Premi Asuransi Syariah

Premi asuransi syariah tergantung pada jaminan, profil risiko calon tertanggung, dan kondisi aset yang akan dijaminkan (khusus asuransi umum atau kerugian). Premi asuransi syariah juga berbeda-beda di setiap perusahaan asuransi.

Sebelum membahas contoh perhitungan asuransi syariah, ketahui dulu faktor-faktor yang memengaruhi premi asuransi jiwa dan kesehatan syariah.

Faktor Penentu Premi Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi jiwa dan kesehatan syariah. Berikut ulasannya:

1. Tipe asuransi

Jenis asuransi jiwa dan kesehatan menjadi faktor terbesar yang memengaruhi harga premi. Sebagai contoh, asuransi jiwa seumur hidup (whole life) akan jauh lebih murah dibandingkan asuransi jiwa berjangka (term life).

2. Masa asuransi

Masa asuransi atau jangka waktu proteksi menjadi penentu besaran premi. Secara sederhana, semakin lama masa asuransi, maka harga premi semakin besar. Seperti pada asuransi jiwa berjangka dengan proteksi 5 tahun akan lebih mahal dari asuransi jiwa berjangka dengan masa proteksi 1 tahun.

3. Usia calon tertanggung

Usia masuk calon tertanggung memengaruhi nominal harga asuransi. Semakin muda usia, maka semakin murah preminya. Secara risiko, calon tertanggung yang berusia 22 tahun cenderung lebih sehat dari calon tertanggung yang sudah berusia lanjut (lansia).

4. Jumlah pertanggungan

Jumlah tertanggung yang dilindungi menjadi penentu harga premi asuransi syariah. Misalnya dalam pembelian asuransi kesehatan keluarga. Maka, harga premi untuk keluarga dengan satu anak lebih murah ketimbang premi untuk keluarga dengan empat anak.

5. Profil risiko calon tertanggung

Kondisi kesehatan calon tertanggung hingga profesi yang digeluti menjadi penentu harga premi asuransi syariah. Pada asuransi jiwa atau asuransi kesehatan syariah, harga premi seseorang yang punya riwayat sakit akan lebih mahal dibandingkan mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit.

Begitupun profesi atau pekerjaan calon tertanggung. Seseorang yang pekerjaannya lebih banyak bepergian akan dikenakan harga premi lebih tinggi dibandingkan mereka yang bekerja di kantor. Hal ini didasari atas pertimbangan risiko kecelakaan seseorang yang sering bepergian lebih tinggi.

6. Manfaat tambahan

Manfaat tambahan atau riders adalah penentu harga premi. Contoh sederhananya pada asuransi kesehatan syariah yang manfaat utamanya adalah rawat inap sakit atau kecelakaan dan pembedahan. Jika tertanggung menginginkan riders seperti manfaat rawat jalan hingga manfaat perawatan gigi, maka harga premi akan lebih tinggi.

7. Manfaat investasi

Manfaat investasi diperoleh dari asuransi jiwa plus investasi (unit link). Jika calon tertanggung membeli produk ini, maka harga premi asuransi syariah akan lebih mahal.

Kenapa? Pada unit link, pemegang polis akan membayar dua produk yaitu asuransi jiwa dan produk investasi.

Tertarik mencari asuransi syariah yang bagus? Lifepal telah mengkurasi ratusan asuransi tanpa riba terbaik. Yuk bandingkan!

Bandingkan 100+ asuransi syariah bebas riba!

Contoh Perhitungan Premi

Secara sederhana, rumus untuk menghitung premi adalah:

Jumlah Premi = Harga Premi x Jumlah Pertanggungan

Namun, jika pembelian produk unit link syariah, maka cara menghitung premi tidak demikian. Berikut ini adalah contoh perhitungan premi asuransi unit link syariah dengan uang pertanggungan (UP) jiwa Rp1 miliar.

Kontribusi (premi) terdiri atas komponen:

Kontribusi dasar + saving up
  • Kontribusi dasar menentukan besarnya manfaat (UP jiwa)
  • Saving up adalah menambah investasi

Contoh:

Seorang lelaki 32 tahun tidak merokok ingin membuat unit link syariah dengan UP jiwa Rp1 miliar. Kemampuan membayar premi adalah Rp21 juta per tahun dengan masa kontribusi (asuransi) adalah 20 tahun.

Mulai tahun polis ke-21 pembayaran kontribusi berhenti, tetapi tetap mendapatkan proteksi hingga usia 82 tahun.

Dengan ilustrasi di atas, maka dana yang diperoleh saat usia 60 tahun adalah:

  • Asumsi hasil investasi 10 persen, dana tersedia Rp1,4 miliar
  • Asumsi hasil investasi 16 persen, dana tersedia Rp4,7 miliar

Jika meninggal dunia selama polis aktif (sebelum usia 82 tahun), maka keluarga yang ditinggalkan mendapatkan santunan:

UP jiwa Rp1 miliar + dana investasi yang terbentuk

Faktor penentu premi asuransi umum (mobil) syariah

Premi asuransi syariah untuk mobil ditentukan oleh lima hal utama yaitu:

  • Jenis jaminan (all risk atau TLO)
  • Harga mobil
  • Wilayah pertanggungan
  • Kondisi mobil (baru atau bekas)
  • Jaminan perluasan seperti tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL).

Berikut ulasan singkatnya:

Kategori wilayah pertanggungan dibagi menjadi tiga yaitu Wilayah I (Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya), Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten), dan Wilayah III (Wilayah lainnya yang tidak disebutkan pada wilayah I dan II).

Pada kategori harga mobil dibedakan menjadi lima kategori yaitu harga Rp0-Rp125 juta, lebih dari Rp125 juta-Rp200 juta, lebih dari Rp200juta-Rp400 juta, lebih dari Rp400juta-Rp800 juta, dan lebih dari Rp800 juta.

Persentase asuransi mobil syariah telah ditetapkan OJK. Itu sebabnya, batasan harga premi tidak bisa kurang atau lebih untuk menjaga persaingan antar perusahaan asuransi. Berikut persentase harga premi asuransi mobil all risk syariah:

  • Harga mobil maks. Rp125 juta: berkisar 2,53-4,20 persen untuk wilayah I, II, dan III
  • Harga mobil Rp125-200 juta: berkisar 2,69-2,94 persen
  • Harga Rp200-400 juta: berkisar 1,79-2,40 persen
  • Harga Rp400-800 juta: berkisar 1,14-1,32 persen
  • Harga lebih dari Rp800 juta: berkisar 1,05-1,16 persen.

Pada asuransi mobil TLO syariah, persentase premi yang ditetapkan yaitu:

  • Harga mobil maks. Rp125 juta: berkisar 0,51-0,56 persen untuk wilayah I, II, dan III
  • Harga mobil Rp125-200 juta: berkisar 0,44-0,69 persen
  • Harga Rp200-400 juta: berkisar 0,29-0,46 persen
  • Harga Rp400-800 juta: berkisar 0,23-0,30 persen
  • Harga lebih dari Rp800 juta: berkisar 0,20-0,24 persen.
Dapatkan asuransi syariah terbaik hanya melalui marketplace asuransi Lifepal. Lifepal senantiasa memberikan rekomendasi terbaik untuk kebutuhan asuransimu.

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan