Ide Usaha yang Beri Untung Besar Jika Dirintis di Yogyakarta

ide usaha

Butuh ide usaha kreatif  dan inovatif yang menguntungkan jika dibuka di Kota Yogyakarta? Tenang, Lifepal bakal memberikanmu sedikit bocoran soal berbisnis di kota istimewa yang satu ini. 

Sama seperti Bali, Yogyakarta merupakan destinasi wisata yang lumayan sering dikunjungi turis. Apalagi, sekarang di kota gudeg ini sudah ada bandara udara baru, yaitu Kulonprogo yang letaknya memang jauh dari perkotaan.

Belum lagi, Yogyakarta juga merupakan kota dengan kampus-kampus ternama. Sebut saja Universitas Gadjah Mada yang udah melahirkan banyak orang sukses. So, kota ini juga bisa dibilang sebagai kota pelajar lho.

Selain bisa menjajal peruntungan dari ide usaha yang bisa dijalani di Yogyakartaada juga profesi-profesi lain dengan gaji yang cukup menggiurkan dan waktu kerja lebih fleksibel, beberapa contoh di antaranya berbisnis online, dan menjadi agen asuransi. Bahkan, beberapa bisa menghasilkan pendapatan sampai Rp30 juta per bulan!

Ingin tahu ide usaha yang kiranya bakal nguntungin jika dibuka di Yogyakarta? Yuk, simak aja nih deretan usaha yang bakal mendatangkan banyak uang. 

1. Penyewaan kendaraan

Namanya juga kota wisata, wisatawan asing atau lokal pasti butuh kendaraan buat blusukan ke daerah-daerah jadi tujuan liburan di kota ini. Motor atau mobil, tentunya bisa menjadi salah satu jenis kendaraan yang bakal laris tinggal disesuaikan aja dengan bujet mu mendirikan usaha ini.

Meski demikian butuh berhati-hati nih saat membuka jenis usaha ini. Ketahuilah siapa dulu yang bakal menyewa armada jenis usaha mu ini dan usahakan peganglah dokumen-dokumen penting milik si penyewa.

Gak semua asuransi kendaraan bisa menerima klaim hilangnya sebuah kendaraan rental lho, apalagi kalau kendaraanmu lenyap dibawa oleh penyewanya. Itu disebabkan karena si pemilik udah menyepakati peminjaman kendaraannya. 

Lain halnya jika si penyewa tiba-tiba mengalami nasib sial seperti kerampokan di jalan. Penyewa tentu bisa menjadi saksi atas hilangnya kendaraan itu dan membantu mu membuat laporan kehilangan ke kantor polisi.

[Baca: Kesehatan Keluarga Adalah Hal yang Utama, Lindungi Mereka dengan Asuransi Kesehatan Keluarga. Premi Murah Mulai Rp100 ribuan per Bulan]

2. Kamar kos

Punya bisnis properti itu gak mesti mahal. Jika memang orangtua kamu memiliki rumah yang gak jauh dari kampus-kampus di sana, kamu bisa mendirikan kamar kos di dalamnya.

Gak usah mewah-mewah yang penting layak ditempati saja dan murah. Tentu saja hal itu bakal membantu para perantauan buat mencari tempat tinggal murah. 

3. Homestay

Nah, kalau ide usaha rumahan yang satu ini tentu fokusnya ke wisatawan. Jika emang belum ada bujet mendirikan hotel atau resor mewah yang instagrammable, sewakan aja rumah mu di sana buat dijadikan homestay. Dijamin laris deh asal lokasinya strategis dan enak banget buat tinggal.

Wisatawan yang menyambangi Yogyakarta gak mesti harus memilih penginapan mewah bak hotel bintang lima. Ingat lho, sekarang sudah ada Airbnb, Booking.com, Traveloka, dan lainnya. Iklankan saja penginapan mu di sana.

4. Warung makan murah

Usaha yang satu ini juga bisa ditargetkan ke anak-anak kos. Wajar aja kalau para mahasiswa perantauan emang memburu tempat makan yang harganya miring biar bisa ngirit.

Bukan hal yang sulit kok buat membuka warung makan pinggiran di Kota Yogyakarta. Kota ini terbilang cukup aman dan tenang nih. Yang kamu perlukan adalah izin dari pemilik tanah dan pembayaran retribusi atas tempat usaha mu. 

5. Tour guide sekaligus penerjemah

Gak sedikit juga kok bule-bule atau wisatawan dari negara-negara Asia yang berlibur ke sini. Membuka usaha sebagai jasa pemandu wisata dan penerjemah tentu bisa jadi ide usaha menguntungkan.

Berhubung bisnis ini bergerak di bidang jasa, ada baiknya buat berkolaborasi dengan beberapa biro travel agent di sana. 

6. Jasa riset

Selain kota mahasiswa, gak sedikit juga startup yang bermunculan di Kota Yogyakarta. Ide usaha yang berbasis jasa ini juga bisa kamu jalani buat membantu perusahaan-perusahaan di sana.

Sejatinya, jasa riset juga bisa membantu mahasiswa yang mau skripsi lho. Jadi kalau memang ada klien baru yang masih kuliah, kenapa tidak. Mungkin harganya memang harus disesuaikan saja.

7. Sasana beladiri

Kamu praktisi tinju, muaythai, atau brazilian jiu jitsu? Kenapa gak buka sasana saja di sana. Beladiri bukan cuma jadi ilmu berantem, akan tetapi sekarang beladiri juga menjadi salah satu olahraga yang digandrungi banyak orang.

Selain itu, gak sedikit juga kompetisi-kompetisi beladiri yang sekarang digelar di Yogyakarta. Sebut saja seperti Jogja Submission Challenge, dan lainnya.

Mungkin ada niat buat mencetak petarung handal di sana? Atau mencari uang tambahan dari wisatawan yang lagi liburan? Silahkan dirikan saja sasana beladirinya.

8. Studio musik

Ngeband juga merupakan aktivitas yang digemari anak muda, termasuk bagi anak muda berdomisili di Yogyakarta. Di kota ini juga berdiri sebuah kampus bernama Institut Seni Indonesia Yogyakarta alias ISI.

Gak ada salahnya dong untuk mencoba bisnis rental studio dengan bujet bersaing? Apalagi kalau dilengkapi dengan digital recording. Dijamin deh ide usaha kamu ini bakal banyak diminati oleh anak-anak muda di kota gudeg ini. 

9. Kafe kekinian

Kafe-kafe juga kerap bermunculan di kota yang satu ini. Apakah mendirikan kafe merupakan ide usaha yang menguntungkan di sana? Bisa ya, bisa jadi gak juga. Oleh karena itu kamu mesti menyediakan tempat yang emang fungsional dan harganya ramah kantong ya. 

Ketika pesaing udah cukup banyak, maka satu hal yang kamu lakukan adalah menentukan pembeda dari kafe milik mu dengan kompetitor.

Kalau mau kreatif, jadikan saja kafe mu menjadi sebuah tempat manggung. Band-band yang mau manggung di sana, bisa kamu kenakan biaya. Tapi ingat, berikan juga apresiasi ke mereka ya.

10. Biro Travel

Nah, buat yang punya jaringan kuat ke berbagai perusahaan maskapai, hotel, penginapan, dan modal yang besar, pertimbangkan buat membuka usaha ini. Usaha ini terbilang sangat menjanjikan banget nih kalau kamu membuka di kota bakpia ini. 

Travel tentu bisa sangat menguntungkan karena Yogyakarta kaya akan obyek-obyek wisata. Ada Malioboro, pantai Parangtritis, ada Pantai Depok dan lainnya. Masa iya bikin travel gak bakal laku. 

Itulah deretan ide usaha yang kiranya bisa menghasilkan banyak cuan jika dibuka di Yogyakarta. Intinya, peluang usaha di sana emang cukup banyak tapi yang menentukan berhasil atau tidaknya adalah kamu sendiri sebagai pemilik usaha.

Gak ada yang mudah di dunia bisnis, tapi ketika ada keinginan dan semangat, pasti kamu bisa kok menghadapi tantangan di depan mata. 

Buat kamu yang masih belum paham dan mau tahu lebih lanjut seputar ide usaha? Tanyakan langsung ke ahli di bidang bisnis melalui Tanya Lifepal. Para ahli kami siap menjawab pertanyaan sekaligus mencarikan solusi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →