VW Tiguan Allspace: Harga, Varian, dan Spesifikasinya

vw tiguan

VW Tiguan Allspace termasuk SUV brand Eropa dengan platform MQB modular transverse matrix. Dengan platform tersebut, produk keluaran SUV VW Group pertama ini diklaim mampu meningkatkan performa pada kendaraan.

Secara spesifikasi, VW Tiguan Allspace lebih ringan dibandingkan model sebelumnya meski memiliki kapasitas penumpang lebih besar. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai VW Tiguan satu ini, berikut ulasan lengkapnya.

Harga VW Tiguan Allspace

Sejak awal diluncurkan pada GIIAS 2019, VW Tiguan harga masih di bawah Rp700 juta meski fitur yang dihadirkan cukup menarik. Namun, faktanya VW Tiguan Allspace Indonesia telah mengalami dua kali kenaikan harga.

Pertama, harga VW Tiguan pada tahun 2020 menjadi Rp625 juta dari yang tadinya hanya Rp598 juta di awal kemunculan. Sementara untuk harga VW Tiguan 2021, harganya sudah kembali naik menjadi Rp648 juta.

Akan tetapi, jika kamu tertarik ingin membeli mobil VW Tiguan 2022 di bulan Januari dengan NIK 2020, maka akan mendapatkan diskon sebesar Rp50 juta. Dengan begitu, harga jual mobil satu ini kembali seperti pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2019 silam.

Soal pilihan warna, VW Tiguan Allspace bekas maupun baru cukup banyak. Beberapa warna yang dapat dipilih, yakni Deep Black, Candy White, Slick Blue, Indium Grey, serta Reflex Silver.

Brand VW memang telah dikenal sebagai mobil rakyat karena kemampuan dari fitur yang disediakan. Karena itu, banyak yang tertarik dengan mobil satu ini, termasuk membeli VW Tiguan bekas.

Varian VW Tiguan Allspace

Volkswagen atau VW tidak terlalu banyak memiliki varian. Namun, SUV VW Tiguan Allspace kali ini mengeluarkan sport edition yang diperkenalkan oleh PT Garuda Mataram Motor atau GMM, selaku Agen Pemegang Merek VW di Indonesia.

VW Tiguan Allspace: The Sport Edition disebut sebagai edisi khusus dan terbatas. Pasalnya, varian VW satu ini diluncurkan di Indonesia dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia.

Jika ingin membeli, VW Tiguan Allspace: The Sport Edition sudah dijajakan di seluruh dealer VW Indonesia sejak awal Agustus 2021. Dengan membeli VW Tiguan varian ini, kamu juga akan mendapatkan nomor edisi khusus sebagai tanda ekslusifitas.

Untuk perbedaan dengan varian lainnya, VW edisi sport memiliki beberapa perubahan. Perubahan yang dimiliki, antara lain bumper depan yang sporty, bumper belakang mobil full body colour, trim pintu sewarna dengan body, diffuser memiliki warna hitam, spoiler atas berwarna hitam, dan cover spion sewarna dengan body.

Harga jual VW Tiguan Allspace: The Sport Edition yang ditawarkan adalah Rp685 juta. Namun, harga ini hanya berlaku on the road Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek saja.

Spesifikasi VW Tiguan Allspace

Hadir dengan nama Allspace, VW Tiguan diketahui memiliki tiga baris kursi sehingga mampu mengangkut hingga tujuh penumpang. Selain pertambahan kapasitas ini, VW Tiguan Indonesia juga memiliki spesifikasi yang cukup menarik, di antaranya sebagai berikut:

Mesin Volkswagen Tiguan Allspace

Seperti yang sudah dijelaskan, generasi kedua dari Volkswagen Tiguan ini dibangun dengan basis platform MQB atau Modular Transverse Matrix. Di balik kap mobil, terdapat mesin 4-silinder TSI dengan kapasitas 1.400 cc.

Kapasitas inilah yang membuat VW Tiguan Allspace mampu menghasilkan tenaga 150 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 3.500 rpm melalui transmisi 6-speed kopling ganda atau DSG plus shift paddles.

Dengan begitu, mobil ini mampu berakselerasi 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 9,5 detik dengan kecepatan puncak hingga 202 km/jam. Perlu diketahui, Tiguan Allspace juga didukung oleh fitur Adaptive Chassis Control.

Fitur tersebut memberikan pilihan mode pengendaraan sesuai kebutuhan pengemudi. Hal ini menjadikan sistem peredaman suspensi beradaptasi secara elektronik sesuai dengan pilihan dari pengendara.

Fitur VW Tiguan Allspace

Berbicara tentang fitur, VW Tiguan Allspace diketahui memang cukup lengkap. Segudang fitur mumpuni dimiliki oleh VW satu ini, salah satunya fitur keselamatan yang unik.

Fitur keselamatan yang dimiliki oleh VW Tiguan Allspace adalah Automatic Post Collision Brake System. Dengan adanya input sensor dari airbag, fitur Automatic Post Collision Brake System akan bekerja dengan menghindari benturan agar tidak semakin parah.

Secara otomatis, pengereman akan dimulai setelah kendaraan mengalami tabrakan. Tidak hanya itu, pengereman juga akan dipercepat untuk meminimalkan benturan yang mungkin dapat terjadi selanjutnya.

Fitur keselamatan lainnya pada Tiguan Allspace, yakni kamera 360 derajat “Area View”, Electronic Stability Control atau ESC, serta 6 buah airbag. Tak ketinggalan pula, terdapat fitur The Parking Assist System yang memungkinkan parkir semi-otomatis untuk posisi depan dan samping.

Selanjutnya, mobil juga dilengkapi dengan Tire Pressing Monitor, 3 Zone Climatronic, dan Electronic Parking Brake. Pada Electronic Parking Brake, fitur ini menggunakan Auto Hold dan ISOFIX untuk penggunaan tempat duduk anak.

Interior Volkswagen Tiguan Allspace

Tambahan Allspace pada Volkswagen Tiguan secara otomatis membuat dimensi semakin membesar. Tiguan Allspace memiliki tiga baris bangku, namun lebih cocok disebut sebagai mobil dengan konfigurasi 5+2 ketimbang seven seater.

Pasalnya, ruang di baris ketiga sangat sempit sehingga hanya bisa ditempati oleh anak-anak. Nah, apabila jok pada baris ketiga tidak dipakai, maka bisa dilipat rata ke lantai dengan pembagian 50:50. 

Dengan melipat kedua bangku pada baris ketiga, hal ini akan menghasilkan ruang bagasi yang lebih luas dan panjang. Untuk bangku baris kedua, akan mendapatkan legroom dan headroom sehingga tetap nyaman ditempati oleh orang dengan postur tinggi 175 cm.

Penumpang pada baris kedua juga semakin diistimewakan karena dapat mengatur sendiri suhu AC untuk penumpang di belakang. Tak lupa, terdapat pula meja lipat yang hinggap di belakang bangku pengemudi dan penumpang depan.

Soal interior secara keseluruhan, Tiguan Allspace tidak perlu diragukan karena dipenuhi dengan material berkualitas tinggi, khas mobil Jerman. Pada dasbor, material empuk dipakai di mana terdapat sentuhan panel hitam di sekitar head unit dan panel dasbor di bagian penumpang.

Lingkaran kisi pada AC juga memiliki sentuhan aluminium sehingga membuat tampilan dasbor menjadi lebih terlihat elegan. Nah, untuk dasbor-nya, UW Tiguan Allspace tampak masih bermain aman dengan desain.

Sebab, desain dasbor Tiguan Allspace ini tidak memberikan kesan yang istimewa namun bukan berarti jelek apalagi kuno. Berkat pemakaian material berkualitas tinggi, membuat desain dasbor tetap memiliki kesan elegan sehingga tidak dianggap sebagai sebuah kekurangan.

Selanjutnya, bagian jok masih menggunakan bahan kulit yang tentunya lembut dan berkualitas. Selain lembut, hal lain yang membuat jok Tiguan Allspace semakin nyaman diduduki adalah karena busanya empuk dan mampu menopang tubuh dengan sempurna.

Setir pada VW Tiguan Allspace juga dibalut dengan kulit yang sangat nyaman untuk digenggam dan terasa premium. Setir yang dipakai adalah model palang tiga dengan flat bottom sehingga tidak hanya nyaman digenggam namun juga enak dilihat karena memiliki kesan sporty.

Eksterior Volkswagen Tiguan Allspace

VW Tiguan Allspace sendiri memiliki dimensi panjang 4.486 mm, lebar 1.839 mm, serta tinggi 1.632 dengan wheelbase 2.681 mm. Meski dimensi lebih besar, namun Tiguan Allspace nyatanya lebih ringan 50 kilogram dibandingkan dengan model yang terdahulu.

Sementara itu, VW Tiguan Allspace memberikan ruang kabin yang lebih lapang. Volkswagen satu ini juga diketahui membuat jarak sumbu roda Tiguan Allspace sebesar 77 mm.

Menariknya, desain khas Volkswagen cukup sederhana tapi tetap enak dipandang. Tampilan semakin terlihat menarik dengan bentuk lampu utama LED yang turut dilengkapi daytime running light atau DRL. 

Pada bumper Tiguan Allspace, disertai dengan tambahan motif trapesium di mana membangun aura sporty semakin terlihat. Untuk bagian belakang, desain lampu dibuat futuristik dengan teknologi LED yang membuat Tiguan Allspace menjadi menarik dan unik.

Grille pada VW Tiguan Allspace juga dibalut dengan warna krom yang seolah-olah dibuat menyatu dengan lampu utama pada mobil. Adapun, untuk membuat Tiguan Allspace terlihat lebih sporty, maka mobil ini menggunakan velg 18 inci Nizza Alloy Wheels. 

Walau memiliki desain yang dominan mengotak, VW tetap berusaha untuk membuat eksterior Tiguan Allspace tampak sporty. Karena itu, VW menyematkan roof rail dan sepasang lubang knalpot pada Tiguan.

Dengan berbagai upaya ini, telah membuat eksterior VW jadi terlihat sporty. Sebab, pada dasarnya VW Tiguan Allspace memang sudah didesain maskulin sehingga tidak memerlukan banyak sentuhan untuk mengeluarkan sisi sporty-nya.

Pilihan Transmisi VW Tiguan Allspace

VW Tiguan Allspace yang ditawarkan oleh PT Garuda Mataram Motor hanya memiliki satu pilihan varian transmisi manual. Transmisi tersebut dilengkapi Direct-shift Gearbox atau DSG 6-percepatan tiptronic.

DSG ini adalah nomenklatur Volkswagen untuk menyebut teknologi girboks kopling ganda. Untuk kopling ganda sendiri, pada dasarnya merupakan girboks manual yang dioperasikan secara otomatis dengan menggunakan kontrol komputer.

Girboks pada Tiguan Allspace menggunakan aktuator yang disebut mechatronic dengan ECU sebagai otak dalam proses perpindahan gigi. Karena itu, secara struktur akan mirip dengan transmisi pada motor manual namun dilengkapi dua buah kopling mekanis.

Untuk masing-masing kopling, akan terhubung dengan perbandingan gigi yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan pelat kopling ke gigi berikutnya pada saat sedang dioperasikan dalam gigi tertentu.

Karena itu, apabila kopling pertama terhubung oleh gigi 1,3, dan 5, maka kopling kedua akan berada di gigi 2, 4, dan 6. Dengan begitu, perpindahan gigi VW Tiguan Allspace menjadi terasa lebih responsif dan minim gejala selip.

Terlepas dari transmisi kopling ganda, VW Tiguan Allspace tetap sebuah SUV yang menyenangkan untuk dikendarai, terutama dalam mode Sport. Ketika berada dalam mode Sport, mobil akan terasa seperti mengeluarkan kemampuannya.

Beberapa perbedaan yang dirasakan pengemudi disebabkan karena bobot setir menjadi lebih berat, respon gas lebih sensitif, transmisi bekerja lebih cepat, dan raungan mesin yang lebih terdengar.

Satu hal lagi yang dirasakan saat mengendarai Tiguan Allspace dalam mode Sport, yakni remnya terasa lebih padat. Meskipun demikian, bukan berarti rem menjadi kurang pakem. Sebab, apabila pedal rem tidak menginjak, mobil sudah bisa berdeselerasi dengan halus tanpa menimbulkan efek hentakan.

Tips dari Lifepal! Jika kamu hendak membeli mobil VW Tiguan, kamu bisa mencari tahu informasi detail harga dengan membaca kembali atau melihat ulasan di berbagai platform, ya!

Gunakan perlindungan dari asuransi mobil

Berkendara di jalanan bukannya tanpa resiko, kejadian seperti tabrakan atau terserempet pengendara lain bisa terjadi kapanpun. Tentunya, selain keselamatan kerugian finansial juga tidak bisa dihindari. 

Karena itu, kamu perlu memberikan perlindungan finansial dengan asuransi mobil yang dapat mengcover biaya perbaikan akibat kecelakaan. Asuransi mobil dapat memberikan penggantian biaya servis di bengkel akibat kerusakan kecil maupun besar. 

Cari tahu di Lifepal rekomendasi asuransi mobil terbaik dan bandingkan sendiri manfaat pertanggungan yang ditawarkan. Dapatkan diskon hingga 20% dan layanan gratis untuk klaim. 

Bila kamu masih bingung dalam menentukan asuransi kendaraan yang tepat, ikuti kuis dari Lifepal berikut ini. Setelah itu, hitung perkiraan biaya premi asuransinya dengan kalkulator. 

Pertanyaan seputar VW Tiguan

Bagi penggemar dunia otomotif, VW tentu bukan lagi hal yang asing. VW merupakan singkatan sebuah merek mobil yang kepanjangannya adalah ‘Volkswagen‘. Volkswagen berasal dari Bahasa Belanda yang memiliki arti kendaraan untuk rakyat.
Asuransi mobil dapat melindungi keuanganmu dari biaya perbaikan dan perawatan kendaraan yang harganya cukup mahal. Dengan mengasuransikan kendaraan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat servis mobil di bengkel rekanan perusahaan asuransi.