Bikin Ngelus Dada, Ini Fakta Miris 10 Negara Termiskin di Dunia

10 Negara termiskin di dunia. (Shutterstock)

Berdasarkan data yang dirilis Dana Moneter Internasional alias IMF, Afrika dan Timur Tengah masih dinyatakan sebagai benua yang dihuni negara-negara termiskin di dunia. Negara Asia juga ada sih yang masuk dalam kategori termiskin, namun gak sebanyak di dua benua tersebut.

Untuk mengkategorikan miskin atau tidaknya sebuah negara, IMF menggunakan patokan berupa Produk Domestik Bruto (PDB) Per Kapita negara yang bersangkutan.

Buat yang masih bingung, Pendapatan Per Kapita adalah besaran pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara, yang diperoleh dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut. Nah Pendapatan Per Kapita ini sering disebut dengan istilah PDB Per Kapita.

Pastinya, PDB Per Kapita memang jadi tolak ukur menentukan kemakmuran suatu negara. Semakin gede ya semakin makmur negaranya, begitu pun sebaliknya.

Mengacu pada data IMF soal negara termiskin di dunia, bisa dibilang PDB Per Kapita negara-negara ini memang cukup memprihatinkan. Jangan dibandingkan sama Indonesia ya yang PDB Per Kapitanya US$ 3.846,8.

Penasaran sama 10 negara termiskin di dunia? Kita akan bahas negara-negara tersebut, dan yang terakhir tentu saja yang paling miskin. Yuk simak bahasannya di bawah sini.

Baca Juga: Jadi Negara Termiskin di Dunia, Begini Kehidupan di Malawi

10. Sierra Leone – PDB Per kapita US$ 505

Sierra Leone, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)
Sierra Leone, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)

Kamu pernah nonton film Blood Diamond yang diperankan Leonardo DiCaprio? Film ini mengisahkan perang saudara di negara termiskin di dunia urutan ke 10 yang ternyata adalah negeri penghasil berlian.

Selain penghasil berlian, negara ini juga merupakan penghasil bauksit, titanium, dan emas!

Meski kaya akan sumber daya alam, 53 persen warga di negara Afrika Barat ini hidup miskin. Negeri ini pun dilanda perang saudara sejak 1991 hingga 2002, dan para pemberontak juga menguasai tambang-tambang berlian di sana. Belum lagi, mereka mempekerjakan bocah kecil untuk jadi tentara, ngeri!

Negara bekas jajahan Inggris ini punya sistem pemerintahan republik konstitusional. Sampai saat ini, Inggris pun masih cukup sering membantu negara ini dalam bentuk bantuan sosial dan sebagainya.

9. Gambia – PDB Per Kapita US$ 500

Gambia, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)
Gambia, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)

Gambia juga ada di Afrika Barat, negara ini berbatasan dengan Senegal dan Samudera Atlantik.

Berdasarkan sejarah, negara ini memang terkenal sebagai negara yang jadi tempat perdagangan budak. Perekonomian Gambia ditopang oleh sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata.

Selain mayoritas warganya miskin, negara yang juga merdeka dari Inggris ini juga sempat dilanda kudeta militer tahun 1994, dan dipimpin oleh rezim otoriter hingga tahun 2016. Namun lewat sebuah pemilu, rezim otoritarian itu pun berhasil digantikan dengan rezim baru yang dipimpin oleh Adama Barrow.

8. Madagaskar – PDB Per Kapita US$ 479

Madagaskar, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)
Madagaskar, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)

Mungkin kalau dengar kata Madagaskar, yang kamu ingat justru film kartun dengan tokoh singa, jerapah, dan zebra. Tapi buat kamu yang belum tahu, Madagaskar ini adalah negara termiskin di dunia urutan ke delapan.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Republik Madagaskar terletak di pesisir timur Afrika yang terpisah dari benua Afrika utama. So, Pulau Madagaskar ini disebut sebagai pulau terbesar keempat dunia. Negara ini kaya akan spesies flora dan fauna.

Dulu, negeri ini dipimpin oleh pemerintahan monarki. Namun pemerintahan itu berakhir pada 1897, lebih tepatnya saat Prancis masuk ke negara ini. Saat ini, Madagaskar menganut sistem pemerintahan semi-presidensial. Jadi, ada Presiden dan ada Perdana Menteri juga. Mirip-mirip sistem pemerintahan Perancis.

Perekonomiannya bergantung pada sektor agrikultur dan pariwisata. Pada 2017, perekonomian mereka melemah akibat dampak krisis ekonomi yang terjadi tahun 2009 hingga 2013.

7. Kongo – PDB Per Kapita US$ 477

Kongo, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)
Kongo, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)

Dulu, negara ini bernama Zaire. Kongo terletak di bagian tengah Afrika dan berbatasan dengan Sudan Selatan, Uganda, Burundi, dan Tanzania.

Negara termiskin di dunia urutan ke tujuh ini dilanda perang saudara yang cukup panjang hingga akhirnya infrastruktur kota mereka rusak total. Perekonomian negara ini pun jadi terseok-seok, hingga akhirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) turun tangan.

Bisa dibilang, Kongo memang mirip-mirip Sierra Leone karena negara ini kaya akan sumber daya mineral. Akan tetapi, keuntungan dari sumber mineral itu sudah tersedot untuk membiayai perang. Sisanya ya masuk ke kantong-kantong pejabat yang korup.

Di sini, peristiwa pembunuhan politik juga cukup marak. Belum lagi adanya konflik-konflik komunal yang terjadi antar warga.

6. Mozambik – PDB Perkapita US$ 472

Mozambik, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)
Mozambik, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)

Negara termiskin di dunia yang ke-enam juga berasal dari Afrika. Akan tetapi Afrikanya adalah Afrika bagian selatan.

Mozambik adalah negara Afrika jajahan Portugis yang merdeka pada tahun 1975. Dan mereka pun masuk dalam jajaran negara-negara berbahasa Portugis di dunia.

Perekonomian Mozambik ditopang oleh sektor pertanian. Namun selain itu, mereka juga terkenal dengan produksi aluminium dan sektor pariwisata.

Beberapa hal yang menjadi penyebab masalah ekonomi Mozambik gak lain adalah korupsi. Belum lagi, mereka juga punya utang yang cukup besar lho.

5. Yaman – PDB Per Kapita US$ 449

Yaman, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)
Yaman, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)

Nah sekarang kita ke Timur Tengah. Dan ternyata, posisi ke lima negara termiskin di dunia, diduduki oleh salah satu Negara Arab yaitu Yaman.

Bisa dibilang, Yaman merupakan salah satu negara yang masih didera dengan perang saudara. Asal kamu tahu, perang saudara di Yaman sudah berlangsung sejak 2015.

Dulu, pemerintahan Yaman dipimpin oleh Ali Abdullah Saleh yang berkuasa dari 1958 hingga 2017. Jabatan presiden itu pun terpaksa diserahkan pada Abd Rabbo Mansour Hadi tepat setelah Saleh tewas ditembak.

Sampai saat ini, perekonomian Yaman bergantung pada sektor industri perikanan, agrikultur, dan pariwisata. Sejatinya, negara ini juga punya cadangan minyak. Akan tetapi jumlahnya gak berlimpah. Mereka juga gak tergabung dalam OPEC (Organisasi Negara Pengekspor Minyak).

4. Afrika Tengah – PDB Per Kapita US$ 425

Yaman, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)
Republik Afrika Tengah, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)

Republik Afrika Tengah merupakan negara di pedalaman Afrika yang berbatasan dengan Chad, Sudan, dan Kongo. Dulu, negara ini memang merupakan koloni Perancis yang merdeka tahun 1960.

Usai merdeka, kondisi politik Afrika Tengah terus bergejolak hingga akhirnya di tahun 1993 pemerintahan mereka dipimpin oleh pemerintahan sipil. Meski demikian pada 2003, terjadi kudeta militer yang mengakhiri pemerintahan itu.

Sampai saat ini, negara yang terkenal dengan produksi berlian, gading, dan miras ini juga masih dilanda perang saudara yang berlangsung sejak 2015. Aktivitas militan bersenjata juga masih tinggi.

3. Malawi – PDB Per Kapita US$ 342

Malawi, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)
Malawi, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)

Negara termiskin di dunia ketiga adalah sebuah negara landlocked yang terletak di tenggara Benua Afrika. Landlocked di sini maksudnya, seluruh negara ini ini berbatasan dengan daratan. Perekonomian Malawi bergantung pada sektor pertanian.

Negeri ini memiliki angka harapan hidup yang sangat rendah dan angka kematian bayi yang cukup tinggi. Wabah kekeringan dan bencana banjir juga cukup memporak-porandakan perekonomian di Malawi.

Malawi merupakan Negara Republik Kesatuan yang sudah menganut paham demokrasi.

Masalah ini membuat setengah warga Malawi hidup di garis kemiskinan karena kekurangan pangan. Dan yang paling menyedihkan adalah air seni ternyata bisa dijual untuk menjadi pupuk. Dalam satu hari, pendapatan rata-rata warga di sana cuma Rp 13 ribu.

2. Burundi – PDB Per Kapita US$ 339

Burundi, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)
Burundi, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)

Ternyata masih ada lho yang lebih miskin daripada Malawi. Negara itu adalah Burundi yang berada di bagian tengah Afrika.

Burundi sejatinya sudah merdeka pada abad ke 16. Namun pada 1903, Jerman masuk ke Burundi dan menyerahkan negara ini ke Belgia saat kalah Perang Dunia. Namun akhirnya, Burundi merdeka dari Belgia pada 1962. Saat itu pulalah negara ini menganut sistem pemerintahan presidensial.

Sejak itulah pemerintahan Burundi dikuasai oleh diktator militer dari suku Tutsi alias minoritas. Konflik etnis pun terjadi antara suku Hutu dan Tutsi. Akibatnya, gak sedikit darah yang ditumpahkan di negara termiskin di dunia itu.

Perang itu pun berlanjut hingga dekade 1990an dan menewakan 250 ribu jiwa. Di tahun 2003, terjadi gencatan bersenjata akan tetapi negara ini sudah terlanjur rusak akibat perang yang tak berkesudahan.

1. Sudan Selatan – PDB Per Kapita US$ 246

Sudan Selatan, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)
Sudan Selatan, salah satu negara termiskin di dunia. (Shutterstock)

Dan yang termiskin di dunia adalah Sudan Selatan.

Pernah dengar nama negara ini? Kalau Sudan doang mungkin pernah dong.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Jadi, Sudan Selatan ini merupakan bagian dari Sudan yang memisahkan diri. Semua berawal dari perang saudara yang terjadi pada tahun 1955 hingga 1972, dan 1983 hingga 2005. Lama banget ya!

Alhasil di tahun 2011, mereka mendeklarasikan kemerdekaan menjadi sebuah negara baru. Sektor pertanianlah yang jadi tulang punggung ekonomi mereka.

Meski sudah merdeka, aktivitas militan bersenjata di Sudan Selatan masih cukup tinggi. Gak sedikit konflik yang berlangsung di negara tersebut. Tujuannya ya gak lain adalah perebutan kekuasaan.

Di tahun 2017, PBB mengumumkan bahwa wabah kelaparan di Sudan Selatan telah berdampak pada 40 persen populasi masyarakat di negara itu. Hingga detik ini, sudah 300 ribu orang yang tewas di negara itu karena perang saudara yang belum berhenti.

Itulah 10 negara termiskin di dunia yang harus kamu ketahui. Kalau dipikir-pikir, rata-rata negara itu dilanda konflik komunal yang berkelanjutan.

Memang, instabilitas politik bisa berdampak pada sektor-sektor lain seperti perekonomian. Masalah di perekonomian jelas bisa berdampak pada kemakmuran masyarakat. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →