5 Tips Jitu Membeli Mobil buat Milenial Tanpa Bikin Kantong Kering Sekalipun!

Tips membeli mobil bagi milenial begini lho caranya

Bagi generasi milenial, membeli mobil merupakan mimpi yang perlu dicapai. Apalagi bagi kamu yang baru saja menerima pekerjaan dan memiliki gaji sendiri. Keinginan buat membeli mobil pasti sudah terpikirkan oleh kamu semua. 

Selain menjadi prestige, memiliki kendaraan pribadi sendiri pastinya menjadi kebanggaan bagi kamu. Demi mendukung aktivitas kamu keseharian, memilih mobil pribadi tentunya harus disesuaikan dengan dompet serta penghasilan. 

Lagi pula siapa sih yang gak kepengin memiliki mobil pribadi dari hasil kerja keras sendiri? Impian tersebut pasti dimiliki oleh semua banyak orang termasuk kamu yang baru saja menjadi karyawan di perusahaan bonafit. 

Ya sebagai fresh graduate atau bekerja di posisi entry level memang kamu gak bisa muluk-muluk memilih mobil yang premium. Keterbatasan uang di dompet menjadi salah satu alasan kamu mesti pintar-pintar dalam memilih kendaraan pribadi sendir.  

Kejadian kayak gitu juga sering dialami oleh generasi milenial yang usianya masih relatif muda dan memiliki gaji pas-pasan. Boro-boro pengin beli mobil, mikirin menu makanan apa yang mau dibeli setiap hari saja masih pusing.

Tapi jangan khawatir, bukan berarti kamu gak bisa mewujudkan mimpi untuk menyimpan mobil di garasi rumah. Dengan catatan memperhatikan beberapa faktor yang berhubungan dengan perencanaan keuangan.

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja yuk tips membeli mobil bagi generasi milenial tanpa harus takut mengalami “tongpes” alias kantong kempes.  

1. Ketahui dengan tepat berapa bujet yang dimiliki

Menentukan bujet sangat penting sebelum membeli kendaraan pribadi
Menentukan bujet sangat penting sebelum membeli kendaraan pribadi, (Shutterstock).

Tips membeli mobil pertama bagi milenial adalah mengetahui seberapa banyak jumlah bujet yang kamu miliki. Dengan begitu kamu gak perlu lagi was-was khawatir dompet “keriting” saat memutuskan memiliki kendaraan pribadi untuk pertama kalinya.

Jangan hanya memperhitungkan harga mobilnya saja, usahakan juga untuk mengakumulasikan biaya servis bulanan, bensin serta pajak agar perencanaan keuangan lebih matang dan gak membebani kebutuhan kamu lainnya.

2. Pilih jenis mobil yang diinginkan

Tentukan kendaraan yang bakal jadi pilihan mu
Pilih mobil yang sesuai dengan bujet agar kamu gak mengalami “tongpes”, (Shutterstock).

Hal kedua yang harus kamu perhatikan jika memiliki bujet terbatas adalah memilih jenis mobil. Apakah itu LCGC, City Car, MPV, sedan ataupun SUV. Tentunya setiap jenis memiliki range harganya masing-masing. 

Jika kamu menggunakan mobil hanya untuk bekerja dalam kota bisa membeli mobil dengan LCGC yang harganya relatif murah dibandingkan lainnya. Tapi kalau untuk kebutuhan lainnya seperti memboyong banyak anggota keluarga untuk liburan bisa memilih MPV atau SUV. 

3. Pertimbangkan untuk membeli mobil bekas

Gak ada salahnya buat mempertimbangkan mobil bekas
Gak ada salahnya buat mempertimbangkan mobil bekas, (Shutterstock).

 

Buat sebagian masyarakat menggunakan mobil bekas bukanlah pilihan, sebab stigma kendaraan yang mudah rusak dan mahal buat biaya perawatan. Namun kamu gak usah khawatir karena semua hal tersebut belum tentu benar, asalkan rutin melakukan pengecekkan kondisi mobil serta rutin menjalani servis berkala, dijamin deh mobil pilihan bakal “bersahabat” dengan mu.

Langkah utama yang bisa kamu coba adalah dengan membawanya ke bengkel umum maupun resmi untuk mengecek kondisi mobil secara keseluruhan apakah pernah mengalami masalah serius atau belum. Dengan begitu riwayat pemakaian juga bisa langsung diketahui dan menjadi pertimbangan kamu untuk menawar harga kepada sang penjual.

4. Riset harga pasaran di internet

Lakukan riset harga terlebih dahulu gak ada salahnya lho
Lakukan riset harga terlebih dahulu gak ada salahnya lho, (Shutterstock).

Layaknya belanja online shop, sebelum membeli mobil kamu juga perlu melakukan riset harga agar gak salah langkah dalam mengeluarkan uang. Kalau kamu membeli mobil di dealer resmi biasanya harga relatif sama, dengan catatan dalam satu wilayah sesuai dengan ktp.

Nah tips ini akan sangat bermanfaat jika kamu membeli mobil bekas yang pilihannya jauh lebih banyak. Oleh karena itu kamu wajib melakukan riset terlebih dahulu atau mengunjungi showroom terdekat.

5. Siapkan dana tak terduga, jika sewaktu-waktu terjadi masalah

Siapkan dana darurat sebelum memutuskan buat memiliki kendaraan pribadi
Siapkan dana darurat sebelum memutuskan buat memiliki kendaraan pribadi, (Shutterstock).

Karena biaya membeli mobil itu gak murah, ada baiknya kamu juga menyiapkan dana gak terduga untuk mengcover hal yang sifatnya darurat. Ini sebagai langkah pencegahan supaya keuangan kamu untuk kebutuhan pokok gak terganggu.

Seringkali orang hanya memikirkan uang sampai di harga mobil tersebut saja dan gak memikirkan jangka panjangnya. Akibatnya uang tabungan terkuras, bahkan gak sedikit kasus di mana mobil yang baru dibeli terpaksa dijual kembali.

Nah itulah 5 tips membeli mobil untuk milenial yang patut diperhatikan. Perhatikan secara detil ya sebelum memutuskan buat memilih mobil pribadi pertamamu. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →