Manfaat, Jenis, dan Produk Tabungan Anak di Indonesia

Tabungan Anak

Tabungan anak adalah simpanan di bank berbentuk rekening tabungan dengan tujuan untuk mengajarkan anak tentang keuangan sejak belia. Tabungan ini dibuka oleh orang tua, tetapi tetap menggunakan nama anak sebagai nasabah.

Fitur-fitur yang mendukung biasanya cukup sederhana. Selain berfungsi sebagai simpanan, tabungan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran anak-anak agar gemar menabung sedari kecil. Dengan begitu, anak-anak bisa belajar merencanakan keuangannya di masa depan.

Jenis Tabungan Anak

Memisahkan Rekening Tabungan dan Pendapatan

Tabungan anak tidak berbeda dengan produk tabungan lainnya. Bunga yang diberikan berkisar antara 0,30 persen sampai dengan 1,75 persen per tahun. 

Jika dibandingkan dengan inflasi, tentu saja tidak menguntungkan. Akan tetapi, nilai pembelajaran yang didapatkan akan memotivasi anak-anak untuk bisa mengumpulkan uang dengan usaha sendiri.

Tabungan anak punya beberapa ciri khas dibandingkan dengan tabungan umum lainnya, yaitu bisa dibuka dengan nilai setoran pertama yang terhitung rendah. Sebagai contoh, Bank BTN menyediakan produk BTN Junior dengan setoran pertama hanya Rp20.000 saja. 

Sementara itu, ada juga tabungan anak yang menetapkan saldo awal cukup tinggi. Sebagai contoh, Tabungan Britama Junior BRI mewajibkan setoran saldo awal sekitar Rp250.000. Meskipun setoran awalnya tinggi, tetapi jenis tabungan yang ditawarkan BRI sudah termasuk dengan proteksi asuransi kecelakan diri dengan nilai hingga Rp150 juta.

Selain itu, untuk hal terkecil, beberapa bank menyediakan tema-tema khusus yang lekat dengan film atau mainan anak-anak yang diwujudkan dalam bentuk kartu ATM dan buku tabungan khusus seri anak-anak.

Perbandingan Produk-Produk yang Ditawarkan

asuransi pendidikan anak

Di antara berbagai macam produk tabungan anak, mari kita bandingkan ke dalam sebuah tabel mulai dari setoran awal, suku bunga, dan manfaat lain yang diberikan.

No Produk Tabungan Anak Suku Bunga Setoran Awal Manfaat Lain
1 BCA Simpanan Pelajar 0% Rp5.000 Bebas biaya admin
2 Tabungan BTN Junior 0.50% Rp20.000 Setoran bisa di Kantor Pos online
3 Tanda Junior OCBC NISP 0.30% Rp50.000 Ada dalam 3 mata uang asing
4 BJB Tandamata MyFirst 1% Rp50.000 Bebas Biaya Tarik Tunai di ATM Bersama
5 Panin Bank Tabungan Junior 1.75% Rp50.000 Bebas biaya admin, biaya ATM dan biaya saldo di bawah minimum
6 CIMB Niaga Tabungan Junior 0.75% Rp100.000 Diskon Toys City, Waterboom, dan Snow Bay, hadiah mainan
7 Mega Perdana 1% Rp100.000 Desain Kartu Menarik
8 BNI Taplus Anak 1.50% Rp100.000 Promo merchant
9 Maybank Tabungan Super Kidz 0.75% Rp500.000 Kado Ultah bonus bunga
10 Britama Junior BRI 0.70% Rp250.000 Asuransi Kecelakaan

Tabungan ini biasanya diperuntukkan bagi anak-anak atau pelajar yang berusia di bawah 17 tahun. Anak-anak yang sudah duduk di tingkatan pendidikan PAUD pun sudah bisa membuat rekening tabungan atas namanya sendiri.

Kelebihan Tabungan Anak

6 Cara Menentukan Uang Saku Ideal Untuk Anak

Ada beberapa kelebihan yang layak diperhatikan jika dibandingkan dengan beberapa produk tabungan lainnya, antara lain:

  • Setoran awal rendah dan terjangkau orang tua.
  • Saldo minimum lebih rendah dari produk lainnya.
  • Syarat pembukaan rekening mudah dan praktis.
  • Buku tabungan dan kartu ATM atas nama anak.
  • Desain disesuaikan dengan selera anak.
  • Sebagian produk tidak dikenakan biaya admin, saldo minimum, dan biaya admin kartu debit.
  • Banyak mendapatkan promo dan rewards.
  • Tersedia asuransi.
  • Tersedia tabungan dengan mata uang asing.

Kekurangan Tabungan Anak

Hindari Memberinya Uang Saku Tambahan

  • Bunga rendah
  • Pembatasan penarikan jumlah uang dalam ATM
  • Pembatasan beberapa fitur

Terlepas dari beberapa kekurangan yang ada, tabungan anak tetap lebih banyak memberikan manfaat, terutama pada perihal keamanan menyimpan uang selain di rumah. Selain anak-anak mendapatkan edukasi untuk menyimpan uang dengan baik, orang tua bisa memantau tabungan anak dengan mudah.

Perlu diperhatikan bahwa tabungan ini mungkin bukan pilihan yang tepat sebagai simpanan untuk rencana pendidikan anak. Apalagi jika mengingat inflasi biaya pendidikan yang cukup tinggi mencapai sekitar 10 persen per tahun. Dengan nilai inflasi tersebut, sulit mengimbangi biaya pendidikan yang semakin tinggi. 

Dalam hal ini, Anda bisa mendiskusikan manfaat tabungan anak dengan konsultan keuangan pribadi untuk memahami kelebihannya lebih jauh.