7 Pengusaha Muda di Indonesia yang Penuh Inspirasi

pengusaha muda

Menjadi seorang pengusaha muda sukses tentu menjadi impian setiap anak muda yang berniat untuk berbisnis. Namun tidak semudah itu karena kesuksesan butuh kerja keras dan keberanian tinggi. 

Namun, di balik kesuksesan terdapat risiko kegagalan. Kegagalan bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan sebuah pengalaman yang harus dijadikan bahan pembelajaran untuk memulai usaha yang baru. 

Di Indonesia, sudah banyak pengusaha muda Indonesia yang sudah terkenal secara nasional maupun internasional, lho. Mau tahu siapa saja mereka? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Yasa Singgih – Men’s Republic

pengusaha muda
Yasa Singgih / instagram.com/yasasinggih

Yasa Singgih merupakan salah satu pengusaha muda yang lahir pada tahun 1995. Ketika ia berada di kelas 3 SMP, sang ayah terkena serangan jantung dan membutuhkan biaya yang besar untuk pengobatan, kondisi inilah yang mendorongnya untuk mandiri dan mulai membuka usaha bernama Men’s Republic.

Usahanya tersebut sempat mendulang kesuksesan, sayangnya kesibukan sekolah membuat ia tidak bisa fokus pada usaha yang dijalani, akibatnya ia mengalami cukup banyak kerugian sehingga bisa dibilang bahwa usaha tersebut gagal.

Selepas Ujian Nasional SMA, ia pun tergoda untuk mulai merintis kembali usaha Men’s Republic-nya. Namun pengalaman gagal sebelumnya membuatnya rajin membaca data hingga ia mengetahui bahwa konsumennya terdahulu adalah mereka yang berumur 15 hingga 25 tahun dengan kemampuan beli ratusan ribu saja.

Yasa pun mulai melakukan survei dan riset kecil-kecilan terkait target pasar dan daya beli calon targetnya. Akhirnya ia mendapatkan solusi untuk menargetkan brandnya untuk remaja laki-laki di kalangan middle class atau dengan kemampuan beli di bawah Rp500 ribu. Ia pun memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produknya secara online yaitu memasarkan produk dengan kualitas mall namun harga online shop.

Hasil dari riset tersebut, kini ia sudah bisa mendapatkan omzet hingga miliaran rupiah dan produknya sudah ada di seluruh kota besar Indonesia dan luar negeri, seperti Hong Kong, Makau, Taiwan, Malaysia, Filipina, serta Nigeria.

Dari perjalanan hidup Yasa Singgih, kita dapat memetik beberapa poin penting kehidupan di antaranya:

  • Tidak ada kata terlalu muda menjadi seorang pengusaha sukses.
  • Jangan pernah takut akan kegagalan, terus bangkit dan belajar dari kegagalan tersebut.
  • Sebelum merintis usaha, pahami dulu pasar yang dituju sehingga mudah menentukan perkiraan harga yang akan diterapkan.
  • Manfaatkan segala teknologi digital yang tersedia sebaik mungkin,mulai dari e-coomerce hingga media sosial.

2. Dian Pelangi – Dian Pelangi Fashion

Pengusaha Muda Dian Pelangi
Dian Pelangi / instagram.com/dianpelangi

Awal kariernya dimulai ketika berumur 18 tahun, di mana orang tua memintanya untuk meneruskan usaha keluarga. Sayangnya meneruskan usaha yang telah tidak mudah. Dian harus menghadapi berbagai kritik karena dianggap belum pantas meneruskan usaha tersebut. Namun, hal ini justru memotivasinya untuk menunjukkan kualitasnya dan memiliki brand busana muslim sendiri.

Melihat perkembangan dunia fashion hijab yang masih lambat pada saat itu, membuat Dian Pelangi tertantang untuk memiliki brand hijabnya sendiri. Hal tersebut tentu tidak mudah, namun ide brilian Dian yaitu menciptakan busana muslim yang modern namun tetap mengikuti syariat Islam. Justru mendapat tanggapan positif masyarakat.

Ketika ide tersebut mendapatkanya tanggapan yang baik, Dian mulai melancarkan strategi-strateginya, yaitu memasarkan karyanya dengan memanfaatkan komunitas hijab dan muslimah yang ada di Indonesia. Kemudian lakukan kerja sama dengan fashion designer lainnya, pemerintah, dan juga media untuk menghasilkan karya-karya terbaik.

Hingga akhirnya, kini Dian Pelangi telah berhasil masuk ke dalam 500 pelaku mode paling berpengaruh di dunia versi majalah Business of Fashion (BoF) dan memiliki 4 lini bisnis.

Dari perjalanan hidup Dian Pelangi, kita dapat memetik beberapa poin penting kehidupan di antaranya:

  • Jadikan segala kritik yang didapatkan sebagai motivasi untuk mengembangkan diri.
  • Konsisten dalam berkarya dan terus berinovasi adalah kunci sebuah kesuksesan dalam berbisnis.
  • Manfaatkan berbagai komunitas sebagai ajang promosi brand sendiri.
  • Lakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk agar produk semakin dikenal banyak orang.

