Produk Asuransi Prudential Syariah
Asuransi Prudential Syariah memberikan beragam produk dengan jenis asuransi konvensional dan asuransi syariah. Sementara ragam produk yang disediakan dibedakan mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan individu, asuransi kesehatan kumpulan/grup, asuransi umum, dan asuransi jiwa bank mikro.
Polis Asuransi Jiwa Prudential Syariah
Asuransi Jiwa Prudential Syariah memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat Asuransi Jiwa Prudential Syariah berdasarkan jenis produk, polis, dan plan yang dapat dipilih.
Ulasan Produk Asuransi Prudential Syariah
Berbagai Asuransi Prudential Syariah yang telah disebutkan tadi memiliki ketentuan masing-masing. Agar lebih jelas dan semakin memahami berbagai produk Asuransi Prudential Syariah tersebut, mari perhatikan ulasan berikut terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan kelayakan produk asuransi Asuransi Prudential Syariah.
Pertanggungan asuransi kesehatan Prudential amat bergantung pada produk dan plan yang dipilih. Berikut ini adalah ringkasan pertanggungan sesuai dengan produk Prudential syariah yang dipilih.
Asuransi Jiwa Unit Link Prudential Syariah
Produk asuransi jiwa syariah memberikan proteksi terhadap nilai hidup tertanggung sekaligus memberikan manfaat tunai yang dari dana yang diinvestasikan. Adapun pertanggungan yang didapatkan dari produk asuransi jiwa unit link prudential syariah, adalah:
- Santunan jika meninggal dunia karena penyakit.
- Santunan jika meninggal dunia karena kecelakaan.
- Santunan jika cacat tetap atau total karena kecelakaan.
- Nilai tunai investasi sesuai dengan ketentuan polis.
- Pembebasan premi kontribusi jika sakit, meninggal dunia, cacat total atau tetap sesuai dengan ketentuan polis asuransi.
Asuransi Kesehatan Prudential Syariah
Produk asuransi kesehatan syariah memberikan pertanggungan terhadap beberapa risiko kesehatan individu maupun keluarga dengan pertanggungan sebagai berikut ini:
- Rawat inap.
- Rawat jalan.
- Tindakan bedah.
- Biaya aneka perawatan.
- Kunjungan dokter spesialis.
- Biaya Fisioterapi
- Biaya layanan ambulan lokal.
- Biaya perawatan oleh juru rawat setelah rawat inap.
- Biaya perawatan sebelum rawat inap.
- Biaya perawatan setelah rawat inap.
- Biaya pendamping untuk tertanggung di bawah usia 15 tahun dan diatas 55 tahun.
- Biaya bedah rekonstruksi payudara (setelah mastektomi akibat kanker atau kecelakaan).
- Penggantian biaya untuk donor pihak ketiga (transplantasi sumsum tulang belakang, hati dan ginjal).
- Biaya rawat inap darurat akibat kecelakaan atau keadaan darurat lainnya.
- Biaya rawat jalan darurat hanya untuk kecelakaan.
- Biaya perawatan kanker.
- Biaya perawatan cuci darah (dialisis).
- Biaya rawat jalan darurat akibat kecelakaan atau keadaaan darurat lainnya (di luar wilayah pertanggungan).
- Biaya pemakaman.
- Pertanggungan HIV/AIDS.
- 2nd medical opinion.
- Layanan evakuasi medis.
- Plan berlaku untuk layanan di Indonesia dan Malaysia, untuk plan tertentu berlaku untuk seluruh dunia kecuali Amerika Serikat.
Asuransi Proteksi Prudential Syariah
Produk asuransi proteksi prudential syariah memberikan pertanggungan terhadap beberapa risiko kecelakaan dengan pertanggungan sebagai berikut ini:
- Penggantian biaya perawatan di rumah sakit akibat kecelakaan.
- Penggantian biaya perawatan di rumah sakit akibat kebakaran.
- Santunan jika tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan.
- Santunan jika tertanggung meninggal dunia karena sakit sesuai dengan ketentuan dasar polis asuransi.
- Santunan jika tertanggung cacat total atau tetap karena kecelakaan.
Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi kesehatan Prudential, antara lain:
- Usia masuk tertanggung.
- Masa perlindungan.
- Jenis kelamin.
- Gaya hidup.
- Penyakit bawaan.
- Obesitas.
- Manfaat pembayaran harian.
