Cara Investasi Emas dengan Aman agar Cuan Jalan Terus

investasi emas

Investasi emas masih menjadi andalan sebagian besar investor yang ingin mendapatkan keuntungan terutama dalam menghadapi krisis dan inflasi. 

Emas menjadi salah satu instrumen yang paling likuid atau mudah diperjualbelikan dengan harga yang sangat tinggi.

Alasan itulah mengapa saat ini cukup banyak jenis investasi emas yang ditawarkan. Investasi emas memang cenderung lebih aman, tetapi kita tetap harus waspada dengan berbagai jenis investasi emas yang belum diketahui untung dan ruginya.

Investasi emas pun tetap ada risikonya, seperti situasi global, kebijakan moneter, inflasi serta nilai tukar dolar Amerika Serikat. Oleh karena itu, agar tetap bisa meraup keuntungan dari investasi emas, pahami jenis-jenis investasi emas berikut beserta risiko yang dihadapi.

Jenis-jenis Investasi Emas

Emas bukan hanya bisa dijadikan sebagai portofolio investasi saja, tetapi juga bisa dijadikan dana darurat kapan saja dibutuhkan. Keuntungan dari investasi emas rata-rata bisa mencapai 7-9 persen dalam jangka panjang. 

1. Investasi emas batangan

Salah satu instrumen investasi yang paling kuno dan masih dilakukan hingga saat ini. Investasi emas batangan adalah dengan cara membeli emas batangan dari penerbit emas seperti PT Aneka Tambang Tbk maupun beberapa rekanannya seperti PT Pegadaian (persero). 

Jenis emas batangan yang dijual mulai dari satuan 1 gram hingga 1 kilogram. Kadar karatnya pun berbeda beda tergantung jenis produk yang dipilih. PT Pegadaian memiliki salah satu inovasinya, dengan cara membeli emas secara online. 

Pegadaian memberikan jaminan bahwa meskipun pembelian dilakukan secara virtual tetapi fisiknya pun tetap disediakan. Artinya investasi emas di Pegadaian dijamin mendapatkan fisik emas batangan sesuai dengan jumlah yang diinvestasikan.

2. Investasi emas perhiasan

Pada dasarnya investasi emas perhiasan berbeda dengan investasi emas batangan. Salah satu kerugiannya berinvestasi emas perhiasan adalah dikenakan pajak PPn sebesar 10 persen. Dengan begitu nilai investasi pun akan menjadi berkurang.

Sementara investasi emas batangan hanya membutuhkan biaya sewa penyimpanan saja tanpa dikenai pajak seperti emas perhiasan.

Meskipun demikian, masyarakat di daerah tetap menjadikan emas perhiasan sebagai salah satu instrumen investasi sekaligus menunjukkan status sosialnya di tengah-tengah lingkungannya.

3. Investasi koin emas dinar

Sebagian kalangan menganggap bahwa investasi koin emas dinar sangat menguntungkan. Alasannya karena koin emas dinar sudah digunakan sejak zaman Mesir kuno yang mana pada saat itu koin emas dinar berfungsi sebagai alat tukar.

Saat ini, koin emas dinar memang sudah diakui oleh beberapa negara tertentu sehingga cakupannya tidak hanya terbatas dijual di Indonesia saja. 

Sayangnya koin emas dinar dikategorikan sebagai perhiasan sehingga nilainya berkurang karena dikenai pajak (PPn). 

Investasi Emas vs Menabung Emas

Mengapa Menabung Emas

Ada sedikit perbedaan cara pandang antara investasi emas dengan menabung emas. Investasi emas umumnya dilakukan dengan membeli emas secara tunai dengan satuan emas tertentu.

Sedangkan menabung emas seperti mencicil pembelian emas dengan nilai terkecil menggunakan dana yang ada.

Sebagai contoh ketika berinvestasi emas, kita dapat membeli emas mulai dari kepingan 0,5 gram, 1 gram, 2 gram hingga paling berat adalah 1 kilogram dengan pembayaran secara tunai. Harga yang dibayarkan disesuaikan dengan harga emas per gram pada saat itu.

beli emas antam

Misalnya kita ingin menginvestasikan uang dengan membeli emas 1 gram. Kita bisa langsung mendatangi PT Logam Mulia atau PT Antam terdekat, dan mengajukan permohonan pembelian sesuai dengan satuan yang dikehendaki. 

Siapkan juga uang sebanyak Rp765 ribu sesuai dengan harga emas yang berlaku pada saat pembelian. 

Berbeda dengan menabung emas. Menabung emas bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama adalah membeli satuan per gram atau membeli sesuai dengan jumlah uang yang dimiliki mulai dari Rp500 rupiah. 

Cara menabung emas dengan nilai paling rendah bisa dilakukan seperti menggunakan layanan dari Tokopedia Emas. Sebagai contoh perhatikan gambar di bawah ini.

cara beli emas tokopedia

Gambar tersebut merupakan simulasi menabung emas di Tokopedia. Kita bisa menabung emas sesuai dengan nominal yang diinput, kemudian secara otomatis akan dikonversi dengan satuan emas yang setara.

Dalam contoh, harga beli emas adalah Rp735 ribu per gram. Jika menabung dengan nominal Rp500 perak, artinya kita akan mendapatkan nilai emas seberat 0,0006 gram.

Jika dilakukan secara rutin dan konsisten lambat laun akan mendapatkan satuan emas yang sudah ditargetkan. Selain bisa membeli emas secara online, kita juga bisa menjualnya mengikuti mekanisme dan ketentuan yang ditetapkan platform yang dipilih.    

Syarat dan Cara Investasi Emas untuk Pemula

Tabungan Emas Pegadaian

Memulai investasi emas bisa dilakukan dengan langkah yang mudah. Salah satunya bisa membeli langsung di butik emas Logam Mulia yang menyediakan batangan emas resmi PT Antam.

Jika sudah menjadi nasabah BRANKAS (Berencana Aman Kelola Emas), kita juga sudah bisa melakukan pembelian emas secara berkala via online di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia Antam.

1. Syarat investasi emas di Logam Mulia Antam

  • Melakukan pendaftaran di kantor logam mulia Pulogadung, Jakarta atau Butik Emas di kota-kota besar di Indonesia.
  • Membawa kartu identitas diri.
  • Membawa NPWP.
  • Mengisi formulir permohonan dengan lengkap.
  • Pendaftaran tidak bisa diwakilkan atau menggunakan surat kuasa sekalipun.
  • Membayar saldo minimal.
  • Membayar biaya tahunan. 

2. Cara membeli emas

  • Pembelian dapat dilakukan secara online (sudah terdaftar) maupun offline.
  • Pembelian offline dengan cara mendatangi butik emas atau kantor Logam Mulia.
  • Metode pembayaran secara online dapat dilakukan melalui bank transfer maupun virtual account.
  • Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit hanya bisa dilakukan dengan mendatangi kantor terdekat.
  • Harga beli sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh penerbit emas yang dipilih. Jika kita membeli di Pegadaian, mengikuti harga jual beli di Pegadaian. Jika membeli di Logam Mulia, mengikuti harga jual beli di Logam Mulia.

Tips Investasi Emas

keuntungan pajak elektronik

Setidaknya ada empat hal mendasar yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih investasi emas, apa saja? Berikut ringkasannya.

1. Memahami tujuan investasi emas

Investasi emas berbeda dengan trading emas. Investasi emas dilakukan hanya untuk tujuan jangka panjang, yaitu minimal lebih dari satu tahun hingga waktu yang tidak terbatas.

Tujuan investasi emas yang lebih konkret misalnya diinvestasikan untuk beberapa hal, seperti:

Dengan begitu nilai emas akan lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa yang sangat dipengaruhi oleh inflasi.

2. Memahami cara pergerakan harga emas

Meskipun tujuannya untuk investasi emas bukan berarti kita tidak perlu belajar cara memantau harga emas. Cara memantau emas sebenarnya tidak berbeda jauh seperti para investor yang melakukan trading.

Logika sederhananya, beli saat harga emas turun. Kemudian dalam jangka waktu tertentu kita bisa menjualnya untuk mendapatkan margin keuntungan yang besar. 

3. Konsisten menabung minimal setiap bulan sekali

Cara atau mekanisme investasi emas memang tidak berbeda dengan menabung. Hanya berbeda objeknya saja. Artinya kita harus menyediakan dana setiap bulan untuk membeli emas.

Investasi emas bisa dimulai dengan membeli batangan emas tiap 0,5 gram per bulan, kemudian bisa dinaikkan sesuai dengan kemampuan finansial. 

4. Terus belajar berbagai jenis investasi emas

Portofolio emas memang dianggap paling aman. Tetapi bukan berarti tidak ada risiko. Investasi emas tidak cocok untuk jangka pendek apalagi jika ingin mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Jika ingin mendapatkan keuntungan lebih tinggi, kita bisa mencoba berbagai jenis instrumen investasi lain seperti investasi di pasar modal.

Berhati-hati pula dengan bujuk rayu investasi dalam produk proteksi, karena asuransi bukan investasi. 

Dalam hal ini, Lifepal memberikan edukasi tentang asuransi dan keuangan secara transparan seperti kepada seorang teman. Silakan membaca artikel-artikel menarik lainnya untuk mendapatkan insight tentang keuangan yang tepat.