Tips Memilih Harga Mobil Bekas di Bawah Rp100 Jutaan

harga mobil bekas dibawah 100 juta

Tidak bisa dipungkiri kalau mobil sekarang sudah jadi kebutuhan bagi kebanyakan orang untuk menunjang aktivitas keseharian. Melirik harga mobil bekas di bawah Rp100 juta, nampaknya menjadi buruan masyarakat, termasuk kamu? 

Memiliki mobil di rumah memang tidak harus dalam kondisi baru yang bekas pun sekarang banyak diincar terlebih modelnya masih bagus dan tentunya berkualitas. Dengan uang di bawah Rp100 juta, kamu sudah bisa mendapatkan mobil impianmu yang tampilannya oke dan gak malu-maluin. 

Walaupun secara fisik memang tidak baru seperti keluar dari dealer, tapi kemampuannya tetap oke, tinggal dipoles sedikit sudah seperti mobil baru. Lumayan bukan dan menghemat uang, dengan membeli di harga kurang dari Rp100 juta, kamu sudah bisa membawa pulang mobil. 

Apalagi di tengah pandemi seperti ini, membeli mobil bekas kayaknya keputusan yang cocok untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain. Tapi kamu juga mesti memikirkan kelangsungan hidup terutama saat ini maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di banyak perusahaan. 

Lalu, apa saja merekmobil bekas murah yang harganya di bawah Rp100 juta? Simak di bawah ini, ya!

Mobil bekas murah dan terlaris di bawah Rp100 juta

Saat ini banyak beredar deretan mobil bekas yang harganya di bawah Rp100 juta. Belum lagi penawaran bunga cicilan yang tidak begitu besar ditambah tenor cicilannya sebentar. Berikut pilihan harga mobil bekas di bawah Rp100 juta. 

Paling laris Toyota Avanza seharga Rp70 jutaan

Bisa dibilang mobil Toyota Avanza emang mobil sejuta umat. Peminat mobil ini pun gak pernah sepi, lho! Hal ini karena Toyota Avanza terkenal dengan bahan bakarnya yang cukup hemat. 

Jadi cocok banget nih buat kamu yang suka road trip bareng teman-teman ke luar kota. Harga mobil bekas satu unit Avanza di pasaran dijual mulai dari Rp70 juta untuk tipe G keluaran tahun 2004. Sedangkan untuk tipe S dan E harganya bisa mencapai Rp80 juta-Rp100 juta.

Nah, kalau tertarik sama keluaran Toyota ini, kamu bisa juga nih memilih mobil ini yang harganya di bawah Toyoya Avanza, seperti Toyota Agya G dengan harga Rp63 jutaan. 

Honda Jazz mobilnya anak muda mulai dari Rp85 jutaan

Mobil Honda Jazz cukup jadi favorit anak muda di eranya saat awal-awal rilis. Bentuknya yang simpel dan cocok dipakai untuk hangout dengan teman-teman. 

Misalkan kala itu kamu belum mampu untuk membeli Honda Jazz i-Dsi 1,5, sekarang sudah bisa diboyong dengan harga mulai dari Rp85 jutaan hingga Rp95 jutaan. 

Meskipun model lama, mobil Honda Jazz masih terhitung nyaman dan luas. Tarikan tenaga mobil ini mencapai 87 hp. Dengan Honda Jazz, kamu bisa tampil kece dipakai keseharian buat kerja atau hangout masih oke sih. Ditambah desain modelnya yang gak terlalu besar juga jadi mudah saat akan masuk ke jalan yang sempit. 

Mobil Peugeot 206 mulai dari Rp60 jutaan

Kalau bosan dengan mobil pabrikan Jepang, kamu bisa mencoba mobil buatan Eropa, Peugeot. Peugeot tipe 206 saat ini dibanderol dengan harga Rp60 jutaan.

Peugeot terkenal dengan suspensinya yang nyaman dan desainnya simpel, cocok banget buat anak muda zaman now!

