Kartu Indonesia Sehat dan Manfaatnya untuk Rakyat

kartu indonesia sehat

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah salah satu program pemerintah dalam rangka memberikan bantuan kepada keluarga kurang mampu.

Bantuan ini  berupa layanan kesehatan gratis di puskesmas, klinik, hingga rumah sakit di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan penyakit yang diderita.

Program KIS digagas sejak tahun 2014 oleh Presiden Jokowi yang menjangkau 19 provinsi di Indonesia. Targetnya adalah melindungi dan melayani seluruh keluarga pra-sejahtera pada tahun 2015. Distribusi kartu dibantu oleh PT Pos Indonesia dan bank BUMN, Bank Mandiri.

KIS sedikit berbeda dengan JKN atau program BPJS. Penerima KIS tidak diwajibkan membayar iuran seperti halnya peserta BPJS. Akan tetapi, skema dan benefit yang diterima tidak berbeda jauh dengan pemegang kartu BPJS kesehatan, bahkan mendapatkan keistimewaan lebih banyak.

Salah satu kelebihan KIS adalah cakupan wilayah yang lebih luas dibandingkan dengan pemegang kartu BPJS.

Manfaat Kartu Indonesia Sehat

layanan kesehatan pengguna kis

Pemegang Kartu Indonesia Sehat mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut ini.

  • Pendaftaran tidak dikenai biaya apapun alias gratis karena khusus keluarga miskin.
  • Pemegang KIS tidak perlu membayar biaya bulanan.
  • Pemegang KIS bisa mendapatkan layanan kesehatan di manapun selama berada di wilayah Indonesia.
  • Pemegang KIS bisa mendapatkan layanan kesehatan di puskesmas, klinik, dan rumah sakit rekanan JKN tanpa harus membuat surat rujukan dari faskes pertama seperti pengguna BPJS.
  • Layanan kesehatan pengguna KIS berupa pencegahan maupun pengobatan.

Perbedaan KIS dengan BPJS

kartu indonesia sehat

Meskipun banyak yang serupa, pada dasarnya ada beberapa perbedaan mendasar antara KIS dan BPJS kesehatan yang sama-sama berada di bawah naungan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

KIS BPJS
Iuran Gratis Berbayar
Pendaftaran Gratis Berbayar
Daftar Kesehatan Tanpa Rujukan Rujukan dari Faskes I
Cakupan Layanan Seluruh Wilayah Sesuai Pendaftaran
Pemakaian Pencegahan dan Pengobatan Pengobatan

Syarat Pendaftaran Kartu Indonesia Sehat

fasilitas kesehatan kartu indonesia sehat

Adapun beberapa syarat pendaftaran KIS bagi keluarga tidak mampu, yaitu:

  • Keluarga bukan pekerja penerima upah (PBPU).
  • Seluruh anggota keluarga wajib didaftarkan sesuai data di Kartu Keluarga.
  • Dapat mendaftar di Kantor BPJS terdekat.
  • Dokumen yang dibawa berupa KTP/KK/Surat keterangan domisili, pas foto warna 3×4 masing-masing 1 lembar.
  • Menandatangani surat pernyataan.
  • Anak angkat bisa didaftarkan dengan menyerahkan bukti yang sah dari pengadilan.
  • Pendaftaran dapat diwakilkan jika calon peserta tidak bisa melakukan pendaftaran sendiri. Perwakilan harus dibekali surat kuasa bermaterai.

Setelah mendapatkan KIS, peserta bisa langsung menggunakannya dengan cara menunjukkan saat datang ke puskesmas, klinik, maupun rumah sakit yang bermitra dengan BPJS tanpa harus mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan pertama.

Prosedur pendaftaran di rumah sakit sedikit berbeda dengan pengguna BPJS. Peserta BPJS harus mendapatkan surat rujukan terlebih dahulu sebelum bisa mendapatkan layanan kesehatan di faskes lanjutan/rumah sakit.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Indonesia Sehat

KIS diharapkan mampu membantu mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Anak-anak prasejahtera yang sakit bisa dibantu melalui layanan gratis agar tetap bisa bersekolah. Mereka yang masih berusia sekolah pun mendapatkan bantuan Kartu Indonesia Pintar sehingga mendapatkan layanan pendidikan gratis dari pemerintah.

Namun, pada praktik dan implementasinya, KIS dikritik oleh salah satu anggota DPR RI Okky Asokawati seperti dilansir dari obsessionnews.com (3/11/2014).

Menurut Okky, KIS yang dapat digunakan secara bebas bisa mengurangi jatah dan kuota pengguna BPJS sehingga dikhawatirkan menimbulkan kecemburuan sosial.

Selain itu, terdapat kekhawatiran terkait faktor kurang tepat sasaran pada implementasinya di lapangan. Di mana sasaran pengguna KIS sebenarnya adalah:

  • Anak-anak Panti Asuhan.
  • Orang Lanjut Usia.
  • Orang Cacat.
  • Mantan Pecandu.
  • Mantan PSK.

Kelompok inilah yang dikategorikan oleh pemerintah sebagai penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang menjadi sasaran utama program Kartu Indonesia Sehat.

Terlepas dari sisi kelemahan yang masih ada, tujuan KIS tetap dianggap sangat baik sebagaimana dimaksudkan untuk memberikan layanan perawatan kesehatan bagi warga yang khususnya di kalangan ekonomi menengah ke bawah secara gratis.

Tags: ,
Dzulfikar

Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna.