JMA Syariah

4 / 5.0 (11.506 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi JMA Syariah

PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi TBK, (JMA Syariah) adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa syariah yang didirikan oleh KOSPIN Jasa serta para pelaku Koperasi Indonesia. Saat ini produk-produk asuransi yang memiliki label syariah semakin banyak dicari oleh calon konsumen. 

Tidak heran jika produk-produk asuransi syariah yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi dengan syariat syariah bersaing dengan perusahaan asuransi konvensional lainnya. Kehadiran asuransi syariah saat ini memang belum sepopuler layaknya produk asuransi konvensional.  

Namun keuntungan yang didapatkan dari asuransi syariah tidak kalah menguntungkan dengan asuransi konvensional pada umumnya. 

Oleh karena itu tujuan hadirnya JMA Syariah dapat dan mampu mengajak serta melayani banyak masyarakat dalam mengelola keuangannya melalui kegiatan ekonomi dengan syariat syariah. 

Ringkasan

  • (+) Memiliki sejumlah produk asuransi untuk perorangan maupun untuk perusahaan
  • (+) Memiliki rekanan rumah sakit cukup banyak, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa. 
  • (+) Memberikan manfaat di setiap produk proteksi maupun investasinya.
  • (-) Tidak memiliki produk proteksi wakaf layaknya asuransi syariah lainnya. 

Sekilas tentang JMA Syariah

PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, (JMA Syariah) adalah perusahaan asuransi jiwa syariah yang didirikan oleh KOSPIN JASA dan para pelaku ekonomi Koperasi Indonesia. 

Tujuan didirikannya adalah untuk mengajak dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam mengelola keuangannya melalui kegiatan ekonomi syariah.

PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, (JMA Syariah) sendiri berdiri pada tanggal 15 Agustus 2014 dengan akta No 22 dari Notaris dan telah mendapatkan pengesahan beserta akta perubahan terakhir dengan No. 102 pada 26 Juni 2015 silam.

Tidak hanya itu saja, JMA Syariah juga telah mendapatkan pengesahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan No. KEP-96/D.05/2015 untuk beroperasi sebagai asuransi jiwa syariah pada September 2015. Belum genap 5 tahun hadir sebagai perusahaan asuransi yang menyodorkan produk asuransi syariah, PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk,.

PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, didirikan pada 15 Agustus 2014 dengan akta No. 22 dari notaris dan telah mendapatkan pengesahan beserta akta perubahan terakhir dengan No. 102 pada 26 Juni 2015 silam.

Selain itu, JMA Syariah juga telah mendapatkan pengesahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-96/D.05/2015 untuk menjalankan usahanya serta beroperasi sebagai asuransi jiwa syariah pada September 2015.

Laporan keuangan berikut dikutip dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi JMA Syariah. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak. Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016).

Untuk JMA Syariah sendiri memiliki catatan keuangan perusahaan sebagai berikut:

  • Rasio solvabilitas Dana Tabarru' dan Dana Tanahud: 6714,70 persen
  • Rasio solvabilitas Dana Perusahaan: 993,79 persen
  • Total aset : Rp 179,014 miliar

Dari Laporan Keuangan Tahunan PT AJS Jasa Mitra Abadi Tbk di 2018 bahwa perusahaan ini mampu memenuhi standarisasi yang ditentukan oleh Jasa Otoritas Keuangan.

 
 

Review Produk Unggulan Individu

PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, menghadirkan berbagai produk asuransi yang bisa dijadikan referensi anda sebagai salah satu cara untuk memproteksi diri perorangan. Mulai dari asuransi pendidikan untuk putera dan puteri anda, selanjutnya asuransi untuk kebutuhan dana di hari tua alias pensiun, tidak hanya itu JMA Syariah juga menawarkan produk asuransi kesehatan dengan segudang manfaat.

JMA Asyifa

JMA Asyifa merupakan salah satu produk unggulan yang ada di JMA Syariah. Produk yang diperuntukkan individu ini merupakan asuransi kesehatan yang memberikan penggantian biaya perawatan rawat inap bagi peserta. 

Peserta akan mendapatkan penggantian biaya perawatan rawat inap pada periode asuransi. Penggantian yang diberikan nantinya disesuaikan dengan biaya perawatan, maksimal plan kamar pilihan peserta. 

JMA Mumtaza

JMA Mumtaza produk asuransi syariah yang satu ini memang diperuntukkan untuk individu demi tabungan masa depan. Produk ini menyediakan pola tahapan pensiun yang disesuaikan dengan kebutuhan dana hari tua peserta. 

Tidak hanya itu, produk asuransi syariah ini juga memberikan manfaat kepada ahli waris yang ditunjuk oleh peserta. Ahli waris akan mendapatkan 100% dari uang asuransi peserta, selain itu juga memperoleh akumulasi dana investasi peserta dan tidak lupa juga mendapatkan total tahapan pensiun peserta yang belum diterima. 

Review Produk Unggulan Kumpulan

Selain untuk kebutuhan individu, asuransi syariah milik JMA ini juga memiliki produk unggulan untuk keperluan proteksi diri bagi perusahaan yang membutuhkan demi karyawan. Misalkan produk unggulan dalam JMA Kumpulan ini terdapat asuransi kesehatan yang memberikan segudang manfaat bagi peserta kumpulan. Tidak hanya untuk keperluan perusahaan yang sifatnya niaga, JMA Kumpulan juga memiliki produk unggulan lainnya, salah satunya adalah untuk staf di instansi pendidikan. Produk unggulan lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh peserta kumpulan adalah produk asuransi menjamin masa hari tua peserta kumpulan. 

JMA Asyifa Care

JMA Asyifa Care merupakan salah satu produk asuransi kumpulan yang memberikan manfaat bagi pelayanan kesehatan. Asuransi kesehatan ini terbilang lengkap bagi peserta yang mendaftarkan diri. 

Pasalnya produk yang satu ini sangat komprehensif dengan memberikan manfaat rawat inap dan pembedahan, lalu ada rawat jalan, persalinan, perawatan gigi hingga kacamata. 

JMA Karima

JMA Karima merupakan produk asuransi yang memberikan proteksi jiwa bagi peserta kumpulan khususnya untuk lembaga pendidikan yang ditujukan untuk siswa atau para pengajar maupun staf administrasi. 

Nantinya peserta akan mendapatkan proteksi jika mengalami meninggal dunia bukan karena kecelakaan atau sakit, lalu juga meninggal dunia karena kecelakaan, luka atau cidera akibat kecelakaan. Selain itu produk asuransi ini juga memberikan manfaat bagi peserta yang mengalami cacat total atau sebagian akibat kecelakaan hingga menjalani rawat inap di rumah sakit baik karena sakit atau kecelakaan. 

JMA Sejahtera

Produk asuransi yang satu ini memang dirancang khusus bagi peserta kumpulan untuk hari tua. Peserta akan mendapatkan tunjangan hari tua apabila peserta mencapai usia pensiun 55 tahun, maka peserta akan mendapatkan tunjangan hari tua sebesar nilai tunai secara lumpsum. 

Tidak hanya itu, apabila peserta atau karyawan yang didaftarkan di produk asuransi ini mengalami meninggal dunia, maka ahli waris akan mendapatkan santunan duka sebesar nilai asuransi dan ditambah nilai tunai. 

Keunggulan lainnya, peserta yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan dalam masa asuransi maka peserta atau karyawan akan mendapatkan dana sebesar nilai tunai. 

 

Daftar Polis & Manfaat 

Mengutip langsung dari laman resmi jmasyariah.com, berikut deretan pilihan produk asuransi yang bisa dimanfaatkan oleh calon peserta sebagai bentuk peduli dalam memproteksi diri. Berikut pilihan produk asuransi PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, yang bisa anda pilih sebagai proteksi atau perlindungan diri untuk perorangan atau individu. 

JMA Individu

JMA ILMA

Premi: Rp300 ribu per bulan hingga Rp12 juta sekaligus.

Program asuransi dengan memberikan manfaat beasiswa berupa dana pendidikan. Program asuransi disesuaikan dengan kebutuhan putra-putri hingga ke jenjang perguruan tinggi.

JMA ILMA memberikan segudang manfaat bagi peserta yang mendaftarkan diri di produk asuransi ini, di antaranya:

Manfaat hidup

  • peserta dan penerima hibah hidup sampai akhir periode asuransi, oleh karena itu peserta asuransi akan mendapatkan manfaat sebesar tabel tahapan dan akumulasi dana investasi peserta di akhir periode asuransi.
  • Selain itu apabila akumulasi dana investasi peserta lebih kecil dari manfaat tahapan yang didapatkan oleh peserta, maka manfaat tahapan yang dibayarkan maksimal sebesar akumulasi dana investasi peserta.
  • Poin berikutnya adalah apabila peserta mengundurkan diri dalam periode asuransi, maka peserta akan menerima akumulasi dana investasi peserta.

Cacat Tetap Total

  • Peserta akan mendapatkan manfaat sebesar tabel tahapan yang diberikan sesuai jadwal tahapan.
  • Beasiswa tahunan sebesar 20% dari tahapan yang terakhir diterima di mana beasiswa tersebut diberikan di setiap awal tahun sampai diberikan di setiap awal tahun sampai dengan penerima hibah kelas 3 SMA.
  • Selain itu akumulasi dana investasi peserta.

Manfaat Ketika Meninggal Dunia

  • Di poin pertama, manfaat yang didapatkan adalah sebesar tabel tahapan yang diberikan sesuai dengan jadwal tahapan.
  • Beasiswa tahunan sebesar 20% dari tahapan yang terakhir diterima di mana beasiswa tersebut diberikan setiap awal tahun sampai dengan penerima hibah kelas 3 SMA.
  • Dana santunan sebesar 100% uang asuransi.
  • Akumulasi dana investasi peserta.

Adapun kontribusi yang harus dibayarkan oleh peserta jika tertarik mengambil polis ini, yakni minimal Rp300 ribu per bulan hingga Rp12 juta sekaligus. Untuk polis ini, peserta dapat membayarkan secara bulanan, triwulanan, semesteran, tahunan hingga sekaligus.

 

JMA Individu

JMA MUMTAZA

Produk yang satu ini memang dikhususkan bagi peserta yang memikirkan atau merencanakan keselamatan jiwa dengan merumuskan penyediaan pola tahapan pensiun dan tentunya disesuaikan dana hari tua anda.

Untuk usia pensiun 55 tahun peserta akan mendapatkan berbagai manfaat sebagai berikut:

  • 100% dari uang asuransi saat peserta 55 tahun.
  • 100% dari uang asuransi saat peserta berusia 70 tahun.
  • Tahapan pensiun sebesar 10% dari uang asuransi setiap tahun saat peserta menginjakkan usia 56 tahun sampai dengan 69 tahun.
  • Akumulasi dana investasi peserta.

^Untuk usia pensiun 60 tahun, peserta akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  • 100% dari uang asuransi saat peserta berusia 60 tahun.
  • 100% dari uang asuransi saat peserta menginjak usia 75 tahun.
  • Tahapan pensiun sebesar 10% dari uang asuransi setiap tahun saat peserta berusia 61 tahun sampai dengan 74 tahun.
  • Akumulasi dana investasi peserta.

Manfaat Meninggal Dunia

Untuk manfaat yang satu ini, apabila peserta meninggal dunia baik karena kecelakaan maupun bukan kecelakaan sebelum usia pensiun, maka ahli waris yang didaftarkan akan mendapatkan sejumlah manfaat sebagai berikut:

  • Akumulasi dana investasi peserta
  • 100% daru uang asuransi
  • Total tahapan pensiun yang belum diterima

Namun, apabila peserta meninggal dunia baik karena kecelakaan maupun bukan karena kecelakaan saat usia pensiun atau setelah usia pensiun, maka ahli waris akan mendapatkan Akumulasi Dana Investasi Peserta.

Pembayaran manfaat meninggal dunia akan dilakukan secara sekaligus kepada Ahli waris atau Penerima Manfaat. Untuk menginginkan polis yang satu ini, peserta diwajibkan untuk membayar kontribusi minimal Rp300 ribu per bulan hingga Rp12 juta sekaligus.

 

JMA Individu

JMA ASYIFA

Produk asuransi kesehatan individu yang memberikan penggantian biaya perawatan rawat inap dirumah sakit apabila peserta mengalami sakit pada periode asuransi. Penggantian yang diberikan sesuai dengan biaya perawatan, maksimal sebesar plan kamar diambil.

Manfaat yang ditawarkan untuk JMA Asyifa cukup menggiurkan bagi peserta ingin mendaftarkan, berikut deretan manfaat dari polis yang satu ini.

  • Perawatan, kamar, dan pakaian
  • Perawatan intensif
  • Kunjungan dokter rumah sakit
  • Konsultasi dokter spesialis
  • Operasi / pembedahan
  • Biaya aneka perawatan
  • One day care
  • Perawatan sebelum rawat inap
  • Perawatan setelah rawat inap
  • Perawatan pribadi di rumah
  • Ambulance
  • Pengobatan darurat rawat jalan
  • Pengobatan gigi
  • Santunan kematian

Adapun plan kamar yang harus dibayarkan peserta yakni minimum plan kamar Rp 150 ribu hingga maksimum plan kamar sebesar Rp1 juta.

 

JMA Individu

JMA SALAMA

Asuransi mikro dengan manfaat pertanggungan apabila meninggal dunia bukan atau karena kecelakaan dalam periode akad.

  • Meninggal dunia karena kecelakaan: Jika peserta yang didaftarkan meninggal dunia karena kecelakaan, maka ahli waris berhak mendapatkan santunan senilai Rp10 juta.
  • Meninggal dunia bukan karena kecelakaan: Untuk poin yang satu ini, jika peserta meninggal dunia lantaran bukan karena kecelakaan, maka ahli waris akan mendapatkan santunan sebesar Rp5 juta .

Untuk menikmati polis dan manfaat yang diberikan, peserta diharuskan mengeluarkan kontribusi sekaligus sebesar Rp50 ribu dengan masa asuransi 1 tahun.

 

JMA Individu

JMA AGHNIA

Asuransi individu dengan manfaat dana investasi dan pertanggungan apabila kecelakaan dan meninggal alami.

  • Memberikan asuransi dana investasi bagi peserta yang meninggal akibat kecelakaan maupun meninggal biasa.
  • Peserta yang meninggal akan menerima manfaat dalam masa kontrak asuransi 1 tahun dan dapat diperpanjang pada tahun berikutnya.

 

JMA Kumpulan

JMA Mitra Pembiayaan

JMA Mitra pembiayaan adalah produk asuransi syariah keluaran JMA Syariah yang membantu dan memberikan manfaat berupa pelunasan sisa pokok pembiayaan apabila peserta meninggal dunia dalam masa perjanjian asuransi. 

  • Menjamin peserta lantaran meninggal akibat kecelakaan maupun tidak dalam masa periode asuransi.
  • Peserta mendapatkan manfaat asuransi sebesar sisa pembayaran pokok atau sisa pinjaman pokok dan tidak termasuk tunggakan, denda, margin, atau biaya lainnya.
  • Untuk biaya kontribusi yang dikeluarkan biasanya disesuaikan dengan ilustrasi yang dibuat aktuari.

 

JMA Kumpulan

JMA Pembiayaan Tetap

JMA Pembiayaan Tetap adalah produk asuransi syariah besutan JMA Syariah bagi pelaku usaha untuk mendapatkan pinjaman modal bisnis. Dalam pelaksanaannya, JMA Pembiayaan Tetap memberikan manfaat asuransi sebesar manfaat awal apabila peserta meninggal dunia. 

  • Untuk yang produk JMA Kumpulan yang satu ini memberikan manfaat bagi peserta apabila peserta meninggal dunia baik karena kecelakaan maupun bukan karena kecelakaan dalam periode asuransi.
  • Mendapatkan manfaat asuransi sebesar manfaat asuransi awal.
  • Untuk polis JMA Pembiayaan Tetap, kontribusi yang harus dibayarkan sesuai dengan ilustrasi yang dibuat aktuari.

 

JMA Kumpulan

JMA Pembiayaan UMK

JMA Pembiayaan UMK adalah produk asuransi syariah milik JMA Syariah yang memberikan manfaat berupa pembiayaan pokok atau sisa pinjaman tapi tidak termasuk tunggakan, denda, bunga atau biaya lainnya. Apabila peserta meninggal dunia, maka akan mendapatkan manfaat selama peserta masih dalam periode asuransi. 

  • Memberikan manfaat apabila peserta meninggal dunia baik karena kecelakaan maupun bukan karena kecelakaan yang dialami oleh peserta dalam periode asuransi.
  • Di sini peserta akan mendapatkan manfaat asuransi sebesar sisa pembiayaan pokok atau sisa pinjaman pokok yang tidak termasuk tunggakan, denda, bunga atau lainnya.
  • Besar penurunan sisa pokok pinjaman adalah tetap (proposional) sepanjang periode asuransi yang didaftarkan oleh peserta.
  • Untuk besaran kontribusi JMA Pembiayaan UMK ini dibayarkan sesuai dengan ilustrasi yang dibuat aktuari.

 

JMA Kumpulan

JMA Karima

Diperuntukan dan dirancang untuk lembaga pendidikan. Manfaat asuransi kepada para siswa dan atau para pengajar atau staf administrasi berupa produk asuransi jiwa dan kecelakaan diri syariah dari JMA Syariah. 

Produk asuransi JMA Karima ini menjamin peserta atau bersangkutan bila mengalami musibah seperti:

  • Meninggal dunia bukan karena kecelakaan atau sakit
  • Meninggal dunia karena kecelakaan
  • Luka atau cedera akibat kecelakaan
  • Cacat tetap total atau sebagian diakibatkan karena kecelakaan
  • Menjalani rawat inap di rumah sakit baik itu karena sakit atau kecelakaan

 

JMA Kumpulan

JMA Sejahtera

Program asuransi yang satu dirancang khusus oleh JMA Syariah bagi peserta dalam mempersiapkan dana pensiun atau pesangon untuk karyawan sesuai dengan kebutuhan perseroan. 

Manfaat yang berikan oleh JMA Sejahtera adalah produk asuransi syariah mikro, berupa kartu mini, yang memberikan sejumlah manfaat apabila peserta mengalami musibah (meninggal dunia) sesuai dengan perjanjian.

  • Tunjangan Hari Tua: Dalam hal ini apabila karyawan hidup hingga mencapai usia pensiun (55 tahun), maka peserta akan mendapatkan tunjangan hari tua sebesar nilai tunai secara Lumpsum. Lumpsum adalah uang yang dibayarkan sekaligus dalam satu waktu, yang merupakan lawan dari serangkaian pembayaran yang dilakukan dari waktu ke waktu (dengan cara mengangsur).
  • Santunan Meninggal Dunia: Untuk yang satu ini, apabila karyawan mengalami meninggal dunia dalam masa asuransi, maka kepada ahli waris akan mendapatkan santunan duka sebesar nilai asuransi ditambah dengan nilai tunai.
  • Manfaat Pengunduran Diri: Di poin ini apabila karyawan mengundurkan diri dalam masa asuransi, maka peserta akan mendapatkan dana sebesar nilai tunai.
JMA Kumpulan

Asyifa Care

Produk JMA Syariah Kumpulan ini adalah produk asuransi kesehatan kumpulan yang memberikan penggantian biaya perawatan.

  • Rawat inap.
  • Rawat jalan.
  • Rawat gigi.
  • Persalinan.
  • Serta pembelian kaca mata kepada peserta selama periode asuransi.
 

Berita Terbaru Asuransi JMA Syariah

Mei 2019 - PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk. atau JMA Syariah membukukan laba bersih Rp552,9 miliar pada 2018. Berdasarkan laporan tahunan perusahaan, capaian tersebut meningkat 129,08% dibandingkan dengan 2017 saat perusahaan membukukan kerugian Rp1,9 triliun.

Perusahaan asuransi syariah pertama yang melantai di bursa tersebut membukukan kerugian komprehensif Rp908,7 juta pada 2018. Jumlahnya meningkat 30,2% dibandingkan dengan kerugian komprehensif pada 2017 senilai Rp1,30 miliar.

Direktur Utama JMA Syariah, Ibrahim, menjelaskan fluktuasi pasar modal turut memengaruhi kinerja perusahaan pada 2018. Meskipun begitu, capaian pertumbuhan yang positif membuat Ibrahim optimistis kinerja perusahaannya akan terus meningkat.

November 2019 - Komisaris Utama JMA Syariah, Moch Andy Arslan Djunaid menyebutkan bahwa pasar asuransi syariah masih sangat luas, sehingga guna mendorong kinerja perusahaan, maka JMAS terus memperkuat kerjasama dengan perbankan syariah, BPR Syariah dan BMT.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi JMA Syariah.

PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, atau yang lebih dikenal dengan JMA Syariah merupakan perusahaan publik yang bergerak di bidang asuransi jiwa syariah. Perusahaan ini didirikan pada 2014 silam oleh Kospin Jasa dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia di 2017 lalu. 

PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, (JMA Syariah) berdiri pada tanggal 15 Agustus 2014 dengan akta No 22 dari notaris dan telah mendapatkan pengesahan beserta akta perubahan terakhir dengan No. 102 pada 26 Juni 2015.

JMA Syariah juga telah mendapatkan pengesahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan No. KEP-96/D.05/2015 untuk beroperasi sebagai asuransi jiwa syariah pada September 2015.

Perusahaan asuransi JMA Syariah merupakan salah satu perusahaan asuransi yang memiliki syariat syariah berasal dari Indonesia. Perusahaan yang mendapatkan pengesahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada September 2015 ini, berdiri pada 2014 silam dan didirikan oleh Kospin Jasa serta mencatatkan dirinya di Bursa Efek Indonesia di 2017 lalu. 

Jika di asuransi konvensional kita mengenal istilah premi, untuk asuransi syariah peserta atau nasabah akan dikenakan kenakan kontribusi. 

 

Kontribusi istilah lain premi bagi asuransi syariah. Untuk JMA Syariah sendiri, kontribusi yang ditawarkan mulai dari Rp300 ribuan per bulannya bahkan mencapai belasan juta rupiah. 

Bagi calon peserta yang ingin mendapatkan layanan asuransi syariah JMA, bisa mendapatkannya secara online dengan langsung mengunjungi situs resmi dari JMA Syariah. 

 

Lewat situs resminya, calon peserta nantinya akan menemukan sederetan polis asuransi syariah yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Mulai dari yang untuk individu atau pribadi hingga kumpulan yakni karyawan, pegawai, anggota organisasi, serta relawan untuk mendapatkan perlindungan diri saat bekerja di sebuah perusahaan. 

Untuk pembayaran kontribusi asuransi JMA Syariah saat ini sangat memudahkan calon peserta maupun peserta yang sudah bergabung. Untuk lebih lanjutnya, cara pembayaran kontribusi asuransi JMA Syariah bisa dilihat di bawah ini: 

Setor Tunai

  1. Bagi nasabah Kospin Jasa, pembayaran Premi Pertama dapat dilakukan dengan cara setor tunai di kantor Kospin JASA terdekat.
  2. Tulis jumlah pembayaran kontribusi pertama dan biaya polis pada slip setoran.
  3. Cantumkan No. SPAJ dan nama peserta pada slip setoran.
  4. Simpan bukti pembayaran.
  5. Tidak dikenakan Biaya.

Transfer

  1. Bagi peserta Asuransi JMA Syariah, Pembayaran Premi Pertama dapat dilakukan dengan cara pembayaran transfer ke Rekening Bank Syariah Mandiri (BSM).
  2. Tulis jumlah pembayaran kontribusi pertama dan biaya polis pada slip transfer bank.
  3. Cantumkan No. SPAJ dan nama peserta pada slip transfer bank.
  4. Simpan bukti pembayaran.
  5. Dikenakan Biaya.

Melalui Net. Banking

  1. Peserta  sudah memiliki fasilitas net banking.
  2. Pilih menu “pembayaran”
  3. Masukan nomor SPAJ pada kolom pembayaran.
  4. Cetak dan simpan bukti transaksi pembayaran net banking.
  5. Dikenakan biaya.

Cara Bayar Kontribusi Lanjutan

Adapun cara yang harus dilakukan oleh peserta untuk melakukan pembayaran kontribusi lanjutan. Cara-cara tersebut diyakini akan memudahkan bagi peserta saat melakukan transaksi pembayaran kontribusi lanjutan, berikut penjelasan lengkapnya: 

Setor Tunai

  1. Bagi nasabah Kospin Jasa, pembayaran kontribusi lanjutan dapat dilakukan dengan cara setor tunai di kantor Kospin JASA terdekat.
  2. Tulis jumlah pembayaran kontribusi lanjutan pada slip setoran.
  3. Cantumkan No. Polis dan nama peserta pada slip setoran.
  4. Simpan bukti pembayaran.
  5. Tidak dikenakan Biaya.

Transfer

  1. Bagi peserta Asuransi JMA Syariah, Pembayaran kontribusi lanjutan dapat dilakukan dengan cara pembayaran transfer ke Rekening Bank Syariah Mandiri (BSM).
  2. Tulis jumlah pembayaran kontribusi lanjutan pada slip transfer bank.
  3. Cantumkan No. polis dan nama peserta pada slip transfer bank.
  4. Simpan bukti pembayaran.
  5. Dikenakan Biaya.

Melalui Net. Banking

  1. Peserta  sudah memiliki fasilitas net banking.
  2. Pilih menu “pembayaran”.
  3. Masukan nomor polis pada kolom pembayaran.
  4. Cetak dan simpan bukti transaksi pembayaran net banking.
  5. Dikenakan biaya.
  6. Autodebet (masih dalam proses).
  7. ATM Virtual Account (masih dalam proses).

Untuk klaim asuransi JMA Syariah, peserta nantinya akan dimintai dokumen-dokumen pendukung untuk memenuhi persyaratan klaim asuransi syariah yang dimiliki. 

Persyaratan Dokumen Klaim

Bagi peserta yang akan mengajukan klaim, diharuskan untuk melengkapi dokumen klaim agar proses klaim berjalan dengan mudah dan lancar sesuai dengan keinginan peserta. 

Dokumen Utama

  1. Formulir Pengajuan Klaim yang diisi lengkap oleh ahli waris (Form disediakan oleh JMA Syariah).
  2. Copy ID pemegang polis.
  3. Copy ID peserta.
  4. Kartu/sertifikat/bukti kepesertaan lainnya / bukti pembayaran.

Dokumen Tambahan

Meninggal Sakit

  1. Asli / fotocopy dilegalisir surat keterangan meninggal dari lembaga pemerintah (kelurahan / kecamatan) atau KBRI jika meninggal di luar negeri.
  2. Formulir pernyataan untuk klaim meninggal (Form disediakan oleh JMA Syariah).
  3. Kronologis kematian (Form disediakan oleh JMA Syariah).
  4. Formulir Surat Keterangan Dokter untuk klaim meninggal dunia (jika meninggal dalam perawatan dokter/RS) (Form disediakan oleh JMA Syariah).
  5. Surat keterangan ahli waris yang dikeluarkan oleh Website di jmasyariah.com

Saat ini perusahaan asuransi dengan syariat syariah, PT. Asuraleh kelurahan.

Meninggal Kecelakaan

  1. Asli / fotocopy legalisir surat keterangan Kepolisian tentang kejadian kecelakaan.
  2. Asli / fotocopy legalisir surat keterangan meninggal dari lembaga pemerintah (kelurahan / kecamatan) atau KBRI jika meninggal di luar negeri.
  3. Formulir pernyataan untuk klaim meninggal (Form disediakan oleh JMA Syariah).
  4. Formulir Surat Keterangan Dokter untuk klaim meninggal dunia (jika meninggal dalam perawatan dokter/RS) (Form disediakan oleh JMA Syariah).
  5. Surat keterangan ahli waris yang dikeluarkan oleh kelurahan.

Perawatan Kecelakaan

  1. Formulir Surat Keterangan Dokter untuk perawatan kecelakaan (Form disediakan oleh JMA Syariah).
  2. Surat keterangan dokter yang menyatakan cacat tetap karena kecelakaan untuk klaim cacat tetap total/sebagian (Form disediakan oleh JMA Syariah).
  3. Resume medis dan kuitansi biaya perawatan dari pihak rumah sakit untuk klaim penggantian biaya pengobatan karena kecelakaan.

Catatan: Pengajuan klaim paling lambat 90 hari terhitung kejadian.

Pengecualian

Manfaat asuransi tidak dapat dibayarkan apabila risiko yang terjadi akibat hal-hal sebagai berikut :

  1. Bunuh diri atau dihukum mati oleh pengadilan yang berwenang yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap; atau
  2. Perbuatan jahat yang dilakukan oleh Pemegang Polis dan/atau peserta dan/atau ahli waris peserta dan/atau pihak lain yang berkepentingan dengan polis ini dan dinyatakan oleh pengadilan yang berkekuatan hukum tetap; dan
  3. Perbuatan melanggar hukum yang berlaku;
  4. Resiko-resiko politik, kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, huru-hara, penjarahan pengambilalihan kekuasaan, perbuatan jahat, pencegahan, revolusi, pembangkitan rakyat, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase dan sejenisnya kecuali peserta adalah sebagai korban;
  5. Wabah penyakit (epidemic) yang dinyatakan oleh pemerintah, Human Immunodeficiency Virus (HIV) atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS);
  6. Penyakit kronis yang sudah bertahun-tahun diderita;
  7. Terlibat dalam penerbangan, selain penumpang komersial dengan jadwal penerbangan reguler;
  8. Meninggal karena akibat penggunaan alkohol, narkotika & zat aditif lainnya (NAPZA);
  9. Balap mobil/sepeda motor, olahraga musim dingin (ski dan sejenisnya), mendaki gunung, perlombaan berkuda dengan hambatan, olahraga di udara (terjun payung dan sejenisnya) serta setiap kegiatan/pekerjaan yang mengandung bahaya-bahaya langsung lainnya;
  10. Keracunan akibat makanan/minuman atau terhirup/tertelan unsur-unsur/zat-zat kimia; atau
  11. Meninggal dunia disebabkan karena kehamilan/melahirkan

Penanganan dan pengaduan peserta JMA Syariah

Peserta yang sudah tergabung dengan JMA Syariah bisa melakukan pengaduan jika memiliki keluhan atas jasa yang diberikan oleh 

Ketentuan Umum

  • Peserta Asuransi JMA Syariah memiliki hak untuk melakukan pengaduan baik lisan maupun tulisan.
  • Segala bentuk pengaduan peserta Asuransi JMA Syariah bisa dilakukan oleh peserta langsung atau disampaikan melalui perwakilan peserta. 
  • Jika peserta melakukan pengaduan yang disampaikan oleh perwakilan maka peserta diwajibkan melampirkan dokumen tambahan berupa fotokopi bukti identitas kuasa peserta dan surat kuasa khusus dari peserta. 
  • Ketika peserta melakukan pengaduan, maka tidak dikenakan biaya tambahan atas pengaduan atau keluhan yang disampaikan.

Penerimaan Pengaduan Peserta

Nasabah atau perwakilan nasabah dapat menyampaikan pengaduan melalui:

  • Datang langsung ke kantor JMA Syariah.
  • Telp Layanan Peserta JMA Syariah di nomor telepon (021) 82470083
  • Email ke [email protected]

Ketika menyampaikan pengaduan, peserta Asuransi JMA Syariah wajib memberikan informasi sebagai berikut:

  • Menyebutkan nama nasabah
  • Menyebutkan nomor polis yang terdaftar
  • Menyebutkan jenis layanan atau produk yang diadukan
  • Menjelaskan permasalahan yang diadukan
  • Menyertakan nomor telepon atau alamat email yang dapat dihubungi

Pengaduan yang disampaikan oleh perwakilan peserta maka penerima pengaduan wajib meminta dokumen tambahan, minimal :

  • Menyertakan fotokopi bukti identitas kuasa milik peserta
  • Ketika menyertakan surat kuasa untuk peserta kepada perwakilan peserta bahwa peserta memberikan wewenang pada kuasa yang ditunjuk maka bertindak untuk dan atas nama peserta. Jika tidak mengantongi surat kuasa, maka pengurusan asuransi mustahil untuk dilakukan tindak lanjut atas pengaduan perwakilan peserta 
  • Setiap perincian pengaduan yang disampaikan oleh peserta, petugas Asuransi maka akan mencatat di sistem pencatatan pengaduan Asuransi JMA Syariah

Penanganan dan Penyelesaian Pengaduan Peserta

Penanganan Pengaduan Peserta Asuransi JMA Syariah

  • Pada saat peserta mendatangi kantor pengaduan, penerima pengaduan wajib melakukan investigasi atau pemeriksaan awal terkait dengan pengaduan yang disampaikan peserta.
  • Investigasi atau pemeriksaan awal yang wajib dilakukan penerima pengaduan, minimal :
  • Memeriksakan kebenaran dan kelengkapan dokumen yang disampaikan oleh peserta.
  • Pentingnya memeriksa kebenaran pengaduan peserta dengan membandingkan dengan catatan pada sistem merupakan salah satu cara JMA Syariah memberikan pelayanan dalam penanganan masalah.

Penyelesaian Pengaduan Peserta Asuransi JMA Syariah

  • Pelayanan pengaduan wajib melayani serta menyelesaikan pengaduan peserta JMA Syariah tanpa membeda-bedakan tempat para peserta saat membuka polis. 
  • Pelayanan pengaduan berkoordinasi dengan unit kerja lainnya demi menyelesaikan pelayanan pengaduan yang disampaikan oleh para peserta Asuransi JMA Syariah.
  • Segala bentuk pengaduan akan diselesaikan dalam waktu 2 hari kerja.
  • Adapun ketentuan lain jika kondisi pengaduan dapat diperpanjang jangka waktu penyelesaiannya sampai 20 hari kerja. Perpanjangan waktu penyelesaian pengaduan peserta terjadi jika kondisi seperti berikut ini:
  • Pelayanan pengaduan menerima pengaduan atau pelaporan tidak sama dengan bagian unit pelayanan tempat terjadinya permasalahan dan terdapat kendala komunikasi di antara keduanya. 
  • Dibutuhkan waktu ekstra demi memeriksa atau meneliti khusus atas dokumen para pelapor pengaduan di Asuransi JMA Syariah. 
  • Terjadi beberapa hal di luar kendali Asuransi JMA Syariah, seperti adanya pihak ketiga dalam ketentuan asuransi dalam transaksi yang dilakukan oleh peserta asuransi syariah JMA.

Bagi peserta yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap seputar produk asuransi syariah JMA Syariah, saat ini bisa langsung mencobanya di beberapa layanan berikut ini:

  • Kantor PT. Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, di Graha Kospin Jasa Lantai 5 JL. Jend. Gatot Subroto Kav. 1, Jakarta Selatan, 12870, Indonesia 
  • Layanan pelanggan di nomor telepon (021)-82470083
  • Email di [email protected]

Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, memiliki sejumlah rekanan rumah sakit yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Berikut sejumlah rumah sakit rekanan dengan asuransi JMA Syariah yang bisa dijadikan panduan peserta saat pengobatan. 

  1. Bali 
  • Rs. Bali Jimbaran Jalan Kampus Unud Ling. Perarudan. Jimbaran. Kuta Selatan, Telepon: (0361) 4725123 / 082138977403
  • Klinik Dwi Karya Usadha Jalan Raya Kerobokan Lingkungan Banjar Campuan Kel. Kerobokan Kec. Kuta Utara, Telepon: (0361) 9342142
  • Rs. Khusus Bedah BIMC Nusa Dua Bali Blok D Kawasan Btdc Nusa Dua, Telepon: (0361) 3000911
  • Klinik Pratama Sadajiwa Br Pasekan. Sembung. Mengwi, Telepon: (0361) 829225 / 829888
  • Klinik Takenoko Jalan Sunset Road No.77a. Kuta, Telepon: (0361) 4727288
  • Rs. Bangli Medika Canti Jalan Tirta Giri Kutri Lc Subak Aya Bebalang. Bangli. Bali, Telepon: (0366) 91555 / 93444
  • Rsu. Kertha Usada Jalan Cendrawasih No. 5-7. Singaraja, Telepon: (0362) 26277/8
  • Rsu. Parama Sidhi Jalan A.Yani No.171a, Telepon: (0362) 29787. 32701.22426.
  • Lab. Prodia Singaraja Jalan Ngurah Rai No. 67 D. Singaraja, Telepon: (0362) 24516
  • Rsu. Kasih Ibu Denpasar Jalan Teuku Umar. No.120, Telepon: (0361) 223036/3003030/082146806677
  • Bali, Denpasar Klinik Utama Bunga Emas Jalan Melati No.1 Denpasar Timur, Telepon: (0361) 4457278
  1. Bangka Belitung
  • SILOAM HOSPITALS BANGKA BELITUNG Jalan Soekarno Hatta Km.5, Telepon: (0717) 9190900
  • KLINIK MEDIKA STANNIA BELINYU Jalan Depati Amir No.1e Bukit Ketok. Belinyu, Telepon: (0715) 321365
  • KLINIK UTAMA BELITUNG Jalan Merdeka No. 27 Tanjung Pandan Belitung, Telepon: (0719)-25526
  • KLINIK UTAMA BAKTI TIMAH TANJUNG PANDAN Jalan Melati No.32 Tanjung Pandan, Telepon: (0719) 21865
  • RS. ALMAH TANJUNG PANDAN Jalan Jend. Sudirman. Km.11 No.1 Buluh Tumbang. Tj. Pandan. Kode Pos 33144, Telepon:  (0877) 97500005
  • RS. UTAMA TANJUNG PANDAN Jalan Jenderal Sudirman Km. 3 Rt.019 Rw. 008 Kel. Desa Lesung Batang. Kec. Tanjung Pandan. Kab. Belitung, Telepon: (0719) 9222211
  • KLINIK PRATAMA BAKTI TIMAH MANGGAR Jalan Gajah Mada No.146 Desa Lalang. Manggar, Telepon: (0719) 9225910
  • RS BAKTI TIMAH MUNTOK Jalan Raya Timah Komp. Pusmet, Telepon: (0716) 21009
  • SUN CLINIC El-John Plaza Jalan Soekarno Hatta. No.208, Telepon (0717) 4297888
  • RS KALBU INTAN MEDIKA Jalan Basuki Rachmad No.888. Batu Intan. Girimaya Telepon: (0717) 434099 / 9105888
  1. Banten
  • KLINIK BONA MEDIKA Festival Ruko BonaKarta Blok A 31-32 Cilegon. Telepon: (0254) 387684 / 0818769386
  • RSIA. MUTIARA BUNDA CILEGON Jalan Sa Tirtayasa Ruko Maisonette Blok B 1-2 Simpang Tiga Cilegon . Telepon: (0254) 399988 / 376888 / 399968
  • KLINIK & APOTEK KF 140 Jalan S.A. Tirtayasa No 12. Telepon: (0254) 399174 / 392278
  • KLINIK FATIMAH CILEGON Jalan Ahmad Yani Km. 14 Ruko Monalisa B1 No. 1 Link Cibeber Timur Rt. 01/01. Telepon: 085946077301
  • RS. KURNIA CILEGON Jalan Jombang Masjid No.4. Telepon: (0254) 391161 / 087885829059
  • KLINIK KELUARGA PULO AMPEL Jalan Salira Indah Desa Sumuranja Pulo Ampel. Telepon: (0254) 5751100 /  572100
  • LAB. BIOMED CAB. CILEGON Jalan Jend Ahmad Yani No 130 A-C Cilegon. Telepon: (0254) 394489
  • KLINIK GRIYA SEHAT Perumahan Griya Cilegon Blok D6-7 Kel.Waringin Kurung. Kec.Kramatwatu 42161. Telepon: (0254) 388501
  • LAB. PRODIA CILEGON Jalan Sultan Ageng Tirtayasa No. 8, Cilegon – Banten 42414. Telepon: (0254) 381990/398969
  • KLINIK ISNA MEDIKA Jalan Raya Merak Km.8 Keserangan Kel.Rawa Arum. Kec.Grogol. Telepon: (0254) 573756
  1. Banten, Tangerang
  • KLINIK MEDWALK Jalan Kelapa Gading Selatan Blok Ah 10 No.16. Pakulonan Barat. Kelapa Dua, Gading Serpong. Telepon: 0823 3131 4545
  • RS. ARIYA MEDIKA Jalan Industri Raya Blok A No.1-11. Jatake. Telepon: (021) 5902229/5902232
  • SILOAM KLINIK CISOKA Jalan Raya Cisoka Taman Adiyasa. Kp Kaudang Rt.01/Rw.05. Sukatani. Cisoka. Telepon: (021) 59752304
  • SILOAM KLINIK GADING SERPONG Ruko Boulevard Fifth Avenue Blok A No.36. Gading Serpong. Telepon: (021) 55681355
  • KLINIK UTAMA NETRA SPESIALIS MATA III (TANGSEL) Jalan Raya Serpong No. 28. Pakulonan. Serpong Utara. Kota Serpong. Telepon: (021) 53169666
  • KLINIK CAHAYA BUNDA Kampung Kawaron Ilir Rt.002/Rw.009 Sindang Jaya. Telepon: 083876670216
  • KLINIK GRAHA MITRA TANGERANG Jalan Pandan Raya No. 21 Perumnas 1 Cibodasari. Cibodas Tangerang. Telepon: (021) 55726972, 55799768,085778577908
  • J & J DENTAL CARE TANGERANG Jalan Raya Kelapa Dua Paramount Sparks Blok A No. 18 Kec. Kelapa Dua Tangerang
  • AUDY DENTAL BINTARO Rukan Victorian Bintaro Blok Aa No.03. Jalan Bintaro Utama Sektor 3a. Pondok Aren. Tangerang Selatan. Telepon: (021) 22734928 / 081382154488
  • BUNDA DALIMA HOSPITAL Nusaloka Blok J.11. No.1 Sektor Xiv. Serpong. Telepon: (021) 53154447/8/9.
  1. Jakarta Barat
  • OMDC JOGLO Jalan Joglo Raya No. 45 Joglo. Kembangan. Jakarta Barat. Telepon: (021) 25685000
  • NK HEALTH CLINIC Tatalogam Tower Lantai 3. Jalan Arjuna Utara No.89. Duri Kepa. Kebon Jeruk. Telepon: (021) 5688284-305 / 087877620119
  • SILOAM CLINIC MERUYA  Jalan Meruya Ilir No. 32. Kelurahan Srengseng. Telepon: (021) 25684804
  • ORANGE DENTAL DAAN MOGOT Ruko Diamond Rd 28 Apt.Green Park View Jalan Daan Mogot Km.14 Duri Kosambi. Cengkareng. Telepon: (021) 29669152
  • RS. CENDANA Jalan Raya Kedoya No.2 Kebon Jeruk. Telepon: (021) 29863838
  • LAB BIO MEDIKA KEDOYA Jalan Arjuna No.10. Telepon: (021) 5689942/43
  • RS. CIPUTRA CITRA GARDEN CITY Jalan Boulevard Blok G1 No.1 Citra 5 – Citra Garden City. Pegadungan. Kalideres. Telepon: (021) 2255 7888
  • LAB. KLINIK KIMIA FARMA KAWAN LAMA Jalan Puri Kencana No.1 Kembangan. Telepon: (021) 5828282
  • JESSLYN MEDICAL CENTER Perum.Taman Surya Iii Blok F/63 Cengkareng. Telepon: (021) 54365638
  • RS. SUMBER WARAS (Grogol) Jl. Kyai Tapa – Grogol. Telepon: (021) 5682011/5605800
  1. Jakarta Pusat
  • KLINIK IN HARMONY Jalan Cempaka Putih Tengah Xv/Blok B No. 8c. Kelurahan Cempaka Putih Timur Kecamatan Cempaka Putih . Jakarta Pusat. Telepon: 021-4220214
  • KLINIK PERTAMEDIKA KWARNAS Jalan Medan Merdeka Timur No. 6 Jakarta Pusat ‘021-3502150 EXT 1998
  • HAPPY DENTAL CLINIC GREEN PRAMUKA SQUARE Green Pramuka Square Lt. Lg Unit 08 D. Jalan Jend.A.Yani Kav.49 Rawasari. Cempaka Putih. Telepon: (021) 29624834
  • RS. YARSI Jalan Letjen. Suprapto Kavling 13. Cempaka Putih. Telepon: (021) 80618618
  • LAB. BIO MEDIKA CIUJUNG Jalan Ciujung No.10 Cideng. Telepon: (021) 3848676/0213520477
  • LAB. PRAMITA SAMANHUDI  Jl Samanhudi No. 21. Telepon: (021) 85908530
  • SMILEXPRESS DENTAL CLINIC Plaza Indonesia Lantai 4. Jalan Mh Thamrin Kav.28-30 Gondangdia. Menteng. Telepon: (021) 2992 3993
  • KLINIK PRATAMA SIMAS SEHAT Jalan Kh. Fachrudin No. 4 Kampung Bali. Tanah Abang. Telepon: (021) 3902141
  • SMILE DENTAL ART Ruko Mega Grosir Cempaka Mas Blok.P.21 Jalan Letjend Suprapto. Telepon: (021) 42886609
  • OPTIK MIKEDA SALEMBA Jalan Salemba Tengah Ruko No.35c. Telepon: 0878 80005838
  1. Jakarta Selatan
  • SILOAM CLINIC BONA INDAH Jalan Karang Tengah Raya No.8k. Ruko Bona Indah Bisnis Centre. Lebak Bulus. Telepon: (021) 27654439
  • BRAWIJAYA WOMEN & CHILDREN HOSPITAl Jalan Taman Brawijaya No.1 Cipete Utara. Telepon: (021) 7211337-7247181
  • KLINIK RENALTEAM HEMODIALISIS PONDOK INDAH Jalan Sekolah Kencana Iv Sektor Iii Blok Tn No. 08 Rt 04 Rw 01 Pondok Pinang. Kebayoran Lama. Jakarta Selatan. Telepon: (021) 27829321
  • KLINIK DHARMAWANGSA 8 DENTAL CARE Jalan Dharmawangsa VI Dharmawangsa Square Lt.2 Unit 22-23 Pulo. Kebayoran Baru. Telepon: (021) 72788358
  • KLINIK DENTALOSOPHY Jalan Senopati No.16. Kebayoran Baru. Telepon: 081294442426 / 0818061910970
  • RS. ZAHIRAH Jalan Sirsak No.21. Jagakarsa. Telepon: (021) 78888723 – 7872210
  • KLINIK PRATAMA LANTANA MEDIKA Jalan Mampang Prapatan Raya No.19 a. Rt.004/Rw.006. Mampang Prapatan. Telepon: (021) 22793488
  • KLINIK UTAMA SUMATERA EYE CENTER (SMEC) TEBET Persada Raya No.70 B Rt.03/Rw.15 Menteng Dalam. Tebet. Telepon: (021) 22832662
  • PRIMECARE CLINIC Jalan Panglima Polim Raya Ix No.16 Rt.1/Rw.7 Melawai. Kebayoran Baru. Telepon: (021) 27083505
  • KLINIK PI DENTAL Pondok Indah Mall Ii Lt.2 No.238c Jalan Metro Pondok Indah Blok Iii-B. Telepon: (021) 7592045
  1. Jakarta Timur
  • OPTIK MIKEDA RAWAMANGUN Jalan Perserikatan No.3. Rawamangun. Telepon: (021) 4896077 – 4892568.
  • LAB. PRAMITA MATRAMAN Jalan Matraman Raya No.24 – 26. Telepon: (021) 85908530-31.
  • RB & KLINIK AL – FAUZAN Jalan Raya Condet No.13. Balekambang Condet. Telepon: (021) 80886224, 081280969970.
  • KLINIK PT. GERIN MITRA HUSADA Bandara Halim Perdanakusuma. Telepon: 085669631475.
  • ORANGE DENTAL CAWANG Mth Square Lt.Ground B4b Jalan Mt Haryono Bidara Cina. Jatinegara. Telepon: 081380316143.
  • KLINIK SAMMARIE Bassura City Tower F Lantai Gf No.Cl-02  Jalan  Basuki Rahmat No.1a Cipinang Besar Selatan. Jatinegara. Telepon: 08159085305.
  • RSIA. ALVERNIA AGUSTA Jalan Pemuda No.80. Kel.Jati. Kec. Pulo Gadung. Telepon: (021) 4705266 – 4720893.
  • KLINIK DEWA MEDIKA CAKUNG Jalan Rawa Kuning No.21 Rt.05/Rw.07 Pulo Gebang. Cakung. Telepon: (021) 4802944 / 29285796.
  • KLINIK BUDHI PRATAMA KALISARI Jalan Kalisari 2 No.120 Kalisari. Pasar Rebo. Telepon: (021) 29627538.
  • KLINIK RESTU IBU DUKUH Jalan Penggilingan Baru No.3 Dukuh. Kramat Jati. Telepon: (021) 87786723.
  1. Jakarta Utara
  • LAB BIO MEDIKA KELAPA GADING Jalan Raya Boulevard Timur Blok Ne-01/66-67 Kelapa Gading, Telepon: (021) 4505322/4507380.
  • OPTIK MIKEDA MAL ARTHA GADING Lantai 1 Blok A2. No.6. Mal Artha Gading, Telepon: 0878-8000-6338.
  • KLINIK NATHERAPY KELAPA GADING Rukan French Walk Blok G 30 Moi. Jalan Boulevard Barat Raya. Kelapa Gading Barat . Telepon: (021) 45867335.
  • PRODIA PANTAI INDAH KAPUK Rukan Gold Coast B2-B3 Pantai Indah Kapuk. Telepon: (021) 29032788-99.
  • RS. KHUSUS MATA JEC PRIMASANA Jalan Kebon Bawang Raya No. 1 Rt/Rw 013/001. Kebon Bawang. Tanjung Priok. Telepon: (021) 4367090.
  • KLINIK MITRA MEDIKA TIPAR Jalan Tipar Cakung No.37 Sukapura. Cilincing. Telepon: (021) 4415892. 
  • KLINIK INDO DENTAL CENTER PLUIT Ruko Cbd Pluit Blok B-2 Jalan Pluit Selatan Raya Penjaringan. Telepon: (021) 66672712/ 081218186161/27513777.
  • KLINIK SIRATAMA Jalan Swasembada Timur Xiv No.63 Kebon Bawang. Tanjung Priok. Telepon: (021)-43931675.
  • HAPPY DENTAL CLINIC BAYWALK MALL Baywalk Mall Lt.4 Jl.Pluit Karang Ayu. Penjaringan. Telepon: (021) 2962-9505 / 0812-9478-1570.
  • RS. HERMINA PODOMORO Jalan Danau Sunter 2 Blok E3 No.28-30 Sunter Agung. Tanjung Priok. Telepon: (021) 6404910-11.

Ulasan lengkap seputar perusahaan asuransi JMA Syariah, Lifepal.co.id mengutip sepenuhnya dengan mengumpulkan segala informasi langsung dari laman resmi perusahaan asuransi, JMA Syariah.

Semua materi dan isi ulasan seputar JMA Syariah yang ditulis secara umum disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id. Informasi yang kami berikan tidak bermaksud sebagai pengganti saran atau arahan yang diberikan profesional dalam bidang terkait. Pembaca atau calon peserta asuransi syariah diharapkan tidak hanya tergantung secara eksklusif pada informasi yang tersedia dalam situs ini untuk kebutuhan pembaca sebagai calon peserta asuransi syariah. 

Lifepal.co.id tidak memberikan jaminan atau representasi tersurat maupun tersirat terhadap kelengkapan, ketetapan waktu atau kegunaan dari pendapat, saran, layanan atau informasi lain yang dikandung atau dirujuk dalam artikel.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.jmasyariah.com
  • https://www.cnbcindonesia.com/syariah/20191031115810-31-111628/langkah-jmas-perluas-pasar-asuransi-syariah
  • https://finansial.bisnis.com/read/20190507/215/919403/laporan-keuangan-2018-jma-syariah-bukukan-laba-bersih-rp5529-miliar
Penulis Lifepal Teman Andalanmu untuk Keuangan dan Asuransi Lihat profile penulis