Toyota vs Daihatsu, Mana yang Lebih Unggul?

Toyota vs Daihatsu

Toyota vs Daihatsu, menurut kamu mana yang lebih unggul bila ditinjau dari berbagai aspek?

Lalu, apakah kedua merek mobil itu memiliki perbedaan walau berada di bawah naungan perusahaan yang sama di tanah air? Mari cari tahu jawabannya melalui ulasan dalam artikel ini!

Selain itu, Daihatsu juga termasuk salah satu anak perusahaan Toyota Motor Corporation (TMC). Lebih lanjut, di pasar Indonesia, Toyota dan Daihatsu bergerak di bawah kendali PT Astra International Tbk.

Itu merupakan salah satu perusahaan konglomerasi raksasa yang menggarap banyak sektor sekaligus, termasuk otomotif. Tak ayal, ada sejumlah unit mobil Toyota yang produksinya berlangsung di fasilitas milik Daihatsu.

Meski demikian, masih tetap ada beberapa perbedaan Toyota dengan Daihatsu dari berbagai aspek.

Perbedaan-perbedaan tersebut pada akhirnya bisa menjadi bahan pertimbangan kamu yang sedang kebingungan memilih antara Toyota atau Daihatsu.

Berikut ini perincian dari beda Daihatsu dan Toyota jika dilihat dari berbagai aspek!

Perbedaan Toyota dan Daihatsu secara umum

Secara umum, bagaimana sih karakteristik mobil buatan Toyota vs Daihatsu? Lalu, apa saja ya keunikan masing-masing produk milik kedua merek tersebut? Yuk simak poin dalam rangkuman di bawah ini!

1. Pangsa pasar

Mobil produksi Toyota dan Daihatsu mengincar kelas yang berbeda. Semenjak Toyota mengakuisisi Daihatsu, produsen yang kedua jadi lebih fokus menjajakan mobil dengan kelas di bawah Toyota.

Tidak hanya itu loh, target pangsa pasar kedua brand ini pun tak sama. Dalam konferensi virtual pada 2020 lalu, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motors, Amelia Tjandra mengatakan Toyota membidik 30 persen pangsa pasar, sedangkan Daihatsu hanya 17 persen.

2. Harga

Berdasarkan laman resmi Toyota dan Daihatsu, tiap mobil kembar kedua merek dijual dengan harga berbeda.

Lebih lanjut, mobil Toyota relatif lebih mahal ketimbang Daihatsu. Contoh harga Daihatsu Sigra yang lebih murah daripada Toyota Calya.

Harga jual itu dipengaruhi oleh sejumlah hal. Pertama, karena pihak ADM menjual mobil yang dibuat untuk Toyota kepada pihak dealer.

Kemudian, Toyota Astra Motor menerapkan metode beli putus, di mana pembayaran dilakukan di awal tanpa kemitraan. 

3. Fitur pada mobil

Kedua, harga juga bisa dipengaruhi oleh fitur-fitur yang tersedia di unit mobil. Secara umum, jumlah fitur mobil keluaran Toyota lebih tinggi daripada rakitan Daihatsu.

Sebagai contoh, Sigra milik Daihatsu hanya mempunyai fitur sabuk pengaman dua titik di baris ketiga mobilnya. Di sisi lain, Calya rakitan Toyota memiliki fitur sabuk pengaman tiga titik pada kursi di barisan yang sama seperti Sigra.

4. Jumlah unit yang ditawarkan

Satu lagi perbedaan Toyota dan Daihatsu, yakni total model mobil yang dijajakan ke pasar.

Menurut Marketing dan CR Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, Daihatsu menawarkan jumlah model mobil yang lebih rendah dibandingkan Toyota.

Bisa dibilang, jumlah produksi model mobil Toyota itu dua kali lipat lebih tinggi dari Daihatsu pada 2020.

Beda Daihatsu dan Toyota berdasarkan seri mobil yang mirip

Nah, bila tadi sudah dijelaskan beda Daihatsu dan Toyota secara umum, sekarang waktunya mengulas perbandingan mobil-mobil Daihatsu dan Toyota secara terperinci.

Khususnya, untuk berbagai jenis mobil kembar yang dirilis oleh kedua produsen otomotif tersebut.

Apa saja sih model mobilnya? Yuk simak rangkuman informasinya dalam poin-poin berikut!

Toyota Raize vs Daihatsu Rocky

Sekilas, Daihatsu Rocky vs Toyota Raize memang  tampak seperti anak kembar. Apalagi, dua mobil itu adalah kolaborasi antara kedua produsen.

