban di pinggir jalan pun dapat melakukan metode tambal ban ini. Harganya dibanderol Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu per titik bocor.

    2. Plug and Patch

    Tambal ban mobil satu ini sering disebut juga tambal payung. Metode Plug and Patch sebenarnya masih jarang digunakan karena harganya yang cukup mahal.

    Cara kerja metode ini yaitu memakai karet penambal yang berbentuk seperti payung. Bagian bawah karet ini terdapat kawat yang dilapisi karet, sedangkan bagian atasnya terbuat dengan bahan serupa karet. 

    Karet penambal ini kemudian dimasukkan pada bagian ban yang bocor dengan menggunakan angin kompresor. Namun sebelum itu, ban harus dilepaskan dari velg-nya. 

    Sebagai finishing, bagian yang ditambal akan dilapisi lem khusus untuk mencegah kebocoran terjadi lagi. Agar lebih kuat, karet penambal dikunci dengan klip lalu dipanaskan dengan suhu tinggi supaya lebih melekat erat.

    Metode plug and patch memang lebih disarankan oleh pabrik karena ketahanannya yang lebih lama. Namun, harga metode ini terbilang mahal yakni berkisar Rp 75 ribu sampai Rp 150 ribu per ban.

    3. Tire Seal String

    Tambal ban mobil tire seal string lebih familiar disebut tambal ban cacing. Disebut demikian karena metode ini menggunakan karet berbentuk cacing berwarna merah. 

    Proses pengerjaannya dengan cara melebarkan bagian bocor pada ban kemudian menutupnya dengan lem. Nah, untuk menutupnya lagi, digunakan sebuah karet untuk menambal kebocoran. Karet ini nanti dipotong memakai gunting untuk menyesuaikan tapak ban.

    Umumnya, ban yang bisa ditambal dengan metode ini adalah dengan kategori ban tubeless karena ada perbedaan ban tubeless dan ban biasa. Namun, metode ini kurang disarankan oleh produsen mobil sebab bisa merusak ban dalam jangka panjang.

    Melebarkan ban untuk memasukkan karet cacing saat kebocoran kecil ditakutkan akan merusak kawat pelapis ban di bagian tapak.

    Harga tambal ban menggunakan alat tambah ban tubeless yang satu ini yaitu Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per titik kebocoran.

    Jika kamu menggunakan ban tubeles, biasanya harga tambal ban tubeless adalah sekitar Rp15 ribu untuk satu lubang.

    Namun, apapun jenis tambal ban akan membuat konstruksi ban rusak dan daya tahannya tidak lagi prima sebagaimana ban yang tidak pernah bocor. Disarankan untuk segera mengganti ban mobil dan menjadikan ban yang sudah ditambal sebagai cadangan.

    Tips memilih tempat tambal ban mobil

    1. Perhatikan sekeliling tempat

    Tambal ban mobil memakan waktu yang cukup lama. Kamu harus menunggu paling tidak setengah jam sampai ban mobil selesai ditambal. 

    Untuk itu, apabila ban mobil kamu bocor, carilah tempat tambal ban yang lingkungan sekelilingnya terlihat aman. Hal ini bisa dilihat dari lokasi, pencahayaan, dan toko sekitar.

    2. Perhatikan cara menambal

    Tambal ban mobil harus diperhatikan agar hasilnya tidak asal-asalan. Ada oknum yang mengerjakan tambal ban dengan asal-asalan dengan sengaja agar konsumen tersebut kembali. 

    Oleh karena itu, usahakan untuk memperhatikan cara menambal. Kalau perlu, ajak juga tukang tambal ban mengobrol seperti bertanya berapa harga jasanya, metode apa yang digunakan, perlengkapan apa yang dibutuhkan, dan lain-lain.

    3. Lihat konsumen yang datang

    Terkadang ada oknum pemilik tempat tambal ban mobil yang sengaja menebar paku di jalanan dekat bengkelnya. Tujuannya tidak lain adalah saat ada kendaraan yang bannya bocor, pemilik langsung mampir ke bengkel tersebut untuk menambal ban.

    Apabila saat ban mobil kamu bocor bersamaan dengan banyak orang di bengkel tersebut dengan masalah yang sama, maka kamu patut curiga. 

    Bisa saja hal itu karena pemilik ban sengaja menebar paku. Jangan segan bertanya pada konsumen lain saat sedang bersama-sama menambal ban.

    Tips merawat ban mobil

    Tambal ban mobil memang bisa menjadi solusi, namun alangkah baiknya jika pemilik mobil mencegah kebocoran ban dengan beberapa cara. Berikut beberapa cara merawat ban mobil yang mudah.

    1. Rutin mengecek tekanan ban

    Sebelum bepergian menggunakan mobil, pastikan tekanan ban dalam kondisi baik. Begitupun setelah pulang bepergian, cek juga apakah kondisi ban masih sama seperti sebelum berangkat. 