Suzuki Swift Rp90 jutaan

Suzuki Swift bisa dibilang mini cooper buatan Jepang yang harga murah karena interiornya menyerupai mobil pabrikan Inggris. Jadi, cocok banget buat kamu yang anak muda, mau dipakai buat pergi ke kantor atau malam mingguan masih asik sih. 

Kalau masih bimbang memilih antara beli Honda Jazz atau Suzuki Swift mesti mempertimbangkannya nih. Swift sendiri bertenaga karena bisa mencapai 6.000 rpm. Bahan bakarnya juga irit banget yakni cuma 9-15 km per liternya. 

Toyota Kijang Innova, Rp 90 jutaan

Kalau kamu sudah berkeluarga mobil ini bisa banget dijadikan pilihan, Toyota Kijang Innova. Dibanding Toyota Avanza, Innova memiliki kabin yang cukup luas, jadi cocok jika hendak pergi liburan bersama keluarga. 

Meskipun bahan bakarnya solar, Kijang Innova ini juga termasuk salah satu mobil irit bahan bakar. Satu liter bahan bakar di Innova dapat menjangkau jarak 6-12 km.

Nissan X-Trail mulai dari Rp80 jutaan

Kalau kamu dan keluargamu ingin liburan saat new normal ke luar kota, bisa membeli mobil Nissan X-Trail ini. Keunggulannya, Nissan X-Trail termasuk hemat bahan bakar dibanding mobil kelas SUV pesaingnya. 

Selain itu, mobil ini juga punya kabin yang luas dan lega. Perawatannya juga mudah banget! Harganya saat ini juga sudah menyentuh di bawah Rp100 juta lho. 

Tips sebelum membeli mobil bekas murah

Di antara deretan mobil bekas murah di atas sudah ada yang cocok? Kalau sudah, jangan lupa baca tips sebelum membeli mobil bekas ini, ya! 

Jangan gampang tergoda dengan iming-iming harga mobil yang murah, nanti malah merugikan diri kamu sendiri. Untuk itu, wajib simak beberapa tips sebelum membeli mobil bekas berikut ini:

1. Wajib cek kelengkapan dokumen

Hal pertama yang wajib kamu cek adalah kelengkapan dokumen mobil yang mau dibeli, seperti STNK, BPKB, hingga Faktur. Mobil yang akan kamu beli adalah mobil built up, jangan lupa tanyakan form A nya juga ya. 

Tidak hanya sampai di situ, kamu juga wajib nih mencocokkan rangka dan nomor mesin mobil dan sik mobil sesuai dengan surat-suratnya. Pastikan juga kalau BPKB dan STNK sesuai dengan KTP pemiliknya, ya.

2. Periksa kondisi mesin

Setelah kelengkapan dokumen sudah sesuai, saatnya memeriksa kondisi mesin mobil yang akan kamu beli. Salah satu bukti bahwa mesin mobil masih bagus yakni mudah untuk distarter serta suara mobil gak kasar. Kamu bahkan bisa meminta pemilik mobil untuk mencobanya secara langsung.

Kalau perlu, kamu bisa membawa temanmu yang paham soal mesin mobil biar meyakinkan. Jadi, semuanya bisa dicek dengan benar. 

3. Cek catatan servis mobil

Salah satu indikator mobil bagus yakni pemiliknya yang rajin melakukan service secara berkala. Kamu pun bisa meminta bukti bahwa mobil yang akan dibeli selalu menjalani service dengan baik dan rutin. 

Melakukan service mobil secara rutin menandakan bahwa mobil yang akan kamu beli memiliki kualitas bagus karena selalu dalam keadaan terawat. Kamu juga wajib meminta catatan service dari pemilik mobil sebelum membelinya. 

4. Periksa body mobil dan interior

Jangan sampai lupa juga untuk memeriksa body mobil dan interiornya! Pastikan kondisi eksterior mobil mulus, kalaupun ada yang mengalami cacat sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh pemilik. 