Namun percayalah, ada sejumlah perbedaan antara Toyota Raize vs Daihatsu Rocky Indonesia.

Dua kendaraan roda empat itu memang mengedepankan sistem satu platform: Toyota New Global Architecture (TNGA) dan Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Meski begitu, desain dan eksteriornya mempunyai keunikan masing-masing.

Toyota Raize relatif tampil dengan sporty dengan grille trapesium besar yang menonjol sampai bagian bumper.

Ditambah lagi ada garis penghubung horizontal di antara dua lampu mobil. Tampilan lampunya juga cenderung lebih tipis ketimbang Rocky. 

Di sisi lain, grille Rocky relatif lebih kecil daripada Raize, malah lebih menyerupai Datsun. Secara umum, kesan yang tertuang dalam tampilan depan Rocky lebih sederhana daripada Raize.

Satu lagi yang membedakan Toyota Raize 2021 vs Daihatsu Rocky, yaitu fitur keamanan tambahan.

Memang, keduanya sama-sama mempunyai fitur ABS (anti-lock braking system), EBD (electronic brake-force distribution), HSA (hill start assist), dan VSC (vehicle stability control).

Yang membuat spesifikasi Toyota Raize lebih unggul ketimbang Rocky adalah kehadiran fitur adaptive cruise control.

Toyota Rush vs Daihatsu Terios

Bagaimana dengan perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2021? Rush terdiri dari 4 varian, sedangkan Terios tersedia dalam 9 varian. Masing-masing model menawarkan fitur, jenis transisi, dan aksesoris yang berbeda.

Eksterior Terios cenderung lebih banyak dibubuhi aksen chrome, berkebalikan dengan Rush. Sementara dari segi interior, dua-duanya sama-sama bisa mengangkut maksimal 7 orang.

Akan tetapi, Rush lebih unggul dari sisi kenyamanan karena mempunyai headrest di bagian tengah pada kursi penumpang barisan kedua.

Model tertinggi Rush dan Terios pun disertai dengan beragam fitur keselamatan, antara lain: ABS, EBD, VSC, HSA, EBS (emergency brake signal), serta dual SRS Airbag.

Akan tetapi, Rush memiliki fitur tambahan lain seperti 6 airbag–termasuk di pinggir kabin–serta penanda pemakaian sabuk pengaman bagi seluruh penumpang dan pengemudi.

Persamaannya, Rush dan Terios mampu melahirkan 103 tenaga kuda dan torsi 136 Nm karena dibekali mesin berkekuatan 1.500 cc berbentuk 4 silinder segaris 16-katup DOHC berkode 2NR-VE. 

Toyota Calya vs Daihatsu Sigra

Toyota Calya terbaru memiliki mesin 3NR berkapasitas 1.197 cc, dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i serta 4 silinder segaris.

Dengan begitu, mobil itu bisa menghasilkan tenaga maksimal 88 PS dalam tiap 6.000 RPM dan torsi maksimal 11 Kgm per 4.200 RPM.

Di sisi lain, Daihatsu Sigra hadir dengan dua opsi mesin, yaitu 1KR-VE 1.000 cc dengan 3 silinder pada varian D dan M serta mesin 1.1L 3NR-VE 1.200 cc pada varian R dan X.

Jenis mesin pertama bisa melahirkan tenaga 66 daya kuda bertorsi maksimal 89 Nm. Sementara mesin 1.2L mampu menghasilkan tenaga 87 Hp bertorsi 108 Nm.

Karena beda pangsa pasar, harga mobil Daihatsu Sigra lebih murah dari Toyota Calya. Sigra dijajakan mulai dari Rp122,8 juta hingga Rp166,2 juta–tergantung varian dan lokasi penjualannya.

Sementara itu, harga mobil Calya berada di kisaran Rp146,2 juta sampai Rp167,5 juta. Simak pula ulasan mengenai perbedaan Calya dan Sigra di artikel Lifepal lainnya!

Toyota Avanza vs Daihatsu Xenia

Velg Avanza cenderung standar, berbeda dengan Xenia yang memiliki velg polished A/W yang menciptakan kesan maskulin. Namun, keduanya juga diberkahi platform yang memperketat kenyamanan, yakni DNGA dan TNGA.

Nah dalam memilih velg mobil terbaik untuk kendaraanmu, kamu harus lakukan secara saksama. Sesuaikan kompatibilitasnya dengan spesifikasi mobilmu. Selain itu, tentu kamu harus sesuaikan juga dengan anggaran.

Pada sisi interiornya, dasbor mobil Xenia tampak lebih sporty daripada Avanza. Untuk fitur terbaru, Avanza menghadirkan pengingat penggunaan sabuk pengaman.

Sementara Xenia kini dilengkapi card holder. Dari segi setir, Xenia baru didukung oleh tilt steering, sedangkan Avanza sudah punya fitur tilt & telescopic.

Toyota Agya vs Daihatsu Ayla

Harga Toyota Agya lebih tinggi dari Daihatsu Ayla. Agya dijual mulai dari Rp149,2 juta sampai Rp170,7 juta. Sementara kisaran harga mobil Ayla adalah Rp107,6 juta hingga Rp166,7 juta.

Bukan hal aneh, sebab Agya didukung oleh mesin berkapasitas 1.197 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 87 hp dengan torsi 108 Nm. Di sisi lain, kapasitas mesin Ayla hanya 998 cc dengan tenaga maksimal 64 hp dan torsi 86 Nm.

Toyota Yaris vs Daihatsu Sirion

Dari segi harga, Daihatsu Sirion ditawarkan mulai Rp207,8 juta sampai Rp223,1 juta. Sementara harga Toyota Yaris jauh lebih mahal, berkisar di antara Rp290,1 juta sampai Rp319 juta.

Mobil Sirion berbekal mesin 1.3L 1.329 cc yang mampu menghasilkan kekuatan maksimal 94 hp bertorsi 120 Nm, sedangkan Yaris memiliki mesin 1.5L 1.496 cc yang lebih kuat (maksimal 1006 hp) dengan torsi 140 Nm.

Sistem pasokan bahan bakar pun berbeda. Di mana Sirion dibekali dengan sistem EFI, sedangkan Yaris memanfaatkan injeksi bahan bakar.

Jadi, setelah mempelajari informasi secara terperinci, mana yang akan kamu pilih: Toyota atau Daihatsu?

Tips dari Lifepal! Sebelum membeli mobil, pastikan kamu cermat dalam membandingkan harga dan spesifikasi mobil tersebut.

Terkadang mobil yang terlihat sangat mirip, memiliki harga berbeda cukup jauh. Hal ini karena tentu harga mobil tidak hanya ditentukan dari tampilan luarnya saja, tapi juga setiap komponennya.

Selain itu, apa pun mobil yang kamu pilih, hal yang paling penting sebenarnya adalah memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Bingung pilih mobil yang sesuai kebutuhanmu? Cek dengan kalkulator jenis mobil berikut ini yuk!

Pentingnya asuransi mobil

Saat membeli mobil, jangan lupa pikirkan juga soal perawatannya. Pastikan untuk selalu melakukan servis rutin setiap waktu yang sudah ditentukan.

Apabila merasa ada yang salah dengan mobilmu, lebih baik segera juga cek ke bengkel terdekat. Nah yang tidak kalah penting lainnya adalah miliki asuransi mobil untuk melindungi mobil kesayanganmu.

Asuransi mobil apa yang cocok untuk kamu? Coba cek dengan kuis asuransi mobil terbaik berikut berikut ini!

Memiliki asuransi mobil ini sangat penting untuk menghindarkan kamu dari kerugian finansial yang besar apabila kamu mengalami kecelakaan atau kehilangan. 

Besaran premi untuk asuransi mobil beragam dan disesuaikan dengan harga kendaraan, wilayah tempat kamu tinggal, serta manfaat yang kamu inginkan. Jadi dijamin tidak akan memberatkan. 

Dapatkan penawaran terbaik untuk asuransi mobil di Lifepal. Diskon hingga 25%!

Pertanyaan seputar Toyota vs Daihatsu

Agya dijual mulai dari Rp149,2 juta sampai Rp170,7 juta. Jika kamu menginginkan mobil serupa, kamu bisa memilih Daihatsu Ayla yang kisaran harganya  adalah Rp107,6 juta hingga Rp166,7 juta. Baik Toyota vs Daihatsu memiliki kelebihan pada produknya masing-masing.
Risiko seperti kecelakaan hingga kecelakaan tidak dapat kamu hindari sepenuhnya. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mengalami kerugian finansial yang cukup besar. Namun jika kamu memiliki asuransi kendaraan, kamu akan terhindar dari kerugian finansial tersebut tentunya.