    Apabila mobil melewati jalanan berlumpur dan menyebabkan ada kerak lumpur tertinggal di ban mobil, sebaiknya segera dibersihkan. Kerak lumpur ini kadangkala menjadi penyebab ban mobil tidak melaju dengan baik.  

    2. Memerhatikan barang bawaan

    Perhatikan barang bawaan di mobil ketika akan bepergian, terutama bepergian jauh dengan medan yang tidak terus-menerus mulus. Semakin berat barang bawaan, semakin besar tekanan yang diberikan pada ban. 

    Oleh karena itu, perhatikan penyusunan barang bawaan agar terbagi rata ke seluruh sisi mobil. Jangan sampai barang bawaan berat ke salah satu sisi sehingga tekanan ban jadi overload.

    3. Menukar posisi ban secara berkala

    Pastikan menukar posisi ban mobil secara berkala sesuai keausan masing-masing ban. Biasanya ban mobil depan lebih cepat aus dibanding ban mobil belakang. 

    Hal ini karena ban bagian depan digunakan untuk berbelok maupun mengerem laju mobil. Menukar posisi ban dapat meminimalisir kerusakan. Sebaiknya, posisi ban ditukar saat jarak mobil menempuh 5000 kilometer.

    Rekomendasi merek ban mobil  

    1. Bridgestone

    Merek mobil satu ini memang sudah sangat terkenal. Bridgestone memproduksi ban menggunakan lembar cord yang digunakan sebagai rangka ban.

    Berkat teknologi ini, Bridgestone memiliki kelebihan yaitu mampu mencengkeram medan jalan dengan sangat kuat. SElain itu, lekukan dan struktur ban dibuat lebih fungsional namun tetap stylish. Struktur ini mencegah terjadi ban selip.

    Harga ban merek Bridgestone berkisar antara Rp 500 ribuan hingga Rp 1 jutaan.

    2. Ban Mobil Achilles

    Merek ban Achilles terkenal karena sering meluncurkan inovasi baru di pembuatan ban mobil. Kualitas ban mobil tidak perlu diragukan karena sudah banyak digunakan oleh pembalap mobil kelas dunia.

    Di Indonesia, Achilles berkembang cepat terbukti dengan banyaknya cabang dealer. Harga ban inii memang relatif terjangkau, yaitu mulai dari Rp 300 ribu.

    3. Ban Mobil GT Radial

    Merek ban mobil GT Radial juga merupakan salah satu merek terbaik di Indonesia. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, terutama dalam menjaga kestabilan berkendara dan akselerasi yang seimbang.

    Harga ban ini berada di kisaran ratusan ribu dan yang paling mahal Rp 1 jutaan.

    4. Ban mobil Hankook

    Hankook merupakan perusahaan ban asal Korea Selatan. Dynapro HT RH12 225/65 R17 merupakan salah satu produk unggulan Hankook. 

    Ban ini dirancang dengan bahan-bahan berkualitas dan memiliki empat alur melingkar yang mencegah ban mobil dari aquaplaning di jalanan yang basah. Harga ban ini mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 1 jutaan.

    5. Ban mobil Dunlop

    Merek ban terkenal lainnya adalah Dunlop. Ban ini terkenal memiliki compound yang lebih soft dan mempunyai daya redam yang unggul. Ban ini juga memiliki daya cengkeram medan jalan yang baik. Ban Dunlop bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 400 ribuan.

    7. Ban mobil Yokohama

    Produsen ban mobil Yokohama telah memproduksi beberapa tipe ban mobil, dari mulai ban mobil sport sampai dengan ban mobil penumpang.

    Yokohama juga sudah ikut serta sebagai sponsor pada beberapa seri kejuaraan seperti F1 dan juga MotoG, terutama untuk sirkuit Japan.

    Harga ban mobil ini terbilang mahal. Kisaran harganya mulai dari Rp 800 ribuan sampai Rp 3 jutaan.

    Cek asuransi mobil yang cocok

    Apabila kamu sedang berencana membeli asuransi mobil, kamu bisa nih menggunakan kalkulator dari Lifepal berikut ini.

    Pertanyaan seputar tambal ban mobil

    Tambal ban yang paling murah adalah patch. Metode ini hanya menempelkan karet pada bagian ban yang bocor. Harganya mulai dari Rp 15 ribu.

    Sebelum ban ditambal, ban dalamnya dikeluarkan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah potongan karet ditempelkan. Bagian ban yang sudah ditutupi karet akan dipanaskan untuk mencegah potongan karet terlepas.

    Dari segi harga, metode patch ini terbilang murah. Tidak perlu ke bengkel besar, tukang tambal ban di pinggir jalan pun dapat melakukan metode tambal ban ini.

    Asuransi mobil memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah melindungi finansialmu dari biaya-biaya perbaikan mobil yang harganya tidak murah. 

    Dengan asuransi mobil, kamu tidak perlu sampai mengambil uang tabungan untuk membayar tagihan bengkel, sebab, pihak asuransi akan mengcover biaya tagihan bengkel sesuai dengan polis yang disetujui.