Cara Cek Saldo Taspen secara Online

Taspen

Walau sudah tidak bekerja, masa pensiun selayaknya tetap terjamin secara finansial. PT Taspen (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang khusus mengurus kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah pensiun melalui program tabungan hari tua.

Untuk cek saldo Taspen pribadi, Anda bisa mendatangi kantor atau bank yang ditunjuk langsung oleh Taspen dalam menangani urusan kepensiunan pegawai. Namun, jika Anda tidak sempat, maka pengecekan secara online adalah solusinya.

Lebih Mudah untuk Cek Saldo Taspen secara Online

Cek Taspen Online

Pada dasarnya, saldo Taspen akan bervariasi berdasarkan masa dinas, jabatan, besaran gaji, dan tunjangan lainnya. Sesuai takaran tersebut, maka iuran Taspen tiap peserta Taspen sewajarnya berbeda.

Dari tiap iuran yang dibayarkan per bulan tersebut akan terkumpul sebuah saldo. Saldo ini yang akan diterima peserta ketika memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) sesuai Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 2 Tahun 2019 tentang Tata Cara Masa Persiapan Pensiun.

Dalam hal ini jika ingin memeriksa saldo Taspen, Anda bisa menggunakan aplikasi Taspen atau mengunjungi situs Taspen online. Berikut penjelasannya.

Mengunduh aplikasi Mobile Taspen

Anda bisa mengunduh aplikasi Mobile Taspen di ponsel android pribadi secara gratis. Cara menggunakannya pun tidak sulit.

  1. Buka aplikasi Google Play di ponsel android Anda dan ketik “mobile taspen” di kolom pencarian. Instal aplikasi tersebut dan tunggu beberapa saat.
  2. Seusai proses instalasi dan membuka aplikasi, Anda akan melihat beberapa pilihan. Pilih Simulasi untuk melakukan penghitungan estimasi saldo Taspen pribadi.
  3. Pilih Estimasi TMT BUP, kemudian masukkan Nomor Induk Pegawai (NIP).
  4. Selanjutnya, di layar Anda akan muncul data-data berupa nama, besaran tunjangan hari tua (THT), dan gaji pensiun per bulan.

Mengunjungi situs resmi Taspen

Selain melalui aplikasi android, cek saldo Taspen juga bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi e-klim Taspen yang mengurus perihal estimasi manfaat pensiun untuk peserta. Caranya mudah, yaitu:

  1. Kunjungi http://e-klim.taspen.com/mservices/JKK/login.php. Lalu di tampilan berikutnya, Anda akan diminta untuk mengetikkan Nomor Pokok Pensiun (Notas) pribadi, tanggal lahir, dan nomor urut kartu.
  2. Selanjutnya, Anda akan dihadapkan kepada beberapa pilihan layanan jaminan pensiun. Pilih Estimasi Manfaat.
  3. Pilih Estimasi Hak Usia Pensiun.
  4. Di halaman estimasi hak usia pensiun ini, Anda akan melihat daftar data-data diri Anda. Termasuk di dalamnya adalah gaji pensiun per bulan dan saldo Tunjangan Hari Tua (THT) Anda.

Perlu diketahui bahwa dana yang tertera hanya estimasi. Dengan kata lain, jumlah yang sebenarnya Anda akan terima mungkin berbeda. Namun jika estimasi tersebut dirasa sangat berbeda atau jika Anda ingin melakukan perubahan data pribadi, maka disarankan untuk mendatangi kantor atau bank yang ditunjuk Taspen untuk menyelesaikannya.