- Manfaat pembayaran tahunan.
- Jenis perlindungan.
- Jangkauan rumah sakit.
- Metode pertanggungan (cashless/reimbursement).
- Pihak tertanggung (individu/keluarga).
Berikut adalah tabel harga premi Asuransi Prudential Syariah:
- PRUlink syariah assurance account Rp400.000 per bulan
- PRUlink syariah generasi baru Rp400.000 per bulan
- PRUlink syariah edu protection Rp500.000 per bulan
- PRULink syariah investor account Rp12.000.000 per tahun
- PRULink syariah care Rp4.800.000 per tahun PRUPrime Healthcare Syariah Mengikuti ketentuan polis dasar
- PRUCritical hospital cover syariah Mengikuti ketentuan polis dasar
- PRUHospital & surgical cover plus syariah Mengikuti ketentuan polis dasar
- PRUMed cover syariah Mengikuti ketentuan polis dasar
- PRUPrime healthcare plus syariah Mengikuti ketentuan polis dasar
- PRUJuvenilie crisis cover syariah Mengikuti ketentuan polis dasar
- PRUEarly stage payor syariah/PRUEarly stage spouse payor syariah/PRUEarly stage parent payor syariah Mengikuti ketentuan polis dasar
- PRUCrisis cover benefit plus syariah 61 Mengikuti ketentuan polis dasar
- PRUEarly stage crisis cover plus syariah Mengikuti ketentuan polis dasar
- PRUPayor Syariah 33 / PRUSpouse Payor Syariah 33 / PRUParent Payor Syariah 33 Mengikuti ketentuan polis dasar
- PRUWaiver Syariah 33 / PRUSpouse Waiver Syariah 33 Mengikuti ketentuan polis dasar
- PRUtotal & permanent disablement syariah Mengikuti ketentuan polis dasar
- PRUpersonal accident death & disablement plus syariah Mengikuti ketentuan polis dasar
Penggantian biaya asuransi Prudential syariah atau klaim asuransi Prudential dapat dilakukan dengan berbagai cara. Adapun fitur klaim yang disediakan oleh Prudential bagi para nasabahnya antara lain:
- PRUMedical Network adalah jaringan rumah sakit yang bermitra dengan Prudential sehingga memberikan kenyamanan dan kemudahan peserta Prudential saat ingin mendapatkan perawatan di rumah sakit. Prudential sudah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit yang tersebar di Indonesia. Layanan ini memberikan jaminan ketersediaan kamar serta gratis upgrade jika kamar yang sesuai dengan plan yang dimiliki peserta penuh tanpa ada biaya tambahan.
- Metode pembayaran secara cashless dengan menggunakan kartu peserta. Metode pembayaran ini memudahkan nasabah karena tidak perlu mengurus dokumen pembayaran. Namun, jika ada kelebihan biaya dari plan yang dimiliki, maka peserta harus membayar selisihnya sebelum meninggalkan rumah sakit. Prudential akan mengkonfirmasi jika terdapat kelebihan biaya di luar dari manfaat yang ditanggung. Metode pembayaran cashless ini dapat berlaku di Indonesia maupun di luar negeri mengikuti ketentuan yang berlaku.
- Metode pembayaran dengan reimbursement untuk beberapa kasus tertentu. Metode pembayaran ini hanya dikhususkan untuk kasus tertentu misalnya ketika Anda berada di luar wilayah daftar rumah sakit rekanan Prudential atau dalam kondisi gawat darurat sehingga mengharuskan Anda mendapatkan layanan segera di rumah sakit yang bukan merupakan mitra Prudential. Syarat tersebut harus sesuai juga dengan isi perjanjian yang ada dalam polis asuransi peserta.
Prudential memberikan layanan pembayaran asuransi syariah melalui marketplace maupun ecommerce yang sudah bermitra dengan Prudential.
Sedangkan untuk pendaftaran atau pembelian polis asuransi harus melalui agen atau broker asuransi yang memberikan layanan online dengan sangat mudah sehingga prosesnya pun tidak sesulit melakukan pembelian secara manual.
Selain dapat melakukan pembayaran premi atau tagihan asuransi Prudential secara online, kini Anda juga bisa melakukan top up secara online khususnya untuk produk asuransi unit link dari Prudential.
Premi atau kontribusi yang dibayarkan bisa dalam bentuk mata uang rupiah maupun mata uang asing. Sedangkan broker online asuransi sudah dapat melayani pembayaran dengan sistem pembayaran digital menggunakan dompet online seperti Gopay dan OVO
Pembayaran kontribusi asuransi Prudential syariah dapat dilakukan melalui kanal berikut ini:
- Pembayaran secara online melalui e-commerce yang sudah bermitra dengan Prudential.
- Autodebet dari rekening Bank BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah, dan Bank Muamalat.
- Autodebet dari kartu kredit BCA Card, VISA, MasterCard, JCB, dan American Express.
- Internet banking Bank Permata.
- Mobile banking Bank Permata.
- ATM Bank Permata dan Bank Muamalat.
Prudential memberikan berbagai layanan klaim asuransi sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih sebagai berikut ini:
Cashless (dengan kartu peserta) untuk rawat inap.
- Siapkan nomor polis asuransi kesehatan Anda, kemudian informasikan kepada petugas pelayanan medis 24 jam Prudential melalui telepon dengan memilih layanan di rumah sakit yang terdaftar sebagai mitra Prudential.
- Rawat inap hanya dapat dilakukan atas rekomendasi dari dokter.
- Rawat inap dapat dilakukan setelah petugas medis memverifikasi dengan manfaat polis yang dimiliki.
- Kartu peserta harus ditunjukkan kepada petugas administrasi di rumah sakit beserta dengan kartu identitas diri asli (e-KTP/Akta lahir) data yang tertera harus sama.
- Semua pembayaran akan ditanggung seluruhnya oleh Prudential. Jika terdapat selisih karena melebihi manfaat yang didapatkan, Prudential akan menginformasikan pada Anda. Biaya kelebihan tersebut harus dibayarkan sebelum Anda meninggalkan rumah sakit.
Cashless untuk rawat jalan darurat kecelakaan.
- Tidak semua pembayaran cashless bisa melindungi berbagai risiko termasuk rawat jalan. Artinya pertanggungan yang dilakukan oleh Prudential amat bergantung pada produk dan plan yang dimiliki oleh peserta serta disesuaikan dengan ketentuan rumah sakit.
- Untuk rawat jalan karena darurat kecelakaan di rumah sakit rekanan di Indonesia, Anda hanya perlu menunjukkan kartu peserta kepada petugas rumah sakit pada saat mulai dilakukan perawatan di Unit Gawat Darurat (UGD) sehingga petugas dapat segera melakukan tindakan sesuai dengan manfaat kepesertaan yang didapatkan.
- Jika ternyata rawat jalan yang dilakukan sudah sesuai dengan manfaat yang harus didapatkan tetapi ada kendala dalam proses non tunai, Anda dapat mengajukan klaim reimbursement kepada Prudential disertai dengan bukti dokumen dan persyaratan yang diminta.
- Pengajuan klaim reimbursement dapat dilakukan dengan mengisi formulir dengan lengkap. Kemudian melengkapi dokumen yang terdapat dalam polis lalu mengirimkan dokumen dan formulir yang sudah diisi ke alamat Customer Care, PT Prudential life Assurance, Prudential Tower, Jl. Jend. Sudirman Kav.79, Jakarta 12910.
Jika Anda ingin berhenti atau melakukan penutupan polis asuransi prudential syariah, ada beberapa syarat yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, yaitu:
- Buku polis asuransi.
- Fotokopi KTP/SIM/Paspor.
- Fotokopi halaman pertama buku rekening yang terlihat jelas nama dan nomor rekeningnya.
- Formulir penutupan/penebusan polis Prudential.
- Tanda tangan agen/nomor referensi customer service.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan penutupan polis, adalah:
- Menghubungi agen asuransi Anda untuk melakukan penutupan secara otomatis. Cara ini adalah cara paling mudah karena semua prosesnya akan dilakukan atau dibantu oleh agen asuransi Anda.
- Mendatangi kantor Prudential di kota Anda. Penutupan secara manual bisa dilakukan dengan membawa berkas dan persyaratan kemudian mengajukan penutupan langsung di kantor terdekat di kota Anda.
- Menghubungi customer service di nomor 1500085 pada jam operasional (08.15-16.30 WIB), pastikan jaringan penuh karena jika terputus proses penutupan polis akan dimulai dari awal lagi.
- Mengirimkan permohonan penutupan polis asuransi kesehatan pun dapat dilakukan melalui email melalui alamat customer.idn@prudential.co.id namun akan membutuhkan proses yang lebih lama. Saluran ini juga dapat digunakan untuk mengirimkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk penutupan polis asuransi.
- Pengiriman berkas-berkas yang diminta bisa dikirimkan melalui alamat: PT Prudential Life Assurance Prudential Tower Jl. Jend. Sudirman kav. 79 Jakarta 12910.
- Setelah dilakukan verifikasi data dan berkas diterima oleh Prudential, proses penutupan akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja disertai dengan pengembalian nilai tunai (jika ada) ke rekening yang sudah didaftarkan.
Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi seperti Prudential Syariah, di antaranya adalah:
- Asuransi Astra Life
- Asuransi Avrist
- Asuransi BNI Life
- Asuransi BRI Life
- Asuransi CAR Life
- Asuransi Cigna
- Asuransi Ciputra Life
- Asuransi Commonwealth Life
- Asuransi Equity Life
- Asuransi FWD
PT Prudential Life Assurance atau dikenal dengan Asuransi Prudential pertama kali didirikan di Indonesia pada tahun 1995 yang menawarkan produk asuransi jiwa. Asuransi Prudential di Indonesia merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan di Inggris yang sudah berpengalaman lebih dari 168 tahun dalam industri asuransi jiwa.
Asuransi Prudential mencapai puncak jayanya pada tahun 1999 sebagai pemimpin pasar yang menawarkan produk asuransi unit link. Pada tahun 2007, Asuransi Prudential menawarkan produk asuransi syariah.
Kantor pusat Asuransi Prudential berada di Jakarta. Hingga kini nasabahnya sudah mencapai 2,3 juta orang dengan total agen asuransi berlisensi sebanyak 227 ribu dan 408 kantor pemasaran mandiri yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia termasuk Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam, dan Bali.
Perusahaan Asuransi Prudential Syariah
Berikut ulasan mengenai perusahaan asuransi Prudential Syariah yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Pelajari sekilas mengenai sejarah, statistik klaim, likuiditas, hukum dan legalitas, prestasi, layanan nasabah, dan alamat kantor Prudential Syariah.
Menurut laporan keuangan teraudit tahun 2018, pembayaran klaim yang sudah dilakukan sebesar Rp12,3 triliun atau sekitar Rp33,7 miliar per hari.
Aset yang dimiliki sebesar Rp78,9 triliun dengan pendapatan premi Rp25,4 triliun. Rasio likuiditas sebesar 160% yang artinya Prudential memiliki kemampuan 1,5 kali lebih besar dibandingkan dengan kewajibannya.
Aset yang dimiliki Asuransi Prudential adalah sebesar Rp78,9 triliun yang menjadikan sebagai salah satu pemain terbesar industri asuransi jiwa.
PT Prudential Life Assurance sudah terdaftar di OJK dengan nomor izin usaha KEP-241/KMK.017/1995 dengan alamat kantor di Jl. Jend. Sudirman Kav. 79 Jakarta Selatan 12910.
Nomor kontak yang dapat dihubungi:
- Nomor telepon 021-29958888
- Nomor fax 021-29958800
- Alamat email customer.idn@prudential.co.id
Asuransi Prudential termasuk salah satu pemimpin pasar dalam industri Asuransi Jiwa. Adapun prestasi dan penghargaan yang sudah dicapai oleh Prudential, yaitu:
- IBBA 2018 Asuransi Jiwa Predikat Platinum dari Majalah SWA.
- Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2018 Best Financial Performance dari Warta Ekonomi.
- The Best Life Insurance Company dari Bisnis Indonesia.
- Asuransi Jiwa Terbaik 2018 dengan aset di atas Rp25 triliun dari Majalah Investor.
- The Best Islamic Life Insurance Sharia Unit dengan aset di atas 500 miliar dari Karim Consulting.
- Unit Link Award 2018 Majalah Investor dan Infovesta.
- Mitra Kerja KPK dalam Pemberantasan Korupsi.
- Asuransi Syariah Terbaik 2018 Kategori Asuransi Jiwa Syariah di atas Rp1 triliun dari Majalah Investor.
- Lebih dari 70 jaringan Rumah Sakit PRUMedical Network di dalam dan luar negeri.
- Memiliki lebih dari 1,900 staff.
- Memiliki lebih dari 250 ribu tenaga pemasar.
- Brand Awareness 98% berdasarkan data AAJI 2018.
Agen Asuransi Prudential memiliki situs khusus untuk memfasilitasi para agennya melalui situs SFA Prudential. Melalui situs ini para agen bisa mendapatkan informasi layanan nasabah, proposal yang harus ditindaklanjuti dan mendapatkan ilustrasi polis untuk ditunjukkan kepada calon nasabahnya.
Tidak berbeda jauh dengan agen asuransi lainnya. Agen Asuransi Prudential harus mendapatkan lisensi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Lisensi itulah yang menjadi “SIM” bagi para agen untuk menawarkan berbagai produk unggulan yang dimiliki oleh Asuransi Prudential.
Anda bisa mendapatkan layanan atau pembelian produk polis asuransi Prudential baik melalui para agen maupun melalui broker yang sudah mendapatkan izin resmi dari OJK. Bahkan beberapa broker menawarkan produk asuransinya dengan harga yang lebih kompetitif.
Namun, jika Anda ingin mendapatkan layanan personal, bisa mendapatkan langsung bantuan dari para agen asuransi di kota Anda.
Ada beberapa layanan yang membedakan Asuransi Prudential dengan asuransi lainnya, diantaranya adalah:
- Prudential Customer Line (1500085). Layanan ini adalah layanan telepon 24 jam bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi maupun klaim bagi calon nasabah maupun nasabah Asuransi Prudential .
- PRUAccess adalah situs yang diberikan kepada nasabah yang sudah memiliki polis Asuransi Prudential untuk mendapatkan berbagai informasi dan juga transaksi seperti top up saldo, dan lain sebagainya.
- Nasabah juga bisa langsung dilayani di Customer Care Centre di Prudential Tower Lantai Dasar Jalan Jendral Sudirman kav 79 Jakarta 12910.
- PRUMedical Network merupakan jaringan rumah sakit yang bermitra dengan Asuransi Prudential untuk memberikan kenyamanan nasabah dalam mendapatkan perawatan dan layanan kesehatan. Melalui Layanan ini nasabah akan mendapatkan jaminan ketersediaan kamar untuk rawat inap, layanan bantuan proses administrasi di Rumah Sakit dan beberapa fasilitas penunjang lainnya terutama untuk nasabah anak-anak dan orang tua lanjut usia.
- PRUHospital Friend adalah daftar rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan Asuransi Prudential. Daftar rumah sakit ini tersebar di Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, Serang, Cikarang, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Tegal, Surabaya, Palembang, Jambi, Pontianak, Makassar dan Pekanbaru.
- PRUFlyers adalah layanan member get member bagi para nasabah yang ingin mereferensikan Asuransi Prudential kepada keluarga atau teman dan kolega kerja lainnya. Keuntungannya adalah mendapatkan poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah menarik yang disediakan oleh PRudential.
Jumlah kantor Asuransi Prudential Indonesia berpusat di Jakarta dengan nomor layanan pelanggan 1500085.
Alamat kantor pusat
Prudential Tower, Jl Jendral Sudirman kav 79, Jakarta 12910
Jam kerja/jam layanan:
- Senin-Jumat: 08.15-16.00 WIB.
- Sabtu: 08.15-12.00 WIB
Berikut ini adalah kantor layanan cabang di beberapa kota besar di Indonesia.
- Bandung, Wahana Bakti Pos Building 6th Fl. Jl. Banda No. 30 Bandung 40115. Telp. +62 22-4218980. Fax. +62 22-4218985
- Batam, Kepulauan Riau. BSP Building Fl. 3-3A Jl. Laksamana Bintan No. 1 Sei Panas Batam 29422. Telp. +62 778-473501. Fax. +62 778-4273508
- Denpasar, Bali. Ikat Plaza, Building B, 1st & 2nd Fl. Jl. By Pass Ngurah Rai Denpasar 82100. Telp. +62 361-726528. Fax.+62 361-726527
- Medan. B&G Tower Lantai 5, Suite 501,511-512, Jl. Putri Hijau No.10, Medan 20111. Telp. +62 61-43000288. Fax. +62 61-43000289
- Semarang. Menara Suara Merdeka 7th Fl. Unit 7B Jl. Pandanaran No. 30 Semarang 50134. Telp.+62 24-76928853. Fax. +62 24-76928852
- Surabaya. Pakuan Center 10th, Tunjungan Plaza 5 Jl. Embong Malang No.1 Surabaya 60271. Telp. +62 31-99241380. Fax. +62 31-5478413