3. Yukka Harlanda – BRODO

Pengusaha Muda Yukka Harlanda
Yukka Harlanda / literaturnegeri.id/

Kesuksesan Yukka Harlanda berawal dari sebuah keresahan semasa kuliah yang sulit mencari sepatu yang pas. Hingga akhirnya ia mulai mendatangi tiap pengrajin sepatu di kawasan Cibaduyut, Bandung untuk minta dibuatkan sepasang sepatu. Sayangnya, tiap pengerajin tidak ada yang mau menerima order tersebut. Mereka baru akan membuatkan apabila minimal order lima lusin sepatu.

Hingga akhirnya Yukka menemukan salah satu pengrajin yang mau membuat pesanan sepasang sepatu kulit dengan rancangan yang sudah dia buat.

Setelah sepatu tersebut jadi, dengan bangganya ia memamerkan kepada teman-teman kuliahnya. Ajang pamer tersebut justru membuat mereka tertarik dengan sepatu rancangan Yukka. Alhasil pada tahun 2010, bersama Putra Dwi Karunia, dengan modal Rp7 juta Yukka mulai merintis bisnis sepatu yang diberi nama Brodo.

Meskipun pemanfaatan media internet waktu itu tidak secanggih sekarang, namun Yukka sudah memanfaatkan forum Kaskus, Facebook Pages, dan aplikasi BBM untuk berjualan.

Melihat respon positif masyarakat dan peningkatan penjualan yang signifikan, Yukka mulai membuat situs ecommerce  dan memanfaatkan layanan Google seperti Google Ads dan Google Analytics.

Penjualan Brodo tentu tidak selalu mulus, ia sempat mengalami keterpurukan akibat mengalami banyak protes dan bahkan ada pelanggan yang ingin melaporkannya sebagai tindak penipuan akibat terlambatnya pengiriman dan sepatu yang diproduksi memiliki kualitas buruk. Namun, support keluarga dan teman-teman membuat Yukka yakin terhadap usaha yang dirintis hingga kini ia berhasil mendapat omzet ratusan juta rupiah.

Dari perjalanan hidup Yukka Harlanda, kita dapat memetik beberapa poin penting kehidupan di antaranya:

  • Manfaatkan segala peluang bisnis yang ada, tidak terkecuali keresahan yang sering dialami semasa muda.
  • Selalu yakin pada usaha yang dirintis adalah kunci kesuksesan.
  • Manfaatkan segala media dan layanan untuk promosi usaha.
  • Jadikan setiap momen kegagalan pembelajaran untuk membuat hasil yang lebih besar.

4. Adrian Agus – Puyo Silky Drink

pengusaha muda Adrian Agus
Adrian Agus / instagram.com/adrianagus/

Siapa sangka memiliki ayah yang jago membuat puding, bisa mengantarkan Adrian Agus menjadi pengusaha muda nan sukses.

Kelembutan hasil puding sang ayah, membuat bibit pengusaha muda dalam diri Adrian Agus dan adiknya Eugenie Patricia Agus bertumbuh. Alhasil dengan modal Rp5 juta, Adrian mulai mempersiapkan usaha rintisannya yang diberi nama Puyo Silky Drink pada Juli 2013.

Dikarenakan modal untuk membuka toko sendiri masih jauh dari kata cukup, ia pun mulai memaksimalkan penggunaan media sosial seperti Instagram sebagai ajang promosi. Dengan memasang foto berbagai puding dengan warna-warna pastel dan kemasan yang menarik, Puyo pun mulai dikenal banyak pengguna Instagram.

Sayangnya usaha tersebut ternyata berjalan tidak semulus lembutnya puding, sebab selama melakukan promosi offline dengan mengandalkan bazar makanan di acara kampus justru Puyo jarang dilirik para pengunjung bazar. Sehingga membuatnya harus membawa pulang 75 persen produknya yang tidak laku terjual.

Kerugian tersebut tidak membuat Adrian putus asa, ia pun lebih aktif mempromosikan Puyo di Instagram dengan menghadirkan kuis interaktif dan kompetisi foto. Berkat usahanya tersebut, kini Puyo sudah tersedia di 60 outlet di beberapa mall di Jabodetabek, Surabaya, dan Bandung dengan omzet hingga Rp1 miliar per bulan.

Dari perjalanan hidup Adrian Agus, kita dapat memetik beberapa poin penting kehidupan di antaranya:

  • Selalu manfaatkan segala peluang yang ada, karena peluang tidak akan datang dua kali.
  • Optimalkan pemanfaatan media sosial sebagai ajang promosi, salah satunya dengan mengadakan berbagai kuis interaktif.
  • Jadikan jadikan kegagalan alasan untuk terpuruk, selalu yakin dan bangkit demi hasil yang lebih baik.

