Menghargai Efektivitas Celengan untuk Menabung

tabungan dan simpanan

Orang tua pada masa lalu memiliki kebiasaan menabung dengan menggunakan celengan.

Celengan adalah wadah yang terbuat dari tanah liat, plastik, atau bahan lainnya dengan bentuk-bentuk menyerupai binatang yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan uang.

Biasa pada satu sisinya sengaja diberikan sebuah lubang kecil yang muat untuk memasukkan uang koin atau lembaran rupiah. Celengan pada masa kini masih tetap digunakan sebagai tabungan selain di bank dan sebagian orang masih menganggapnya efektif.

Manfaat Celengan pada Masa Lalu dan Masa Kini

Manfaat Celengan pada Masa Lalu dan Masa Kini

Celengan punya banyak manfaat, di antaranya sebagai tempat untuk menyisihkan uang receh atau pecahan kecil. Sebagian orang juga memanfaatkan celengan untuk tabungan tertentu. Seperti tabungan untuk berwisata ataupun tabungan untuk membeli sesuatu yang sangat diimpikan, misalnya ponsel.

Celengan masih dianggap sebagai tempat penyimpanan yang pas atas sejumlah nominal yang tidak terlalu besar. Celengan juga menjadi sebuah wahana edukasi bagi anak-anak usia sekolah untuk menyisihkan uang saku atau uang jajannya sebagai tabungan.

Anak-anak bisa diajarkan untuk menabung pertama kali dengan menggunakan celengan. Edukasi keuangan bagi anak-anak yang paling dasar adalah dengan menggunakan celengan. Bentuk-bentuk celengan pun kini sudah mengalami perkembangan dengan bahan yang lebih ringan, tetapi tetap kuat.

Pada masa lalu, celengan memang terbuat dari tanah liat. Jika celengan sudah penuh, barulah celengan tanah liat tersebut dipecahkan sehingga penggunaan celengan hanya sekali pakai. Berbeda dengan celengan masa kini yang sudah dilengkapi dengan gembok atau kunci sehingga penggunaannya pun bisa berulang-ulang.

Bentuk dan bahan celengan tidak harus kokoh dan kuat. Yang penting bisa menjadi tempat untuk menyimpan uang dengan aman di rumah. Bahkan ada juga yang memanfaatkan botol bekas air mineral untuk menyimpan uangnya.

Ada kebiasaan unik di tengah masyarakat saat ini di mana mereka kini menabung dengan uang nominal tertentu saja. Contohnya dengan menabung hanya lembaran Rp20 ribuan saja. Maksudnya untuk melatih kedisiplinan dan komitmen diri jika mendapatkan kembalian uang pecahan Rp20 ribuan, maka sudah harus disisihkan untuk celengan.

Lambat laun celengan tersebut akhirnya bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Beberapa kisah menarik pun tak jarang terjadi berkaitan dengan celengan. 

Seperti salah satu contoh kejadian di Yogyakarta pada tahun 2018, ada seseorang yang membeli kendaraan roda dua menggunakan uang koin pecahan Rp1000. Uniknya, semua koin pembayaran tersebut disimpan di dalam tiga galon air mineral. Setelah dihitung, ternyata uangnya mencapai Rp14 juta.

Jenis-Jenis dan Harga Celengan

Jenis-Jenis dan Harga Celengan

Jenis-jenis celengan terbagi berdasarkan bahan, ukuran, dan bentuknya. Berikut ini adalah beberapa jenis celengan dan perkiraan harganya.

1. Peles berbahan kaleng

Celengan kaleng ini bentuknya sangat sederhana. Bagian atasnya sudah dilengkapi lubang untuk memasukkan uang koin ataupun uang lembaran. Uniknya, celengan kaleng kini bisa dibuka dengan mudah seperti kaleng biskuit. 

Ukurannya pun bervariasi. Untuk ukuran terkecil tingginya sekitar 14,5 cm dengan diameter sekitar 8,5 cm dengan harga yang sangat terjangkau. Harga satuannya Rp5000/kaleng dan harga grosir lebih murah, yaitu sekitar Rp3500/kaleng.

2. Berbahan tanah liat berbentuk binatang

Celengan dengan bahan tanah liat merupakan celengan yang masih dipertahankan hingga saat ini. Bentuknya bermacam-macam mulai dari bentuk babi, ayam, hingga bentuk-bentuk binatang yang sengaja dibuat menggemaskan lainnya. Bahkan masih ada celengan yang sederhana dengan bentuk kendi tanah liat. 

Celengan-celengan ini diproses dengan cara tradisional melalui proses pembakaran tanah liat sehingga menjadikannya lebih awet. Warnanya pun kini tidak kaku lagi seperti dulu yang khas dengan warna merah tanah. 

Harga celengan-celengan tanah liat bervariasi bergantung kepada bentuk dan ukurannya.  Celengan kendi berwarna merah sederhana dengan tinggi sekitar 16 cm dijual dengan harga Rp20 ribu hingga Rp30 ribu/kendi.

Sementara untuk celengan berbentuk ayam, babi, atau bentuk-bentuk unik lainnya berkisar di angka Rp1 juta hingga Rp3 jutaan persatuan.

3. Wadah yang terbuat dari keramik

Celengan keramik kini memang lebih populer dibandingkan dengan celengan tanah liat karena lebih ringan dan kuat. Celengan ini disukai juga karena punya bentuk dan warna yang lebih bervariasi dibandingkan dengan celengan tanah liat.

Sebagai contoh, celengan berbentuk burung hantu dengan tinggi sekitar 20 cm dijual dengan harga Rp50 ribuan. Hanya saja untuk proses pengiriman celengan keramik seperti ini sangat berisiko mengalami pecah di perjalanan. Oleh karena itu pastikan pengemasan dan pengiriman celengan sudah terjadmin aman agar tidak diterima dalam kondisi rusak atau pecah.

4. Menyerupai perangkat modern

Celengan-celengan modern ini memang lebih atraktif dengan bentuknya yang menarik dan jauh lebih futuristis. Misalnya saja ada celengan berbentuk mesin ATM dan brankas. 

Celengan-celengan seperti ini ukurannya tidak terlalu besar dan hanya digunakan sebagai hiasan di meja belajar ataupun di meja kerja. Namun demikian, tetap bisa digunakan untuk tempat penyimpanan uang. Celengan seperti ini dijual dengan harga antara Rp100 ribu hingga Rp250 ribuan tergantung bentuknya.

Keunggulan dan Kelemahan Celengan

Keunggulan dan Kelemahan Celengan

Celengan memang sudah terbukti menjadi tempat atau wadah penyimpanan uang sementara di rumah yang masih bermanfaat. Celengan bisa membantu untuk menyisihkan uang, baik dalam bentuk receh atau koin maupun pecahan uang lainnya.

Namun demikian, celengan tidak bisa dijadikan tempat penyimpanan uang yang aman untuk jumlah nominal yang lebih besar. Terlebih lagi, celengan tidak memanfaatkan pengamanan berteknologi tinggi, sebut saja seperti bank.

Akan tetapi, pada dasarnya celengan masih bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan uang untuk kebutuhan berskala kecil. Dengan bentuk-bentuknya yang lucu dan unik, celengan diharapkan bisa mendorong anak-anak untuk lebih peduli terhadap jaminan keuangan sejak dini.

Anda juga bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana cara menyimpan uang dan menginvestasikan uang dengan cara yang lebih menguntungkan melalui situs Lifepal.