Ukuran Mobil APV Arena dan Luxury serta Spesifikasi Lainnya

ukuran mobil apv

APV merupakan singkatan dari All Purpose Vehicle. Suzuki termasuk pabrikan mobil yang menciptakan kendaraan ini. Bentuk dan ukuran mobil APV membuat mobil ini termasuk kendaraan yang sangat cocok digunakan sebagai mobil keluarga.

Jenis Mobil APV

Suzuki APV diproduksi pada 2004-2005 dengan beberapa tipe yang tersedia, yaitu tipe X, L dan X A/T untuk tipe mobil tertinggi.

Langkah ini dilakukan guna memenuhi permintaan akan mobil keluarga yang cukup tinggi kala itu sedangkan untuk tipe terendah tersedia tipe E dan A.

Suzuki APV Arena

Suzuki APV mendapatkan facelift pada November 2007 dan diberi nama APV Arena. Mobil ini tersedia dalam tiga tipe: GL, GX dan SGX.

Suzuki APV Luxury

Pada 2009, diluncurkan versi termewah khusus untuk pasar Indonesia yang berbasis dari APV Arena SGX dengan nama APV Arena Luxury.

Pada 2014, APV Arena Luxury mendapatkan facelift dan mengubah tampilannya menjadi lebih mewah dengan body kit dan aksen chrome di bagian eksterior.

Dimensi dan ukuran mobil APV

Sebagian besar produsen otomotif di dunia membuat mobil minibus kelas premium dengan desain boxy semi bonnet.

Dimensi Mobil APV

Sebagai kendaraan keluarga, ukuran APV berdimensi yang lapang dan lega. Ukuran APV. Dengan kapasitas seat delapan orang, APV memiliki total lima pintu. Jelas ini akan memudahkan mobilitas penumpangnya, bukan?

Ukuran APV

Ukuran APV yang diciptakan Suzuki berbeda-beda, antara yang APV Arena dan APV Luxury.

1. Ukuran mobil APV Arena

APV Arena memiliki jarak poros roda 2.625 mm sedangkan lebar mobil APV Arena adalah mencapai 1.655 mm dan tinggi mobil Suzuki APV Arena adalah 1.855 mm

2. Panjang mobil APV Arena

Dibandingkan dengan APV Luxury, mobil APV Arena lebih pendek, yakni 4.155 mm. Sementara APV Luxury memiliki panjang 4.300 mm.

3. Ukuran mobil APV Luxury

APV Luxury memiliki ukuran yang lebih besar dengan panjang berukuran 4.300 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.866 mm, serta jarak poros roda 2.625 mm.

4. Ukuran ban mobil Suzuki APV

Ukuran ban mobil APV standar adalah 14 inci. Adapun untuk Suzuki APV Luxury memiliki ukuran ban 15 atau 17 inci.

5. Ukuran tekanan ban Mobil APV

Agar tak limbung dan meminimalkan getaran, ukuran angin ban mobil APV, ukuran angin ban yang cocok yaitu 30 Psi hingga 32 Psi.

6. Ukuran stir mobil APV

Ukuran stir mobil APV pada dasarnya tak jauh beda dengan mobil sekelasnya. Diameter stir mobil APV adalah sekitar 37 sentimeter.

7. Ukuran wiper mobil APV

Pada dasarnya ukuran wiper mobil berbeda-beda, tergantung dengan ukuran, kerangka, dan jenis mobil. Untuk mobil APV, ukuran wiper yang biasa dipakai adalah 20 dan 18.

8. Ukuran aki mobil Suzuki APV

Ukuran aki mobil APV adalah yang berkapasitas 45 Ah (Ampere Hour) dengan tegangan sebesar 12 Volt.

9. CC Mobil APV

Bicara soal spesifikasi, mesin Suzuki APV Arena ini ditenagai dua pilihan mesin bensin berkapasitas 1493 CC.

Sementara Suzuki APV New Luxury menggunakan mesin lama G15A SOHC berkapasitas 1500 CC.

Interior Mobil APV

Sebagai mobil dengan kapasitas penumpang hingga delapan orang, tentunya mobil APV dalamnya berupa ruang kabin yang luas.

Untuk dua jok kursi di bagian depan didesain captain seat yang dapat memberikan kenyamanan baik bagi pengemudi dan penumpang mobil saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Untuk varian APV Luxury, memiliki speedometer berwarna hitam. Speedometer ini tentunya dapat memberikan berbagai informasi penting pada pengemudi mengenai mobilnya.

Eksterior Mobil APV

Baik APV Arena maupun APV Luxury memiliki desain eksterior yang terkesan simpel, tetapi tetap terlihat menarik.

Pada bagian depan, terdapat grill radiator yang berukuran cukup besar dan memiliki aksen krom di bagian atas dan bawahnya.

Selain itu, turut disematkan lampu depan yang didesain menyatu dengan gril mobil ini sehingga bagian depan APV terlihat menawan serta stylish.

Di bagian belakang, disematkan rear spoiler berukuran sedang dan lampu belakang yang cukup besar, serta bumper belakang berdesain kokoh.

Warna Suzuki APV

Suzuki menyediakan lima warna varian APV. Kelima warna mobil APV itu masing-masing adalah Cool Black Metalic, Burgundy Pearl, Silky Silver Metallic, Graphite Grey Metallic, dan Radiant Red.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil APV

Saat ini, mobil APV memang sudah tak begitu banyak diminati. Akan tetapi, mobil jenis ini pernah menjadi bintang di kelasnya.

Kelebihan Suzuki APV adalah memiliki kabin yang luas. Desain boxy membuat head room yang cukup tinggi serta ruang kaki yang cukup lega.

Kursinya pun berbahan fabric dan leather memberikan kenyamanan pada penumpangnya.

Sementara untuk kelemahan APV yang harus kamu tahu adalah minimnya fitur keselamatan seperti airbag, rem ABS, dan EBD.

Selain itu, penggunaan per keong sebagai suspensi belakang dirasa terlalu empuk. Ini membuat Suzuki APV masih limbung ketika digunakan pada kecepatan menengah hingga tinggi.

Lindungi kendaraanmu dengan asuransi

Saat membeli mobil baru, jangan lupa juga cari tahu soal asuransi mobil untuk proteksinya. Baik mobil baru maupun bekas juga butuh asuransi lho.

Risiko seperti kecelakaan dan kehilangan itu tidak dapat sepenuhnya dihindari. Asuransi mobil memberikan pertanggungan apabila risiko tersebut terjadi.

Secara umum terdapat dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi TLO dan all risk. Asuransi all risk dapat menanggung kerusakan kecil hingga besar, sedangkan asuransi TLO hanya memberikan pertanggungan apabila kerusakan lebih dari 75% atau terjadi kehilangan.

Mana yang cocok untuk kendaraan kamu? Cek di sini!

Tips dari Lifepal! Ukuran mobil memang jadi salah satu indikator yang penting diperhatikan sebelum kamu membelinya.

Ini akan terkait dengan banyak hal, misalnya untuk kepentingan apa kamu menggunakan mobil tersebut atau lokasi di mana kamu akan menyimpan mobil tersebut.

Jika kamu memiliki garasi yang kecil, tentu mobil APV yang ukurannya cukup besar jadi kurang cocok bukan.

Jadi sebelum membeli mobil, pastikan kamu mengetahui spesifikasinya dengan jelas agar bisa mendapatkan mobil yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Pertanyaan seputar Suzuki APV

Panjang mobil APV adalah yakni 4.155 mm untuk APV Arena, sedangkan APV Luxury memiliki panjang 4.300 mm.
Asuransi kendaraan memberikan pertanggungan apabila terjadi risiko seperti kecelakaan dan kehilangan. Kamu bisa memilih antara asuransi TLO dan asuransi all risk, sesuai kebutuhanmu. Pilihan ini juga biasanya menyesuaikan usia kendaraanmu. Dapatkan penawaran khusus dan diskon hingga 25% untuk asuransi kendaraan di Lifepal!
Artikel Terkait Lainnya
Artikel terkait tidak ditemukan