5. Ferry Unardi – Traveloka

pengusaha muda Ferry Unardi
Ferry Unardi / prestigeonline.com/

Melihat banyak investor berlomba-lomba masuk ke industri pemesanan tiket, membuat Ferry Unardi tidak mau kehabisan tempat.

Pada tahun 2012, ia bersama Derianto dan Albert Zhang meluncurkan sebuah situs bernama Traveloka di mana situs tersebut berisi perbandingan harga tiket-tiket pesawat. Namun, melihat banyak orang yang tidak hanya butuh pembanding harga, pada tahun 2013 Traveloka pun mulai berubah menjadi situs pemesanan pesawat.

Perjalanan Ferry dan kawan-kawan tentu tidak selamanya mulus, banyak tantangan yang mereka dapatkan, salah satunya adalah banyak maskapai penerbangan yang tidak bersedia bekerja sama di masa-masa awal berdirinya.

Namun berkat kerja kerasnya meyakinkan para maskapai dan trik jitunya memberikan diskon dan promo-promo menarik kepada calon pelanggannya, kini Traveloka telah memiliki nilai valuasi mencapai triliunan rupiah dengan jumlah kunjungan website mencapai belasan juta orang per bulan.

Dari kisah sukses Ferry Unardi, kita dapat memetik beberapa poin penting kehidupan di antaranya:

  • Jangan ketinggalan akan update trend terbaru dan manfaat segala peluang yang ada.
  • Sedikitnya pihak yang mau bekerja sama jangan membuat diri berkecil hati, tetap semangat dan yakinkan mereka dengan pembuktian diri.

6. Charina Prinandita – Eatlah

Berawal dari sebuah ide untuk menjadikan makanan sehari-hari selama di Singapura sebagai ide bisnis. Mengantarkan Charina dan kedua temannya yaitu Michael Chrisyanto dan Riesky Vernandes menjadi pengusaha muda kuliner yang terkenal akan cita rasa saus telur asin pada tiap menu makanannya.

Bermodalkan uang sebesar Rp45 juta yang dipinjam dari orang tua, Charina bersama kawan-kawan mulai merintis usaha kuliner yang diberi nama Eatlah. 

Sayangnya bukan hal yang mudah memasarkan makanan sehari-hari Singapura di Indonesia, ia harus menghabiskan sekitar tujuh bulan untuk mendapatkan rasa yang pas dengan lidah orang-orang lokal.

Tidak hanya menyesuaikan cita rasa, Ia pun memanfaatkan layanan order online seperti Go-Food maupun Grab Food dan juga kerja sama dalam menghadirkan berbagai promo menarik pada layanan tersebut.

Hingga akhirnya usaha yang hanya mampu menjual 50 pesanan per hari kini lebih dari 300 pesanan harus mereka siapkan setiap harinya.

Dari kisah Charina Prinandita, kita dapat memetik beberapa poin penting kehidupan di antaranya:

  • Usaha kuliner memang tidak ada matinya, namun jika tidak memiliki inovasi yang berbeda, maka usaha tersebut akan sama saja.
  • Manfaatkan segala layanan teknologi yang ada seperti layanan order online untuk mempromosikan produk2.
  • Jangan pernah takut untuk berinovasi dan tampil beda dari yang lain.

7. Rex Marindo – Warunk Upnormal

Siapa sih yang tidak mengenal Warunk Upnormal? Lokasi yang sering dijadikan tongkrongan para anak muda ini didirikan oleh seorang pengusaha muda sukses bernama Rex Marindo. Rex Marindo bersama teman-temannya nekat meninggalkan zona nyamannya di bisnis konsultan demi terjun ke dalam bisnis kuliner pada tahun 2013. 

Pada awalnya, dengan modal Rp100 juta, dia memutuskan membuka usaha nasi goreng yang diberi nama Nasi Goreng Rempah Mafia. Tidak lama usahanya tersebut sukses dan dalam waktu singkat sudah bisa mendirikan puluhan cabang.

Seolah terus menantang diri untuk terus berinovasi, Rex Marindo pun membuka usaha Warunk Upnormal pada 2015 dan dalam waktu beberapa tahun saja kini dia sudah memiliki 80 cabang Warunk Upnormal.

Di mana satu cabang Warunk Upnormal memiliki biaya waralaba mencapai sekitar Rp4 miliar.

Dari kisah Rex Marindo, kita dapat memetik beberapa poin penting kehidupan di antaranya:

  • Jadilah berbeda atau brand kita tidak akan bertahan lama.
  • Selalu berkomitmen tinggi dan konsisten untuk belajar akan hal yang baru.

Setiap pengusaha muda sukses tentu memiliki cerita tersendiri dalam proses merintis kariernya. Tidak jarang mereka menghadapi kegagalan, namun sikap optimis dan percaya diri yang dimiliki mampu membuat mereka bangkit dan terus berinovasi untuk negeri.

Nah, dari daftar pengusaha muda sukses Indonesia yang ada di atas, manakah yang paling menginspirasi Anda?

Ruri Sari

Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati.