Pinjaman untuk Mahasiswa sebagai Solusi Keuangan Anda

Pinjaman dan Bujet Keuangan

Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi, tetapi tidak memiliki cukup dana, kini bisa memanfaatkan pinjaman untuk mahasiswa. 

Pinjaman tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk biaya kuliah saja tetapi juga biaya lain seperti biaya penelitian, biaya skripsi, dan lain sebagainya.

Pinjaman mahasiswa adalah pinjaman yang diberikan lembaga keuangan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pendidikan yang dibutuhkan oleh mahasiswa saat menempuh studinya di perguruan tinggi. Pinjaman ini disediakan oleh beberapa lembaga keuangan, baik bank maupun nonbank, seperti:

    1. Bank
    2. Fintech
    3. Pegadaian

Pinjaman untuk Mahasiswa dari Bank

Pinjaman Uang Untuk Mahasiswa Dari Bank

Pinjaman bagi mahasiswa dari bank umumnya dikhususkan bagi mahasiswa jenjang S2 dan S3 di seluruh perguruan tinggi nasional Indonesia. Pinjaman dengan bunga rendah ini diberikan untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan maksimal selama 10 tahun.

Limit pinjaman yang diberikan rata-rata disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan sesuai jenjangnya di perguruan tinggi yang dipilih. Besarnya antara Rp70 juta sampai dengan Rp150 juta dengan suku bunga rendah, yaitu sekitar 0,65% per bulan.

Tiap bank memberikan bunga cicilan yang berbeda-beda sesuai dengan produk yang ditawarkan. Perlu diketahui, tidak semua bank memiliki produk semacam ini. Jadi, perlu dibedakan antara pinjaman untuk mahasiswa dan kredit tanpa agunan (KTA) biasa.

Cicilan bisa dibayarkan meskipun mahasiswa yang bersangkutan sudah lulus kuliah. 

Syarat-syarat mengajukan pinjaman mahasiswa dari bank

Perbedaan Tunjangan dan Jaminan

Bagi mahasiswa yang tertarik mengajukan pinjaman, cukup menyiapkan beberapa persyaratan tertentu. Jika disetujui, dana yang diajukan akan langsung ditransfer ke rekening peminjam.

  1. Fotokopi kartu mahasiswa.
  2. Fotokopi KTP.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga.
  4. Slip gaji.
  5. SK pegawai.
  6. Surat rekomendasi dari universitas.
  7. Surat rekomendasi tempat bekerja.

Pinjaman Mahasiswa di Fintech

Perhitungan Pajak Tunjangan

Sebagian perusahaan financial technology (fintech) secara khusus memberikan pinjaman dana kepada mahasiswa. Tujuan pinjaman ini tidak berbeda jauh dengan yang diberikan oleh bank, yaitu untuk memenuhi kebutuhan selama studi.

Namun, ada juga fintech yang memberikan pinjaman berupa kredit multiguna atau kredit tanpa agunan (KTA) secara online. Bunga yang diberikan pun beragam, mulai dari 0.88% per bulan sampai dengan 1.5% per bulan dengan tenor antara 12-60 bulan.

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman pun jauh lebih mudah dan bisa diajukan melalui aplikasi atau situs resmi fintech yang Anda pilih, yaitu: 

  • KTP.
  • Surat keterangan domisili.
  • Surat keterangan penghasilan per bulan. 

Tetapi, Anda perlu berhati-hati ketika meminjam melalui fintech. Pasalnya, saat ini masih ada fintech abal-abal yang belum terdaftar atau mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan.

Pinjaman untuk Mahasiswa dari Pegadaian

Pegadaian adalah lembaga keuangan BUMN yang salah satu produknya menawarkan pinjaman dengan jaminan atau agunan. Jaminan ini bisa berupa emas, kendaraan bermotor, atau barang elektronik berharga lainnya.

Fungsi tersebut bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang membutuhkan dana pendidikan. Akan tetapi, Anda tetap harus menyerahkan jaminan pinjaman. Jaminan tersebut bisa ditebus dengan melunasi pinjaman serta membayar modal usaha (bunga) sesuai dengan bukti kredit yang disepakati di awal.

Tenor pinjaman melalui pegadaian amat terbatas karena waktu yang diberikan maksimal hanya empat bulan meskipun masih bisa diperpanjang dengan konsekuensi membayar tambahan sewa modal. 

Lebih Baik Memilih yang Mana?

Prinsip Utang dalam Islam

Pinjaman dari bank dinilai lebih menguntungkan. Di samping bunganya lebih rendah, semua transaksi juga lebih aman dan terjamin.

Pinjaman online bisa dijadikan alternatif pinjaman jangka pendek dengan nominal yang tidak terlalu besar. Apabila membutuhkan biaya pendidikan yang lebih besar, sebaiknya memilih bank.

Di lain sisi jika Anda tidak keberatan dengan persyaratan menyerahkan jaminan, maka silakan memilih Pegadaian. Metode pinjaman dari Pegadaian pun mengikuti sistem pembiayaan Syariah sehingga menjadikannya terbebas dari riba.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pinjaman untuk mahasiswa. Perlu ditegaskan kembali bahwa produk pinjaman mahasiswa berbeda dengan produk pinjaman KTA atau kartu kredit online

Hal ini dikarenakan pinjaman untuk mahasiswa umumnya berbunga lebih rendah untuk meringankan pelunasan biaya pendidikan. 

Terlepas dari itu, pertimbangkan semua pilihan Anda secara baik-baik. Perhitungkan juga dana simpanan Anda, apalagi jika Anda memiliki pengeluaran sewa indekos/apartemen bulanan, ongkos transportasi, dan lainnya. Jangan sampai pada akhirnya cicilan pinjaman menyulitkan diri sendiri.