Yuk, Manfaatkan Tokopedia Emas untuk Berinvestasi

Mengapa Menabung Emas

Tokopedia adalah salah satu marketplace unicorn di Indonesia yang memiliki 150 jenis barang dari 6,2 juta penjual di marketplace nomor satu di Indonesia. 

Selama 10 tahun berkiprah, Tokopedia kini memiliki berbagai layanan andalan dan salah satunya adalah fitur menabung emas.

Dengan modal Rp500 perak saja, kita sudah bisa menabung emas lewat Tokopedia. Dalam hal ini, Tokopedia menggandeng PT Pegadaian sehingga diklaim memberikan jaminan rasa aman karena berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. 

Apakah Menabung Emas Aman di Tokopedia?

Sama halnya dengan menabung emas secara konvensional, tabungan emas online menjadi salah satu pilihan investasi masa kini yang masih bisa diandalkan. 

Terkait dengan sistem online, kita tidak perlu repot lagi datang ke kantor Pegadaian atau showroom emas lainnya. Melalui Tokopedia emas, proses transaksi jual beli emas bisa dilakukan secara online dan transparan.

Sebagai informasi, selain harus mendapatkan izin dari OJK, perusahaan digital yang menawarkan jual beli emas harus mendapatkan izin dari Bappebti Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Pasalnya jual beli emas online tidak seperti jual beli emas secara offline yang benda atau bukti fisiknya dimiliki. Kepemilikan jual beli emas online atau menabung emas hanya dapat dibuktikan berdasarkan nota pembelian.

Perdagangan emas tidak berwujud dengan metode mencicil saat ini memang masih menjadi kontroversi apalagi belum ada aturan yang jelas untuk platform digital, termasuk marketplace

Oleh karena itu, jika menabung emas di Tokopedia artinya harus memahami risikonya yang mana meliputi beberapa poin berikut.

  • Tabungan emas tidak berwujud karena proses jual beli secara online.
  • Belum ada jaminan aset yang dimiliki oleh perusahaan yang diperjualbelikan secara online. Dengan adanya jaminan aset, nasabah bisa menarik emasnya kapan saja dibutuhkan.
  • Payung hukum masih lemah jika terjadi kerugian dalam jual beli emas tidak berwujud secara digital.

Adapun PT Antam seperti diberitakan oleh Tirto (12/11/18), saat ini hanya melakukan kerjasama secara legal dengan PT Pegadaian dan PT Pos Indonesia. Artinya jika ada perusahaan digital yang melakukan jual beli dengan klaim sudah bekerja sama dengan PT Antam, patut dipertanyakan.

Terkait hal ini, Tokopedia di laman resminya menyatakan sudah bekerjasama dengan PT Pegadaian serta emas yang diinvestasikan terkonversi dalam bentuk emas fisik yang dititipkan di Pegadaian.    

Cara Menabung Emas di Tokopedia

Menabung emas melalui Tokopedia bisa dilakukan dengan memiliki akun Tokopedia terlebih dahulu. Kemudian, kita bisa mengakses halaman https://www.tokopedia.com/emas/ untuk melakukan transaksi jual beli emas secara online.

1. Cara membeli emas di Tokopedia

Bertransaksi emas melalui tokopedia bisa dikatakan sangat mendukung niat kita yang ingin menabung emas sebagaimana prosesnya begitu simpel. Berikut langkah-langkah yang bisa kita ikuti.

  • Login ke akun Tokopedia.
  • Buka laman Tokopedia Emas.
  • Cek harga emas hari ini.
  • Isi jumlah emas yang hendak dibeli, bisa berupa satuan gram ataupun jumlah rupiah.
  • Lakukan pembayaran dengan beberapa metode yang disediakan oleh Tokopedia.
  • Jumlah pembelian secara otomatis tercatat dalam dashboard akun pembelian Anda.

2. Cara menjual emas di Tokopedia

Keuntungan dari memiliki tabungan emas di Tokopedia adalah kita bisa menjualnya kapan saja saat kita membutuhkan dana tunai untuk membeli belanja online atau menariknya ke rekening bank pribadi. Caranya sangat mudah, yaitu:

  • Login ke akun Tokopedia.
  • Buka laman Tokopedia Emas.
  • Cek harga emas hari ini.
  • Isi jumlah emas yang hendak dijual dalam bentuk satuan gram atau rupiah.
  • Masukkan kode verifikasi demi keamanan transaksi.
  • Hasil penjualan otomatis terkirim ke saldo online Tokopedia.
  • Jika diinginkan, kita bisa menarik dana tersebut ke rekening bank pribadi yang sebelumnya telah didaftarkan di akun pribadi.

Kelebihan dan Kekurangan Menabung Emas di Tokopedia

Perlu diketahui bahwa tidak semua pengguna atau member Tokopedia dapat membeli emas dengan bebas karena Tokopedia memiliki kebijakan tersendiri yang disesuaikan dengan level membership di Tokopedia.

  • Gold Club dibatasi tabungan 1 gram, jual beli 10 gram per bulan.
  • Gold Prime tabungan 10 gram, jual beli 10 gram per bulan.
  • Gold Prestige tidak ada pembatasan tabungan maupun jual beli.

Syarat untuk menjadi anggota Gold Prime wajib adalah dengan mengisi identitas diri. Sedangkan untuk menjadi anggota Gold Prestige, kita wajib memverifikasi rekening tabungan emas dari Tokopedia di kantor Pegadaian secara langsung. 

Tokopedia emas memberikan layanan serta beberapa fitur yang memudahkan transaksi jual beli emas. Emas yang diperjualbelikan bisa dalam satuan gram maupun batangan.

Selain itu tersedia juga fitur kado emas, yakni mengirimkan emas kepada pengguna Tokopedia lainnya seperti halnya mengirimkan uang sesama pemilik e-wallet atau dompet digital

Investasi emas bagaimanapun masih cukup menjanjikan. Sepuluh tahun yang lalu, harga emas per gram sekitar Rp200 ribuan. Kini, harga emas bisa mencapai Rp600 ribuan. Artinya ada peningkatan sekitar 60 persen selama kurun waktu 10 tahun.

Jika tertarik untuk berinvestasi dengan modal yang lebih tinggi, kita bisa mencoba instrumen investasi di pasar modal, seperti reksadana, saham, obligasi, dan sebagainya. Bahkan beberapa emiten bisa mendatangkan keuntungan lebih dari 100 persen.