Benefit Artinya dalam Asuransi

Benefit Artinya dan Jenisnya

Dalam dunia asuransi, kata benefit sebenarnya tidaklah asing. Benefit artinya sering disamakan dengan manfaat. Manfaat sendiri adalah perlindungan dari pihak perusahaan asuransi berupa penggantian atas risiko yang terjadi sesuai dengan perjanjian polis.

Agar produk asuransi yang Anda beli terasa maksimal, memerhatikan benefit sangatlah penting. Oleh karena itu, Anda wajib tahu jenis-jenis benefit asuransi berikut dengan hak yang bakal diterima sebagai nasabah.

Jenis-Jenis Benefit dalam Asuransi

Bekerja digital

Secara umum, benefit terbagi menjadi dua kategori. Benefit utama dan benefit tambahan (secondary benefits).

1. Benefit utama

Benefit utama merupakan manfaat paling dasar yang akan diterima oleh nasabah. Ketika nasabah sudah menandatangi polis maka otomatis nasabah tersebut akan mendapatkan benefit tersebut.

Dalam asuransi, berikut contoh benefit utama pada umumnya:

  • Benefit perawatan kesehatan, benefit ini khususnya diberikan untuk asuransi kesehatan. Yang mana manfaat yang diberikan berupa benefit rawat jalan dan rawat inap.
  • Uang pertanggungan, yaitu benefit berupa uang yang akan diberikan oleh asuransi untuk mengganti kerugian yang dialami oleh nasabah.

2. Benefit tambahan

Benefit tambahan dalam asuransi sering disebut rider. Benefit lainnya yang tidak Anda dapatkan secara otomatis, melainkan harus membeli lagi.

Biasanya benefit tambahan seperti ini merupakan manfaat tambahan tertentu yang sebenarnya tidak terlalu berkaitan dengan produk asuransi yang Anda beli.

Contoh, Anda membeli asuransi jiwa. Dalam asuransi jiwa sendiri biasanya manfaat utama adalah uang pertanggungan apabila terjadi risiko kematian. Fitur layanan kesehatan tentu bukanlah bagian dari asuransi tersebut. Nah, di sinilah benefit tambahan akan ditawarkan. Jadi, asuransi jiwa Anda juga akan memberikan perlindungan kesehatan tertentu.

Mengapa Penting Memerhatikan Benefit Asuransi?

Benefit Artinya dan Pentingnya

Mendapatkan benefit artinya kita perlu perhatikan bagaimana suatu produk asuransi tertentu dapat berdampak pada manfaat dan bujet yang harus dikeluarkan. Hal ini dikarenakan makin banyak benefit yang ditawarkan tentu semakin menguntungkan untuk Anda. Namun, Anda pun harus siap menyediakan bujet lebih karena premi yang dibayarkan semakin tinggi.

Khusus untuk benefit tambahan atau rider, Anda pun perlu mengeluarkan bujet lebih. Perlu diperhatikan, kadang kala cakupan benefit tambahan tersebut juga tidak terasa terlalu maksimal. Sebab, produk asuransi yang Anda beli memang tidak difokuskan pada benefit tambahan tersebut.

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis