5 Pilihan Pinjaman Bank saat Butuh Pembiayaan

Minimal Penghasilan Untuk Mendapat Pinjaman Dana

Sebagai lembaga keuangan yang diberikan wewenang untuk menyediakan beragam fasilitas keuangan, bank tidak hanya menyediakan layanan tabungan saja, tetapi pinjaman juga. Tidak tanggung-tanggung, berbagai kebutuhan pinjaman seperti pembiayaan untuk rumah, kendaraan, dan bahkan pinjaman tunai.

Keunggulan dari pinjaman bank terletak pada aturan main yang sudah berlaku secara jelas. Berbeda dengan berbagai pinjaman online yang sedang marak, pinjaman dari bank tidak lagi menjadi kontroversi. Sebab, bunganya dianggap lebih masuk akal dan mengikuti aturan OJK.

Nah, bagi Anda yang sedang membutuhkan pembiayaan maupun pinjaman tunai, berikut penjelasan terkait berbagai pinjaman dari bank.

1. Kredit Tanpa Agunan

Pinjaman Bank Kredit Tanpa Anggunan

Kredit Tanpa Agunan atau KTA merupakan layanan pinjaman tanpa jaminan. Untuk mendapatkan layanan pinjaman ini, Anda tidak diharuskan menjadi nasabah mereka.

Karena tidak ada jaminan, lalu berdasarkan apa pihak bank dapat mengambil keputusan? Biasanya bank akan mengakses riwayat kredit (pinjaman) Anda yang terekam di SLIK OJK. Riwayat kredit tersebut berdasarkan pembayaran kartu kredit, kredit motor, atau KPR, dan lainnya.

Berikut ciri-ciri pinjaman KTA dari bank:

  • Proses pengajuan lebih mudah karena tidak butuh jaminan.
  • Rata-rata suku bunga yang ditawarkan bersifat tetap atau fixed rate. Umumnya mulai dari 0,7 persen hingga maksimal 2 persen per bulan.
  • Periode cicilan adalah antara 12-60 bulan.
  • Limit pinjaman ada yang mencapai Rp300 juta, namun akan disesuaikan dengan penghasilan calon debitur (peminjam). Yaitu maksimal lima atau enam kali penghasilan debitur.

Adapun syarat dokumen dan kriteria debitur, antara lain:

  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 55-60 tahun.
  • Melengkapi persyaratan dokumen identitas diri (KTP/Paspor/SIM), NPWP, bukti penghasilan, dan fotokopi kartu kredit.

2. Kredit Multiguna

Pinjaman Uang Tunai dengan Menyertai Agunan

Kredit Multiguna atau KMG adalah kebalikan dari KTA. Produk pinjaman bank ini mensyaratkan calon debitur untuk memberikan jaminan atau agunan. Bank akan menaksir nilai jaminan tersebut sebagai dasar besar pinjaman yang akan diberikan.

Jaminan yang bisa diterima oleh bank adalah mobil, motor, sertifikat rumah atau properti, deposito, dan ada pula SK Kerja.

Berikut ciri-ciri kredit multiguna berikut sejumlah keunggulannya dibandingkan KTA.

  • Suku bunga lebih rendah daripada KTA, yaitu 7 persen sampai 9 persen saja per tahun. Itu artinya suku bunga kredit multiguna tidak sampai bahkan satu persen per bulan.
  • Periode cicilan lebih panjang, yakni lebih dari lima tahun.
  • Limit pinjaman juga jauh lebih besar, yaitu sampai dengan miliaran rupiah. Tentu saja disesuaikan pula dengan nilai jaminan yang diberikan oleh calon debitur.

Adapun syarat dokumen dan kriteria debitur yang diterima, antara lain:

  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 55-60 tahun.
  • Persyaratan dokumen hampir sama dengan KTA, yaitu kartu identitas diri, NPWP, dan bukti penghasilan. Namun, Anda tidak perlu melampirkan fotokopi kartu kredit melainkan dokumen aset yang akan dijaminkan.

3. Kredit Usaha Rakyat

kur

Berbeda dengan pinjaman bank yang disebutkan sebelumnya, Kredit Usaha Rakyat (KUR) diperuntukkan khusus kebutuhan pembiayaan usaha. Dengan catatan, usaha tersebut sudah harus berjalan produktif, jadi bukan baru dirintis.

Berikut ciri-ciri KUR:

  • Khusus bagi pemilik usaha, terutama UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah).
  • Suku bunga sekitar 7 persen per tahun, atau setara 0,41 persen per bulan.
  • Periode cicilan hampir sama dengan KTA, yaitu antara 3-5 tahun.
  • Limit pinjaman cukup besar, yaitu puluhan hingga ratusan juta.

Adapun syarat dokumen dan kriteria debitur yang diterima, antara lain:

  • Calon debitur memiliki usaha produktif yang sudah beroperasi lama. Contoh, usaha salon kecantikan, rumah makan, atau kerajinan tangan.
  • Usaha yang memenuhi kriteria untuk pinjaman ini sudah berjalan sekitar enam bulan.
  • Melengkapi persyaratan administrasi, antara lain: Identitas diri, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha.

4. Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen

Jenis-Jenis Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Berbeda dengan ketiga pinjaman yang disebutkan sebelumnya, produk pinjaman bank berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR) / Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) bukanlah pinjaman tunai. Pihak bank akan memberikan pembiayaan untuk pembelian rumah atau properti lain yang kemudian nanti dicicil oleh peminjam.

Ada beberapa jenis KPR dari bank, yaitu KPR Subsidi, KPR Nonsubdisi, KPR Syariah, dan Take Over KPR. Untuk bunga KPR atau KPA sendiri ada yang floating rate (bunga mengambang yang dapat berubah sesuai dengan kondisi suku bunga) dan fixed rate (bunga tetap).

Berikut ciri-ciri KPR/KPA:

  • Suku bunga KPR biasanya sekitar 5 persen per tahun namun bisa lebih dari itu.
  • Periode cicilan cukup panjang dibandingkan KTA atau KMG, yaitu sampai dengan 20 tahun.
  • Limit pinjaman sesuai dengan harga rumah hasil taksiran bank. Namun, tetap disesuaikan dengan penghasilan Anda.

Adapun kriteria debitur dan syarat dokumen yang diminta oleh bank, antara lain:

  • Warga negara Indonesia berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah dan maksimal 55 tahun.
  • Melengkapi dokumen, antara lain: Identitas diri, NPWP, bukti penghasilan, mutasi rekening tiga bulan terakhir, dan surat keterangan bekerja atau surat izin usaha/praktik.

5. Kredit Kendaraan Bermotor

Spesifikasi dan Ciri Khas Motor Sport Murah

Kredit Kendaraan Bermotor atau KKB merupakan layanan pembiayaan dari bank untuk pembelian kendaraan bermotor, baik mobil atau motor. Produk pinjaman bank satu ini bisa dibilang kalah populer dibandingkan leasing. Namun, layak Anda pertimbangkan.

Melalui KKB, Anda dapat mencicil baik kendaraan baru ataupun bekas. Untuk DP (Down Payment) atau uang muka biasanya sekitar 20-25 persen dari total pinjaman. Sementara itu, jangka waktu cicilan umumnya maksimal lima atau enam tahun.

Adapun kriteria debitur dan syarat dokumen yang diminta oleh bank, antara lain:

  • Usia debitur minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  • Memiliki rekening tabungan di bank tempat pengajuan KKB.
  • Lokasi tempat tinggal calon debitur atau tempat usaha/praktik harus sama dengan kantor cabang rekening tersebut dibuat.
  • Melengkapi syarat dokumen berupa kartu identitas diri, Kartu Keluarga, NPWP, pas foto suami/istri, dan bukti penghasilan.

Jenis-jenis pinjaman bank di atas dapat menjadi pilihan Anda apabila membutuhkan dana pembiayaan cepat. Dapat dikatakan pula bahwa sejauh ini bunga pinjaman terbaik berasal dari bank. Kini hanya perlu meriset bank mana yang menawarkan produk pinjaman terbaik sesuai kebutuhan Anda.