Interiornya juga jangan sampai luput dari pengecekan, kamu wajib periksa dengan detail seperti AC, sistem audio, lampu, hingga kondisi jok mobil. Kalau semuanya dalam keadaan bagus, langsung deh nego harga.  

Jangan lupa asuransikan mobilmu

Meskipun kamu hanya beli mobil bekas, tapi jangan lupa buat mengasuransikan mobil. Soalnya, asuransi mobil bisa melindungi keuanganmu kalau hal sial terjadi padamu, seperti mengalami kerusakan karena kecelakaan atau banjir. 

Kamu tidak perlu memikirkan biaya untuk kerusakan mobil karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Nah, wajib kamu ketahui kalau asuransi mobil juga ada banyak jenisnya. Jadi, jangan sampai salah pilih. 

1. Asuransi Mobil TLO

Dengan asuransi mobil TLO kamu gak perlu khawatir kalau tiba-tiba mobilmu dicuri karena pihak asuransi akan memberikan nilai perbaikan yang sama atau bisa lebih dari 75 persen sesuai dengan kesepakatan.

Tapi, untuk bisa klaim asuransi ini, mobilmu harus gak bisa dipakai sama sekali, ya. Kalau cuma lecet segaris doang sih klaimnya gak bakal berlaku.  Premi dari asuransi ini juga cukup kecil yakni minimal 0,44 persen dari harga mobilmu.

2. Asuransi Mobil All Risk

Kalau asuransi Mobil TLO cuma buat yang udah gak bisa dipakai, kalau asuransi all risk bisa diklaim untuk kerusakan mobil ringan sampai keadaan rusak parah. Untuk kamu yang tidak mau rugi atau ribet bisa ambil asuransi mobil ini. 

Karena menanggung semuanya, sudah tentu harga premi asuransi All Risk lebih besar yakni sebesar 3,46 persen dari harga mobil. 

Kalau kamu masih galau mau ambil asuransi yang mana, kamu bisa cek perbandingan asuransi mobil TLO dan All Risk, nih!

All Risk TLO
Usia kendaraan maks. 10 tahun. Usia kendaraan maks. 15 tahun – 20 tahun
Cocok untuk mobil baru dan sering berkendara di tengah kota yang padat. Cocok untuk mobil yang sudah berusia tua atau sebagai asuransi mobil bekas.
Biaya premi lebih mahal Biaya premi lebih murah
Semua kerusakan, bahkan lecet Kerusakan min. 75 persen atau hilang

Tips mendapatkan asuransi mobil terbaik

Kalau kamu masih belum yakin soal asuransi, lifepal punya beberapa tips memilih asuransi mobil biar tidak kena tipu atau dirugikan, nih. Simak, ya.

1. Pilih jenis asuransi yang tepat

Pertama kamu harus pastikan kondisi tempat yang akan dilewati mobilmu. Kalau ternyata jalannya rusak dan gak bagus, sepertinya lebih baik memilih asuransi all risk, kan? Jadi, kalau lecet kamu bisa ajukan klaim. 

Kalau kamu sering lewat jalanan yang rawan begal, kamu bisa nih pilih asuransi TLO.

2. Pilih perusahaan asuransi yang trusted

Jangan lupa pilih perusahaan yang sudah terpercaya, ya. Cek apakah perusahaan asuransi tersebut sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK atau belum.

3. Asuransi memiliki banyak bengkel rekanan yang luas

Tidak kalah penting, kamu harus mencari perusahaan asuransi yang memiliki bengkel rekanan yang luas. Jadi, misalkan terjadi sesuatu dengan mu saat menggunakan mobil, bisa langsung membawanya ke bengkel rekanan tersebut.

4. Bandingkan premi dan fasilitas

Jangan lupa juga untuk membandingkan antara satu asuransi dengan asuransi lainnya. Emang agak ribet sih, tapi bakal berguna banget dan untung untuk dirimu sendiri. 

Nah itu dia sekilas info soal harga mobil bekas di bawah Rp100 juta yang wajib kamu pertimbangkan. Kalau udah beli, jangan lupa juga beli asuransinya, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →