10 Bank Terbesar di Dunia dengan Merek Dagang Bernilai Tinggi dan Paling Menjual

Bank-Terbesar-di-Dunia-Shutterstock.

Merek dagang begitu berharga bagi suatu bisnis. Makanya banyak pelaku bisnis yang semaksimal mungkin membuat merek dagang mereka dikenal banyak orang agar bisnis mereka tetap langgeng. Hal ini juga yang menjadi perhatian para bank terbesar di dunia.

Beberapa bank terbesar di dunia memandang merek dagang sebagai nilai investasi yang sangat menguntungkan di masa depan. Apalagi persaingan di sektor finansial belakangan ini makin ketat, itulah kenapa bank-bank tersebut harus punya keunggulan sebagai daya tarik.

Salah satu cara agar bank-bank tersebut tetap memiliki banyak peminat adalah dengan meningkatkan nilai merek dagang bank itu sendiri. Tercatat, beberapa bank-bank terbesar di dunia memiliki merek dagang terkuat dengan nilai tertinggi. Bank-bank mana aja itu? Berikut ini daftarnya.

Baca juga: Untung Besar dari Saham Indosat dan Danamon, Ini 5 Fakta tentang Temasek Holdings

Ada 10 bank terbesar di dunia dengan merek dagang paling menjual, seberapa tinggi nilainya?

Bank terbesar di dunia
Bank di dunia (Shutterstock).

Dari data-data yang dihimpun, Brand Finance telah membuat daftar bank-bank terbesar di dunia dengan merek dagang paling menjual. Kenapa bisa paling menjual? Sebab merek bank-bank tersebut punya nilai yang sangat tinggi hingga puluhan miliar dolar.

Sebagai informasi, Brand Finance adalah lembaga konsultasi penilaian merek bisnis yang independen sekaligus penyedia jasa konsultasi bisnis. Lembaga ini lahir pada 1996 dengan tujuan menjembatani kesenjangan antara pemasaran dan finansial.

Tiap tahunnya Brand Finance selalu mengevaluasi merek-merek mana aja yang paling berharga dan paling terkuat di dunia. Seperti hasil evaluasi bank-bank terbesar di dunia berikut ini yang punya brand value tertinggi di dunia.

 

Bank terbesar di dunia Negara Brand value
ICBC China US$ 79,82 miliar
China Construction Bank China US$ 69,74 miliar
Agricultural Bank Of China China US$ 55,04 miliar
Bank of China China US$ 50,99 miliar
Wells Fargo Amerika Serikat US$ 39,94 miliar
Bank of America Amerika Serikat US$ 36,68 miliar
Citi Amerika Serikat US$ 36,40 miliar
Chase Amerika Serikat US$ 36,26 miliar
China Merchants Bank China US$ 22,48 miliar
HSBC Inggris US$ 20,18 miliar

 

1. ICBC (Industrial and Commercial Bank of China)

Perusahaan ini didirikan pada 1 Januari 1984 dan berkantor pusat di Beijing, China. Memiliki karyawan sekitar 450 ribuan ini dipimpin oleh Shu Gu sebagai Chief Executive Officer. Perusahaan teratas di dunia sejak tahun 2012 hingga 2019 ini memiliki nilai market cap sebesar USD 305,1 Miliar. 

2. China Construction Bank

Di posisi kedua, masih ditempati bank asal negeri tirai bambu, China. China Construction Bank didirikan pada Oktober 1954 dan berkantor pusat di Beijing. Sesuai dengan namanya, mereka lebih banyak bergerak di pembiayaan konstruksi dan infrastruktur. CCB menyerap tenaga kerja lebih dari 350 ribu jiwa di seluruh dunia. Perusahaan ini memiliki nilai market cap sebesar USD 225 Miliar.

3. Agricultural Bank of China

Bank Pertanian Tiongkok didirikan pada 10 Juli 1951 dan berkantor pusat di Beijing, China. Berawal dari tujuan pertama kali memakmurkan para petani, kini ABoC menjadi salah satu perusahaan komersial yang menembus pasar dunia. ABoC didirikan oleh mantan Presiden China, Mao Zedong pada tahun 1951. Perusahaan ini memiliki nilai market cap sebesar USD 197 Miliar.

4. Bank of China

Bank of China Ltd. bergerak di bidang perbankan dan jasa keuangan terkait seperti perbankan komersial dan investasi, serta jasa asuransi dan investasi. Perusahaan ini berdiri tahun 1912 dan menjadi salah satu yang tertua di China. 70 persen kepemilikannya dipegang oleh pemerintah serta telah berhasil menembus pasar 20 negara lainnya. Perusahaan dengan total karyawan lebih dari 300 ribu jiwa ini memiliki nilai market cap sebesar USD 143 Miliar.

5. Wells Fargo

Wells Fargo & Co. adalah perusahaan induk bank yang bergerak di bidang perbankan, asuransi, investasi, hipotek, dan keuangan konsumen dan komersial. Perusahaan ini didirikan oleh Henry Wells dan William G. Fargo pada 18 Maret 1852 dan berkantor pusat di San Francisco. Wells Fargo yang memiliki total karyawan lebih dari 250 ribu karyawan ini memiliki nilai market cap sebesar USD 214,7 Miliar. 

6. Bank of America

Bank of America adalah bank yang menawarkan layanan untuk perbankan pribadi, bisnis kecil, bisnis menengah, dan perusahaan besar. Ini termasuk juga menawarkan layanan investasi selain deposito dan rekening giro. Perusahaan ini didirikan oleh Amadeo Peter Giannini pada tahun 1904 yang berkantor pusat di Charlotte, North Carolina. 

Bank of America saat ini mulai mengejar usaha kecil dan membuat lebih banyak uang pinjaman. Kini perusahaan tersebut memiliki nilai market cap sebesar USD 287,3 Miliar dengan total karyawan sebanyak 240 ribu orang. 

7. Citi 

Citibank atau yang saat ini lebih dikenal Citi merupakan layanan keuangan Citigroup multinasional. Citi didirikan pada tahun 1812 sebagai Citibank of New York, dan kemudian menjadi First National City Bank of New York. Citi menyediakan kartu kredit, hipotek, pinjaman pribadi, pinjaman komersial, dan jalur kredit. 

8. Chase Bank

JPMorgan Chase Bank, N.A., yang menjalankan bisnis sebagai Chase Bank, adalah perusahaan nasional yang berkantor pusat di Manhattan, New York City. Ini merupakan anak perusahaan perbankan komersial dari perusahaan induk perbankan dan jasa keuangan multinasional AS, JPMorgan Chase. Bank itu dikenal sebagai Chase Manhattan Bank hingga bergabung dengan J.P. Morgan & Co. pada 2000. Chase menawarkan lebih dari 5.100 cabang dan 16.000 ATM secara nasional.

9. China Merchants Bank

China Merchants Bank Co. Ltd. terlibat dalam penyediaan layanan perbankan korporat dan pribadi. Perusahaan dengan nilai market cap sebesar USD 130,4 Miliar ini juga menjalankan bisnis tresuri dan menyediakan manajemen aset. Perusahaan dengan jumlah karyawan sebanyak 75 ribu ini didirikan pada 31 Maret 1987 dan berkantor pusat di Shenzhen, Cina.

10. HSBC

HSBC Holdings beroperasi sebagai perusahaan induk untuk Grup HSBC. Perusahaan menyediakan layanan perbankan dan keuangan melalui empat bisnis global, termasuk Perbankan Ritel dan Manajemen Kekayaan, Perbankan Komersial, Perbankan dan Pasar Global dan Perbankan Swasta Global. Segmen operasi perusahaan disusun dalam enam wilayah geografis, termasuk Eropa, Hong Kong, Sisa Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika Utara, Amerika Utara, dan Amerika Latin. 

Bisnis perusahaan berakar pada tahun 1865. HSBC Holdings didirikan pada 1 Januari 1959 dan berkantor pusat di London, Inggris dengan jumlah market cap sebesar USD 175,5 Miliar.

Dari daftar yang dibuat Brand Finance, rupanya Industrial and Commercial Bank of China menjadi bank dengan brand value paling tinggi di dunia. Bank terbesar di dunia yang berdiri sejak 1984 ini memiliki brand value mencapai US$ 79,82 miliar atau sekitar Rp 1.139 triliun.

Menariknya nih, Bank ICBC yang menyandang status perusahaan terbuka ini mencatatkan diri di dua bursa saham lho. Bank ini tercatat di Shanghai Stock Exchange (SSE) dan Hong Kong Stock Exchange (SEHK).

Posisi kedua hingga keempat, bank-bank asal China lagi-lagi menjadi bank dengan brand value tertinggi. Bank-bank terbesar di dunia tersebut antara lain China Construction Bank, Agricultural Bank Of China, hingga Bank of China.

Bank Amerika juga ikut termasuk

Bank terbesar di dunia
Wells Fargo (Shutterstock).

Sementara di posisi kelima hingga kedelapan, ada bank-bank asal Amerika Serikat dengan brand value yang sangat tinggi. Contohnya aja Wells Fargo. Bank terbesar di dunia yang dirintis tahun 1852 ini memiliki brand value yang mencapai US$ 39,94 miliar atau setara Rp 570 triliun.

Selain Wells Fargo, bank asal Amerika Serikat lainnya yang memiliki brand value paling tinggi adalah Citi. Bank yang telah berdiri sejak 1812 ini punya nilai yang mencapai US$ 36,40 miliar atau sekitar Rp 519 triliun.

Di posisi terakhir alias peringkat kesepuluh, ada The Hongkong and Shanghai Banking Corporation yang memiliki brand value tertinggi. Nilai yang dicatatkan bank terbesar di dunia ini mencapai US$ 20,18 miliar atau sekitar Rp 288 triliun.

Walaupun bank ini terkesan bank dari negara Asia, ternyata bank ini merupakan bank multinasional asal Inggris. Bank terbesar di dunia ini didirikan pada 3 Maret 1865 oleh Sir Thomas Sutherland. 

Saham bank HSBC telah diperdagangkan di banyak bursa. Mulai dari London Stock Exchange (LSE), Hong Kong Stock Exchange (SEHK), New York Stock Exchange (NYSE), Euronext (Euronext), hingga Bermuda Stock Exchange (BSX).

Itu tadi deretan bank terbesar di dunia yang memiliki merek dagang paling menjual alias punya brand value paling tinggi. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →